Dukung Tumbuh Kembang Anak Indonesia dengan Pemenuhan Nutrisi & Edukasi yang Memadai

by - December 20, 2022

 



“Anak merupakan hal terpenting bagi orang tua sekaligus menjadi harapan masa depan bangsa. Namun, saat ini masih banyak anak-anak Indonesia yang menghadapi tantangan untuk mendapatkan akses kemajuan, diantaranya akses nutrisi dan pendidikan sebagai langkah awal dalam mengembangkan potensi maksimal mereka.”

Mendengar ucapan Septi Peni Wulandani, selaku Pemerhati ibu dan anak, Founder school of life  dan Ibu Profesional, di acara Press Conference “Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia” menyadarkan saya, bahwa di era digital yang dikatakan maju ini, masih ada anak-anak Indonesia yang belum memiliki akses nutrisi dan pendidikan yang memadai, padahal ini merupakan langkah awal untuk mengembangkan potensi anak bangsa generasi maju.

Bisa dibayangkan jika banyak anak-anak Indonesia yang tidak mendapat akses nutrisi dan pendidikan yang memadai. Akan dibawa kemana masa depan bangsa ini, karena masa depan bangsa  berada di tangan anak-anak yang sedang dalam proses tumbuh kembang saat ini. Lalu siapakah yang berperan untuk semua ini agar anak-anak Indonesia mendapat nutrisi dan pendidikan yang baik?

Peran Bunda dalam Memastikan Tumbuh Kembang anak dengan Pemenuhan Nutrisi dan Edukasi yang Memadai

Sebagai ibu tentu saja kita merupakan orang pertama yang berperan dalam memberikan nutrisi anak untuk tumbuh kembang anak, juga pendidikan yang baik untuk masa depannya. Hal ini buka sekedar memberikan asupan yang penting kenyang dan anak suka, tapi harus memberikan asupan dengan nutrisi anak yang tepat.

Pendidikan yang tidak asal bisa membaca dan menulis saja, anak perlu mendapat haknya dalam mengembangkan kemampuannya, seperti misalnya di bidang olahraga, di bidang mata pelajaran. Agar anak bisa menjadi anak yang sukses kelak, sebagai contoh seperti Peraih Medali Emas Olimpiade, Greysia Polii, yang juga hadir dalam Press Conference “Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia”ini.

Grace berbagi bagaimana ibunya sudah memberinya nutrisi yang tepat, dan dukungan atas karirnya:




“Sejak kecil, dengan segala rintangan yang harus saya lewati, tidak membuat saya pantang menyerah, keberhasilan saya saat ini tidak lepas dari  dukungan optimal dari Bunda. Salah satunya dengan memastikan saya mendapatkan nutrisi yang terbaik dan akses pendidikan yang optimal, sehingga saya memiliki kesempatan untuk mewujudkan mimpi menjadi atlet bulutangkis. Namun tetap tidak menomorduakan pendidikan formal, hingga juga bisa menyelesaikan kuliah. Dari hasil perjuangan dan dukungan tersebut, akhirnya saya bisa berhasil menyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020, membuktikan peran saya sebagai Anak Generasi Maju yang bisa memajukan bangsa,” ujar Greysia Polii.

Nah, jadi setuju ya, hal pertama yang  berperan dalam memberikan akses nutrisi dan pendidikan adalah orangtua. Para bunda seperti saya harus banyak belajar dalam memberikan nutrisi dan pendidikan yang tepat untuk anak-anak, karena anak-anak yang terpenuhi nutrisi dan pendidikannya memang tumbuh  kembang anak lebih bagus, bahkan sering tampak lebih menonjol.

Menurut Ibu Septi, anak juga jadi tampil berani di sekolah, seperti berani tunjuk tangan untuk setiap kesempatan yang diberikan gurunya, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan pada.Tidak malu-malu atau bahkan pasif ketika berada di kelas atau di sekolah. Bunda, senangkan melihat tumbuh dengan baik dan cerdas.

Peran SGM Eksplor melalui gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’



Tidak hanya bunda yang berperan dalam memberikan akses nutrisi dan pendidikan pada anak, tapi juga semua masyarakat. Karena masih banyak anak-anak Indonesia yang kurang akses nutrisi dan pendidikan, masih banyak masyarakat yang dalam kondisi kurang beruntung. Apalagi pandemi nyaris 3 tahun ini telah memberikan dampak dan tantangan yang besar terhadap akses pendidikan, kesehatan, dan ketahanan ekonomi bagi 80 juta anak di Indonesia. Ini nyata di sekitar kita.

Pada tahun 2021, Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah penduduk kurang gizi tertinggi di Kawasan Asia Tenggara. Selain itu, dari sisi pendidikan, kejadian putus sekolah masih mewarnai proses pendidikan di Indonesia, dimana 1 dari 1.000 siswa putus sekolah di jenjang SD/Sederajat. Data-data tersebut semakin memperkuat fakta sebelumnya yang menunjukkan bahwa 9 dari 10 anak di Indonesia masih mengalami kekurangan akses nutrisi dan pendidikan yang memadai  untuk bisa mencapai kemajuan.

Maka seperti dikata juga oleh Ibu Septi, Perlu adanya dukungan kolektif dari masyarakat dan berbagai pihak termasuk sektor swasta untuk memberikan lebih banyak dukungan bagi anak-anak Indonesia agar dapat mendorong terciptanya cita-cita menuju Generasi Emas 2045 yang diusung pemerintah. Seperti inisiatif yang telah dilakukan oleh SGM Eksplor melalui gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’ yang sangat saya apresiasi sebagai upaya untuk mengajak semua pihak saling mendukung kemajuan anak Indonesia dan mewujudkan ‘Generasi Emas 2045.”




Kondisi anak-anak saat ini merupakan gambaran kondisi anak-anak untuk tahun 2045. Bagaimana jika saat ini anak-anak masih banyak yang kekurangan akses nutrisi dan pendidikan?

Maka melihat kondisi tersebut, di tahun 2022 ini, SGM Eksplor kembali menghadirkan gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’,melalui gerakan ini, SGM Eksplor bersama para mitra serta Bunda di Indonesia telah berhasil memberikan dukungan akses nutrisi, kesehatan dan pendidikan kepada lebih dari 200.000 Anak Indonesia yang tersebar di hampir seluruh provinsi di Indonesia, melalui pembelian produk SGM Eksplor.

Dukungan  tersebut disalurkan dalam bentuk:

  • Menyediakan paket donasi nutrisi untuk anak usia di atas 1 tahun
  • Donasi paket beasiswa pendidikan
  • Renovasi atau rehabilitasi infrastruktur sarana pendidikan, dan fasilitas pendukung yang memadai untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (online). 
  • SGM Eksplor juga menggandeng organisasi sosial yakni SOS Children’s Villages untuk mendukung penyaluran bantuan donasi agar bisa menjangkau anak-anak Indonesia yang membutuhkan di seluruh wilayah Indonesia. Masyallah, luarbiasa ya.

Namun anak-anak Indonesia tidak hanya sebanyak 200.000, masih banyak lagi anak-anak Indonesia yang membutuhkan uluran tangan kita sebagai bagian dari masyarakat Indonesia. Yuk, Bunda, kita berperan dalam aksi ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’ dengan membeli produk SGM Eksplor.

SGM Eksplor Progress-Maxx Hadirkan Inovasi Susu Pertumbuhan

Selain ikut berperan dalam akses nutrisi dan edukasi anak-anak Indonesia, dengan memberikan SGM Eksplor pada anak-anak, Bunda sudah memberikan nutrisi yang tepat loh. Sebab seperti kita ketahui SGM sudah hadir lebih dari 68 tahun dengan komitmennya untuk melakukan berbagai inovasi produk demi menjawab kebutuhan nutrisi anak-anak Indonesia.

Permasalah anak-anak Indonesia, salah satunya adalah  anemia atau kekurangan zat besi. Ada sekitar 1 dari 3 anak berusia di bawah 5 tahun di Indonesia yang menderita anemia. Padahal zat besi merupakan salah satu nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan maksimal fisik dan perkembangan fungsi kognitif anak. Perkembangan kognitif anak ini salah satunya agar anak mampu melakukan eksplorasi terhadap sekitar, seperti memahami seutuhnya apa yang dia lihat, dengar, dan rasakan.

Maka dalam upaya pemenuhan akses nutrisi bagi anak Indonesia, SGM Eksplor Progress-Maxx menghadirkan inovasi susu pertumbuhan satu-satunya yang mengandung Iron-C, yakni kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C, yang berguna untuk dukung penyerapan nutrisi penting dengan maksimal, serta mengandung nutrisi penting lainnya  seperti DHA, Minyak ikan tuna, Omega 3&6, Serat pangan, dan Zinc. 

SGM ini merupakan produk susu pertumbuhan nomor 1 yang sudah memajukan  75 juta anak Indonesia sejak1954 loh. Sudah 48 tahun SGM sebagai susu pertumbuhan menemani anak Indonesia, termasuk saya. Dulu, sewaktu saya berusia dua tahun, Ibu saya memberikan susu lanjutan ASI yaitu SGM. Teryata hingga anak saya lahir, SGM masih setia menemani. Ingat sekali, saat anak pertama saya lahir tahun 2005, saya yang masih awam dunia nutrisi mengikuti jejak ibu saya yang sudah memberikan saya SGM saat saya batita. Hingga saya tumbuh sebagai ibu dan salah satu novelis di Indonesia.

SGM Eksplor memang selalu berinovasi mengembangkan produknya dengan nutrisi yang lengkap, berkualitas, tapi terjangkau. diformulasikan untuk dukung si Kecil tumbuh maksimal di 4 aspek agar jadi Generasi Maju:

  1. Dukung Daya pikir
  2. Pencernaan
  3. Daya tahan tubuh
  4. Pertumbuhan maksimal

Ingin memiliki anak sebagai generasi maju seperti Greysia Polii dan Merry Riana?




Mari kita bersama mewujudkan generasi maju Indonesia.  Seperti pesan Merry Riana, cita-cita menuju Indonesia maju bisa tercapai dengan dukungan dan upaya kerja keras dari seluruh masyarakat, terutama melakukan dukungan terhadap nutrisi dan pendidikan untuk anak Indonesia. Melalui rangkaian inisiatif yang dilakukan melalui gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia'.

 

 

 

 

You May Also Like

20 komentar

  1. Mau ah ikutan berperan untuk anak Indonesia, penting banget memang karena mereka generasi masa depan bangsa ini

    ReplyDelete
  2. Aku tu kenal dirimu senang banget, udah pinter, cantik, peduli banget sama hal-hal yang suportif untuk dukun pendidikan anak!

    semangat selalu yaaa bu Bi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyaallah, cantik dan pinter, Alhamdullilah. Makasih Mak Tanti

      Delete
  3. Peran ibu dalam mendidik anak emang penting ya. Senang baca saran Bu Septi. Susu SGM juga pernah menjadi temanku mendampingi anak dan menyiapkan nutrisi lengkap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku waktu usia dua tahun, kata ibu juga dikasihnya susu SGM, Mba, Sejak dahulu kala ya SGM itu

      Delete
  4. Keren banget program2 SGM Aksi Tunjuk Tangan ini mendukung pemenuhan akses nutrisi dan akses edukasi ke anak Indonesia yang membutuhkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makanya didukung ya, Bun, biar bisa memenuhi target anak-anak indonesia generasi maju

      Delete
  5. Emang kita musti bener2 harus memahami karaktet anak ya. Jadi jangan menjudge anak sehingga mereka tak berani berpendapat. Keren nih program tunjuk tangan. Buat anak Indonesia lebih kritis dan cerdas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sayangnya guru pun kadang khilaf ya, menjudge murid ya. Misal kalau ga berani maju, dikatain ah kamu kok penakut ya, pemalu ya

      Delete
  6. Tunjuk tangan ini program bermanfaat banget, keren si gunanya utk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pas dengan pancasila ya

    ReplyDelete
  7. Salut sama SGM dari dulu program2nya selalu dukung generasi maju. Sukses terus SGM untuk Kemajuan Generasi Indonesia

    ReplyDelete
  8. Setuju banget untuk menciptakan generasi maju Indonesia memang banyak faktor yang harus didukung, termasuk soal asupan gizi sejak dari kecil yang harus diprovide. Salah satunya adalah kecukupan gizi dari susu yang akan membuat si kecil tumbuh sehat sejak kecil dan semua organ tumbuhnya berkembang dengan sehat. Good job SGM terima kasih atas dukungannya kepada generasi mudah sejak dulu

    ReplyDelete
    Replies


    1. Sama, setuju juga, Mba, karena masa depan bangsa 2045 harus dibenuk mulai sekarang ya

      Delete
  9. Butuh kerjasama tak hanya orangtua tapi masyarakat secara luas untuk mengkampanyekan ini. Makasih ulasannyaa mba Eni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mba Al. Makasih juga sudah berkunjung ke blog duniaeni

      Delete
  10. Inisiasi sari husada ini bagus ya, pendidikan memang tanggung jawab bersama, dari pemerintah, orang tua, lingkungan dan juga sektor swasta

    ReplyDelete
  11. Acaranya keren
    Banyak tokoh-tokoh hebat yang hadir
    Mulai dari atlet bulutangkis terkenal hingga Ibu Septi, pemerhati ibu dan anak

    ReplyDelete
  12. Ini makanya calon ibu harus berwawasan luas ttg dunia anaknya - gizi, pendidikan, pola asuh. Alhamdulillah SGM pun berperan untuk mencerdaskan ibu & calon ibu ya.

    ReplyDelete