KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Melindungi Keluarga dengan Asuransi Salam Anugerah Keluarga

by - October 10, 2020

Asuransi Salam Anugerah


Sekedar kilas balik, saya mau cerita sedikit tapi sebenarnya cerita ini sudah pernah saya tulis. Coba deh baca-baca lagi di artikel sebelumnya, atau bisa juga baca sepotong ceritanya di artikel yang saya tulis ini. Tentang bagaimana saya dan suami memutuskan untuk pelan-pelan menghindari riba, untuk tidak bersintuhan dengan riba. Karena tidak sesuai dengan anjuran agama Islam yang kami anut, salah satunya menghindari riba dengan memutus polis asuransi konvensional yang kami miliki.

Meski tentu saja kami menderita kerugian yang  nilainya cukup besar buat kami, namun tekad sudah bulat. Namun bagaimana pun juga melindungi keluarga dari hal yang tidak terduga itu penting, terlebih pada masa pandemi yang tidak menentu. Terbayang riskannya tanpa proteksi kesehatan untuk keluarga, apalagi penghasilan kami tidak berlebihan. Jadi perlu mempersiapkan keuangan untuk kodisi tidak terduga tersebut

Maka memiliki asuransi sebagai proteksi dini harus dimulai lagi, tentu saja harus sesuai dengan syariat Islam yang tidak mengandung unsur gharar maupun riba seperti asuransi konvesional agar menjadi berkah keluarga, dan tidak sia-sia hijrah kami untuk meninggalkan riba.

Mengenal Asuransi Salam Anugerah Keluarga

Asuransi Salam Anugerah Keluarga merupakan salah satu produk asuransi syariah yang dikeluarkan oleh PT Sun Life  Financial Indonesia (Sun Life Indonesia) dan telah disetujui  dan tercatat oleh  Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Asuransi Sun Life Indonesia mengeluarkan produk asuransi syariah tidak main-main karena memiliki Dewan Pengawas Syariah yakni Prof.Dr.H.Fathurahman Djamil, MA dan Dra Fatma Kartika, M. Sehingga produk asuransi syariah Sun Life Indonesia benar-benar berjalan sesuai dengan prosedur MUI.

Sebagai nasabah yang  benar-benar ingin hijrah menjalani semua hal secara syariah, termasuk investasi asuransi untuk melindungi keluarga tidak perlu kawatir lagi dong. Karena  asuransi Salam Anugerah Keluarga dibawa pengawasan Dewan Syariah. Apalagi prodak asuransi yang satu ini memiliki manfaat unik yang tidak terdapat pada produk konvensional.

Manfaat unik dari Asuransi Salam Anugerah Keluarga


Asuransi Syariah


Pasti jadi penasaran dengan manfaat unik asuransi Salam Anugerah Keluarga, untuk lebih jelasnya berikut ini manfaat tersebut:

1.  Asuransi Salam Anugerah Keluarga satu polis memberikan perlindungan asuransi untuk 4 peserta sekaligus yaitu suami, istri dan dua orang anak. Satu untuk semua, sehingga satu asuransi sudah melindungi seluruh keluarga.

2. Kontribusi asuransi ini terjangkau dan memberikan manfaat perlindungan yang menyeluruh.

3. Asuransi ini dilengkapi dengan asuransi tambahan kesehatan kelas dunia Sun Medical Platinum Syariah yang memiliki manfaat limit booster hingga Rp40 miliar masing-masing untuk seluruh anggota keluarga hingga maksimal 6 orang, suami , istri, dan 4 anak yang syah.

4. Kesempatan untuk bersedekah jariyah dengan berwakaf. Sehingga Insaallah selain memproteksi diri dan melindungi keluarga, juga menjadi berkah keluarga.

Manfaat dan Fitur-Fitur Produk

Agar lebih jelas dengan asuransi Salam Anugerah Keluarga, mari kita mengetahui lebih  detil manfaat dan fitur-fitur produknya:

Manfaat Meninggal Dunia:

1. 100% Santunan Asuransi akan dibayarkan kepada Penerima Manfaat apabila Peserta Pertama meninggal dunia di dalam masa Asuransi

2. 100% Santunan Asuransi akan dibayarkan kepada Penerima Manfaat apabila Peserta Kedua meninggal dunia dalam Masa Asuransi

3. Santunan Asuransi sebesar Rp10 juta untuk setiap Peserta Anak  (maksimal 2 Peserta Anak) yang meninggal dunia di dalam Masa Asuransi

Manfaat Investasi akan dibayarkan apabila:

1. Peserta Pertama dan Peserta Kedua telah Meninggal Dunia dan Polis berakhir

2. Peserta Pertama dan Kedua masih hidup hingga tanggal berakhirnya polis

Manfaat Asuransi Tambahan:

