>

AXA Mandiri unit Syariah Luncurkan Fitur Wakaf

By duniaeni.com - May 15, 2019



Tabungan Akherat Yang Pahalanya Terus Mengalir

"Alhamdullilah ya, beruntung sekali Ibu Suroh bisa  mewakafkan tanahnya buat Mushola warga, pahalanya pasti mengalir hingga akhir hayat. Kalau Ibu punya tanah lebih, pengen bisa wakaf biar jadi Mushola atau tempat yang bermanfaat bagi masyarakat," kata ibu saya dulu.

Betapa ingin ibu seperti teman-teman pengajiannyaa, salah satunya Ibu Suroh yang bisa mewakafkan tanah milik pribadi untuk fasilitas umum yang bermanfaat, terutama Mushola. Sehingga pahalanya akan terus mengalir sebagai tabungan di akherat seperti yang dikisahkan imam Muslim dari Abu Hurairah:

"Apabila seorang manusia itu meninggal dunia, maka terputuslah amal perbuatannya kecuali tiga sumber, yaitu sedekah jariah (wakaf), ilmu pengetahuan yang bisa diambil manfaatnya, dan anak soleh yang mendoakannya."

Wakaf yang merupakan sedekah jariyah pada hakikatnya adalah menyerahkan kepemilikan harta manusia menjadi milik Allah atas nama ummatnya. Maka segala hal kebaikan dari nilai wakaf seperti dimanfaatkan untuk ibadah masyarakat  pahalanya akan melimpah kepada yang berwakaf. Karena itu sungguh beruntungnya bagi orang-orang muslim yang bisa mewakafkan sebagain hartanya di jalan Allah.

Sewaktu saya kecil cukup banyak masyarakat yang memiliki tanah warisan lebih atau memiliki banyak  tanah mewakafkan tanahnya untuk mushola, taman pemakaman umum, hingga jalan umum. Namun ternyata untuk berwakaf tidak selalu harus tanah, tetapi bisa melalui asuransi. Hal bisa jadi masih ada masyarakat yang belum tahu. Sehingga tanah masih menjadi satu-satunya object harta pribadi yang bisa dijadikan wakaf.


Seiring dengan semakin berkembangnya jaman, teknologi maka berwakaf pun menjadi lebih mudah yakni dengan asuransi. Salah satu asuransi yang bisa dijadikan pilihan untuk berwakaf adalah AXA Mandiri unit Syariah. Kebetulan di bulan Ramadan ini, tepatnya tanggal 13 Mei 2019 kemarin saya dan teman-teman blogger datang langsung saat AXA Mandiri unit Syariah meluncurkan fitur wakaf yang juga disaksikan awak media lainnya di Sentral Aljazeerah Epicentrum Walk, Kuningan - Jakarta Selatan.


Berwakaf dengan Mudah Melalui Produk AXA unit Syariah


"Dalam bulan penuh kebaikan ini, AXA Mandiri unit Syariah bersyukur dapat menghadirkan produk Asuransi Jiwa syariah dengan fitur wakaf  untuk melengkapi kesempurnaan ibadah nasabah. Kami percaya fitur terbaru ini menjadi pilihan yang menarik untuk masyarakat. Tidak hanya memberikan manfaat melalui proteksi dan perencanaan keuangan sesuai prinsip syariah, namun melalui fitur wakaf, nasabah juga diberi kemudahan beramal yang akan bermanfaat bagi sesama dan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Hal ini terwujud melalui tagline AXA Mandiri unit Syariah yakni #BerbagiJadiBerkah," kata Handojo G.Kusuma, Presiden Direktur AXA Mandiri pada pembukaan acara.

Bapak Handojo juga mengatakan akan banyak bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM) dalam rangka memberikan produk-prroduk yang syariah, salah satunya tentu saja wakaf melalui produk asuransi AXA Mandiri Syariah yang akan diluncurkan.

