>

SehatQ.com Memudahkan Pelayanan Kesehatan

By duniaeni.com - September 20, 2019


Ketika hamil Binar kemarin, membuat saya sering sekali galau dan baper, karena kehamilan saya kali ini berada di usia rawan. Sampai takut sembarangan browsing,  karena kehamilan di usia rawan ternyata memiliki berbagai macam resiko negatif yang menakutkan. Tapi tidak browsing, kadang saya penasaran, saya juga butuh tahu agar resiko itu bisa dihilangkan. Percaya atau tidak, karena kekawatiran yang berlebihan ini, kadang saya sulit tidur.

Ketika jadwal periksa kandungan, saya utarakan semua keluhan tersebut dan dokter kandungan memberi saran agar jangan banyak browsing, karena di internet tidak semua sumber terpercaya, atau dari narasumber yang sesuai dengan bidangnya. Ibu hamil harus tenang , tidak boleh terbebani pikiran yang negatif. Hal ini justru akan membahayakan kondisi psikis  ibu hamil, dan bisa mempengaruhi kandungannya.



Biasanya habis jadwal konsultasi dokter, hati akan tenang. Tapi, kan konsultasi ke dokter kandungan tidak bisa sesuka hati. Harus mengikuti jadwal periksa, kalau galaunya tiba-tiba bagaimana? Saya merasakan sendiri saat hamil Binar kemarin, kadang terjadi kontraksi kecil saja bikin panik dan berpikir yang bukan-bukan, karena  usia kandungan belum cukup matang. Belum lagi kalau sedang tidak fit, buat urusan minum suplemen meski tahu aman. Rasanya kalau tidak tanya dulu ke dokter, hati was-was.

Tidak hanya saat hamil, ketika punya bayi, saya juga butuh dukungan dokter. Atau ketika ada yang membuat saya cemas mendapat jawaban dari ahlinya, seperti ketika Binar kolik perut, bengkak pasca vaksin DPT, pilek selama sepuluh hari. Masa-masa memiliki bayi ini memang tidak mudah, banyak penyakit yang dianggap sepela bisa membahayakan kehidupan  bayi. Karena itu saya merasa lega jika dokter yang membantu langsung kebimbangan yang saya rasanya.

Tapi masa sebentar-sebentar saya harus ke dokter anak atau dokter umum, selain membutuhkan biaya lebih, jarak tempuh ke dokter juga butuh waktu, dan kadang hanya sekedar kecemasan kecil yang hanya butuh support. Kadang saya sering juga sih, curhat ke sesama bumil ketika hamil kemarin, dan sesama busui saat ini. Karena sama-sama punya anak kecil, berbagi pengalaman cukup melegakan juga.

Dan, gara-gara curhat ini, saya diberitahu sama teman tentang aplikasi SehatQ yang bisa mencurahkan keresahan kita tentang keluhan kesehatan dengan dokter di SehatQ yang memiliki fitur Tanya Dokter. Pertanyaan tidak hanya keluhan kesehatan, tapi juga pegalaman diet, cerita sehat, tanpa dipungut biaya. Tinggal download aplikasinya di playstore, konsultasi langsung dari handphone.



Karena pertanyaan yang kita ajukan kepada ahli kesehatan, jadi diperlukan data yang akurat seperti keluhan yang kita rasakan, riwayat penyakit dan alergi, penggunaan obat-obatan, dan data diri lengkap. Durasi konsultasi virtual ini cukup lama, yakni 30 menit. Meski tidak bisa dijadikan diagnosis yang pasti karena hanya konsultasi virtual, tidak bisa menggantikan konsultasi dengan dokter langsung. Tapi buat kondisi seperti yang pernah saya alami di atas, ini sangat membantu sekali loh.

Setidaknya disaat cemas kita bisa mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya, sehingga kemungkinan keliru dalam menangani kecemasan kita tidak besar. Perasan juga jadi tenang, kadang seorang ibu atau pasien hanya butuh diyakinkan atau disupport saja kok. Karena sering meski sudah terbiasa menghadapi anak demam, pasti akan cemas. Kecemasan ini justru yang sering membuat kita salah mengambil tindakan, kalau  bisa konsultasi atau tanya ke dokter lebih dahulu kan, bisa jadi lebih tenang dalam mengambil tidakan.

Oya, selain fitur  Tanya Dokter, di aplikasi SehatQ ada juga fitur Booking Dokter, dimana kita bisa membuat janji untuk bertemu dengan dokter yang tergabung dalam SehatQ. Ada sekita 9000 dokter yang terhubung di aplikasi SehatQ loh. Dalam Booking Dokter ini bisa memilih booking dokter langsung atau sesuai dengan fasilitas kesehatan yang kita inginkan. Tentu saja soal lokasi tidak perlu cemas, karena berdasarkan lokasi saat menggunakan aplikasi SehatQ.


Selain itu informasi fasilitas kesehatannya sangat lengkap sehingga kita bisa memilih sesuai jarak yang diinginkan, memilih jenis faslitas kesehatan dari puskesmas,  rumah sakit, klinik, hingga lab. Dokternya juga lengkap dari dokter umum hingga dokter spesialis, dan dokter-dokter yang pratek di klinik yang kita pilih. Hal ini sangat memudahkan buat pasien.

Makanya saya langsung download aplikasi SehatQ, apalagi cara loginnya mudah. Tadi saya pakai akun yahoo untuk terhubung di aplikasi SehatQ, dan mengisi data yang diperlukan. Bagaimana? Mau langsung ikutan download atau mau cari info lebih jelas lagi tentang SehatQ.com ? Bisa kunjungi akun media sosialnya:

Facebook : @Sehatq
Instagram : @Sehatq_id
Facebook  :  SehatQ

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Mantap bgt kaks!

    Kalau sempat main juga ke blog saya Cerita Alister N ya.... Makasih 🙏🙏

    ReplyDelete