KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Ayo, Tunjuk Tangan Untuk Generasi Maju

by - August 19, 2021

Saat membaca judul dari artikel ini, mungkin akan menimbulkan pertanyaan, tunjuk tangan yang seperti apa untuk generasi maju?



9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan.

Anak-anak adalah asset masa depan Indonesia, untuk itu dibutuhkan anak-anak bangsa yang cerdas dan bertumbuh dengan baik. Tapi ternyata masih banyak anak Indonesia yang memiliki kendala dalam pendidikan dan nutrisi, terlebih keadaan pandemi saat ini. Duh, beragam masalah yang dialami anak-anak.

Karena menurut data dari UNICEF tahun 2020, kondisi saat ini masih menunjukkan bahwa 9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan. Terasa benar memang saat pandemi ini, karena banyak orangtua yang mengalami kesulitan ekonomi, sehingga pemenuhan nutrisi dan kebutuhan akan media belajar daring seperti smartphone terkendala.

Salah seorang teman anak saya karena terkendala smartphone yang harus bergantian dengan orangtuanya yang bekerja, terpaksa harus mengumpulkan tugas malam hari. Hal ini membuat anak ketinggalan pelajaran sekolah sehari-hari, belum lagi yang kesulitan kuota internet karena kemampuan daya beli menurun.

Sementara masalah nutrisi karena pendapatan berkurang, entah karena diPHK, penjualan menurun, sehingga nutrisi untuk anak tidak terpenuhi dengan baik atau cukup. Banyak anak-anak yang terkena imbas harus berhemat dalam asupan sehari-hari demi untuk kelangsungan hidup, padahal anak-anak masih dalam tahap tumbuh kembang yang membutuhkan nutrisi cukup agar tumbuh kembang maksimal.


SGM Eksplor Luncurkan Gerakan Sosial “#AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia”




Merespon kondisi ini, dalam semangat Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, SGM Eksplor mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama berkontribusi memberikan dukungan bagi kemerdekaan anak Indonesia agar mendapatkan akses nutrisi dan pendidikan yang mendukung tumbuh kembang maksimal mereka menjadi generasi maju.

Maka berdasarkan komitmen bahwa setiap anak memiliki hak yang sama untuk berkembang, sehingga tidak ada anak yang boleh tertinggal dalam mendapatkan akses kemajuan, termasuk akses nutrisi dan pendidikan,  SGM Eksplor meluncurkan gerakan sosial “#AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia” guna mendukung pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan bagi seluruh anak Indonesia agar mencapai potensi maksimalnya untuk jadi generasi maju.

Acara peluncuran yang diadakan secara webinar tanggal 16 Agustus 2021, dengan narasumber:

Astrid Prasetyo - Marketing Manager SGM Eksplor

Kak Seto -  Pemerhati dan sahabat anak Indonesia serta Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI)

Reza Rahadian -  Aktor dan aktivis sosial

Alyssa Soebandono - Aktris dan Ibu dari dua anak

Dalam acara ini Astrid Prasetyo mengatakan, “Merupakan hak anak untuk mendapatkan  akses nutrisi dan pendidikan untuk generasi Indonesia yang lebih baik.”

Mengingat saat pandemi ini anak-anak rentan kehilangan atau tidak maksimal mendapatkan akses keduanya, yakni nutrisi dan pendidikan. Bahkan Kak Seto yang memang sangat dekat dengan dunia anak-anak mengingatkan bahwa kita sebagai orangtua jangan melakukan kekerasan pada anak atas nama pendidikan.




“Kekerasan atas nama pendidikan dengan memaksa anak untuk belajar dengan kekerasan memaksankan kehendak orangtua, tidak menghargai bakat anak.”

Yang dimaksud Kak Seto, seperti memaksa anak berprestasi sementara anak sudah mengerahkan semua kemampuannya dan gagal menjadi juara satu. Atau dalam kondisi saat ini dengan pembelajaran daring anak-anak banyak didampingi orangtua, orangtua kerap lepas kontrol membentak-bentak anak saat belajar.

Maka Kak Seto mensarankan agar orangtua dalam membimbing anak-anak belajar daring dengan lemah-lembut, dengan bahasa yang menyenangkan. Sehingga anak-anak dapat belajar dengan suasana yang menyenangkan.

Serius, ini berasa sekali di hati saya. Karena jujur, mendampingi anak-anak daring selama setahun lebih, tidak jarang emosi lepas begitu saja. Kadang membentak saat anak mulai berulah, gemas saat anak tidak juga mengerti meski dijelaskan berkali-kali, atau mencubit ketika anak tidak mau mengerjakan tugasnya, huhuhu.

Menurut Kak Seto, anak memiliki hak:

1. Hak hidup

2. Hak tumbuh kembang

3. Hak perlindungan

4. Hak berpartisipasi

Hak-hak anak ini jangan sampai kita abaikan, agar anak-anak dapat tumbuh dengan maksimal, menjadi generasi maju, Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh.

Kampanye #AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia

Maka peluncuran #AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia wajib didukung oleh masyarakat Indonesia demi untuk anak-anak Indonesia, seperti yang dikatakan Astri Prasetyo:




“Selama lebih dari 65 tahun, SGM Eksplor tidak hanya menghadirkan dan mengembangkan produk bernutrisi bagi anak-anak Indonesia, namun juga berupaya untuk meluncurkan berbagai inisiatif dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia. Dalam semangat memperingati Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, SGM Eksplor mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bergotong-royong dalam upaya mendukung pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan anak-anak Indonesia dalam gerakan sosial “#AyoTunjukTanganBersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia” guna mendorong terciptanya generasi maju yang dapat membawa Indonesia menjadi lebih maju kedepannya.”

Alyssa Soebandono pun memberikan pendapatnya tentang gerakan #AyoTunjukTangan, “Saya percaya bahwa gerakan sosial #AyoTunjukTangan, yang merupakan dukungan kolektif dari seluruh masyarakat Indonesia, khususnya dari para ibu untuk membantu para ibu lainnya untuk memastikan kebutuhan nutrisi dan pendidikan anak-anak mereka terpenuhi demi kemajuan dalam setiap tahap kehidupannya. Oleh karena itu, mari bersama-sama berpartisipasi dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan demi mempersiapkan SDM unggul untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.”

Sementara Reza Rahadian sebagai perwakilan dari kaum muda, percaya kesuksesan anak-anak Indonesia bukan hanya di tangan para orangtua mereka, tapi di tangan generasi muda.

Seperti diketahui SGM Eksplor telah menghadirkan inovasi produk susu pertumbuhan di awal tahun 2021 yang mampu mendukung pemenuhan nutrisi lengkap dan seimbang bagi anak berusia di atas 1 tahun dengan kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C, IronC, DHA, Omega 3&6, serta nutrisi penting lainnya.




Sedangkan dalam akses pendidikan, SGM Eksplor juga telah melakukan berbagai inisiatif bantuan pendidikan melalui program Rumah Belajar Generasi Maju, Kelas Generasi Maju dan Edukasi Gizi Seimbang Isi Piringku untuk anak usia 4-6 tahun, sebagai upaya kolaborasi bersama dengan berbagai pihak untuk memberikan dukungan akses pendidikan bagi anak-anak Indonesia di berbagai daerah.

Bagaimana Cara Berpartisipasi Dalam Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan?




Nah, dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan, setiap partisipasi dari berbagai pihak akan didonasikan dalam bentuk paket nutrisi untuk anak usia di atas 1 tahun , paket  beasiswa pendidikan online, dan juga perbaikan fasilitas belajar bagi anak-anak Indonesia yang membutuhkan, di mana donasi tersebut akan diberikan oleh SGM Eksplor dan partner.

Karena itu, yuk jangan tunda lagi, mari kita berpartisipasi dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda. Caranya sangat mudah sekali, semua bunda pasti bisa untuk berperan dan berseinergi bersama semua bunda di seluruh Indonesia untuk #AyoTunjukTangan.

Silakan langsung mengunjungi website http://www.generasimaju.co.id/ayotunjuktangan  dan langsung pilih jenis donasi yang ingin didukung, isi data diri & verifikasi, lalu share di media sosial Bunda. Bunda bisa beri dukungan sebanyak-banyaknya lho, supaya makin banyak anak Indonesia yang bisa jadi maju!

Satu dukungan yang kita berikan, bisa membawa perubahan besar, #AyoTunjukTangan” #GenerasiMaju #SGMEksplor.

You May Also Like

25 komentar

  1. kebutuhan nurtrisi pada anak-anak menjadi perhatian utama bagi semua orangtua agar anak-anak bisa tumbuh sehat, selain itu pendidikan juga gak kalah penting setelah akhlak ya

    ReplyDelete
  2. Keren bangeeettt ini campaign-nyaaaa!
    Di situasi yg serba ga kondusif kayak sekarang, kita memang kudu saling support, berkontribusi demi anak2 Indonesia yg makin maju dan berkualitas prima.
    Semangatttt!

    ReplyDelete
  3. Yuk ah..ikutan tunjuk tangan...Biar bisa berkontribusi dan ikut donasinya dengan cara yang mudah banget ini...

    ReplyDelete
  4. Bener banget nih, harus diperjuangkan nih kemerdekaan bagi anak untuk mendapatkan nutrisi juga akses pendidikan. Kondisi saat ini apalagi selama pandemi lumayan memprihatinkan

    ReplyDelete
  5. Benar sekali, hak-hak anak harus dipenuhi. Maka, pemenuhan edukasi dan nutrisi pada anak anak adalah bagian dari hak anak yang tidak boleh diabaikan. Semoga akses edukasi dan nutrisi di Indonesia semakin merata demi kemajuan Anak Indonesia.

    ReplyDelete
  6. Iya ya, hak anak untuk mendapatkan pendidikan dan kebahagiaan. Kasian juga ya karena pandemik begini haknya sebagian hilang. Btw, ade salfok sama rambutnya kak Seto, Mba... xixixi... selalu hitam legam tak lekang waktu.

    ReplyDelete
  7. Sudah menjadi kewajiban kita sebagai orangtua untuk bisa memenuhi hak anak. Pemenuhan nutrisi salah satunya. Demi Indonesia Maju 2045.

    ReplyDelete
  8. Sedih juga ya kalau masih banyak anak yang kualitas nutrisi dan pendidikannya masih tertinggal. Yuk ah ikutan tunjuk tangan dan berpartisipasi aktif untuk memperbaiki kondisi ini. Semua anak Indonesia berhak untuk sehat dan berpendidikan.

    ReplyDelete
  9. Gerakan sosial yang ok punya sih menurutku, empower kita semua untuk berdonasi. Kalo bukan mulai dari kita lalu siapa lagi. Ini bukan hanya untuk kepentingan kita tapi masa depan bangsa juga kan.

    ReplyDelete
  10. Berakan #AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia ini bagus sekali ya,l agar hak anak-anak Indonesia bisa terpenuhi lebih luas lagi.

    ReplyDelete
  11. waaah...ada kakak-kakak kita bersama...kaka seto dan kak reja :)

    Memang sikon pandemi ini besar sekali dampaknya utk anak2 dalam sgala aspek ya...
    jangan lupa, di satu sisi ada anak kekurangan nutrisi dan fasilitas gadget. Di sisi seberangnya, ada anak2 yg terancam obes krn banyak makan tp di rumah saja serta terancam dampak penggunaan gadget berlebih :D

    ReplyDelete
  12. "Jangan melakukan kekerasan pada anak atas nama pendidikan," setuju sekali .. karena anak2 punya kekhususan masing2, pelajaran sekolah bukan jadi ukuran. Hak anak pula untuk suka atau tidak dengan pelajaran sekolahnya.

    ReplyDelete
  13. Adem banget dengarkan penjelasan Kak Seto. Anakku yang kelas online cuma seminggu sekali aja sudah menguras emosi. Kudu tahan diri sabar bersikap saat ia mogok belajar.

    ReplyDelete
  14. Kalau udah pernah kenal Kak Seto, berasa adeeem aja kalau beliau ngomong ya!

    Semoga gerakan tunjuk tangan ini menjadi signal buat para ibu ibu untuk lebih care pada nutrisi buah hati

    ReplyDelete
  15. Air mataku menitik pas baca bagian ini:
    "Salah seorang teman anak saya karena terkendala smartphone yang harus bergantian dengan orangtuanya yang bekerja, terpaksa harus mengumpulkan tugas malam hari. Hal ini membuat anak ketinggalan pelajaran sekolah sehari-hari, belum lagi yang kesulitan kuota internet karena kemampuan daya beli menurun."

    Pun baca bagian berhemat demi kelangsungan hidup sehingga mengabaikan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dengan sehat.

    Ya Allah, sedih aku bacanya. Semoga gerakan Tunjuk Tangan ini berhasil mencapai tujuan untuk membuat anak-anak Indonesia terpenuhi haknya. Siap dukung dan memberikan doa terbaik.

    ReplyDelete
  16. Senangnya banyak dukungan untuk anak-anak Indonesia supaya lebih terpenuhi nutrisi dan edukasinya ya. Programnya kece nih. Semakin banyak yang bergabung pastinya akan bikin anak-anak indonesia makin sehat dan pintar

    ReplyDelete
  17. Also tunjuk tangan merupakan aksi dukungan membuat anak kita sehat dan pintar. Dan melakukan hal yang sama untuk anak oranglain juga

    ReplyDelete
  18. Betul ya, Mba. Kebutuhan nutrisi anak itu penting buat mendukung tumbuh kembangnya. Jadi pe er nih buat saya sebagai ibu buat kasih nutrisi terbaik untuk anak.

    ReplyDelete
  19. eh, ada mas Reza di webbinarnya ya mak, pasti seru. Btw kapan Mas Reza merit nih hahaha. Tanyain lah mak. btw bagus nih program ini biar bisa salin support kepada mama yang lain juga

    ReplyDelete
  20. Kangen banget sama kak Seto. MasyaAllah. Lihat difoto macam masih muda aja yaa. semangat beliau memang luar biasa untuk anak-anak Indonesia.

    Btw, aku juga dukung program tunjuk tangan ini bubi, untuk anak indonesia yang maju dan sehat jasmani rohaninya

    ReplyDelete
  21. Aksi Ayo Tunjuk Tangan ini luar biasa. Semoga makin banyak anak yang nutrisinya terpenuhi apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Kudu wajib ikutan juga nih

    ReplyDelete
  22. sebuah gerakan yang inspiratif ya mbak
    mencoba membantu anak anak Indonesia untuk bisa punya akses terpenuhi kebutuhN nutris dan pendidikannya

    ReplyDelete
  23. Huaa ada idolaku bang reza. Hehe. Bener banget gap pendidikan dan nutrisi berasa melebar. Aku jadi sedih kalo membicarakan tentang edukasi di Indonesia selama pandemi. Alhamdulillah ada gerakan tunjuk tangan ya bisa donasi buat anak-anak yang butuh edukasi dan nutrisi

    ReplyDelete
  24. ka setooo idolakkkk
    semoga kita bisa nganterin anak-anak menjadi pribadi di masa depan yang baik ya makk biar tumbangnya optimal termasuk asupan makannya
    semoga ibu2 semua sssaaaaabar juga mendidik anak

    ReplyDelete
  25. Anak-anak kudu mendapatkan apa yang menjadi hak mereka agar tumbuh sehat dan kuat untukgenerasi kuat 2045.
    Bagus sekali program Ayo Tunjuk Tangan ini. Dan semoga semakin banyak yang berpartisipasi sehingga semakin banyak anak Indonesia yang terbantu.

    ReplyDelete