Manfaat Probiotik bagi 1000 Hari Pertama Kehidupan

by - February 01, 2023

 

1000 Hari Pertama Kehidupan

Seingat saya, sudah berapa kali menulis tentang probiotik, tapi memang belum terlalu detil ya. Baru mengenai pentingnya atau manfaat probiotik bagi pencernaan anak, serta produk yang mengandung probiotik. Jadi sepertinya saya sendiri pun masih bertanya-tanya mulai usia berapa anak dapat mengonsumsi probiotik, produk mana yang paling baik mengandung probiotik anak?

Karena banyak sekali produk yang mengklaim sebagi probiotik, sehingga kita membelinya hanya berdasarkan rekomendasi temanlah, review di media sosial, atau nonton iklan, hehehe. Bener gak sih? Jujurly, saya juga kadang begitu kok, kalau temen bilang bagus dan cocok, suka khilaf tanpa mencari fakta ilmiahnya, langsung ikutan beli.

Makanya ya, penting banget edukasi yang sumbernya terpercaya, yang memang produknya sudah mendapat rekomendasi dari yang berwenang di bidangnya. Untuk produk kesehatan, misalnya sudah direkomendasikan oleh  WHO. Karena WHO merupakan organisasi yang memiliki tanggungjawab dalam bidang kesehatan masyarakat dunia.


Kenali Perbedaan Probiotik dan Prebiotik

Tapi, sebelum membahas manfaat probiotik lebih lanjut. Bagaimana kalau kita mengenal dulu apa sih probiotik dan apa itu prebiotik. Atau jangan-jangan banyak yang belum mengenal prebiotik, meski sudah sangat familiar dengan probiotik?

Probiotik : Bakteri hidup yang diberikan dalam jumlah yang adekuat dapat memberikan efek kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora saluran cerna (WHO 2002).

Prebiotik : Makanan Probiotik yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, mampu memicu aktivitas dan pertumbuhan yang selektif, terhadap bakteri penghuni kolon. Prebiotik pada umumnya adalah karbohidrat, contoh: oligosakarida/fructooligosaccharide (FOS).

Jadi prebiotik ini merupakan sumber nutrisi bagi probiotik, karena sifat prebiotik yang sulit dicerna tubuh membuat serat ini di pencernaan dalam keadaan utuh. Sehingga koloni bakteri baik di dalam usus yang berperan untuk kesehatan pencernaan, terstimulasi untuk berkembangbiak lebih banyak lagi. Luarbiasa banget ya, ternyata keduanya saling sinergi untuk menjaga kesehatan saluran cerna.

Oya, jadi catatan penting supaya tidak salah persepsi tentang probiotik. Probiotik  bukan obat, tapi BPOM mengategorikan probiotik sebagai suplemen makanan. Probiotik merupakan bakteri baik yang berperan penting dalam kesehatan dan pencegahan penyakit pada manusia, dan WHO mendefinisikan probiotik sebagai mikroorganisme hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah cukup, dan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Probiotik yang baik ini memiliki syarat yang ditentukan oleh WHO, yakni:

  1. Berasal dari manusia
  2. Dapat tumbuh dan bertahan di mukosa saluran cerna
  3. Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
  4. Menghasilkan zat antimikroba
  5.  Mampu melawan mikroorganisme jahat (pathogen)
  6. Terdokumentasi penelitian klinis yang baik

1.     

Apa sih Manfaat Probiotik bagi 1000 HPK?

Manfaat Probiotik

Nah, ternyata probiotik dibutuhkan mulai dari 1000 HPK atau Hari Pertama Kehidupan. Asli, sebelum membaca penjelasannya, saya belum tahu kalau probiotik dibutuhkan sejak 1000 HPK. Saya hanya tahu kalau probiotik bagus diberikan sejak bayi untuk menjaga kesehatan sistem cerna anak. Kalau kalian bagaimana? Apakah sama seperti saya?

Masa 1000 hari pertama kehidupan ini dimulai dengan sejak masa kehamilan (270 hari) hingga anak berusia 2 tahun (730 hari), dimana periode 1000 Hari Pertama Kehidupan mempunyai dampak yang luar biasa untuk kesehatan masa depan anak dan pertumbuhan anak secara fisik maupun kognitif. Karena apa?

70 % dari kesehatan masa depan anak ditentukan di 1000 hari pertama

80   80 % dari pertumbuhan otak anak terjadi di 1000 hari pertama

N  Namun, tidak semua ibu hamil memiliki kandungan bakteri usus yang baik, yang bisa mentransfer bakteri baik saat proses kelahiran melalui vagina kepada bayinya, bayi lahir caesar karena tidak melewati vagina menyebabkan kondisi tidak seimbang pada kandungan bakteri baik dan buruk pada usunya saat awal kelahiran. Kondisi ketidakseimbangan tersebut dapat bertahan hingga 7 tahun. Ngeri banget, kan?

1. 

Mengapa Memilih Interlac untuk Memenuhi Kebutuhan Probiotik?


Karena itu ibu hamil dianjurkan untuk konsumsi Interlac 1x sehari untuk memenuhi kebutuhan probiotik. Interlac yang merupakan produk impor dari BioGaia, perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics  sudah memenuhi semua syarat probiotik yang baik dari WHO.

Sehingga Interlac menjadi satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri DSM 17938. Lactobacillus reuteri DSM 17938 ini adalah salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia, dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia.

Berita baiknya, Interlac dapat digunakan setiap hari dan jangka panjang, karena Interlac merupakan suplemen bukan obat, konsumsi interlac jangka panjang dapat bantu jaga saluran cerna dan daya tahan tubuh.


Interlac Drops Probiotik untuk Bayi dan Probiotik Anak Aman dari Cemaran EG dan DEG

Interlac Drops
Sementara untuk bayi baru lahir bisa langsung diberikan Interlac Drops. Interlac drops ini probiotik anak dan probiotik untuk bayi juga. Meskipun berbentuk cair, Interlac drops yang mengandung bakteri baik Lactobacillus reuteri DSM 17938, bukan tergolong dalam sediaan sirup dan tidak menggunakan bahan pelarut seperti produk sirup pada umumnya yang berpotensi mengandung cemaran EG dan DEG

Selain itu, Interlac Drop sudah diperkuat dengan Surat Keterangan BPOM yang menyatakan Interlac bebas dari EG dan DEG dan cemaran berbahaya lainnya. Jadi para ibu tidak perlu kuatir lagi memberikan Interlac Drops untuk  Si Kecil agar mendukung tumbuh kembangnya. Karena dengan konsumsi Interlac drops teratur, Si Kecil akan terhindar dari gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, kembung, kolik perut, dan juga gumoh pada bayi (regurgitasi).


 Hati-hati Interlac Drop Palsu, dengan Mengenali Interlac Drop Asli

Interlac Drops


Tapi nih, kita harus berhati-hati dalam membeli produk Interlac, karena saat ini sedang ramai issue interlac drops palsu, yang kemasan sangat mirip dengan Interlac Asli. Serem banget kan ada produk palsu? Sebab yang palsu pasti kandungannya berbahaya.  Jadi yuk, kenali perbedaan Interlac Asli dan palsu di video akun Instagram Interlac:
  https://www.instagram.com/p/Ch9Xz_KJrln/

Dan, pastikan belinya di Interbat Official Store di e-commerce kesayangan, atau secara offline di baby shop, viva health, watsons, guardian dan apotek terpercaya. Kalau aku sih, belinya di sini ya  https://linktr.ee/interlacprobiotics

You May Also Like

17 komentar

  1. Mesti bener2 jaga kesehatan dan belajar lagi ya saat hamil. Soalnya ternyata penting banget untuk mengonsumsi probiotik sejak hamil. Ini kan gk semua ibu hamil peduli (dan tau) kayanya

    Padahal konsumsi probiotik ya supaya bisa memberi "modal" kesehatan yang baik ke anaknya kelak yaa.