1. Asuransi Kecelakaan*

2. Asuransi Kematian akibat kecelakaan*

3. Santunan Rawat Inap dan Pembedahan

4. Penyakit Kritis*

5. Sun Medical Platinum Syariah

6. Manfaat Pembebasan Kontribusi akibat Pemegang Polis Sakit Kritis/Cacat Total Tetap/Meninggal Dunia*

* Asuransi Tambahan yang hanya dapat diperoleh peserta pertama

Fitur Wakaf :

Asuransi Salam Anugerah Keluarga memang benar-benar bisa melindungi keluarga dan membuat peserta bisa sedekah atau wakaf hingga akhir hidupnya. Secara otomatis selain mementingkan kehidupan dunia, juga menyiapkan kehidupan di akherat. Ada 3 jenis wakaf yang terdapat di asuransi Salam Anugerah Keluarga:

1. Wakaf  Berkala dibayarkan bersamaan dengan pembayaran Kontribusi Asuransi Berskala (KAB) sebesar maksimal 30% dari KAB

2. Wakaf  Manfaat Asuransi maksimal sebesar 45% dari Santunan Kematian pada saat Peserta Meninggal Dunia

3. Wakaf  Manfaat Investasi  maksimal 30% dari Nilai Dana Investasi yang  terbentuk dan dapat dibayarkan pada saat:

- Pemegang Polis melakukan penarikan dana sebagian atau

- Peserta Pertama dari Peserta Kedua telah Meninggal Dunia

Karateristik Produk



1. Usia Masuk Ulang Tahun Terakhir yakni pemegang Polis Pertama dan Kedua berusia 18 tahun hingga 60 tahun dan peserta Anak usia mulai 30 hari hingga 17 tahun.

2. Frekuensi Pembayaran Kontribusi dapat dipilih oleh peserta, bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan, dan tahunan

3. Pembayaran menggunakan pembayaran mata uang rupiah.

4. Periode Komitmen selama  5 tahun

Ujrah

Ujrah meliputi kontribusi dan pembiayaan-pembiayaan asuransi. Ada 3 kontribusi yang peserta bayarkan pada produk ini, sala satunya kontribusi Asuransi Berkala (KAB) yang dibayarkan sesuai dengan Frekuensi Pembayaran Kontribusi, minimal Rp9 juta per tahun. Untuk keterangan lengkapnya dapat diliat di gambar berikut ini:



Resiko Produk

Setiap produk tentu saja memiliki resiko, karena itu sebelum memutuskan untuk membeli teliti lebih dahulu. Berikut ini beberapa resiko asuransi Salam Anugerah Keluarga:




My Sun Life Indonesia Memudahkan Calon Nasabah

Sun Linfe Indonesia

Setelah mengetahui asuransi Salam Anugerah Keluarga dengan jelas, jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut dan memiliki produk asuransi Salam Anugerah Keluarga bisa melalui aplikasi mobile My Sun Life sehingga tidak harus datang ke kantor Sun Life Indonesia, mengingat kondisi sedang pandemi. Melalui My Sun Life Indonesia ini bisa memantau status dan manfaat polis termasuk harga unit dan kinerja dana, melakukan transaksi polis serta status pengajuan polis, hingga pengajuan klaim secara online.

Semoga info ini bermanfaat, dan selamat hijrah menuju yang lebih baik dengan memberikan perlindungan keluarga secara syariah.

 

You May Also Like

26 komentar

  1. Tidak mudah menghindari riba. Setiap ada niat ada aja tantangannya. Tapi untuk perlindungan diri mau gak mau juga cari produk asuransi yang mendukung syariah. Tapi selama yakin menjalani hidup, saya pikir gak punya asuransi juga gapapa.

    Apa mungkin kepemilikan polis dijadikan sebagai tabungan aja, toh nantinya juga dikembalikan 100% kan? Hehe.. Tapi jujur, saya gak ngerti bagaimana praktek asuransi sehingga ada yang syariah ada yang gak syariah ��

    ReplyDelete
  2. aku baru tau ada i asurasni untuk 1 keluarga. jadi lebih simple ya. meski gak mudah mencari yang sesuai dengan kebutuhan kita. akupun sekarang lebih memilih menabung dulu aja.

    salam kenal ya mba. kalau berkenan followback ya mba. biar makin akrab.

    ReplyDelete
  3. Bismillah ya mba.. ikhtiar untuk melindungi diri dan keluarga itu memang harus dilakukan.. terlebih dengan adanya situasi pandemi seperti sekalang.. engan niat baik dan menggunakan lembaga yang terpercaya jadinya kita menjalani hidup juga lebih nyaman dan tenang ya mbak

    ReplyDelete
  4. Salam anugerah indonesia.. namanya sungguh menentramkan hati ya.. ngga heran membuat mbak eni dan keluarga jatuh hati untuk bisa melindungi diri dan keluarga dengan asuransi ini.. semoga berjalan lancar ya apa yang telah diupakan untuk keluarga

    ReplyDelete
  5. aku kemarin baca profil mereka karena tertarik dengan produk yang ditawarkan, sekarang lagi diskusi sama suami juga untuk ambil asuransi atau mau nnabung dulu, yang penting dana terselamatkan.

