KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Wisata Edukatif Seaventure Bersama Paddle Pop

by - June 06, 2021

 


Apa kabar para Ibu? Bagaimana melewati masa pandemi ini?

Meski jenuh dengan pertanyaan mau pun pembicaraan mengenai pandemi, karena pandemi masih menyambangi kita entah sampai kapan. Namun mau  tidak mau kita harus bisa melewati pandemi ini dengan baik-baik saja, salah satunya bagi ibu yang memiliki anak seperti saya ini.

Harus kreatif dalam memberikan solusi agar melewati masa pandemi ini anak-anak tetap merasa  nyaman dan bahagia. Dan, ini ternyata tidak mudah loh, mengapa?

Masalah yang Terjadi Pada Anak Ketika Pandemi

Sebagai contoh yang saya alami dengan empat anak dalam usia yang aktif , di mana hampir dua tahun melakukan semua kegiatan di rumah, mulai dari sekolah, bermain, liburan, dan lain sebagainya. Kebayang nggak sih jenuhnya anak-anak? Bagaimana mereka bisa tetap bertumbuh dengan bahagia dalam kondisi seperti ini?

Sementara sebelum pandemi anak-anak saya merupakan anak-anak yang aktif dengan berbagai ke giatan di sekolah mau pun di luar rumah, dari kegiatan berbagai eskul sekolah hingga bermain dengan teman-temannya di sekitar perumahan, jadi jangan dibayangkan seperti apa yang terjadi ketika tiba-tiba semua harus dilakukan di rumah saja.

Energi anak-anak yang tidak tersalurkan dengan baik bisa membuat keadaan rumah runyam, dari mulai tantrum karena jenuh, sampai membuat tatanan rumah berantakan karena dijadikan media untuk anak-anak melampiaskan energi mereka. Efeknya? Saya dan suami ikutan stres karena sejak pandemi semua pekerjaan kami dilakukan di rumah, lalu dengan kondisi yang tidak kondusif seperti itu lama-lama bisa menyebabkan stres jamaah serumah kan, hehehe.

Apalagi jika kegiatan sekolah libur, anak-anak tidak memiliki kegiatan belajar seperti ngezoom, mengerjarkan tugas, fokus pada jadwal yang diberikan sekolah. Ambyar deh rumah, karena anak-anak pasti akan berulah berbagai macam yang menguras perhatian saya dan suami.

Terus anak-anak disalahkan?

Tentu saja tidak, karena memang anak-anak sedang masa bertumbuh di mana energi  mereka harus diberi tempat untuk tetap bisa berkreativitas seperti bermain. Terus bagaimana dong karena kondisi sedang pandemi?

Anak Tetap Kreatif  Bersama Paddle Pop Main Yuk!

Paddle Pop Luncurkan Brand Purpose Paddle Pop #MainYuk

 



 

Bicara tentang kreativitas anak dengan bermain, ternyata tanggal 28 Mei itu merupakan World Play Day atau Hari Bermain Sedunia. Saya baru tahu Hari Bermain itu ada peringatannya saat diundang oleh Komunitas Emak Blogger untuk menghadiri gathering via Zoom Meeting bersama Padlle Pop Main Yuk! Dengan tema SEAVENTURE. Jadi sebegitu pentingkan bermain bagi anak-anak sehingga seluruh dunia memperingatinya?

Untuk mencari sepenting apakah bermain bagi anak, mari ikuti tulisan ini hingga tuntas ya.

Jadi sebagai komitmen Paddle Pop  dalam memfasilitasi anak-anak bermain dengan menciptkan es krim  bertema tertentu yang dapat merangsang imajinasi anak, maka dalam menyambut Hari Bermain Sedunia 2021 Paddle Pop meluncurkan rangkaian aktivitas bermain anak dengan program Paddle Pop #MainYuk SeaVenture yang bekerja sama dengan Jakarta Aquarium Safari dari mula April hingga Juni 2021.

#MainYuk ini menurut Memoria Dwi Prasita, Head of Marketing Ice Cream Unilever Indonesia mengajak orangtua untuk menghadirkan aktivitas bermain #DiRumahAja yang tidak hanya menyenangkan, tapi juga bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Terutama di masa pandemi ini.

Jadi orangtua dan anak dapat menikmati wisata virtual dunia bawah laut secara gratis lewat situs paddlepopmainyuk.com untuk menjelahag keindahan biota bawah laut, mengasah kemampuan sosial anak lewat vidio bermain interkatif, mencoba ide permainan seru dari Playdate Indonesia untuk kreativitas dan imajinasi. Seru banget kan?

Pentingnya Bermain Bagi Anak


Dalam acara gathering ini juga hadir pembicara Vera Itabiliana, Psikolog Anak dan Remaja yang memaparkan tentang pentingnya bermain bagi anak. Kreativitas anak-anak itu dimulai dari bermain karena memang cara belajar anak dengan bermain, maka jika anak dilarang atau dibatasi bermain mereka akan kehilangan kreativitas. Sementara bakat anak kelak akan dimulai dari kreativitas sejak dini.

Dududu, kebayang dong kalau anak-anak tidak bisa bermain karena kondisi pandemi ini? Tapi tenang, Vera mempaparkan solusinya agar orangtua tidak perlu khawatir dalam kondisi yang terbatas ini.

“Meskipun kini pilihannya sangat terbatas, ada banyak pilihan aktivitas bermain secara virtual yang dijadikan pilihan bagi orang tua. Jangan memusingkan apa pilihan mainannya. Kita bisa tawarkan keseruan baru, seperti yang lagi tren saat ini adalah wisata virtual atau virtual playdate sessions yang bisa membuat anak tetap bermain dan happy,” kata Vera.

Nah, benar sekali dan memang buat anak-anak yang penting seru, sehingga anak-anak happy atau bahagia. Bahkan nih, menurut Vera karena kondisi pandemi orangtua tidak perlu terlalu khawatir memberikan anak gadget untuk mengisi waktu bermain, asalkan orangtua mengarahkan anak pada konten edukatif serta diawasi atau didampingi, dan sebisa mungkin orangtua terlibat dalam kegiatan atau aktivitas anak-anak.

Jadi jangan lupa apa yang dipesankan Vera,” Di tengah keterbatasan selama pandemi, orang tua sebaiknya tetap memperhatikan kebutuhan bermain anak yang dapat dilakukan di rumah.”

Bermain Membuat Anak Menjadi Kreatif

Selain Vera Itabiliana, Psikolog Anak dan Remaja, ada  Diana Rikasari seorang ibu yang berprofesi sebagai blogger dan juga Fashion Designer yang melahirkan karya-karya kece dari kekratifannya. Dan, tahukah semua kreativitas yang dimiliki Diana ini berawal dari hobbynya sejak kecil dalam bermain boneka mau pun permainan lainnya.




Jadi benar sekali jika anak-anak bermain itu sangat penting. Saya jadi ingat kalau kegiatan saya saat ini dalam menulis novel berawal dari kesukaan saya bermain cerita waktu kecil. Dulu saya selalu senang bermain sambil bercerita dan teman-teman mendengarkan, rupanya itu termasuk mengasah bakat saya dikemudian hari, Masyaallah.

“Aku dibesarkan oleh orang tua yang mendukung momen bermain semasa aku kecil dulu. Aku dibebaskan bereksplorasi, berkreasi, berpetualang lewat bermain. I became a happy kid,” kata Diana yang diam-diam menyentil telinga saya.

Karena membuat saya berpikir, kadang kita tanpa sadar melarang kreativitas anak-anak ketika mereka tengah bermain dan membuat rumah ambyar alias berantakan. Kita tidak menyadari mengomel, dan membatasi keasyikan anak-anak bermain. Padaha mereka tengah mengasah bakatnya untuk kehidupan di kemudian hari. Kalau kata Diana, kita harus ikhlas melihat rumah berantakan demi anak-anak berkreativtas.

DIY Bersama Paddle Pop #YukMain




Dalam acara gathering selain bincang-bincang dengan narasumber yang membuka wawasan saya tentang pentingnya bermain bagi anak. Saya dan Abang Pendar (6.6 tahun) diajak membuat DIY Tabung Oksigen dan kacamata menyelam bersama Paddle Pop #MainYuk. Sudah tahu dong DIY?

DIY adalah do it yourself  atau membuat berbagai hal  bisa mainan, pajangan, dan lain-lain sendiri dari bahan-bahan bekas sehingga tidak perlu membelinya. DIY  ini lagi hits loh di masa pandemi ini, karena bisa melatih kreativitas anak di rumah tanpa harus memiliki budget yang besar. Malah justru memanfaatkan barang-barang bekas di rumah.

Sudah pasti Abang Pendar senang betul diajak membuat DIY Tabung Oksigen dan kacamata menyelam, tentu saja dibantu dengan saya dan Ayahnya, hehehe. Jadi seru kan, bisa sibuk satu team begini, apalagi setelah tabung oksigen dan kacamata menyelamnya jadi langsung diajak Seaventure. Wuiiih, berasa jalan-jalan ke dunia bawah laut deh.

Mau Ikut Seaventure?


 

Selama Seaventure anak-anak melalui layar zoom meeting diajak melihat-lihat dunia bawah laut yang memiliki aneka ragam biota. Ada kakak pemandu yang menjelaskan sehingga anak-anak selain menonton beragam biota laut, juga paham nama-namanya. Benar-benar jadi kegiatan yang edukatif selama di rumah saja kan. Ditambah ada kuis, dan aktivitas seru lainnya.

 


Kalau tertarik untuk mengikuti Seaventure bersama anak-anak, caranya sangat mudah sekali:

1. Beli 4 es krim Padlle Pop varian apa saja

2. Foto dan kirim struk pembelian es krim ke whatsApp 0858 1223 1223

3. Masukkan kode unik yang sudah didapatkan ke www.paddlepopmainyuk.com

Jangan lupa ya, ini hanya sampai April-Juni. Selain Seaventure kabarnya akan ada lagi keseruan lainnya, yaitu Wisata Antariksa, iburan ke Planet Mochi. Pokoknya ditunggu saja, karena sudah pun sudah tidak sabar menunggunya.

You May Also Like

28 komentar

  1. Kalau ga baca artikel terbaru ga akan tahu nih bakal ada jelajah antariksa planet mochi. Anak bakal makin antusias nih pastinya...

    ReplyDelete
  2. Setuju banget, memang dunia anak dunia bermain,apalagi kek wisata edukatif seaventure ini, membuat anak2 di rumah makin kreatif, bisa memnuat DIY sesuai dengan kebutuhan untuk seaventure yaaa.
    Syaratnya pun mudah banget untuk mengikuti seaventure ini yak.

    ReplyDelete
  3. Menarik ya tema MainYuk ini.
    Nggak cuma bikin anak happy tapi juga bermanfaat untuk tumbuh kembangnya di rumah :)

    ReplyDelete
  4. Wih seru banget nih event sama Paddle Pop. Aku ketinggalan ini, hiks. Semoga ada lagi dan bisa ikutan juga, melatih anak imajinatif dan kreatif ya mbak Eni. Seneng sekali bisa berkunjung ke sini, lama ga mampir hihi.

    ReplyDelete
  5. iy di rumah mulu beteee yaaa, dan akhirnya ibu bapaknya ikutan stress wkwkwk, emang kudu kreatif banget ya bikin aktivitas untuk anak2

    ReplyDelete
  6. lucunyaa... mnyelam ke bawah laut secara virtual tapi juga pakai yabung oksigen dan kacamatanya sekalian. Anak anak jadi lebih enghayati dan dapet pengetahuan secara menyenangkan yaaa

    ReplyDelete
  7. Azka aku ajak bikin diving goggles dan Oxygent tank seneng bgt. Bisa pake barang-barang gak kepake di rumah seperti botol bekas air mineral dan kardus untuk bikin diving goggles ya. Tinggal ikutin aja caranya. Karena belum pernah ke Jakarta Aquarium bisa ikutan wisata Virtual bawah laut nih bareng kak Sigi. Hihi

    ReplyDelete
  8. Karakter anak yang suka main itu bagus kan ya mba. Bisa berkreatifitas dengan baik dan bisa menumbuhkan dan mengembangkan perkembangannya

    ReplyDelete
  9. Hihi lucu ya bentuk tabungnya jadi seperti penyelam beneran, anak2 pasti suka bermain padle pop seaventure ini, mengasah rasa ingin tahu dan kreatifitas mereka :)

    ReplyDelete
  10. Ya ampun luccu banget itu tabungnya jadi berasa bener-bener menyelam di bawah laut ya sambil seaventure hehe.