Anton Sukarna selaku Senior Executive Vice President PT Bank Syariah Mandiri yang juga hadir dalam acara ini berharap dengan peluncuran produk wakaf AXA Mandiri Syariah memudahkan masyarakat yang ingin berwakaf. Karena sesungguhnya pihak swasta harus juga memikirkan kepentingan atau kemaslahatan umat, tidak sekedar mengejar bisnis semata.


"Insaallah, fitur Wakaf AXA Mandiri unit Syariah menambah nilai-nilai kebaikan bagi nasabah khususnya segmen syariah yang membutuhkan produk asuransi. Apalagi produk ini tidak sekedar asuransi tapi juga memberi peluang nasabah untuk berbagi melalui fitur wakafnya," ujar Bapak Anton yang juga hadir untuk memberikan sambutan selaku perwakilan dari pihak BSM.

Resmi Diluncurkannya Fitur Wakaf AXA Mandiri unit Syariah


Setelah sambutan dari Bapak Handojo dan Bapak Anton, selanjutnya tiba waktunya diresmikan peluncuran fitur wakaf AXA Mandiri unit Syariah melalui Asuransi Jiwa Syariah. Didahului dengan pemukulan rebana oleh Handojo G. Kusuma, Srikandi Utami, Anton Sukarna dan pihak Dompet Dhuafa dan Mandiri Amil Insani. Maka resmilah fitur wakaf hadir diantara para nasabah AXA Mandiri Syariah, Alhamdullilah semoga terwujud #BerbagiJadiBerkah melalui fitur wakaf ini.

Dimana kemudian juga dilakukan penandatanganan MOU pihak AXA Mandiri Syariah dengan  Dompet Dhuafa dan Mandiri Amal Insani sebagai lembaga wakaf terpercaya di Indonesia untuk mengelola dan menyalurkan dana wakaf para nasabah dan mengibahkannya sebagian manfaatnya untuk kesejahteraan umat, khususnya dalam inisiatif pembangunan Masjid, Rumah Sakit, serta pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu.



"Dana Wakaf AXA Mandiri unit Syariah akan dikelola secara amanah dan profesional dengan diawasi oleh Badan Wakaf Indonesia untuk memberikan kepercayaan lebih dan memastikan dana yang diwakafkan bermanfaat secara optimal dan berkelanjutan. Melalui fitur Wakaf ini nasabah memiliki pilihan dalam mempersiapkan keuangan untuk masa depan serta menjalankan ibadah amal jariyah, " kata Srikandi Utami yang merupakan Chief of Sharia AXA Mandiri.

Perencanaan Keuangan Masa Depan di Setiap Fase Kehidupan

Sebelum ditutupnya acara peluncuran fitur wakaf AXA Mandiri unit Syariah, Srikandi Utami atau yang akrab disapa Ibu Aam ini memberikan sedikit sharing tentang perencanaan keuangan masa depan di setiap fase kehidupan. Wanita cantik yang mengenakan busana muslimah syari ini memberi definisi asuransi syariah yang intinya memiliki konsep saling tolong-menolong, tanggung-menanggung, berbagi resiko antara nasabah. Sementara perusahaan asuransi hanya memediasikan dan mengelolanya.


Konsep untuk tolong-menolong, merencanakan masa depan dunia-akherat, dan tidak meninggalkan anak-anak dalam keadaan lemah seperti salah satunya lemah financial, ada dalam Alquran yang menjadi dasar hukum asuransi syariah yakni:

Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya (QS; Al Maidah 2)

Hai orang-orang yang  beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuat untuk hari esok (masa depan/akherat), dan bertakwalah kepada Allah, sesunguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang  kamu kerjakan (QS: Al Hasyr :18)

Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mengucapkan perkataan  yang benar (QS:An Nisa 9)

Manfaat Asuransi AXA Mandiri Syariah:


1. Tolong-menolong dengans sesama muslim atau peserta
2. menyediakan warisan untuk keluarga
3. Menyediakan dana  masa depan sesuai dengan perencanaan keuangan
4. Menumbuhkan kasih-sayang diantara sesama muslim atau peserta
5. Amal Jariyah

Karena itu wakaf melalui AXA Mandiri Syariah ini sudah sesuai dengan hukum Islam dan MUI, sehingga umat Islam tidak perlu ragu lagi dan bertanya-tanya tentang hukumnya halal atau tidak halal wakaf melalui asuransi ini. Selain itu juga banyak manfaat  wakaf asuransi dan manfaat investasi seperti yang dikatakan Ibu Aam:

"Dengan produk solusi perlindungan ini nasabah berkesempatan untuk mendapat perlindungan asuransi dan sekaligus berwakaf sebesar maksimal 45% dari santunan asuransi serta 30% dari jumlah manfaat investasi nasabah yang dapat diwakafkan."Selain dapat berwakaf, Wakif juga tetap dapat menerima santunan asuransi.

Jadi ketika Peserta meninggal dunia, maka Santunan Asuransi dan Manfaat Investasi dapat diwakafkan atas nama Penerima Manfaat Asuransi kepada Lembaga Wakaf. Nah, tunggu apalagi jika memang ingin berwakaf dengan mudah bisa langsung membeli produk ini melalu jalur distribusi AXA Mandiri unit Syariah melalui perbankan (bancassurance) di seluruh cabang Bank Syariah Mandiri yang memiliki cabang 75 kantor cabang di seluruh Indonesia.

AXA Mandiri unit Syariah memiliki rangkaian produk yang lengkap untuk nasabah lokal, diantaranya:

1. Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah
2. Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah

Sekarang siapa saja bisa dengan mudah berwakaf tanpa harus menunggu memiliki tanah atau mendapat warisan tanah, dan untuk berwakaf tidak hanya kepada nasabah Bank Syariah Mandiri yang berjumlah sekitar 5.5 juta orang, tapi  juga masyarakat umum seperti kalian yang membaca tulisan saya ini loh.

  • Share:

You Might Also Like

10 komentar

  1. Sekarang dengan menjadi nasabah AXA Mandiri unit Syariah, bkn hny memperoleh perlindungan dihari tua tapi juga dpt berwakaf. Dunia akhirat dpt manfaatnya.

    ReplyDelete
  2. Wah, keren! Sekarang orang-orang bisa lebih mudah berwakaf berkat fitur baru dari Axa Mandiri ini ya, Mba. :D

    ReplyDelete
  3. Senang ya Mba, sekarang kita bisa semakin mudah untuk berwakaf melalui AXA Mandiri Syariah. In shaa allah bisa buat tabungan di akhirat.

    ReplyDelete
  4. Setelah tau ini semua, makin takjub. Manfaat wakaf banyak banget, ya. Trus skrg berwakaf nggak cuna masjid atau tanah kosong. Uang yg jumlahnya sesuai sama kemampuan kita pun bisa. Asiik

    ReplyDelete
  5. Dengan berwakaf amalan kita akan selalu mengalir, sampai kapanpun ya Mba. Sekarang aku jadi paham tentang asuransi syariah khususnya AXA ini, aku jadi bisa mulai belajar berwakaf untuk ikut membantu keuangan orang lain secara islam yang benar.

    ReplyDelete
  6. Pahala yang mengalir terus menerus ya mba jadi lebih melek lagi mengenai wakaf ini bisa dibangun dalam berbagai bentuk dan kemberikan kesempatan masyarakat untuk saling membantu

    ReplyDelete
  7. Asik ya mba, skrg mau proteksi diri juga sekaligus bisa menjalankan perintah allah. Bahagia dunia akhirat deh insya allah

    ReplyDelete
  8. Yeay...akhirnya ya siapa aja punya kesempatan berwakaf melalui asuransi syariah

    ReplyDelete
  9. Aku awalnya ya mengira kalau wakaf itu hanya sebatas wakaf tanah. Tapi teryata sekarang mudah ya dengan menggunakan AXA Mandiri

    ReplyDelete
  10. Aku taunya dari kecil itu wakaf ya tanah or bangunan ajah, ternyata harta yg bisa diwakafkan itu banyak ya Mba. Semakin mudah dech sekarang buat masyarakat Indonesia yg mau berwakaf

    ReplyDelete