    ReplyDelete
  6. Aku juga Mbaak penganut produk keuangan Syariah hehe. Ternyata sunlife memahami banget nih dengan menghadirkan asuransu salam anugerah keluarga ini ya.

    ReplyDelete
  7. Asuransi memang seperti payung di musim hujan akan sangat bermanfaat pada waktu yang diperlukan ya Mba...Kalau disuruh milih pasti aku pilih suransi syariah karena memang lebih aman secara hukum Islamnya.

    ReplyDelete
  8. Detil nih penjelasannya, jadi aku punya gambaran untuk syarat jadi nasabah produk asuransi syariah ini. Sayangnya batasan usia anak maksimal 17 tahun ya. Berarti kalo anakku udah usia 20 tahun, gak bisa masuk dalam pertanggungan ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepettinya anak usia 20 tahun udah harus memiliki asuransi atas namana sendiri krn dianggap org dewasa #cmiiw

      Delete
  9. Pas pandemi kita diperlihatkan bhw proteksi kesehatan dan jiwa itu sangat penting. Asuransi salah satu jawab terbaik, untuk itu harus cermat dan cerdas memilih produk asuransi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku sih memang sudah jatuh cintanya sama asuransi syariah deh, the best banget kalo paham cara kerjanya dan konsepnya

      Delete
  10. Asuransi itu bagus loh, apalagi yang syariah, jadi buat yang belum paham, daripadan banyak denger katanya gini katanya gitu, mending pelajarin dulu deh infonya, karena beneran asuransi itu menurutku bentuk ikhtiar kita kok untuk melindungi keluarga. Kalo sudah paham sama konsep asuransi syariah, buktinya banyak teman-teman non muslim pun lebih memilih asuransi syariah loh

    ReplyDelete
  11. Perlindungan kepada keluarga dengan adanya asuransi ini tentunya sangat bagus ya nba. Keren

    ReplyDelete
  12. Preminya berarti yang 9 juta per tahun itu ya Mbak? Bisakah dibayar bulanan?

    ReplyDelete
  13. Makin banyak produk asuransi syariah yang bisa dipilih ya mba. Jadi enggak was-was lagi ketika memilih produk asuransi, terutama terkait tentang syariatnya. Udah pas pilih yang mengedepankan syariat Islam gini bagi kaum muslim.

    ReplyDelete
  14. asuransi itu sekarang udah dibutuhin banget yaa, berasa aman aja kalo udah ada asuransi yang bisa melindungi keluarga hihi

    ReplyDelete
  15. Perlindungan tambahan dengan memiliki asuransi memang bagus ya, Kak, terutama di masa sekarang ini. Amit-amit saja sih kalau sampai terjadi, tapi memang di dalam hidup ini kan ada aja kejadian tak terduga. Butuh persiapan biar tak memporakporandakan semuanya

    ReplyDelete
  16. Baru tau produk Salam Anugerah ini dari Sun Life. Dulu malah belum ada. Ternyata berbasis syariah ya. Penasaran jadi pengen kepoin lebih jauh lagi.

    ReplyDelete
  17. Makin banyak jenis asuransi ya. Yang jelas saat memutuskan mendaftar memang harus banyak gali info termasuk dari agennya supaya dapat info sejelas2nya.

    ReplyDelete
  18. Asuransi memang penting banget untuk keluarga karena kita ga akan pernah tau apa yang akan terjadi pada masa mendatang.. Aku sama suami udah punya asuransi jiwa masing2 alhamdulillah jadi lebih tenang

    ReplyDelete
  19. Asuransi pilihan untuk yang suka produk shariah nih. Apalagi di masapandemu begini harus berjaga-jaga dengan asuransi ya.

    ReplyDelete
  20. Asuransi pilihan untuk yang suka produk shariah nih. Apalagi di masa pandemi begini harus berjaga-jaga dengan asuransi ya.

    ReplyDelete
  21. Perlu memang memiliki proteksi apalagi ternyata basisnya syariah, karena kita tidak tahu apa yang terjadi di akan datang

    ReplyDelete
  22. Asuransi yang tepat untuk menghindari riba dan juga bermanfaat untuk keluarga ya mbak.

    ReplyDelete
  23. Sekarang semakin banyak pilihan asuransi untuk asuransi syariah. Meninggalkan riba itu wajib hukumnya. Insya Allah ada jalan ya mak

    ReplyDelete
  24. Aku baru tahu tentang asuransi ini mbak. Semakin aku baca kok semakin menarik ya, banyak poin positif yang ditawarkan. Kalau dibandingkan dengan asuransi konvensional, sepertinya asuransi ini lebih banyak manfaat.

    ReplyDelete