    ReplyDelete
  11. Permainan yang seru tapi banyak ilmu dan manfaatnya ya, orang tua pun bisa ikut dampingi anaknya

    ReplyDelete
  12. Paddle Pop menawarkan permainan edukatif yang sangat seru untuk anak-anak di rumah ya. Walau secara virtual tapi keseruannya serasa nyata. Tidak hanya SeaVenture tapi akan berlanjut dengan petualangan seru lainnya. Keren.

    ReplyDelete
  13. waa seru banget yaa ikutan wisata virtual kaya gini nih, jadi anak anak juga nggak akan bosen nih walaupun lebih sering di rumah aja hihihi

    ReplyDelete
  14. Seruuuuu ya Seaventure nya, jadi lebih mengenal biota bawah laut dengan cara menyenangkan gitu. Keren sih programnya Paddle Pop yang satu ini

    ReplyDelete
  15. Seruuu wisata virtual begini. Apalagi bikin kreasi tabung ala-ala penyelam. Anak jadi dilibatkan untuk berimajinasi

    ReplyDelete
  16. Lucu ih itu yang DIY-nya. Nyesel kemarin ga jadi ikutan sebenernya, tap iaku juga ga bisa mastiin sih karena waktu itu aku lagi hectic banget semingguan. Btw, itu sampe 30 juni kan ya untuk ikutan Seaventure-nya? Aku mau beli paddle pop dulu besok aaah :))

    ReplyDelete
  17. iya bener, anak anka yang dibiarkan bermain, mereka akan semakin kreatif yaa, juga inisitiafnya tinggi dibandingin sama anak yang sering banget dilarang.

    ReplyDelete
  18. Anak bakalan senang sekali pastinya ya mba dengan main di Seaventure ini. Seolah kunjungi langsung dunia bawah laut

    ReplyDelete
  19. Aku suka banget dunia bawah laut kalau anak-anakku masih kecil ini akan menjadi permainan yang seru nih... kreativitas anak pun jadi terstimulasi ya...

    ReplyDelete
  20. Aku kok galfok sama tabung oksigennya mbak, lucuuu. Imut warnanya kayak beneran. Nonton dunia bawah laut sambil pakai aksesoris penyelam sudah kayak terjun ke laut beneran ya. Seaventure!

    ReplyDelete
  21. Dunia anak memang bermain, untuk edukasi segala hal kalau lewat permainan akan lebih mudah menyampaikannya ya Seru banget ya wisata virtual begini anak juga bisa distimulasi berbagai hal

    ReplyDelete
  22. Seru! Aku punya keponakan dan kadang atau malah sering main sama gadget. Nah dikenalin sama wisata virtual ala Paddle Pop pasti suka. Mana bisa bikin kreasi lagi

    ReplyDelete
  23. Bermain itu tahapan penting buat anka ya mbak, soalnya bermain sebenarnya cara menreka mengeksplorasi dan belajar ttg hal baru gtu.
    Walau kadang emang bikin rumah jd kyk kapal pecah hahaha
    Seru banget juga yaa main2 virtual di Seaventure :D

    ReplyDelete
  24. Anak-anak memang kudu terus didukung yaa...
    Dengan aktivitas positif di rumahaja tetap menyenangkan bersama Paddle Pop dan wisata seaventure.

    ReplyDelete
  25. iya sih, sejak pandemi, anak2 kehilangan masa bermainnya. untung saja ada paddle pop yg peduli dg anak2. seanventure virtual membantu sekali membuat anak2 yg krearif.

    ReplyDelete
  26. aah masa pandemik ini memang menyebalkan ya mba tapi kita harus jaga keselamatan semua. Selamat menikmati seaventure yaaa

    ReplyDelete
  27. Anak-anak pasti suka nih dana da kegiatan menghibur serta edukatif selama pandemi. Kapan lagi ad seaventure nya kak?

    ReplyDelete
  28. Wah seru nih, anak-anak sering banget beli paddle pop tapi baru tau kalau ada games begini. Pengen ikutan ah.. maklum mommy working jadi suka lewat info2 beginian. thx mba eni

    ReplyDelete