Our Story

Ceremony

Family

Jangan Asal Beli, Ini Makeup yang Aman Bagi Ibu Hamil

by - August 27, 2020




Sebagai ibu yang tengah menyusui Si Kecil, dalam hal memilih makanan, minuman, termasuk makeup atau kosmetik, saya sangat hati-hati sekali dengan kandungannya. Karena kandungan berbahaya yang saya asup maupun yang saya pakai sangat berpengaruh ke ASI yang saya berikan untuk Si Kecil. Terutama ketika saya hamil, pernah lho sampai tidak mengenakan makeup selama hampir satu tahun, semua demi kesehatan calon bayi.

Setelah melahirkan dan menyusui baru berani pakai, itu pun tipis-tipis alias seperlunya saja. Terlebih ketika saya hamil di usia rawan, apapun yang saya konsumsi dan kenakan, semua benar-benar saya baca kandungannya. Sebab kehamilan di usia rawan yakni di atas 35 tahun memiliki banyak resiko, maka semua faktor yang memicu resiko termasuk diantaranya memakai makeup yang tidak aman saya hindari. Karena dapat menyebabkan resiko bayi lahir cacat, lho. Serem banget, kan?

Kandungan Bahan Makeup yang Bahaya Bagi Ibu Hamil

Tidak hanya untuk ibu hamil di usia rawan, tapi juga untuk semua ibu hamil dan ibu menyusui, jangan asal membeli atau memakai kosmetik yang mengandung bahan berbahaya. Bahan-bahan berbahaya tersebut diantaranya adalah Merkuri, Acid (BHA), Retinoid, Benzoil Peroxide, Hydroquinone, Soy, PABA, Benzophenone-3, Rhodamin, Formalin, Paraben, Formaldehide, Timbal dan Logam, serta banyak lagi yang harus diwaspadai.

Hal ini karena bahan-bahan berbahaya tersebut dapat menyebabkan efek yang buruk pada janin. Agar ibu hamil berhati-hati dan tidak asal beli makeup, berikut ini efek beberapa kandungan berbahaya pada kosmetik atau makeup bagi janin:

1. Hydroquinone
Biasanya Hydroquinone terdapat dalam produk pemutih kulit, ibu hamil jangan sampai tergoda untuk mengenakannya. Meskipun ketika hamil kulit wajah menjadi sedikit gelap atau gelap, itu kemungkinan karena pengaruh hormon. Pasca melahirkan biasanya efek hormon akan hilang dengan sendirinya, sementara efek Hydroquinone jika digunakan oleh ibu hamil bisa menyebabkan kerusakan organ pada janin.

2. Retinoid
Biasanya produk makeup yang mempecepat regenerasi kulit atau anti-aging menggunakan Retinoid yang merupakan turunan vitamin A. Efek penggunaan produk makeup dengan kandungan Retinoid bagi bumil adalah dapat menyebabkan janin mengalami kecacatan fisik dan mental.

3. Merkuri
Merkuri sebenarnya kandungan bebahaya yang sama sekali tidak boleh ada dalam produk kosmetik atau makeup. Namun kadang, ada produk makeup ilegal yang terrnyata menggunakannya. Itulah mengapa ibu hami tidak boleh asal beli makeup, karena kandungan Merkuri dapat menyebabkan kerusakan sistem syaraf dan gangguan perkembangan janin.

4. Paraben
Paraben merupakan bahan pengawet pada produk kosmetik atau makeup seperti lisptik yang memiliki fungsi untuk mencegah jamur dan bakteri. Tapi penggunaan paraben oleh ibu hamil dapat meningkatkan resiko bayi lahi prematur.

5. Timbal dan Logam
Biasanya Timbal dan Logam yang umum digunakan pada kosmetik atau makeup adalah Rhodamin, pemakaian yang rutin oleh ibu hamil dapat menyebabkan kelainan pembentukan organ penting janin seperti otak, ginjal, hingga bisa menyebabkan keguguran.

Membaca efek dari penggunaan bahan berbahaya pada makeup bagi ibu hamil sangat menyeramkan, ya? Karena itu memang ibu hamil harus hati-hati dalam membeli makeup, harus membeli yang aman bagi ibu hamil.

Rekomendasi Makeup yang Aman Bagi Ibu Hamil

Lalu bagaimana dong, kalau ibu hamil bekerja atau harus datang ke acara-acara seperti pesta pernikahan. Masa harus bareface alias tampil dengan wajah tanpa makeup sama sekali?

Tenang saja, sekarang banyak makeup yang aman bagi ibu hamil lho. Kalau dulu saat hamil Pendar, dimana usia saya 37 tahun benar-benar takut mengenakan makeup. Maka ketika hamil Binar 20 bulan lalu saat usia saya sudah 40 tahun, saya berani pakai makeup dong. Apalagi saat hamil binar saya aktif menghadiri event-event blogger.

Beberapa ini adalah rekomendasi makeup yang aman bagi ibu hamil, diantaranya Emina, Marcks, Wardah, karena tidak mengandung bahan berbahaya Retinol A, Paraben, Phatalates, Benzoil Peroksida, dan Merkuri. Sehingga ibu hamil maupun ibu menyusui menggunakan makeup tanpa kawatir lagi, bisa tampil cantik meski dalam kondisi hamil dan menyusui. Apalagi merek makeup yang aman bagi ibu hamil seperti Wardah dan Emina memiliki produk yang lengkap, mulai dari Bedak, Cushion, Blush On,  Lipstik, Eyeliner, dan sebagainya.


Untuk harganya juga cukup ramah di kantong, dan kualitasnya meski produk lokal tidak perlu diragukan lagi. Makeup yang aman bagi ibu hamil bisa didapat dengan beli di ecommerce Shopee, sehingga meski pandemi belanja makeup tidak perlu keluar rumah atau ke tempat ramai yang rawan terpapar Virus Corona. Cukup di rumah melalui smartphone. Apalagi sekarang di Shopee sedang ada promo Super Beauty Day lho.

Jadi kalau kalian mau membeli produk yang aman bagi ibu hamil bisa membelinya dengan harga terjangkau di Shopee, karena sekarang sedang berlangsung promo Shopee 9.9 Super Shopping Day! Terlebih lagi, hari ini ada promo Super Beauty Day dengan penawaran spesial untuk produk-produk kecantikan.


You May Also Like

2 komentar

  1. muka saat hamio memang abnyak berubah karena hormonal ya, aku dulu jd jerawatan

    ReplyDelete
  2. Sekarang toner retinoid lagi ngetrend, apalagi harganya lumayan terjangkau. Moga-moga tidak meluluhkan hati para bumil untuk mencobanya.

    ReplyDelete