Asuransi Kumpulan untuk Karyawan UMKM

by - September 28, 2022

 


Saya pernah mendengar keluhan seorang teman yang memiliki usaha kuliner warung tenda kaki lima, dengan mempekerjakan  empat orang karyawan. Satu  juru masak yang mendampingi teman saya, dan tiga yang melayani para  pembeli. Keluhannya, ketika salah satu karyawannya sakit, dan teman saya harus memberikan uang berobat. 

Termasuk  ketika karyawannya mengalami kecelakaan kerja, seperti terkena minyak goreng, api kompor, dia juga harus memberikan pengobatan seratus persen. Sebenarnya ini tanggungjawabnya, tapi ketika pemasukan sedang sepi, atau karyawan yang  berkali-kali mengalami hal tidak terduga, ini cukup menguras dana simpanannya. Sementara usahanya bisa dibilang belum besar, sebagai pelaku UMKM tentu biaya-biaya tidak terduga ini cukup membebaninya.

Tidak hanya teman saya yang memiliki usaha kuliner warung tenda kaki lima, ada teman yang juga memiliki usaha bengkel motor dan mempekerjakan  tiga orang mekanik, mengeluhkan hal sama. Cukup berat dalam pengeluaran biaya-biaya tidak terduga untuk karyawan, di mana dalam pekerjaan bengkel ini selain kadang ada karyawan yang sakit, karyawan riskan mengalami kecelakaan kerja.

Saya sendiri memiliki usaha menjual  beragam buku-buku anak, novel-novel dewasa, dan buku nonfiksi, yang saya jual secara online dan offline. Namun saya belum memiliki karyawan, dan masih menjalankan usaha ini berdua suami saja. Mungkin suatu saat saya dan suami akan membutuhkan karyawan ketika usaha kami semakin besar, doakan saja ya. 

Peluncuran Platform Digital SME Connect untuk UMKM

Tujuan diluncurkannya SME Connect



Maka ketika saya diundang oleh FWD dalam rangka peluncuran platform digital SME Connect, yang katanya asuransi kumpulan untuk karyawan UMKM atau pengusaha mikro, kecil, dan menengah, membuat saya sangat penasaran. Dalam pikiran saya , tentu asuransi ini memiliki manfaat yang banyak bagi karyawan dan preminya tidak terlalu memberatkan para UMKM.

Saya harus datang ke peluncurannya, untuk menyebarkannya infonya kepada teman-teman pelaku UMKM dan tentu saja untuk saya sendiri. Karena selama ini asuransi untuk karyawan hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar saja, atau perusahaan yang sudah mapan. Pelaku UMKM seperti saya ini bahkan belum terbersit untuk memiliki asuransi.

Sehingga orang lebih suka bekerja di perusahaan yang sudah mapan, semuanya terjamin. Dari mulai asuransi jiwa, asuransi kecelakaan kerja, sampai asuransi kesehatan. Siapa tahu dengan hadirnya platform digital SME Connect menjadi peluang atau kesempatan UMKM untuk bersama-sama menyejahterakan usaha dan karyawannya. 

Kamis, 23 September 2002 bertempat di Lucy in The Sky, Sudirman.

SME Connect merupakan platform digital yang dihadirkan FWD Insurance untuk menawarkan perlindungan produk asuransi dari FWD Employee Benefits pada lini bisnis Asuransi Kumpulan, hal ini sejalan dengan tema tahun ini #FWDUnstoppable30.

Dalam sambutannya di acara peluncuran platform digital SME Connect, Anantharaman Sridharan selaku Direktur Utama FWD Insurance, mengatakan tujuan diluncurkannya SME Connect ini:



“Upaya FWD Insurance untuk memberikan pengalaman berasuransi yang mudah dan menyenangkan adalah dengan melakukan digitalisasi akses serta kolaborasi dengan partner distribusi yang mampu menjawab kebutuhan yang berkembang di tengah masyarakat terkait proteksi. Kami paham betul bahwa karyawan adalah aset terbesar bagi sebuah bisnis dan platform SME Connect hadir untuk mempermudah proses berasuransi.”

Lalu kira-kira  SME Connect ini asuransi kumpulan karyawan UMKM yang akan menanggung atau memproteksi apa saja?

Ada tiga jenis perlindungan yang dapat dipilih dan disesuaikan oleh pelaku UMKM, dengan minimal premi sejumlah Rp5.000.000 per tahun. Produk-produk tersebut antara lain:

1.Bebas Hidup: memberikan perlindungan jiwa untuk karyawan
2.Bebas Karya: memberikan perlindungan jiwa karena kecelakaan untuk karyawan
3.Bebas Sehat: memberikan perlindungan kesehatan untuk karyawan dan keluarga.

Seperti yang dikatakan Anantharaman Sridharan, karyawan adalah asset sehingga dengan memiliki asuransi untuk karyawan, pelaku UMKM atau pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah akan banyak mendapat benefit, seperti:

  1. UMKM akan dipermudah dalam pengeluaran dana perlindungan jiwa, perlindungan kecelakaan, perlindungan kesehatan, untuk karyawannya.
  2. Loyalitas karyawan karena perusahaan care
  3. Citra bisnis meningkat, seperti citra baik di karyawan dan keluarganya

Keunggulan FWD SME Connect

Untuk pertimbangan para UMKM yang ingin memilih SME Connect, bisa dipelajari beberapa keunggulannya, yakni:

  • FWD SME Connecting memiliki pengalaman yang mumpuni.
  • Jaringan rumah sakit dan klinik provider yang luas, peserta tanpa membayar uang chas
  • Sistem digital yg menghadirkan produk-produk yang sesuai dengan UMKM
  • SME Connect memiliki keunikan dari platform digital memenuhi kebutuhan UMKM
  • Mengakses dengan mudah dan memilih sesuai kebutuhan
  • Persyaratan SME Connect mudah : Bebas hidup minimal 10 karyawan, Bebas sehat 3 karyawan, 10 tertanggung, Bebas karya 10 karyawan

“Dengan pengalaman FWD Insurance yang mumpuni dalam bidang bisnis employee benefit serta jaringan rumah sakit dan klinik rekanan yang luas, kami ingin menghadirkan pengalaman berasuransi yang  yang lebih baik sembari menjalankan visi kami dalam mengubah cara pandang masyarakat tentang tentang asuransi. Semua kegiatan berasuransi tersebut dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui  fitur e-Friend lewat platform digital FWD MAX. SME Connect merupakan inisiatif kami untuk meningkatkan inklusi keuangan sebagai solusi dari pesatnya pertumbuhan UMKM di Indonesia, “ tutup Anantharaman Sridharan.

Sebab memang  pertumbuhan UMKM di Indonesia begitu pesat, tapi pilihan jenis proteksi untuk pekerja UMKM di Indonesia kini masih relatif kecil dan masih belum sebanding dengan jumlah serapan tenaga kerja. Maka dengan hadirnya platform digital SME Connect dan tiga produk unggulannya, diharapkan produk-produk FWD Insurance dapat menjadi solusi dan meningkatkan tingkat proteksi bagi pekerja UMKM serta membantu mendorong tingkat inklusi keuangan di Indonesia.

Nah, kalian para pelaku UMKM apakah tertarik untuk bergabung di SME Connect? Jika butuh info lebih lanjut tentang program kampanye #FWDUnstoppable30, serta penjelasan mengenai inisiatif terbaru SME Connect dapat diakses melalui Website FWD Insurance

 

You May Also Like

13 komentar

  1. bener ya, jadi pengusaha itu justru 'beban pikirannya' lebih berat dari karyawan. Dulu kan orang berbondong-bondong banget pengen jadi pengusaha. Untungnya ada solusi ya buat para wirausahawan, gimana caranya supaya kesehatan dan kesejahteraan karyawannya tetap terjamin selama bekerja.

    ReplyDelete
  2. Preminya terhitung murah ya mak cuma 5juta per tahun dengan benefit yang didapatkan oleh kita plus karyawan juga ya. Bagus nih program FwD nya

    ReplyDelete
  3. asuransiyang satu ini sepertinya memang menawarkan banyak pilihan dan mengakomodasi berbagai kepentingan ya mba. Bagus untuk customer jadinya

    ReplyDelete
  4. Bebas hidup, Bebas karya, bebas sehat. Alhamdulillah ada perusahaan asuransi yang melayani untuk UMKM ya mbak. Sebagai pemilik emang punya rasa tanggung jawab terhadap keselamatan karyawannya itu bagus, tapi kalau sampai harus merogoh kocek sendiri, bila oleng juga kondisi keuangan.

    ReplyDelete
  5. Salah satu bentu kenyamanan dalam bekerja adalah perasaan aman.
    Dengan adanya perasaan aman, bisa jadi meningkatkan produktifitas. Dan kini, bersama platform digital SME Connect, pengusaha UMKM bisa mewujudkan perasaan aman, nyaman dan terjamin di lingkungan kerja.

    ReplyDelete
  6. Seneng kalau ada asuransi yang diperuntukan bagi karyawan pemilik UMKM. Jadi selain bekerja, karyawan juga diperhatika jika ada kecelakaan yang tak terduga. Dengan premi 5juta per tahun, untuk UMKM bakalan berguna bagi karyawannya untuk dapatin manfaat yang didapat di atas

    ReplyDelete
  7. Asuransi itu baru dibutuhkan dan disukai ketika ada musibah yang tak diinginkan:(

    Ketika sedang banyak pemasukan kita jarang sadar dan maksain beli asuransi

    ReplyDelete
  8. Wah menarik sekali penawaran dari FWD ini ya mbak
    Karyawan UMKM juga bisa punya asuransi

    ReplyDelete
  9. Aku pernah bekerja di industri kuliner, memang ada-ada aja Mak kecelakaan kerjanya. Penuh risiko dari karyawan di dapur sampai cleaning service. Kalau UMKM bisa punya asuransi untuk karyawan, ini bagus banget dong. Jadi semua pihak merasa aman, ya. Btw preminya 5 juta per tahun artinya dikenakan ke satu UMKM gitu, ya, bukan per karyawannya?

    ReplyDelete
  10. Melihat keunggulan SME Connect sepertinya cocok banget untuk para pelaku usaha kecil menengah (UMKM) untuk mempersiapkan dan tidak terduga bagi karyawannya ya

    ReplyDelete
  11. Wah bagus ya. Platform Digital SME Connect untuk UMKM memberikan solusi untuk hal yang belum banyak UMKM bisa pecahkan namun bagi yg memiliki 3 karyawan, apakah mudah bergabung dengan platform ini?

    ReplyDelete
  12. Baru ini insurance yang konsen ke karyawan UMKM dah gitu oreminga juga lumayan terjangkau 5juta/tahun..

    Jadi tertarik nawarin nuga deh untuk para UMKM d sekitar rumahku mba

    ReplyDelete
  13. Sebagai pekerja lepas, kayanya saya mau coba mempelajari lebih banyak model asuransi dan baru tau ada Platform Digital SME Connect untuk UMKM. Sepertinya cocok direkomendasikan ke temen-temen yang baru mulai merangkak usahanya dan punya beberapa karyawan yang ikut membantu usahanya.

    ReplyDelete