Resep Masak Jengkol yang Enak dan Empuk

by - February 16, 2022

 

Rasanya hampir semua masyarakat Indonesia suka jengkol, meski pun banyak yang merasa jengkol sebagai kuliner yang ‘norak’, serius. Sampai ada yang malu dan teriak ‘BIG NO!’ begitu ditanya, apa kamu suka jengkol? Atau ada yang malu-malu meong ketika ketahuan makan jengkol, hahaha. Ayo, ngaku deh.

Kenapa sih bisa alergi banget sama jengkol? Apa salah jengkol ya? Kadang suka mikir gini nggak sih?

Kenapa Jengkol Dibenci, tapi Dirindukan Juga?


Jujur, saya sendiri awalnya alergi banget sama jengkol, kayaknya sebel gitu lihat orang makan jengkol, apalagi sama orang yang hobby banget makan jengkol. Ini sebenarnya karena baunya itu loh bikin mual, buat saya dulu bau jengkol itu NGGAK BANGET. Dan, entah kenapa identik banget kalau ke gang sempit atau rumah-rumah berhimpitan kecil bau jengkol.

Sehingga jengkol menjadi identik dengan makanan kelas bawah, tapi ternyata kini menurut saya tidak lagi demikian. Mungkin karena jengkol mampu menarik banyak penggemar, bahkan memiliki harga yang cukup menungkik kalau lagi mahal. Pernah sekilo mencapai 100 ribu rupiah!

Sementara saya, kapan saya mengenal jengkol dan jatuh cinta dengan kuliner unik satu ini? Tepatnya ketika saya diundang makan bersama di rumah teman, dan ibunya masak jengkol balado. Waktu itu saya sudah menjadi ibu dua anak loh, dan ternganga sama enaknya jengkol, hehehe. Kurang lebih seperti ini rasanya, empuk, pulen, ada sedikit pahit dan gurih yang berkolaborasi dengan bau yang agak sedikit memanjakan lidah.

Sudah bisa membayankan belum?

Ya, pokoknya sejak itu saya mulai berburu jengkol. Berburu dari rumah makan ke rumah makan, hahaha. Soalnya saya nggak bisa bayangin gimana masak jengkol, bagaimana menanggulangi baunya?

Jadi saya coba beli jengkol di warteg, di pedagang online yang menjual jengkol balado, di rumah makan padang, ternyata tidak semua bisa mengolah jengkol dengan enak. Ada pahit, tidak pulen, masih keras dan ada tekstur mentahnya. Bumbunya tidak meresap, pokoknya bikin saya nggak doyan makan jengkol.

Sampai kemudian ketemu rumah makan padang yang menjual jengkol balado enak banegt, pulen, empuk, bumbu meresap sempurna, sayangnya mahal, hiks. Jadi beli sepuluh ribu rupiah hanya 5 keping jengkol, atau sekitar 2-3 jengkol utuh. Tapi buat masak sendiri, nggak kebayang cara ngolah dan baunya.

Resep Jengkol yang Enak  dan Empuk


Suatu hari setelah bertahun-tahun hanya membeli balado jengkol yang mahal itu, hehehe. Saya dikasih sama temen nih, Ade Ufi. Kebetulan kita sering meeting di dunia nyata sebagai mamin komunitas Connecting Mama, dan pasti ada acara makan-makan. Mb Ade yang biasa kita sapa Umi Ade ini bawain jengkol balado yang enak dan empuk. Ketagihan dong.

Mau minta lagi, ya nunggu acara kopdar lagi. Jadi saya ciba beranikan diri membuat jengkol setelah sepuluh tahun cuma beli, bayangkan! Akhirnya saya minta resep supaya jengkol yang dimasak itu enak dan empuk, juga tidak bau banget.

Resep jengkol yang enak dan empuk:


1.Rendam jengkol yang sudah dicuci bersih dalam wadah, diamkan selama 24 jam (kata Mba Ade bisa 2-3 jam, tapi saya 24 jam saja). Saya beri garam sedikit.

2. Buang air rendaman, cuci jengkol, lalu masukkan ke dalam air mendidih. Beri sereh, salam, biar tidak bau. Rebus selama 1 jam saja, kalau ada presto lebih praktis.

3. Cuci jengkol dan buang kulitnya

4. Geprek jengkol dengan ulekan biar pipih

5. Jengkol siap diolah

Setelah digeprek, bisa diolah sesuai selera. Karena saya suka jengkol balado, jadi saya buat balado deh. Berikut cara masak jengkol balado ala saya:

Cara Masak Jengkol Balado

Bahan

Jengkol geprek ¼ kg

Daun jeruk 3 lembar

Daun salam 2 lembar

Bumbu

Bawang merah 10 buah

Cabe merah keriting 20

Bawang putih 3 buah

Tomat besar merah 1 buah

Gula garam secukupnya

Cara Masak

Semua bumbu diblender

Panaskan minyak secukupnya, masukkan bumbu yang diblender, aduk-aduk

Masukkan air 1 gelas belimbing untuk merebus bumbu agar matang merata

Setelah harum masukkan jengkol geprek

Daun jeruk yang diremas

Daun salam

Aduk terus hingga matang sempurna, angkat

Jengkol balado yang enak, empuk, siap disantap dengan hasi hangat. Ternyata masaknya sangat mudah, dan tidak terlalu bau seperti yang saya takutkan.

You May Also Like

4 komentar

  1. emang enak banget makan jengkol dulu sering banget bikin sambal jengkol plus rendang enak deh

    ReplyDelete
  2. Waduh jadi laper nih baca ini. Saya dulu juga kurang doyan kecuali digulai. Eh pas nemu jengkol balado yang enak jadi nagih. Di sini rada susah nemu rumah makan yang jual. Jadi pas kepengen ya masak sendiri.

    ReplyDelete
  3. Mbaaaaa kita samaaaa Doong 🤣🤣🤣🤣. Jadi dulu itu aku juga sempet ga suka Ama jengkol, lebih suka Pete. Ga ngerti juga kenapa ga suka jengkol, kayaknya Krn rasa pertama yg aku coba ga enak, makanya jadi trauma gitu. Tapikan bisa jadi yg bikin ga jago.

    Naaah aku baru suka, pas pindah kerja ke kantor yg di mangga dua, OB ku jago bangetttttt bikin jengkol enak 🤣🤣. Dia yg bujukin supaya aku mau coba. Yg dia jual di kantor jengkol balado, Ama rendang jengkol. Ternyata memang enaaaaak 😍😍😍😍. Sejak itu, aku cuma mau makan jengkol yg dia bikin hahahaha. Kalo mesen pasti banyak deh, biar bisa difreezer juga, jadi tahan lama. Kalo skr mah, aku ga malu lah bilang kalo aku pecinta jengkol dan Pete 😄😍😍😍

    ReplyDelete
  4. Kalo masakan Minang, jengkolnya akan digetok pipih gini :D Saya pun makan jengkol kalo pulang kampung, karena jengkol Padang ini gak bau dan pahit banget gitu, haha...

    ReplyDelete