>

MPasi Untuk Menaikkan Berat Badan Bayi

By duniaeni.com - May 10, 2019



Waspadai Komen Negatif dan Positif

Masalah berat badan anak pasti bikin kepala mamak pusing luarbiasa, bahkan bisa stres, benerkan? Terutama jika dengan segala cara berat badan stuck, sementara keluarga besar, tetangga, sampai netizen mulai meluncurkan komen-komen julit. Tidak ketinggalan komen-komen mitos seperti ASInya tidak bagus, ibunya malas dan kurang kreatif. Apalagi jika si ibu berbadan subur, habislah komen-komen julit meluncur.

Lalu muncul kubu kedua yakni keluarga besar, lingkungan, sampai netizen yang hadir bak pahlawan memberi hiburan, dukungan, support dengan kata-kata yang juga sebenarnya bisa jadi mitos seperti perkembangan anak beda-beda yang penting sehat, biar kurus yang penting masih lincah, gak usah dipikirin omongan orang anakku juga kurus banget kok, gak masalah anak kurus nanti juga gemuk, dan lain sebagainya.

Dua kubu ini manakah yang perlu kita tanggapi dengan serius?

Saya yakin karena saya juga mengalaminya, sebagai ibu yang sudah letih, jungkir balik mencari solusi berat badan anak tidak stabil, maka kita akan menyambut dengan hikmat dan terharu biru kubu ke dua, kubu yang memberi dukungan: TIDAK APA-APA ANAK KURUS. Rasanya bahagia betul ada yang mendukung, tidak menyudutkan, tidak membully. Hati ibu lelah, hehehe.

Tapi  tahukah, bahwa kubu kedua ini bisa membahayakan karena membuat kita tidak waspada dan terlena sehingga melewatkan tahap yang seharusnya bisa kita lewati dengan baik, karena berat badan pada anak tidak bisa disepelekan. Hal ini  baru saya ketahui ketika mengikuti seminar kesehatan bersama dokter anak Herbowo, bisa dibaca di sini ya, Bu: 1000 Hari Pertama Kehidupan yang tidak akan terulang

Terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan, itu makanya perlu menimbang di Posyandu setiap bulan, karena memang berat badan anak mempengaruhi tumbuh kembangnya, termasuk organ pentingnya seperti otak. Jadi jangan baper (meski pasti baper) ketika ada yang julit soal berat badan anak, tapi jadikan alarm agar kita waspada, APAKAH SUDAH WAKTUNYA KONSULTASI KE DOKTER.


MPasi Untuk Menaikkan BB Bayi


Membahas mengenai berat badan anak, ini terjadi pada Binar yang mengalami stuck setelah terkena Suspect Pneumonia akhir Februari 2019. Perkembangan berat badannya yang semula pesat mencapai 6.1kg saat usia 4 bulan, jadi 5.9kg dan terakhir nimbang saat usia  6 bulan 6.4kg. Padahal sudah seminggu memasuki tahap MPasi. Duh, saya jadi sedih hanya naik 300 gram selama sebulan.

MPasi yang saya berikan langsung 4 bintang dengan protein hewaninya dari kaldu ceker, ternyata kaldu tidak memenuhi syarat untuk protein hewani yang dibutuhkan tubuh. Jika akan menaikan berat badan bayi dibutuhkan asupan utama LEMAK&PROTEIN, terutama protein hewani dari daging merah dan ikan laut dalam. Selain untuk berat badan, lemak dan protein ini sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak bayi yang sedang mengalami pertumbuhan secara pesat. Serius, saya baru tahu.

Dulu pernah ada anak tetangga yang berat badan stuck, ibunya cerita kalau dokter anak meresepkan MPasi double karbo. Tetapi saya lihat pada perkembangannya tidak mengalami perubahan dalam berat badan. Akhirnya MPasi Binar saya ganti untuk protein hewaninya saya pakai daging sapi khas dalam, daging ayam  bagian dada, belut, udang, selang-seling agar tidak bosan. Porsinya lebih banyak dari bahan lainnya, kadang ditambah double karbo.

Kaldu hanya saya pakai untuk campuran dalam MPasi, untuk lemaknya saya kasih santan peras 50ml, air putih saya batasi hanya saat makan, itu pun sedikit saja. Jika haus tetap ASI yang utama, karena MPasi artinya makanan pendamping ASI, bukan sebagai asupan utama. Asupan utama tetap ASI.

Alhamdullilah, tidak sampai 2 minggu berat badan Binar naik sekitar 300 gram. Buat ibu-ibu yang mau mencoba resep MPasi Binar ini, salah satunya berikut ini:

Resep MPasi untuk Menaikkan Berat Badan Bayi :

1. MPasi Protein Hewani Doubel Karbo




Bahan:
Beras Putih
Kentang
Daging Ayam
Kacang Hijau
Wortel
Bayam
Bumbu::
Tomat
Bawng Putih
*tambahkan santan kelapa peras, untuk lemak selain santan kelapa peras, bisa VCO, minyak zaitun, minyak kelapa asli, dll.

Cara Masak:
Semua bahan ditim dengan api kecil, masukkan bahan-bahan sesuai tahap lama matangnya. Setelah matang, blender (sebenarnya saya senang dengan tekstur MPasi yang disaring, tapi karena saya ingin semua dagingnya bisa dimakan, jadi diblender deh).

2. Resep MPasi Daging Merah Komplit





Bahan:
Daging sapi khas dalam yang dicincang halus
Kentang
Labu siam
Wortel
Tempe

Bumbu:
Tomat
Bawang Putih

*Tambahkan santan kelapa peras 50ml

Cara Masak:
Kali  ini saya membuat MPasi tidak dengan sistem ditim, tapi dengan dikukus dan memang hasil tingkat kematangan untuk sayurnya bagus banget. Warnanya masih fresh, hehehe. Tapi prosesnya jadi agak ribet sih, karena santannya saya masak beda. Ketika akan dibleder baru dijadikan satu semua.

Untuk resep lainnya ditunggu ya, akan saya share lagi nanti, semoga bermanfaat.


  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. hai bintang, you should be grateful because you have a great mom

    ReplyDelete