>

MPASI Dengan Nutrisi Tepat untuk Bantu Dukung Kebutuhan Nutrisi Si Kecil

By duniaeni.com - July 26, 2019


Tidak terasa tiga bulan lagi Binar akan menuju MP-ASI  setelah sukses dengan ASI Ekslusif, doakan lancar ya. Sebab meski sudah tiga kali melewati masa-masa MP-ASI  ketiga kakaknyaBinar, tetap saja buat saya ini adalah tahap yang mendebarkan. Bukan hanya sekedar variasi menu MP-ASI nya dan tahap ketika si kecil akan melewati masa GTM (gerakan tutup mulut), tetapi nutrisi yang terkandung dalam MP-ASI yang akan saya berikan.

Karena waktu memberikan MP-ASI  anak pertama saya kurang paham nutrisi dan membuat menu MP-ASI  hanya meniru dari pengalaman teman, anak kedua pun saya membuat MP-ASI kurang lebih sama dengan anak pertama dan Si Kecil mengalami GTM parah yang membuat berat badannya turun, lalu anak ke tiga tahap MP-ASI  terlewati dengan baik. Nah, menghadapi tahap MP-ASI Binar ini kira-kira akan seperti apa?



Untuk kali ini saya akan mempersiapkan tidak sekedar variasi menunya, tetapi kandungan nutrisinya. Jadi nanti Binar tidak sekedar melewati dengan baik dalam arti menyukai menu MP-ASI nya, tidak hanya asal kenyang, tetapi juga terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Sehingga masa golden age yang dimiliki yakni 1000 hari pertama dilalui dengan kecukupan nutrisi. Memang kebutuhan nutrisi Si Kecil yang sudah siap memasuki tahap MP-ASI  atau berusia 6 bulan seperti apa sih?


Kebutuhan Nutrisi Si Kecil : MP-ASI Tidak Asal Kenyang

Setelah berusia 6 bulan ASI saja memang sudah tidak cukup memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil lagi. Kebutuhan zat besi untuk anak usia 6 – 12 bulan adalah 11 mg/hari. Sementara ASI hanya mensuplai zat besi sekitar 2 mg (sumber IDAI). Bahaya kekurangan Zat besi (Anemia Defisiensi Besi) bisa menghambat perkembangan tubuh dan otak Si Kecil, serta membuatnya mudah terserang penyakit. Akibatnya, anak dengan defisiensi zat besi mungkin akan menghadapi kesulitan belajar dan masalah perilaku dikemudian hari



Sementara untuk memenuhi zat besi dengan daging merah atau daging sapi dibutuhkan sekitar 385 g/hari. Hal ini tentu tidak mudah karena kapasitas lambung bayi masih kecil, belum lagi jika terjadi GTM, ini baru permasalahan zat besi belum lagi kebutuhan nutrisi lainya. Sebab perlu diketahui kebutuhan gizi untuk anak usia 6-8 bulan berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) untuk orang Indonesia tahun 2004 antara lain :

1. Energi=650 kkal
2. Protein=16 gram
3. Vitamin A= 400 retinol equivalent (RE)
4. Folat=80 mikrogram, Kalsium=400 mg
5.  Zat Besi=10 mg, Yodium=120 mikrogram dan Zat Seng=7.5 mg

Meski lambung Si Kecil masih seukuran kepalan orang dewasa dan tentu saja jauh lebih kecil dari lambung orang dewasa, tetapi pada kenyataannya Si Kecil memerlukan nutrisi 5X lebih banyak dari orang dewasa. Karena semua itu untuk memenuhi tumbuh kembangnya, maka jumlah pemberian MP-ASI harus mencukupi dengan kualitas zat gizi yang harus baik dan seimbang untuk dukung tumbuh kembang anak.

Selama ini tanpa kita sadari banyak pemberian MP-ASI pada Si Kecil yang penting kenyang, tanpa menghitung nutrisi yang masuk, apakah sudah sesuai dengan kebutuhannya? Duh, terus-terang untuk hal ini pun berat bagi saya kalau harus menghitung dengan detail sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG). Lalu solusinya bagaimana?

MPASI - CERELAC


Hampir semua Bunda tahu MPASI CERELAC dong?

Saya termasuk ibu yang senang membuatkan MP-ASI homemade , namun karena semangkuk MP-ASI yang saya buat kandungan nutrisinya belum memenuhi kebutuhan Si Kecil dan saya tidak mau Si Kecil hanya asal kenyang, maka solusinya menambahkan 1 mangkuk CERELAC untuk kebutuhan nutrisi hariannya.

Selain CERELAC diperkaya dengan zink dan vitamin untuk dukung tumbuh kembang Si Kecil, CERELAC dibuat dengan bahan pilihan, dengan fortifikasi vitamin, mineral, makro dan mikronutrien, termasuk zat besi. Bunda pun tidak perlu cemas, sebab CERELAC diproduksi melalui pengujian dan standar yang ketat sehingga dipastikan aman untuk Si Kecil. Apalagi saat saya cek di komposisinya, tidak mengandung MSG ataupun tambahan garam, makin tenang deh.





Jadi tidak perlu pusing lagi memikirkan, apakah Si Kecil kekurangan nutrisi? Bagaimana mengolah 385gr daging sapi agar dapat diasup dalam sehari, sementara ukuran lambung bayi belum besar? Kalau tidak bisa memenuhi kandungan zat besinya, Si Kecil bisa mengalami gangguan tumbuh kembang, belum kandungan-kandungan nutrisi lain yang harus dipenuhi. Masa golden age tidak akan terulang dua kali, kan.



Sekarang cukup selingin pemberian ASI dan MP-ASI rumahan atau homemade bunda dengan 1 mangkuk CERELAC, dukung pemenuhan kebutuhan nutrisi harian Si Kecil terpenuhi. Setuju? Rasanya saya sudah tidak sabar lagi menantikan tahap MP-ASI Binar. Tidak sabar meracik dan mengolah menu MP-ASI homemade nya, dan juga memberikan 1 mangkuk CERELAC agar  tumbuh kembang Binar berjalan dengan baik.



#Tenangajabunda
#CERELACmamamyuk
#mpasi
#mpasi6bulan

Info lebih lanjut bisa visit: www.mamamyuk.co.id

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar