Mengapa Harus Vaksin Influenza?

by - May 25, 2023

 


Tampaknya tidak hanya saya, banyak masyarakat yang belum sepenuhnya paham tentang penyakit influenza. Bahkan alm bapak saya setiap pilek dan batuk ringanpun menyebut dirinya sedang influenza, karena memang di masyarakat masih rancu pengertian influenza dengan sakit batuk pilek biasa. Akibatnya masih banyak yang menganggap influenza sebagai penyakit biasa yang dapat disembuhkan dengan obat warung, cukup asupan, dan banyak istirahat.

Ternyata setelah mengikuti acara yang diadakan dalam rangka menyambut Pekan Imunisasi Dunia 2023 di RSUD Pasar Minggu, pada hari Kamis tanggal 11 Mei 2023 dengan tema Pentingnya Vaksinasi Influenza Quadrivalent Bagi Tenaga Kesehatan&Kelompok Retan, mata saya baru terbuka dan pemahaman saya tentang penyakit influenza menjadi lebih detil.

Acara yang mengundang beberapa narasumber di bidangnya, yakni:

  1. drg. Ani Ruspitawati, MM (Plt. Kepala Dinkes DKI Jakarta)
  2. dr. Dwi Oktaviani
  3. Prof. Dr. dr. Samsuridnal Djauzi, SpPD, K-AI (SATGAS Imunisasu Dewasa PAPDI)
  4. Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, SpPD-KEMD (Finasim -PERKENI)
  5. Bpk Ridwan Ong (PerDir Kalventis)

Dalam acara ini Prof. Dr. dr. Samsuridnal Djauzi, SpPD, K-AI (SATGAS Imunisasi Dewasa PAPDI) mengatakan: "Influenza bukan sekadar batuk pilek biasa atau yang seringkali dikenal dengan common cold, gejala influenza lebih berat dan dapat menyebabkan komplikasi serius pada sistem organ lainnya. Influenza dapat memicu serangan jantung dan stroke, dan memperburuk kondisi komorbid yang sudah ada seperti diabetes dan penyakit kronik lainnya.”

Jelas apa yang dikatakan oleh Prof.Dr.dr.Samsuridnal, bahwa influenza dapat memicu penyakit lainnya yang mematikan, terutama bagi pasien yang memiliki komorbid. Prof.Dr.dr.Samsuridnal juga memaparkan, penyakit flu yang disebabkan virus influenza dan umumnya menyerang saluran pernapasan ini dengan insiden setiap tahunnya mencapai 1 miliar kasus di seluruh dunia. Kasus influenza berat setiap tahunnya dapat mencapai 5 juta kasus dan angka kematian hingga 650.000 kasus.

Berdasarkan hasil riset Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Jakarta Timur, Indonesia, sekitar 31% kasus Influenza Like Illness dan 15% kasus Severe Acute Respiratory Infection terbukti positif karena virus Influenza. Selain beban penyakit, beban ekonomi dari biaya rawat inap serta rawat jalan (direct cost) juga tinggi, mencapai Rp1.396 triliun di Indonesia. WHO menyatakan, vaksinasi merupakan cara paling efektif untuk mencegah penyakit infeksi Influenza.

Siapa Saja Kelompok Rentan yang Harus Divaksin Influenza?

Seperti yang dikatakan oleh Prof.Dr.dr Samsuridnal influenza dapat memicu penyakit berbahaya lainnya, sehingga perlu untuk divaksin Influenza. Selain para penderita komorbid atau pasien yang menderita penyakit kronis karena beberapa penyakit seperti darah tinggi, diabetes, kanker. Para tenaga kesehatan yang sehari-hari menghadapi beragam pasien juga termasuk dalam kelompok rentan yang harus divaksin Influenza.

Vaksin Influenza

Karena tenaga kesehatan yang berinteraksi langsung dengan pasien memiliki risiko tertular di tempat kerja lebih tinggi, risiko tenaga kesehatan menularkan influenza ke pasien rentan, untuk mempertahankan komitmen rumah sakit untuk mengutamakan patient-safety, dan mengurangi ketidakhadiran kerja para tenaga kesehatan spesialis yang sulit digantikan sehingga keberlangsungan pelayanan kesehatan tetap terjaga.

Prof.Dr.dr Samsuridnal memberikan contoh kasus, jika sampai tenaga kesehatan menularkan influenza kepada pasien kanker yang sedang menjalani kemotherapi, ini sangat berbahaya. Bisa menghambat proses pengobatan dan menurunkan daya tahan tubuh pasien yang mengakibatkan banyak hal berbahaya lainnya.

Bagi penderita komorbid, Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, SpPD-KEMD, Ketua Umum PB PERKENI, dalam paparannya turut menambahkan. Menurut data International Diabetes Federation (IDF) 2021, Indonesia masuk dalam lima besar peringkat untuk penderita diabetes di dunia dan diperkirakan jumlahnya akan terus meningkat setiap tahunnya. Penderita diabetes lebih rentan terkena infeksi karena adanya gangguan sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, ketika penderita diabetes terkena infeksi influenza dampaknya menjadi lebih berat, terjadi peningkatan risiko rawat inap naik hingga 3-6 kali lipat, risiko masuk ICU hingga 4 kali lipat, dan risiko kematian hingga 6 kali lipat dibandingkan dengan orang tanpa diabetes.

