>

Review Pompa ASI Medela Harmony (Manual Pump)

By duniaeni.com - July 24, 2019



5 kali menyusui anak-anak saya kalau dihitung cukup banyak juga pompa ASI yang sudah saya coba, dari yang manual jadul sampai yang electrik. Ingat masa menyusui anak pertama akhir tahun 2005, masih belum paham tentang pompa ASI. Yang penting saat itu bisa mempompa ASI saya yang berlimpah sehingga payudara terasa nyaman. Sebab ketika melahirkan anak pertama ASI saya langsung melimpah ruah, sementara bayi belum bisa menampung ASI dengan kuantitas yang besar.

Jadi kalau tidak diperah atau dipompa payudara langsung bengkak dan sakit sekali, apalagi itu pengalaman awal menjadi busui. Waktu itu saya dibelikan pompa ASI model jadul yang mirip terompet, jangan ditanya recomend atau gak? Karena itu adalah pengalaman terburuk dalam sejarah saya memerah ASI. Sakitnya minta ampun, Alhamdullilahnya ASI terperah dengan banyak waktu itu.


Lalu pengalaman menyusui berikutnya saya mulai paham pompa ASI yang lebih manusiawi, hahaha. Pokoknya pompa ASI yang nyaman saat dibuat memerah ASI. Saya coba yang manual dan elektrik, sampai kemudian saat menyusui Binar ini saya coba pompa ASI Medela Harmony (pompa ASI manual), penasaran banget awalnya karena merek Medela ini sudah sering dibahas ibu-ibu menyusui. Mereka sepertinya jatuh hati dengan merek Medela, harganya pun buat saya lumayan mahal. Berbeda-beda sih harganya, tergantung tokonya kali ya. Karena punya saya harganya Rp 455.000, tapi waktu saya jalan-jalan  ke Kokas dan masuk ke babyshop (lupanamanya) harganya dibandrol Rp 625.000. Jadi wajar deh saya penasaran dengan performannya

Pompa ASI Medela Harmony Sangat Ringan



Begitu membuka packagingnya saya lihat material Pompa ASI Medela Harmony bagus, kokoh, jangan-jangan berat? Ternyata setelah memegang Medela Harmony sangat ringan sekali, sesuai dengan bentuknya yang mungil. Dipegangnya enak karena designnya memang dirancang agar ibu menyusui saat memerah ASI tidak terasa pegal  dan tangan tidak  menjadi kaku.




Saat dibuat memerah juga ringan, bahkan saya mengira ASI tidak tersedot keluar karena tidak terasa sedotan seperti biasa kalau saya memompa ASI. Namun ternyata ASI sudah memenuhi botolnya, hehehe. Beneran deh, pompa ASI Medela Harmony ringan banget secara berat maupun saat dibuat memerah ASI.

Pompa ASI Medela Harmony Designnya Cantik

Medela Harmony dengan warna kuning cerah sangat cantik, bikin senang kalau dibawa-bawa buat prepare perah ASI saat di kantor maupun saat berpergian keluar kota tanpa membawa si Kecil. Apalagi bentuknya yang mungil, tidak memakan tempat saat dimasukkan ke tas maupun coolerbag. Bongkar pasang atau ngerakit komponennya juga simpel sekali. Karena komponennya hanya tuas, corong, konektron, membran, dan botol. Oya, untuk botolnya asalkan ukurannya standart biasa pakai botol merek apa saja.


Medela Harmony mungil dan cantik


Komponen Medela Harmony

Pompa ASI Medela Harmony Nyaman untuk Memerah ASI

Sebelumnya saya menggunakan pompa ASI dengan bahan silikon, maka ketika akan menggunakan pompa ASI Medela Harmony jadi terbayang waktu memakai pompa ASI dengan material plastik agak keras bikin payudara sakit, ternyata tidak loh. Saya coba nyaman-nyaman saja. Terus Medela Harmony nih punya dua fase di tuasnya, kalau saya lebih suka dan sering menggunakan tuas belakang yang lebih panjang. Tarikan atau sendotannya lebih maksimal menurut saya.


Corong Medela Harmony nyaman di payudara

Karena saya bukan ibu bekerja yang harus sering berjauhan dari bayi, jadi saya menyusui Binar langsung setiap hari kecuali sedang ada kerjaan keluar sesekali. Maka ASI saya lebih banyak yang terhisap langsung oleh bayi, ketimbang dperah. Saya memerah ASI hanya untuk stock saat  sedang ada kerjaan di luar. Jadi rekor saya memerah ASI dengan Medela Harmony sekitar 200ml sekali perah.




Buat busui yang harus bekerja setiap hari meninggalkan bayi, pasti bisa memerah ASI lebih  banyak lagi karena ASI tertampung di payudara. Tapi jangan lupa untuk terus menyusui saat bersama si Kecil ya, biar ASI semakin berlimpah. Oya, yang perlu diperhatikan hati-hati ketika membersihkan dan mensteril komponen Medela Harmony, karena diafragmanya mudah robek dan harganya cukup lumayan mahal. Selebihnya untuk pompas ASI manual Medela Harmony ini rekomend.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar