>

Mengapa Memilih Kantong Plastik PP Wayang Untuk Kemasan Produk

By duniaeni.com - June 29, 2019



Bisnis Berdasarkan Passion Akan Kuat Melewati Masa Jatuh Bangun

Sejak era digital merambah Indonesia banyak sekali dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga seperti saya untuk mendapatkan penghasilan tambahan, salah satunya dengan bisnis online. Saya mulai bisnis online sekitar tahun 2010. Ternyata sudah lama banget ya, sekitar 9 tahun, tapi bisnis online yang saya jalani mengalami berganti-ganti jenis produk. Semua karena ingin belajar dan coba memahami kebutuhan pasar.

Produk yang saya jual mulai dari buku, sebenarnya  buku ini masih saya jalani juga hingga kini, tetapi tepatnya lebih fokus suami  yang menjalankannya. Lalu perawatan kulit home made yang dibuat oleh para pengerajin di Bali, hingga fashion. Untuk yang terakhir ini selain online, saya juga jual offline di rumah dan di bazar-bazar. Karena memang sebelum menikah saya sudah memiliki bisnis offline bareng dua sahabat saya, Annisa dan Dina. Kebetulan kami sama-sama menyukai dunia fashion.

Bisnis yang berdasarkan passion memang bisa bertahan lama, sekalipun mengalami masa jatuh bangun. Setelah memiliki bisnis fashion hasil kerjasama dengan sahabat saya terhenti karena suatu hal, maka saya mencoba menjalankanya sendiri. Karena rasanya sayang jika tidak diteruskan, tapi fashion yang saya jual mengalami perubahan. Kalau semula menjual aneka fashion, kemudian saya mengkhususkan menjual fashion muslimah mulai dari hijab hingga pakaian muslimah.

Apalagi saat itu sedang booming fashion hijabers yang  dipelopori oleh disainer cantik Dian Pelangi. Wah, semakin senang rasanya saya menjual aneka kebutuhan muslimah sampai sempat ikut belajar tutorial hijab, dan bareng teman-teman mengeluarkan buku tutorial hijab tahun 2013. Tetap ya, tidak jauh-jauh dari buku, memang passion saya buku dan fashion.



Ternyata ketika lahir anak ke empat bisnis fashion muslimah yang saya jalani kembali off, sampai kemudian teman-teman diantaranya Nik, Eva, dan Adelina mengajak saya terlibat kembali dalam bisnis fashion yang dilabeli nama ALONA. Tapi kali  ini saya hanya menuangkan ide-ide tentang design baju di ALONA, dan  ikut memasarkan produknya. Hingga kini berjalan dua bulan, doain lancar ya.

Pentingnya Kemasan Plastik Dalam Bisnis Fashion



Nah, dalam bisnis fashion ini ada yang tidak boleh dilupakan yakni kemasan, apalagi jika dipasarkan secara online. Maka kemasan yang tampak dalam foto harus benar-benar terlihat menarik, kemasan juga harus membuat produk tetap aman sampai di tempat pembeli atau konsumen. Karena dalam perjalanan ekspedisi sering terjadi hal yang tidak diinginkan seperti hujan, paket terjatuh, atau saat disimpan untuk stock terkena jamur karena lembab, dan lain sebagainya.

Dalam pemilihan kemasan ini saya pernah mengalami banyak hal. Karena produk fashion lebih praktis dikemas dengan plastik, maka untuk kemasan produk hingga mengirimkan ke konsumen, saya menggunakan kemasan kantong plastik. Tetapi pernah terjadi kantong plastik rusak saat dalam perjalanan ekspedisi, sehingga produk yang saya kirim tidak bersih. Pernah juga karena kantong plastik bocor, produk basah terkena hujan, bahkan kantong plastik berubah warna kekuningan saat distock lama. Hal ini menyebabkan foto produk jadi tidak menarik saat difoto, terlihat tidak sesuai warna asli, dan kusam.

Kalau kondisi seperti ini otomatis akan mendapat komplain dari konsumen, karena produk tidak memuaskan saat diterima. Juga tampilan yang tidak menarik akan membuat konsumen enggan membeli produk yang kita jual. Masalah kemasan saja jadi imbasnya kemana-mana, kan? Termasuk omset atau pemasukan yang bisa turun dratis, makanya wajib banget mencari kemasan produk yang dijual dengan kualitas rekomend.

Kebetulan saya lagi mencoba kemasan kantong plastik Wayang PP yang memiliki beberapa kelebihan. Mungkin ada yang butuh info mengenai kemasan kantong plastik Wayang PP, bisa membaca sedikit ulasan saya berikut ini, ya:

Menggunakan Kantong Plastik Wayang PP Untuk Produk

Menjual produk fashion dengan warna-warna yang beragam penting banget memperhatikan kemasan saat difoto agar warna atau motif asli tidak berubah, selain kemasan bermanfaat untuk keamanan produk saat dikirim maupun disimpan. Untuk kantong plastik Wayang PP ini saya merasa cocok sekali, karena ketika produk dikemas dalam kantong plastik Wayang PP warna dan motif aslinya tetap keluar saat difoto.  Bahkan terlihat lebih berkilau karena pantulan dari plastiknya kali, ya.


Kantong plastik Wayang PP juga cukup kuat alias tidak mudah robek sehingga pengiriman produk yang dikemas dalam kantong plastik Wayang PP cukup aman. Saat musim hujan tidak perlu cemas lagi produk akan basah, pokoknya bagus banget deh kemasan kantong plastik Wayang PP. Jadi penasaran kan, apa kelebihan lainnya, hehehe. Saya paparkan deh satu-satu biar kalau memilih kemasan kantong plastik tidak salah lagi.

Kelebihan kantong plastik Wayang PP:


1. Kantong plastik Wayang PP merupakan jenis kantong plastik PP (Polypropylene) yang memiliki karakter warna transparan, bening, jernih dan permukaan mengkilap.
2.  Kantong plastik Wayang PP menggunakan biji plastik berkualitas grade A yang membuat tampilan plastik menjadi lebih bening dan jernih sehingga dapat menampilkan keaslian warna dan bentuk yang dikemas.
3. Kantong plastik Wayang PP tidak mudah menguning
4. Kantong plastik Wayang PP menggunakan bahan standard Food Grade ( tidak menggunakan bahan biji plastik daur ulang) sehingga sangat aman digunakan langsung untuk kemasan makanan dan minuman.
5. Kantong plastik Wayang PP menggunakan seal yang dibuat 2 lapis sehingga sangat kuat dan tidak mudah jebol.
6. Kantong plastik Wayang PP sudah mendapat sertifikasi diantaranya:
  • Sertifikasi ISO 9001: Sertifikasi dalam hal menagemen produksi dan penjaminan mutu produk.
  • Sertifikasi HALAL MUI
  • Indonesia Best Brand Award (2011-2018) : Penghargaan untuk produk pilihan masyarakat.


Mengetahui kelebihan kantong plastik Wayang PP kayaknya tidak perlu lagi ragu buat menggunakannya ya, karena kelebihan itu sesuai dengan pengalaman saya mengunakan kantong plastik Wayang PP. Kalau tidak percaya, lihat deh foto-foto prodak hijab yang saya kemas dalam kantong plastik Wayang PP ini, bener-bener mengkilap dan membuat warna atau corak prodak tidak berubah, kan


Ditambah selain itu kantong plastik Wayang PP halal dan aman buat kemasan makanan dan minuman. Selama ini saya kawatir kalau menggunakan kemasan plastik buat makanan dan minuman, kawatir tidak aman dan mengandung zat beracun. Bisa dikatakan kantong plastik Wayang PP ini memang serbaguna deh. Tidak hanya untuk kemasan prodak fashion, karena memiliki berbagai ukuran dan ketebalan tergantung kebutuhan.

Diantaranya kantong plastik Wayang PP bisa digunakan untuk:
1.Plastik pembungkus hasil laundry
2. Plastik pembungkus kue jajanan pasar
3. Plastik pembungkus kerupuk tradisional
4. Plastik pembungkus bumbu masak kering
5. Plastik pembungkus perhiasan dan aksesoris wanita
6. Plastik pembungkus prodak fashion
7. Dan lain-lain

Kantong plastik Wayang PP ini sekarang memiliki tampilan atau kemasan baru loh. Saya lebih suka dengan kemasan baru, karena terlihat lebih spesial dengan kemasan berornamen seperti batik, lebih terlihat fullcolour dan ramai. Dimana design tersebut langsung menyatu dalam kemasan, tidak seperti design lama yang hanya berupa kertas berlogo Wayang yang tidak menyatu dengan kemasan, dan tidak begitu nampak. Berbeda sekali dengan kemasan baru yang dilihat dari jauh pun akan nampak jelas design logo Wayangnya.

Untuk mendapatkan kantong plastik Wayang PP tidak sulit karena bisa beli di toko plastik tradisional maupun toko di sekitar lingkungan tinggal. Kebetulan di tempat saya ada dijual di toko plastik yang banyak terdapat di pinggir jalan dengan harga yang cukup terjangkau sekali. Bagaimana, sudah yakin untuk mengunakan kantong plastik Wayang PP?

Tapi tentu saja, jangan lupa untuk menggunakan plastik dengan sebijak mungkin, karena bagaimana pun kebutuhan akan plastik belum tergantikan secara total. Ada kebutuhan tertentu yang memang membutuhkan plastik, jadi bijak menggunakan plastik sangat diperlukan. Misalnya dengan hanya menggunakan plastik sesuai kebutuhan saja, memisahkan sampah plastik agar dapat didaur ulang kembali, dengan demikian sebagai pembisnis sedikit banyak kita ikut berperan mengurangi limbah plastik.


  • Share:

You Might Also Like

61 komentar

  1. Iyah mba, sepakat meski kantong plastik pp wayang awet dan bagus. Hemat plastik jauh lebih penting yam sebab platik susah terurai. Btw bisnis passion kita apa yah

    ReplyDelete
  2. kalau diplastikin jadi makin mengkilat bersih gitu ya bahannya, jadi konsumen juga pas liat barang datang seneng

    ReplyDelete
  3. Wah, plastik merk Wayang ini ternyata food grade ya, sudah halal MUI juga. Bisa dipakai untuk berbagai keperluan mulai bahan/ barang, makanan, dan sebagainya. Gorengan panas dimasukin ke plastik ini ga bakalan kisut kayaknya heheheheh. JUalan pakaian, hijab dll bakalan cerah warnanya tetap terlihat jernih. Mantap!

    ReplyDelete
  4. Walo rasanya sulit menghindar dari plastik, setidaknya memakai plastik yg bahannya aman begini ya Mb serta pakai seperlunyaaa ajah ❤️

    ReplyDelete
  5. Produk jualan jadi lebih cantik ya, baguuus. Kayaknya perlu juga nih buat bungkus jilbab di rumah yang sedang gak dipakai supaya gak berdebu ya. Sipp, makasih Mama Bii, referensi juga kalau nanti ada tasyakuran lagi di rumah, pakai Plastik ini aja buat bungkus makanannya :)

    ReplyDelete
  6. Ngurangin pemakaian plastik masih jadi pe-er besar untuk aku nih. Secara kemana2 suka nggak bawa kantong sendiri. Plastik wayang ni unik juga ya ada batik2nya

    ReplyDelete
  7. Aku juga pake sih plastik cap wayang.Kadang2 butuh plastik juga tapi minimal aja. Emang kita harus bijak menggunakan plastik meskipun itu praktis

    ReplyDelete
  8. plastik untuk kemasan harus pilih2 yang berkualitas juga ya... plastik merk ini menjawab kebutuhan tsb.

    ReplyDelete
  9. Makasih infonya mbaa...lengkap kap kap...jd pengen cepet cari sendiri PLASTIK WAYANG PP....AMAN, HALAL, KUALITAS OK.... JAMINAN MUTU bangeettsss ituh

    ReplyDelete
  10. Makasih banget infonya mba....lengkap kap kap...jadi pengen cepet cari sendiri PLASTIK WAYANG PP....AmanHalalKualitas OK...JAMINAN MUTU Bingiiittss

    ReplyDelete
  11. Baru tahu ada plastik PP Wayang ini. Kalau beli bisanya lusinan gitu ya? Meskipun Go Green lagi booming-boomingnya, penggunaan plastik tetap terjaga ya.

    ReplyDelete
  12. Waah ini cakep dipake bungkus gamis... Apalagi ada motif2nya batik.. packing jd keren aman lagi....

    ReplyDelete
  13. Waah kl ada motif batik2nya cocok bgt nih huat packing gakis.... Selain cantok aman lagi........

    ReplyDelete
  14. Suksess terus ya, Mbak.. bisnisnya. Dan betul kata Mbak, kita harus bisa meminimalisir penggunaan plastik.

    ReplyDelete
  15. Naaahh ini dia yg dibutuhkan oleh para pengusaha UMKM.
    Plastik berkualitas, tdk bikin was was.
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  16. Mba, beli plastik wayang ini dimana ya ? Ukuran besar gini aku jarang liat. Mnurutku kalau beli pakaian dan dibungkus gini jadi kliatan mewah ya

    ReplyDelete
  17. Waaah, akupun nggak ragu lagi buat ganti pakai kantong plastik Wayang di rumah. Kebetulan ibuku sering dapat pesanan kue, jadi selalu siap sedia plastik di rumah.