Maka dari itu berbagai organisasi profesi internasional (WHO dan CDC) dan Indonesia (Satgas Imunisasi Dewasa PB PAPDI) merekomendasikan semua tenaga kesehatan melakukan vaksinasi influenza tahunan.

Manfaat Vaksin Influenza Quadrivalent

Virus influenza di alam bebas terus berubah, data epidemiologi terkini menunjukkan empat strain virus Influenza bersirkulasi secara bersamaan, yaitu: Influenza A/H1N1, A/H3N2, B/Victoria, dan B/Yamagata. Vaksinasi Influenza Kuadrivalen memberikan perlindungan lebih luas terhadap virus flu yang beredar karena mencakup dua strain influenza A dan dua lineage influenza B.


Oleh karena itu, vaksinasi Influenza Kuadrivalen tahunan sangat penting terutama bagi orang-orang yang berisiko tinggi, salah satunya tenaga kesehatan yang berinteraksi langsung dengan pasien. Selain para penderita penyakit bawaan seperti disebutkan di atas, karena akan mengakibatkan dampak yang berbahaya, hingga mematikan. Seperti yang dikatakan drg Ani bahwa selain menjaga kebersihan juga melakukan imunisasi untuk pencegahan Influenza:

“Kita harus mampu bersama-sama mengenal risiko penularan virus influenza sehingga tidak menjadi masalah bagi kesehatan diri sendiri, keluarga, dan masyarakat. Salah satu pencegahan yang dapat dilakukan di antaranya adalah melakukan upaya peningkatan pemahaman terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Selain itu, pencegahan terkait virus influenza ini juga terdapat pilihan yang sangat dianjurkan oleh para Ahli Penyakit Dalam yaitu imunisasi influenza,”

Karena itu menyambut Pekan Imunisasi Dunia 2023 ini, Dinas Kesehatan DKI Jakarta tyang didukung oleh Kalventis memberikan Vaksinasi Kepada lebih dari 600 tenaga kesehatan di DKI Jakarta yang menangani pasien lanjut usia serta yang menangani pasien diabetes, yang diadakan di RSUD Pasar Minggu dimulai pada tanggal 11 Mei 2023.

“Kegiatan hari ini merupakan bentuk komitmen Kalventis untuk mendukung upaya pencegahan penyebaran penyakit menular, serta edukasi pentingnya vaksinasi kepada masyarakat Indonesia. Ke depannya, Kalventis akan melanjutkan komitmen kami dalam mengedukasi pentingnya vaksinasi serta meningkatkan cangkupan vaksinasi di Indonesia baik untuk berbagai pihak, termasuk masyarakat umum melalui media sosial @kenapaharusvaksin, serta beragam kegiatan edukasi lainnya,” tutup Bapak Ridwan Ong, Presiden Direktur Kalventis.

Yuk, kita dukung terus kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin influenza, dan tidak menganggap remeh influenza. Doakan ya, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus berkomitmen dan selalu terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam upaya mendukung pencegahan dan pengendalian penyakit menular baik akibat virus influenza maupun virus lainnya.

You May Also Like

26 komentar

  1. Dengan banyaknya jenis penyakit yang ada emang perlu banget perlindungan diri. Kalau memang bisa dicegah, perlu banget menjaga diri dari influenza apalagi kalau memang bisa bikin penyaklit tambah berat

    ReplyDelete
  2. Bener.. Kayaknya ade sekeluarga juga perlu di vaksin influenza nih.. Secara bapil hampir tiap tahun dapat. Kadang 3 bulan sekali akhir2 ini.

    ReplyDelete
  3. Aku baru tau ternyata sepenting itu vaksin influenza ya, apalagi kalo di keluarga kita ada kelompok rentan. Aku nih termasuk sering kena flu. Pengen juga divaksin influenza.

    ReplyDelete
  4. Aku pernah divaksin influenza saat hendak pergi umrah waktu itu di RS. Fatmawati. Alhamdulillaah ya bermanfaat sekali menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena flu dan semacamnya. Anak-anakku juga sudah divaksnin ini alhamdulillaah sehat, tidak mudah terkena flu :)

    ReplyDelete
  5. Vaksinnya masih dikhususkan untuk tenaga kesehatan ya? Kalau untuk orang umum, boleh dong, harus ke Rumas sakit atau bisa ke puskesmas, berbayar ya vaksinnya?

    ReplyDelete
  6. vaksin influenza perlu banget ini, jangan diremehkan juga ya, banyak virus juga saat ini. Jaga kesehatan dan imunitas tubuh perlu banget loh.

    ReplyDelete
  7. Baru tahu banget mbak kalau kelompok rentan penderita penyakit kronis tidak menular seperti diabetes dan kanker bisa diberi vaksin influenza, thanks infonya

    ReplyDelete
  8. kita akan lebih aman, nyaman dan sehat dengan vaksin yang komplit ya mba, termasuk vaksin influenza ini

    ReplyDelete
  9. Molly berencana untuk vaksin influenza minggu depan. Buat persiapan pergi haji. Tapi kok agak mahal ya harganya di puskesmas?

    ReplyDelete
  10. perlindungan diri sekarang ini harus lengkap emang soalnya virus bermutasi dan terus munculmakasih infonya mbak. kayanya harus segera diagendakan untuk vaksin influenza ih anak2ku

    ReplyDelete
  11. Aku belum vaksin influenza mba, apakah nanti bakal ada juga free kayak vaksin covid kah. Terima kasih banyak ya informasinya

    ReplyDelete
  12. Memang sudah menjadi sifatnya virus ya.. karena ia mudah sekali mereplikasi dengan struktur sel yang berbeda dan selalu berkembang. Sehingga perlu banget langkah preventif dari dunia medis untuk rutin vaksin. Minimal menguatkan daya tahan tubuh.

    ReplyDelete
  13. Ternyata penyakit Influenza bisa berbahaya untuk kelompok yang rentan termasuk anak-anak, jadi jangan sepelekan penyakit ini ya apalagi sekarang sudah ada vaksinasi Influenza yang membantu semua kelompok masyarakat terutama yang berisiko agar terhindar atau setidaknya berkurang efek samping jika terkena penyakit ini. Makasih mbak, informasinya tentang vaksin influenza sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  14. Mengapa harus vaksin influenza? Akhirnya terjawab di sini. Bahwa influenza itu tidak bisa dianggap penyakit ringan maka harus divaksin terutama yg usia rentan kena penyakit ini.

    ReplyDelete
  15. Aku belum pernah vaksin Influenza, anak-anakku yang pernah - saat kami tinggal di Amerika, karena dulu vaksin ini wajib dan gratis bagi anak <18 tahun. Penting memang apalagi buat nakes dan kelompok rentan , untuk mendapatkan vaksin influenza quadrivalent

    ReplyDelete
  16. Wah, vaksin Quarivalent oke banget ya demi menjaga kesehatan anak supaya gak gampang terkena virus flu.
    Tapi aku juga baru tau sih, influenza itu ternyata lebih dari sekedar demam dan batuk biasa ya

    ReplyDelete
  17. Orang memang sering bingung dengan pilek biasa dan influenza. Mirip, tapi sebenarnya beda kan. Jadi kalau ada vaksin ini, ya penting juga buat kesehatan kita

    ReplyDelete
  18. Sejak ada covid kyknya vaksin influenza ini menjadi salah satu yang harus dipertimbangkan ya mbak supaya gak gampoang kesenggol virus influenza. Soalnya ternyata dampaknya bisa serem utk sebagian org bisa merembet jd penyakit2 lain yang aneh2 ya.

    ReplyDelete
  19. Jadi paham alasannya kenapa harus vaksin flu. Apalagi ternyata tingkat kematiannya lebih tinggi dan saya baru ngeh juga

    ReplyDelete
  20. Seandainya vaksin influenza disubaidi pemerintah sebagaimana vaksin wajib lainnya tentu indeks kesehatan masyarakat juga akan meningkat nih, karena penyakit influenza ini mudah sekali menular

    ReplyDelete
  21. Mengapa harus vaksinasi influenza? Ya karena itu penting banget
    Apalagi bagi kelompok rentan ya mbak
    Memang harus melakukan vaksinasi influenza agar kesehatan terlindungi

    ReplyDelete
  22. iya vaksin influenza ini penting banget ya untuk melindungi keluarga dari penyakit inluenza, terutama kepada usia lansia dan yang memiliki penyakit degeneratif.

    ReplyDelete
  23. Aku termasuk sering kena flu, tapi kayaknya itu salesma deh. Enak ya kalo udah vaksin influenza nih. Soalnya sakit flu itu ganggu kerjaan juga meskipun gak terlalu berat kalo kondisi fisiknya kuat.

    ReplyDelete
  24. Duh abis ikut acara ini, aku jadi pengen vaksin flu jugaaa. Sebenernya lebih pengen vaksin flu buat orangtua ku dulu sih, soalnya mama papaku kelompok rentan pengidap diabetes.. huhu

    ReplyDelete
  25. Saya pengen banget vaksin influenza. Tapi memang beratnya karena harus bayar sendiri dan harus vaksin lagi setahun sekali.
    Tapi kalau lihat dampak keseringan kena influenza juga tahu kalau itu termasuk murah. Bisa menghancurkan badan secara perlahan. Penyakit tidak sepele yang disepelekan.

    ReplyDelete
  26. Kadang kita nganggepnya ringan ya. Padahal katanya mau ke Mekah pun, ada vaksinnya ya. Berarti kan perlu diwaspadai juga.

    ReplyDelete