>

Resep MPasi Camilan

By duniaeni.com - July 22, 2019


Ilmu MPasi itu terus berkembang membuat para ibu yang memiliki anak tahap MPasi harus banyak belajar. Selama mendamping 4 anak melewati tahap MPasi saya selalu mendapatkan perkembangan MPasi itu luarbiasa, dan sejujurnya kadang timbul rasa sesal: Ih, kok gak dari jaman MPasi anak pertama dulu ada metode ini, kenapa dulu hanya dikenalkan bubur beras untuk pengenalan awal, kenapa dulu hanya satu jenis kandungan nutrisi yang dikenalkan?



Berapa banyak anak-anak sebelumnya yang kekurangan nutrisi berharga, moment-moment yang tidak akan terulang lagi. Tapi bagaimana pun ilmu memang berkembang terus, selalu diawali dengan hal-hal yang belum sempurna untuk menjadi lebih sempurna. Beruntunglah, anak-anak yang lahir saat ini mendapat asupan MPasi dengan kandungan lengkap, atau jangan-jangan next akan ada lagi metode yang lebih canggih, hehehe.

Untuk Binar saat ini begitu mengenal MPasi awal langsung 4 bintang, jadi awal sudah saya kasih daging. Jangan membayangkan takut BAB bayi jadi keras karena untuk pertama kalinya langsung mengenal daging dan sebagainya, sebab memang Binar pun mengalami sembelit, hehehe. Tapi hanya 1-2 kali, sebab saya sudah mempersiapkannya dengan memberi menu MPasi  camilan yang bisa membuat BAB lunak meski mengasup daging, yakni dengan memberi camilan pure labu kukus, pure  pepaya, banyak minum air putih. Camilan dimakan sebelum MPasi 4 bintang dan di jam ngemil.

Setelah sebulan, BAB akan lancar meski tidak ngemil pure labu kukus dan pure pepaya, mungkin karena pencernaannya sudah siap ya. Jadi tidak perlu cemas ya, memberi MPasi pertama dengan lengkap karena mengejar moment pertumbuhan bayi, bahkan nih dianjurkan lebih banyak protein hewani (Prohe) dibanding nutrisi lainnya. Karena prohe dan juga lemak penting sekali untuk perkembangan otak bayi yang berjalan begitu pesat. Karbo, vitamin, bisa diberikan nanti atau berikan secukupnya saja dan utamakan prohe serta lemaknya. Menu MPasi ini bisa juga untuk menaikan BB loh, silakan baca Resep MPasi Menaikan Berat Badan.


Nah, untuk kali ini saya mau bagi-bagi resep MPasi Camilan Binar, siapa tahu ada yang mau ikutan bikin. Camilan ini biasanya saya berikan sekitar jam 10 pagi, jam 3 sore. Resepnya simpel-simpel banget kok, dan bahannya banyak tersedia di warung dengan harga murah, hehehe. Karena saya tidak mau hal-hal yang repot dan tidak sesuai kantong juga, tapi tetap nutrisi saya pertimbangkan sekali, selamat mencoba resepnya:

Pure Ubi Ungu Keju



Bahan:
1/2 buah ubi ungu
Keju balok secukupnya, saya pakai merek Emina varian Mild karena tekturnya lembut dan rasanya tidak asin.

Cara buat:
1. Ubi ungu sudah dibersihkan kukus, kupas dan sisihkan
2. Haluskan ubi ungu sesuai tahap tekstur MPasi bayi, untuk usia -7 bulan sebaiknya disaring, untuk 8+ cukup dilumatkan dengan sendok
3. Campurkan keju parut, lumatkan kembali hingga merata
4. Camilan siap dinikmati bayi, bisa juga dengan dicampurkan ASI atau susu sesuai selera

Selain Ubi, saya suka menggantinya dengan singkong tapi karena singkong padat dan lengket, bisa dikasih kuah santan sebagai lemaknya. Rasanya sangat lezat, Binar suka sekali.


Oat, Pisang Ambon



Bahan:
Oat secukupnya, biasa untuk Binar saya buatkan 5 sendok makan Oat
1 buah pisang ambon

Cara buat:
1. Oat masak 5 menit saja, angkat
2. Sajikan Oat dengan toping pisan yang sudah dihaluskan
Camilan MPasi siap disajikan


Oat, Wortel, Keju


Bahan:
Oat secukupnya, biasa untuk Binar saya buatkan 5 sendok makan Oat
Keju balok secukupnya, parut dan sisihkan
1/ 2 batang wortel impor, parut dan sisihkan

Cara buat:
Rebus air 150ml, masukkan wortel yang sudah diparut
5 menit kemudian masukkan oat dan keju

Masak hingga matang dan siap disajikan, tapi jika bayi maish berusia 6-7 tahun bisa disaring atau blend.


Oat, Labu Siam



Bahan:
Oat 5 sendok makan
1 buah labu baby
1 sendok makan butter unslat

Cara buat:
1. Oat masak 5 menit
2. Campur butter unsalt
 Setelah matang, sisihkan
3. Labu baby kukus, hancurkan dengan Turbo Chopper biar hasilnya kasar, sisihkan

Hidangkan secara bersamaan hingga bayi mengenal masing-masing rasa camilannya.
Semoga resep ini bermanfaat ya, untuk saat ini saya sharing tiga resep dulu. Tapi sebenarnya 3 resep ini bisa dibuat dengan bahan-bahan lain sehingga bayi mengenal aneka camilan.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar