Manfaat Generos dan Dampak Speech Delay Pada Perilaku Anak?

by - February 17, 2022

 

Generos

Sebagian besar Ibu sudah familiar dengan istilah speech delay, namun ada juga yang belum memahami dengan benar. Sehingga ketika anak tidak bisa bicara dengan baik seperti teman  seusianya, langsung khawatir anak menderita speech delay. Seperti yang pernah saya alami dulu, ketika Pendar tidak bisa bicara selancar kakak-kakaknya, saya langsung panik.

Sebab kakak-kakaknya Pendar bicara dengan baik sesuai dengan tahap usianya, sementara Pendar bicaranya tidak jelas. Cenderung salah dalam pengucapan, sebagai Ibu yang awam saya langsung berpikir, jangan-jangan speech delay. Apalagi dibanding kakak-kakaknya, Pendar termasuk anak yang sedikit temperamen, mengalami tantrum.

Saat itu saya berpikir, apa karena Pendar sulit mengutarakan keinginannya dengan kata-kata sehingga tantrum? Berangkat dari pemikiran ini saya konsultasi ke dokter anak, dokter memeriksa mulut dan lidah Pendar, mewawancarainya, ternyata permasalahan Pendar hanya karena dia terbiasa berkomunikasi meniru suara-suara bayi. Biasa kakak-kakaknya mengajak komunikasi adiknya dengan suara dibuat-buat seperti bayi, bukan masuk speech delay.

Sementara tantrumnya karena Pendar termasuk anak yang ingin didengarkan dengan fokus, jika saya, ayahnya, atau kakak-kakaknya mengabaikannya ini akan memancing emosinya. Pendar merasa apa yang dikatakannya tidak dipahami dengan baik, jika ini dibiarkan berlarut akan menyebabkan anak sering tantrum.

Meski ada PR untuk memperbaiki emosi Pendar, mengubah sikap kami agar lebih fokus, perhatian, dan mengajarinya bicara dengan artikulasi yang benar. Saya merasa lega anak saya tidak menderita speech delay, sehingga kini Pendar memasuki usia sekolah dapat berjalan dengan baik. Jadi sebenarnya speech delay itu apa ya?

Mengenal Speech Delay Pada Anak

Dari diskusi dengan dokter anak, dan membaca berbagai artikel di media sosial, saya mulai memahami speech delay yang sebenarnya. Speech delay merupakan salah satu gangguan tumbuh kembang anak yang menyebabkan kemampuan bicara anak tidak berkembang sesuai dengan usianya.

Anak akan mengalami gejala kegagapan atau kesulitan dalam  mengucapkan kata-kata yang tepat, tapi tentu saja ini harus diperiksakan ke ahlinya. Agar orangtua benar-benar mengetahui apa penyebab anak kesulitan dalam mengucapkan kata-kata yang tepat, karena menderita speech delay atau penyebab lain seperti yang dialami Pendar, misalnya.

Jangan hanya berpatokan pada perkembangan anak lain, karena kemampuan bahasa dan bicara anak memiliki perkembangan yang berbeda. Namun agar kita waspada dengan gejala speech delay yang sebenarnya, harus diketahui para orangtua bahwa pada umumnya kemampuan bahasa dan bicara anak berkembang pada tiga tahun pertama kehidupannya. Ini adalah masa yang sangat krusial.

Kenali Tahap Perkembangan Anak Bicara

Mengenali tahap perkembangan anak bicara sangat penting agar orangtua tidak keliru menduga anak menderita speech delay. Berikut ini tahap perkembangan anak bicara yang bisa dijadikan patokan dalam mengindentifikasi speech delay.

1. Usia 3 bulan bayi umumnya akan mengeluarkan suara atau tahap babbling, meski tidak memiliki arti, seperti “ah”, “uh”, “na”. Dan, paham dengan komunikasi timbal-balik dengan merespon berupa senyum, tawa, serta menatap lawan bicaranya.

2. Usia 6 bulan, bayi mulai mengeluarkan suara yang lebih jelas. Dimulai dari “ba-ba’, “ma-ma”, “wa-wa”, atau “ ya-yah”, dan lain-lain.

3. Menjelang akhir usia 6-9 bulan bayi sudah bisa menunjukkan emosinya seperti senang, marah, dan sedih. Mengenali namanya, memahami kata dasar seperti “ya’, dan “tidak”.

4. Usia 12 bulan anak mulai memiliki kata pertama yang lengkap, seperti “papa”, “ayah”, dan menirukan ucapan orang di sekelilingnya. Juga komunikasi dengan gesture, seperti menggerakan tangan saat oranglain mengucapkan “bye-bye”.

5. Usia 24 bulan anak sudah bisa bicara menguasai setidaknya 50 kata, berkomunikasi dengan dua kosa kata, seperti “makan kue”.

6. Usia 3 tahun anak mulai bisa berkomunikasi dengan lancar, seperti menceritakan apa yang dilihatnya dengan bahasa yang sederhana.

Jika mendapati perkembangan bicara anak tidak sesuai tahapan di atas, bisa segera konsultasi ahlinya. Karena speech delay itu berdampak pada perilaku anak yang tidak boleh disepelekan.

Dampak Speech Delay Pada Perilaku Anak

Speech delay tidak hanya  anak terlambat bicara sesuai dengan usia yang bisa ditoleransi, tapi dari artikel yang saya baca speech delay juga bisa berdampak pada perilaku anak, diantaranya:

1.Anak akan mengalami hambatan dalam proses berpikirnya, karena kesulitan berlatih membaca, menulis, dan kosentrasi.

2. Anak kesulitan dalam mengelola perasaannya, dan menyampaikan keinginannya, sehingga anak mudah marah dan tantrum.

3. Anak akan merasa tidak percaya diri, sulit beradaptasi, dan menarik diri dari sosialisasi.

4. Anak bisa mengalami gangguan kecemasan yang lebih tinggi

Dampak speech delay dalam prilaku sangat mengganggu perkembangan anak di kemudian harinya, tapi sebenarnya apa penyebab speech delay? Apakah karena orangtua jarang mengajak anak komunikasi, anak terlalu banyak berinteraksi dengan gadget?

Kenali Penyebab Anak Speech Delay

Diantara penyebab speech delay selain kurang stimulus, ada penyebab lain seperti gangguan pada mulut, gangguan pendengaran, gangguan pada otak, dan autism. Untuk mengetahui penyebab anak mengalami speech delay , orangtua bisa konsultasi dokter anak, ahli THT, dan psikater, agar tidak salah dalam penanganannya.

Namun selain konsultasi, anak juga harus distimulasi dan diberikan asupan yang baik, selain makanan sehat, juga suplemen yang cocok seperti Generos.

Vitamin Generos Bantu Atasi Anak Speech Delay

Apa itu Generos?


Vitamin Generos

Generos atau Genius For Neuron  merupakan suplemen yang diramu dari 5 bahan alami pilihan. Pembuatan Generos diuji dan diawasi langsung oleh para ahli yang kompeten. Proses produksinya melalui 4 tahapan yang dikembangkan secara unik dalam kurun waktu lebih dari 15 tahun. Tahapan proses itu disebut 4 tahap Quantum yang meliputi: proses seleksi bahan organik, ekstrasi bahan, maserasi, dan kombinasi. Proses produksinya yang ketat menghasilkan nutrisi otak terbaik untuk anak ndonesia.

Fungsi Generos

Generos memiliki fungsi untuk membantu mengatasi gangguan speech delay atau terlambat bicara, anak autis, dan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Cara kerja Generos dengan membantu merangsang saraf verbal anak untuk lancar bicara. Selain itu, Generos juga menutrisi perkembangan kecerdasan pada anak

Kandungan Generos


Generos Vitamin

Generos vitamin otak ini memiliki kandungan diantaranya:

Ikan Sidat, mengandung  gizi tinggi sehingga dikenal sebagai ratunya gizi. Di Jepang dikenal juga sebagai gingseng air, karena mengandung Omega 3 dan protein Albumin.  Juga Vitamin B1, B2 yang sangat tinggi.

Pegagan, tanaman ini dikenal sebagai The Best Brain atau penambahan kecerdasan otak. Salah satunya mengandung zat asiaticosida, pegagang juga memiliki senyawa yang mampu meningkatkan daya ingat dan waspada.

Madu Hutan, mengandung prebiotik yang dapat membantu kesehatan pencernaan.

Mengkudu, dikenal sebagai buah dewa yang salah satunya memiliki khasiat untuk menangkal radikal bebas pada otak, dan meningkatkan kecerdasan berpikir.

Temulawak, banyak memiliki khasiat diantaranya meningkatkan fungsi syaraf pusat, meningkatkan rangsangan otak, dan nafsu makan anak.

 Manfaat Generos untuk Anak-Anak

1.Mengatasi speech delay

2. Meningkatkat konsentrasi

3. Meningkatkan daya ingat

4. Meningkatkan daya tahan

5. Menstabilkan emosi

6. Baik untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus

7. Baik untuk anak-anak dengan gangguan belajar

8. Baik untuk anak-anak dengan masalah ASD/ADHD/ADD

9. Baik untuk anak-anak masalah hiperaktif

Membaca kandungan dan manfaat vitamin Generos sangat luar biasa ya. Alhamdullilah keempat anak-anak saya sudah mencobanya. Baca yuk, testimoni anak-anak saya, semoga member info yang bermanfaat.

Testimoni Generos


Generos

Anak-anak saya berusi 16 tahun hingga 3 tahun, dan sudah seminggu ini rutin minum Generos vitamin. Kebetulan Abang Pendar (7tahun) habis sakit deman dan bapil, sementara Binar (3 tahun) baru sembuh dari penyakit tampek, begitu juga Mba Lintang(16 tahun) habis mengalami demam, badan sakit, dan batuk. Hanya Mas Pijar yang sehat, tapi saya khawatir juga dia akan terpapar virusnya.

Kebetulan ada stock Generos, begitu satu minggu saya berikan Abang Pendar dan Binar jadi lebih nafsu makan. Mba Lintang cerita BAB jadi lancar, padahal sebelumnya sampai beberapa hari dia tidak BAB dan menangis kesakitan. Sementara Mas Pijar tetap sehat, tidak terpapar meski ketiga saudaranya sempat sakit. Dan, semangat belajar PJJ (pembelajaran jarak jauh) juga jadi lebih giat, mereka belajar lebih kosentrasi.

Aturan pakai Generos untuk usia 1.5- 6 tahun sebanyak 7-10 tetes 2x sehari, dan 7-16 tahun sebanyak 11-15 tetes ex sehari. Sebaiknya diminum pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur. Dikonsumsi sebelum makan. Caranya bisa langsung diteteskan ke mulut, atau dicampurkan ke air  putih hangat, susu, mau pun sup. Tapi anak-anak saya lebih suka langsung diteteskan ke mulut.

Generos sudah sertifikasi di LPPOM MUI 12130007021219, dan BPOM 193633201. Jadi selain halal, tentu saja aman dikonsumsi.


Generos

You May Also Like

43 komentar

  1. Bagus ini vitaminnya, betulan memperlancar BAB, sehingga pencernaan jadi lebih sehat. Pencernaan sehat indikasi otak juga bagus

    ReplyDelete
  2. Ini vitamin otak yang banyak diendors para artis ya, manfaatnya ternyata bisa untuk anak-anak speech delay. Semoga bermanfaat vitaminnya ya

    ReplyDelete
  3. Hai kak ini Dennise.Generos itu bisa membantu untuk anak yang mengalami Speech Delay ya,bagaimana untuk cara minumnya,sehari berapa kali? ada keponakanku yang alami speech delay,semoga bisa terbantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di bagian bawah artikel keterangan dosis minumnya, Kak, semoga membantu ya

      Delete
  4. Membaca tahapan bicara jadi ingat keponakan yang berusia 1 tahun. Dia lagi seneng banget bilang 'Papa'. Sampai mamanya cemburu karena papanya melulu yang disebut hehehe. Ternyata Generos sebagus itu ya. Sampai bisa untuk membantu mengatasi speech delay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Speech delay memang gak bisa dianggap enteng, ya. Orangtua harus peka dan berkonsultasi ke ahlinya. Mba Eni dan suami termasuk yang peka, ya. Jadi bisa segera tau permasalahan sebenarnya

      Delete
  5. Iya kalau anak serempak sakit gitu jadi pusing ya, Mba. Untungnya ada generos ya. Ini Adek juga jadi lebih kuat imunnya. Dan bab lancar jaya. Sama kayak mba lintang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Abang dulu sempat speach delay. Usia 2 tahun ngomongnya masih aa uu. Rupanya kurang stimulasi dari yang ngasuh. Kebetulan wkt itu saya kerja. Jadi waktunya banyak sama Mba. Tapi pas saya stimulasi ajak ngomong baru deh banyak ucapannya. Bahkan cerewet bgt. Andai dulu dah ada generos. Mgkn terbantu juga ya.

      Delete
  6. Iya mbak seorang anak dianggap spech delay gak bisa dibandingkan dengan anak lain, sebaiknya mellaui konsultasi dulu aja ya. Tiap anak itu unik perkembangannya juga kadang berbeda. Tapi bener juga kita harus mengenali perkembangan tahapan anak bicara supaya tau tanda-tandanya kalau ada keterlambatan. Kasih suplement untuk otak Generos ternyata bisa mengatasi speech delay juga ya

    ReplyDelete
  7. Penyebab dari speech delay ini kudu diteliti dengan benar dan spesifik ya, Kak Eni.
    Gak bisa main ambil kesimpulan sendiri. Tetapi tetap memberikan asupan terbaik untuk vitamin otak bagi anak. Manfaatnya banyak dan selain meningkatkan konsentrasi dan stimulus juga menjaga daya tahan tubuh.

    ReplyDelete
  8. MasyaAllah Generos punya manfaat yang lengkap banget.

    Lagi senang-senangnya main di luar rumah, padahal situasi kayak gini. Butuh vitamin seperti Generos ini.

    ReplyDelete
  9. Maxy juga sempat speech delay sekarang ngomonge akeh hehe
    Wah tau gtu dari dulu selain distimulasi juga minum Generos ini ya mbak.
    Tak hanya bagus untuk fungsi otaknya tapi juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh ya, apalagi di masa pandemi dan musim gak jelas kyk sekarang ini.

    ReplyDelete
  10. Manfaat generos untuk anak speech delay bagus banget yaa. Apalagi dengan kandungan alaminya membuat ibu tidak perlu khawatir ada efek sampingnya. Makasih infonya bubi

    ReplyDelete
  11. Sama ni mak, kami juga konsumsi generos untuk anak2 dari 3 tahun sampai 8 tahun. Banyak banget ya kandungan nutrisinya, terutama ikan sidat ini yg ternyata menjadi ratunya protein.

    ReplyDelete
  12. Dulu Ismail sempet speech delay, tapi alhamdulillah lancar jg ngomongnya. Bisa dibantu pake Generos jg ya.

    ReplyDelete
  13. anak sodaraku ada yg ADHD
    udah bberapa kali konsultasi ke dokter tumbuh kembang, tapi blm ada kemajuan.
    nah, aku mau coba rekomen ini, ahhh

    ReplyDelete
  14. Anaknya temanku sudah ada yang komsumsi Generos, dia cerita memang Generos top,menutrisi otak dan meningkat konsentrasi dalam belajar.Angkat 2 jempol nih untuk Generos. Salam: Dennise

    ReplyDelete
  15. Keknya Suplemen Generos ini dibutuhkan ponakan cowo aku deh Mak, soalna udah besar mau masuk SD masih speeech delay, hiks tidak pada umumnya tumbuh kembang anak. Kalo dilihat2 manfaatnya banyak dan kandunganya emang bahan2 alami pula.
    Nanti aku rekomenin Geeros ini.

    ReplyDelete
  16. Anak perempuanku dulu yang agak speech delay. Pas umur 3 tahun baru ngomongnya banyak dan gak bisa diem :D Generos sebagus itu ya, Mbak Eni. Bisa jadi solusi yang sangat membantu bagi kita yang punya anak speech delay. Semoga banyak yang cocok.

    ReplyDelete
  17. Aku mau stok juga jadinya Bubi, penting sewaktu-waktu diperlukan ya, apalagi masih punya Balita yang pencernaannya masih sensitif kayak Bil, harus siap siaga.

    ReplyDelete
  18. Keren ini jadi banyak info mengenai Speech delay dan jika anak-anak rajin mengkonsumsi Generos bisa makin sehat dan terlengkapi ya kebutuhan nutrisi-nya.

    ReplyDelete
  19. Generos ini banyak banget ya manfaatnya, anak-anakku juga butuh ini deh. Si Sulung juga biar bisa konsenterasi belajarnya, secara masih suka gak fokus kalau belajar padahal sebenarnya dia bisa.

    ReplyDelete
  20. Kalau abang Pendar mengalami kesulitan berbicara karena selalu diajak berbicara bahasa bayi, sedangkan keponakan saya tidak lancar berbicara karena terlalu banyak dikenalkan berbagai bahasa. Dia suka nonton youtube berbahasa Inggris, Malaysia, bahkan Spanyol. Kata dokter, dia kebingungan bahasa.

    ReplyDelete
  21. jadi ini adalah suplemen tambahan atau vitamin ya mba. Dengan manfaat yang begitu banyak, baik juga untuk dikonsumsi anak - anak kita

    ReplyDelete
  22. Dulu agak abaikan juga soal speecy delay. Masih anggap biasa. Padahal ini juga butuh perhatian khusus orangtua kepada anak. Vitamin otak yang dikemas mewah ini bisa jadi pilihan dikonsumsi anak mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dulu kakak saya juga speech delay, terus kata mama saya malah diganti namanya supaya bisa ngomong hehe aya aya wae. Padahal mah diterapi ya, diajak berbicara dan diberi makanan perangsang kognitif agar anak lambat laun lancar berbicara. Seperti suplemen generos ini.

      Delete
  23. Keponakanku Alhamdulillah pada bicara sesuai usianya. Terus kalau lagi ngomong sama mereka, wajib pakai kata-kata yang jelas meski mereka ngomongnya masih patah-patah. It's okay

    Btw, Generos ini vitamin herbal. Bahannya alami semua

    ReplyDelete
  24. Keponakanku Alhamdulillah pada bicara sesuai usianya. Terus kalau lagi ngomong sama mereka, wajib pakai kata-kata yang jelas meski mereka ngomongnya masih patah-patah. It's okay

    Btw, Generos ini vitamin herbal. Bahannya alami semua

    ReplyDelete
  25. Belajar menjadi orangtua yang selalu memantau tumbuh kembang anak.
    Penting banget karena sebelum terlambat, bisa diantisipasi menggunakan stimulasi yang tepat dan dibooster menggunakan Generos.

    ReplyDelete
  26. memang yang namanya anak sebaiknya cerewet ya ketimbang diem aja. Kudu sering distimulasi dan tak lupa memberikan asupan makanan bergizi dan multivitamin.
    Generos ini salah satu pilihan vitamin supaya anak bisa lancar bicaranya ya.

    ReplyDelete
  27. Di kampung saya ada beberapa anak yang belakangan saya ketahui mungkin itu adalah gangguan speech delay. Sebelumnya saya tidak mengetahui akan vitamin otak ini. Dulu belum ada infonya...

    ReplyDelete
  28. Tetangga2 mamahku Ada nih anaknya yg Speech delay Cirinya bener nih kemampuan bicara anak tidak berkembang sesuai dengan usianya..

    Aku mau kasih tau tentang vitamin generosnya

    ReplyDelete
  29. Vitamin otak generos patut di recomendasikan ke teman saya yang anaknya speach delay.
    Makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  30. Generos memang terkenal bisa membantu anak yanh speech delay ya... Dulu peenah tau pas browsing tentang speech delay... Jadi pengen coba juga deh...

    ReplyDelete
  31. wah, ini benaran bisa buat anak yang speech delay yah..bolehlah aku rekomendasikan ke teman nih, kali aja cocok ya mba

    ReplyDelete
  32. Banyak orang tua yang kurang tanggap dengan speech delay pada anak. Dianggap normal dan membiarkan karena bisa pada waktunya. Padahal bisa ya sedikit diatasi jika ortunya telaten. Salah satunya dengan selalu memberi stimulasi dan makanan untuk otaknya. Seperti Generos ini ya.

    ReplyDelete
  33. Nah ini, aku masih memantau anakku. semoga baik-baik aja karna masih perkata aja ngomongnya, meski kadang udah 1 kalimat karna emang terbiasa ngomong itu. liat manfaatnya generos, jadi pengen tau lebih banyak. apalagi vitamin untuk otak

    ReplyDelete
  34. Bagian ini favoritku:

    "... untuk mengetahui penyebab anak mengalami speech delay , orangtua bisa konsultasi dokter anak, ahli THT, dan psikater, agar tidak salah dalam penanganannya.!"

    Iyes, konsultasi ke dokter!
    Jadi bukan, katanya, katanya yang bisa menyesatkan!

    ReplyDelete
  35. First of all, senang baca nama anak2nya Mba Eni. Dulu saya juga punya murid yg speech delay sampai 6 tahun rasanya, terapinya luar biasa ya. Kalau anaknya adek sepupu juga ada yg speech delay, dan kalau saya lihat sih, pengaruh dari monyet di Monkey n Trunk. Ternyata generos ini bagus juga untuk anak2 speech delay. Jadi selain terapi, ada vitaminnya juga. Moga Abang pendang, serta Mas dan Kakaknya sehat2 selalu ya...

    ReplyDelete
  36. Keponakanku juga agak speech delay. Dia paham sama omongan kita tapi omongannya belum jelas seperti Lala si bocah lucu itu yang lagi ngehits. Akus eneng ngajak ngobrol dan godain dia, kadang sampe ngambek. Abis lucu hihihi

    ReplyDelete
  37. Btw, ngomongin tentang tahapan berbicara anak, jadi ingat sibungsuku yang kini sedang ceriwis-ceriwisnya. speech delay memang kadang kita abay ya mba, kadang karena kurangnya pengetahuan, kita ga begitu peduli tentang kasus ini,

    ReplyDelete
  38. Anak saya juga konsumsi vitamin ini Mbak. Bagus banget ya karena selain bantu atasi Speech Delay bagus juga untuk perkembangan otak.

    ReplyDelete
  39. Ga bisa ya kita lgsg menganalisa sendiri kalau anaknya speech delay. Aku baru tahu nih kalau ada tahapannya jg. Untung ada Generos nih, bisa direkom ke temen yy anaknya masih blm bisa ngmg jg

    ReplyDelete