    ReplyDelete
  18. Duh kalau udah bicara plastik ya kebayang bakal lama proses pembusukannya di tanah. Makanya sebisa mungkin meminimalisasi ya penggunaannya dengan memilih produk plastik yang baik.

    ReplyDelete
  19. Aku lagi belajar untuk mengurangi plastik lo mbak jadi aku memilih benar produk-produk yang plastic free ya

    ReplyDelete
  20. Rebel..
    Licin bagus memang plastik ini selama tidak rusak bisa d pakai duakali ni buat menghemat bahan plastik y kan

    ReplyDelete
  21. Eiya jadi cakep diplastikin mba, cling cling gitu.. :D Aman ya Pas ekspedisi jadi nggak bocor. Bahannya aman buat makanan juga ya ini.. Setuju mba, penggunaan plastik memang mesti bijak sekarang ya sewajarnya dan sebutuhnya aja..

    ReplyDelete
  22. Cap wayang memang paling pas buat segala keperluan bungkus membungkus , selama Mash batas kebutuhan si aman laa

    ReplyDelete
  23. Meskipun sebagian pihak lagi gencar go green anti plastik, tapi tetap saja sebagian kita masih butuh ya, apalagi kalau buat penyimpanan fashion, jadi bebas debu dan tungau

    ReplyDelete
  24. Wah, menarik sekali! Aku jadi ingin beli plastik Wayang, yang bisa dipakai untuk mengemas berbagai macam produk ini. Terima kasih ya, infonya, mbak Eni!

    ReplyDelete
  25. Masyaa Allah perjuangannya, smg bisnisnya berjalan lancar ya mbak dan semakin besar bisnisnya. Aamiin. BTW, soal plastik ini penting banget, saya baru tau

    ReplyDelete
  26. Aku lagi berpikir berarti jualanku (seafood dan daging segar) bisa pake plastik Wayang PP ini kali ya. Tapi aku perlu cek dulu sih ketebalannya bagaimana karena aku belum pernah pegang plastiknya langsung

    ReplyDelete
  27. Plastiknya memang bagus nih. Aku pake juga. Tebal dan aman buat makanan juga euy.

    ReplyDelete
  28. Jadi bagus ya hijabnya. Sukses ya mba usahanya. Bijak2 pakai plastiknya. Hehe.

    ReplyDelete
  29. Jilbab jadi makin rapi ya kalau disimpan di plastik begini, serulah makin terjaga nih jilbab dan baju di dalam lemari.

    ReplyDelete
  30. sepakat Mbak Eni.. memang untuk industri fashion membutuhkan yg namanya plastik, apalagi dalam hal pengemasan produk agar aman.. maka dari itu, perlu banget memilih jenis plastik yg bagus kualitasnya.

    ReplyDelete
  31. Plastik ini recommended banget ya Mba
    Jadi tenang deh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  32. Kalau di rumah ada hajatan gitu, dan ada bagian untuk bungkus2 makanan, saya juga pakai plastik ini, kualitas cukup Bagus. Dan ada berbagai ukuran juga

    ReplyDelete
  33. Kayaknya di Semarang aku belum nemu plastik PP Wayang ini mbak. Coba deh nanti nyari ke pasar Johar, mana tahu udah ada yang sedia plastik yang aman untuk membungkus berbagai produk ini

    ReplyDelete
  34. Wah plastiknya cocok ya untuk segala keperluan. .. bahkan untuk makanan juga aman... Jadi tenang pakenya

    ReplyDelete
  35. Sukses untuk bisnisnya ya Ibu Eni. Ini PP Wayang size berapa? Aku punya buat bungkusin makanan kering.

    ReplyDelete
  36. Dulu aku bisnis jilbab mba dan gagal, hiks. Sekarang bisnis bakery, moga berhasil. Dan semua butuh kemasan plastik. Coba juga ah pakai plastik cap wayang.

    ReplyDelete
  37. Mba Eni kreatif banget sih, selamat untuk bisnis barunya ya semoga lancar dan laris manis, plastik wayang ini food grade aman juga buat makanan yaa

    ReplyDelete
  38. pastik PP Wayang kualitasnya gak diragukan lagi buat kemasan produk ya mba

    ReplyDelete
  39. Kantong plastik wayang pp ini tersedia ukuran berapa saja ya mbak? Saya paling sering pakai kantong plastik ukuran seperempat dan setengah kilo, biasanya buat bikin es batu

    ReplyDelete
  40. Baru tahu nih mbak sama plastik PP Wayang, Karena di tempat aku belum nemuin jenis plastik ini, adanya yg plastik mengkilap tapi nggak ada merk nya heheee
    Kalau udah memiliki sertifikat halal udah pasti aman makenya ya mbak
    TFS Mbak Eni ^_^

    ReplyDelete
  41. Oke mbak Eni, saya disia dikirimkan paket dengan menggunakan plastik PP Wayang. Apalagi ini aman sekali digunakan ya mbak

    ReplyDelete
  42. Kantong plastik PP wayang ini kuat dan bening banget. Kalau buat bungkus hijab atau baju tampilannya jadi makin cantik juga.

    Dan yang terpenting plastik ini sudah bersertifikat halal. Jadi enggak ragu kalu mau bungkus makanan.

    ReplyDelete
  43. Bener banget nih, penting untuk memilih plastik yang berkualitas baik untuk membungkus produk. Aku pernah beli plastik yg ternyata gak bagus kualitasnya, jadi mudah sobek. Jadi kesel sendiri

    ReplyDelete
  44. Plastik nya tebel ya cap wayang ini

    Dan tenyata ada label halalnya juga yaaa...
    Waaah plastik jg ternyata termasuk produk yg dilabelisasi halal jg ya

    ReplyDelete
  45. Banyak banget bisnismu, Mbak. Kereeeen! Btw, packaging memang penting dalam memasarkan suatu barang. Terbantu banget yaa dengan plastik berkualitas dari PP Wayang.

    ReplyDelete
  46. Wah keren banget, dari dulu kepingin banget nih menekuni bisnis fashion gitu. Dan pengunaaan plastik memang sudah tidak dapat dihindari ya dengan adanya bisnis apapun, termasuk fashion. Saya baru tahu loh, ada brand plastik Wayang dan sebaiknya memang benar harus dengan bijak penggunaannya.

    ReplyDelete
  47. Produk fashion memang lebih rapi kalau dibungkus pakai plastik. Dan plastiknya pun kudu bagus biar enggak lecek. PP Wayang boleh tuh dicoba

    ReplyDelete
  48. Buat makanan juga Aman mba plastik wayang toast nihh akupun pakai buat usaha rumahan aku tape krn food grade lagi

    ReplyDelete
  49. Stok plastik wayangku masih ada nih di rumah. Biasa buat bungkus makanan aja.

    ReplyDelete
  50. Merk dan designnya menarik yaa.. membentuk ciri khas negeri sendiri.. wayang dan batik

    ReplyDelete
  51. Pernah diberitahu katanya kalau plastik yang warna warni itu adalah plastik bekas dan daur ulang. Yang baru benar-benar dibuat adalah plastik yang bening. Ya seperti PP Wayang ini.

    ReplyDelete
  52. Saya baru dengar soal plastik Wayang PP ini
    Belum pernah memegang atau melihatnya jadi penasaran mau gunakan juga untuk jualan rok celana ku

    ReplyDelete
  53. Kualitasnya bagus ya plastik wayang ini, cocok untuk digunakan sebagai pembungkus kemasan produk yang akan kita pasarkan.

    ReplyDelete
  54. Berbisnis emang bikin mantap ya Mbk Eni, aku pun pengen banget menjalaninya. Apa daya semangat juangku kurang hehe... btw, kantong plastik cantik nih buat nyimpan baju di lemari.

    ReplyDelete
  55. Senang ya kalau kemasan dibungkus dengan rapi begini. Apalagi kantong plastik PP Wayang ini sangat menarik, aman dan bersetifikat halal pula ya. Jadi pengen stok deh buat dan aku share ke kakakku untuk kemasan bisnis batiknya.

    ReplyDelete
  56. Setujuu, dalam beberapa hal memang butuh plastik, tapi harus bijak dalam penggunaan

    ReplyDelete
  57. Buat pelaku usaha emang packaging itu paling penting ya makanya adanya plastik ini cucok bgt ya buat pelaku usaha

    ReplyDelete
  58. memang bagus plastiknya, kelihatan sih dari kemasannya aja dah beda dengan plastik biasanya. Kalau untuk kemasan makanan juga cocok nih

    ReplyDelete
  59. Aku sekarang lagi mulai mengurangi penggunaan kantong plastik Mbak

    ReplyDelete
  60. Pas banget nih lagi nyari plastik tuk kemasan produk makanan jualanku. Bisa dipakai dong ya, kan food grade.
    Makasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  61. Plastik wayang nih bisa beli satuan atau borongan?

    ReplyDelete