    ReplyDelete
  2. Aku baru tahu nih kalau bayi yang lahir caesar kondisi ususnya tidak seimbang antara bakteri baik dan tidak baik .jadi ngerti kenapa dlu anakku sering banget bermasalah dengan pencernaannya makanya butuh probiotik buat bkin sehat saluran cerna anak

    ReplyDelete
  3. Aku senangnya Interlac ini bisa satu untuk semua. Biasanya kami sedia emang buat sekeluarga, tapi seringnya aku sama Aqsa yang pakai soalnya kami kadang sering sembelit. Jadi Interlac adalah koentji.

    ReplyDelete
  4. Dulu pas punya anak pertama aku blum ngerti mba apa itu probiotik. Pas tahu probiotik itu pas anak ke dua. Dan ternyata banyak banget ya manfaatnya. Aku udah 2 kali nyetok probiotik dari Interlac ini di rumah. Buat bantu kesehatan anak saya di rumah

    ReplyDelete
  5. salah satu indikasi produk yang bagus itu kalau produknya banyak tiruannya, paling bener sih memang mba belinya di official store karena pasti asli

    ReplyDelete
  6. Jujur, aku baru-baru ini tau kalau probiotik tuh sepenting itu buat anak. Jadi sekarang selalu nyetok di rumah

    ReplyDelete
  7. Sama mba, aku baru tau juga klo ternyata probiotik bagus dikonsumsi sejak masa kehamilan, huhuhu. Skrg musti stock dirumah nih buat baby biar pencernaan makin sehat

    ReplyDelete
  8. memang sudah haru dimulai dari sebelum hamil, saat hamil dan kehidupan pertama anak setelah lahir ya untuk menjaga nutrisi demi tumbangnya. aku baru tau sepenting itu probiotic untuk tubuh si kecil, dan senangnya kalau sudah produk yang terjamin keamanannya untuk si kecil ya :)

    ReplyDelete
  9. Interlac ini andalan aku untuk memberikan suplemen probiotik terbaik bagi anak

    ReplyDelete
  10. Penting banget ya menjaga tumbunh kembang 1000 hari pertama anak ini. Sebagai bekal untuk kesehatan selanjutnya. Untung ada Interlac.

    ReplyDelete
  11. 1000 hari pertama kehidupan bayi adalah masa penting yang gak boleh disepelekan yaa, karena ini menjadi bekal tumbuh kembang anak di masa depan

    ReplyDelete
  12. Awal kenal sama Interlac pas anam kena diare dari situ jadi stock Interlac di rumah. Tapi sekarang saya baru tahu kalau suplemen probiotik seperti Interlac ini banyak sekali manfaatnya bagi anak dan orang dewasa.

    ReplyDelete
  13. Rasanya setiap pasangan yang akan menjadi orangtua, wajib banget membaca artikel kak Eni. Karena aku pribadi baru tau makna dan pentingnya 1000 Hari Pertama untuk tumbuh kembang anak. Sehingga perlu konsumsi Interlac Drop, suplemen baik untuk bantu jaga kesehatan cerna anak dan daya tahan tubuh bayi dari bakteri jahat.

    ReplyDelete
  14. Faktor 1000 hari pertama krusial banget sampai 70% ya. Jd musti cermati juga ni produk yg aseli dan sesuai dengan WHO untuk anak

    ReplyDelete
  15. 1000 HPK ternyata besar sekali ya kontribusinya terhadap masa depan anak. Kalau udah tahu gini idealnya bumil benar-benar menjaga kesehatannya ya, terutama kesehatan saluran cerna. Jika perlu konsumsi Interlac agar bebas dari masalah pencernaan ya mbak.

    ReplyDelete
  16. Ternyata Probiotik dan Prebiotik beda ya Mba, selama ini dikira sama, cuma penulisan aja yang beda

    ReplyDelete
  17. Interlac aman dan nyaman untuk bayi. Bagus untuk menjaga kesehatan saluran cernanya. Semoga anak2 kita tumbangnya maksimal ya Moms

    ReplyDelete