Atasi Masalah Makan Anak dengan Morinaga Morigro

by - August 16, 2023

 

Morigro


Sebenarnya jika membahas tentang anak susah makan, hampir semua ibu mengalami tahap ini. Teurtama ketika anak memasuki masa MPASI, pasti tahap susah makan atau lebih dikenal dengan GTM (gerakan tutup mulut) hampir dialami semua anak. Entah mengapa, tapi beberapa kejadian bisa karena masa pertumbuhan gigi yang bikin tidak nyaman makan, masa anak ingin mengenal rasa yang lebih beragam dan lain sebagainya.

Empat anak saya mengalami semua fase susah makan ini, tapi yang paling sulit itu anak kedua (Pijar). Saat belum memasuki tahap MPASI tubuhnya gembul, berat badannya bagus, tapi begitu memasuki tahap MPASI, dan sering GTM membuat berat badannya menyusut perlahan. Bahkan sampai dikomentari tetangga karena memang kurus, dan sedihnya karena asupannya kurang jadi Pijar agak telat jalan ketimbang kakaknya.

Berkaca dari peristiwa anak kedua itu, saya tidak mau menganggap GTM ringan, dan menjadikan sebagai fase yang  biasa pada usia anak MPASI. Harus ada tindakan atau solusi yang dilakukan sebelum terlambat, karena akan mengganggu tumbuh kembang anak. Kalau dulu saya langsung konsultasi dokter, dan diberi arahan agak nutrisi anak terpenuhi saat memasuki masa GTM.

Nah, ternyata tindakan saya itu benar loh. Sebab GTM yang membuat anak tidak mau makan, orangtua menyerah untuk tidak mencari solusinya, membuat nutrisi anak tidak terpenuhi pada masa tumbuh kembangnya.  Hal ini penting banget diketahui orangtua, terutama ibu yang menghadapi anak pada masa-masa GTM. Untuk itu saya akan berbagi info yang saya dapat saat mengikuti talkshow yang membahas tentang masalah anak susah makan bersama Morinaga Morigro.


Mengapa Anak Susah Makan?


Atasi Masalah Makan Anak


Pada Hari Anak Nasional tanggal 18 Juli 2023 kemarin, PT KALBE Nutrionals mengadakan talkshow bersama para dokter yang ahli dibidangnya masing-masing, membahas tentang masalah anak susah makan.  Seperti yang dikatakan Prof. dr. Badriul hegar, Sp.A(K), Ph.D, Pakar Gasthrohepatologi, memang masalah makan pada anak bisa mengganggu pertumbuhan dan kondisi emosinya.

Makanya ketika anak mengalami GTM, pasti akan lebih rewel dari biasanya. Untuk anak yang sudah lewat masa MPASI, makan biasa seperti orang dewasa pun saat mengalami malas makan berkelanjutan, pasti anak lebih rewel kan? Entah, tantrum atau mudah marah-marah pada hal-hal kecil yang bisa memicu emosinya.

Dan, ternyata masalah makan ini bukan sekedar karena ingin menu baru, adanya masa pertumbuhan gigi loh. Prof Hegar menjelaskan, kalau masalah susah makan juga bisa disebabkan oleh kelainan organik, meski pun sebagian besar karena non organik. Untuk itu orangtua perlu mengetahui kelainan organik yang menyebabkan permasalahan makan pada anak:

1.Gangguan cerna yaitu penyakit refluk gastroesofagus, kolik infantile, dan infeksi saluran cerna. Ini berarti ada masalah organic atau kelainan organ yang menyebabkan anak takut melihat makanan karena merasa kesakitan saat makan.

2. Memiliki alergi makanan, seperti alergi susu sapi, yang menyebabkan diare, bengkak, ruam erah-merah di wajah, hingga gatal-gatal seluruh kulit.

3. Gangguan perkembangan motorik dan sensorik yang menyebabkan kesulitan mengunyah dan menelan makanan. Hal ini berkaitan dengan tumbuh kembang.

Untuk itulah orangtua perlu memahami penyebab masalah makan anak, dan rutin menimbang  berat badan anak sehingga anak memiliki catatan kesehatan dengan lengkap di buku KIA. Karena apabila nutrisi tubuh tidak terpenuhi, fungsi tubuh anak akan terganggu seperti mengalami keterlambatan gerak dan regresi, anak mudah terserang penyakit, serta rentan terkena infeksi.

dr. Bernie Endyarni Medise, SP.A(K), Dokter Tumbuh Kembang Anak di RSCM pun membenarkan jika dampak kurang nutrisi atau malnutrisi bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, baik pada fisik, kognitif otak, motorik, fisiologis, dan perubahan respon imun.Sehingga selain tumbuh kembangnya terganggu, jika terpapar penyakit memerlukan proses yang lama dalam penyembuhannya. Tingkat kecerdasan anak juga akan terganggu loh.

Makanya dulu saya sempat stress sekali ketika Pijar mengalami fase GTM yang lama dan cukup parah dibanding anak-anak saya lainnya. Apalagi proses belajar jalannya juga lebih lama dibanding kakak dan adik-adiknya. Dulu saya, berpikir keras, apa yang membuat Pijar susah makan. Apa mungkin saya kurang memberinya variasi makanan yang mengundang selera makanya.

Sebab menurut dr Vera Itabiliana  S.Psi, Psikolog Anak di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, yang juga hadir sebagai narasumber PT KALBE Nutrionals ini, pemberian makanan atau menu yang tidak bervariasi kepada anak bisa jadi penyebab anak susah makan. Bahkan pola makan atau kebiasan makan orangtua merupakan faktor psikologis yang menyebabkan anak tidak doyan jenis makanan tertentu.

Misal dalam sebuah keluarga tidak terbiasa atau membiasakan ada sayur dan buah di meja makan, otomatis anak akan terbiasa tidak makan buah dan sayur. Bahkan kemungkinan besar anak kelak tidak doyan makan sayur dan buah, sementara dalam pertumbuhan anak dibutuhkan juga vitamin dari sayur dan buah, selain protein hewani.

Oya, dalam perjalanan mengenakan anak makan juga harus diperhatikan, karena ada faktor psikologis anak trauma dengan makanan tertentu. Seperti yang saya alami, saya pernah takut makan daging hingga bertahun-tahun tidak makan daging karena pernah melihat hewan disembelih. Anak saya Pendar juga pernah takut makan ikan, padahal tadinya sangat suka. Apa penyebabnya? Hanya karena Pendar pernah tertelan duri ikan hingga menangis ketakutan. Jadi orangtua harus memahami beragam penyebab masalah makanan pada anak ya, ada baiknya konsultasi dengan ahlinya agar anak tidak kekurangan nutrisi yang bisa berakibat fatal pada tumbuh kembangnya.


Atasi Masalah Makan Anak dengan Morinaga Morigro


Susu Penambah Nafsu Makan Anak


Head of Medical KALBE Nutritionals, dr Muliaman Mansyur juga menjelaskan tentang beragam jenis maupun gejala masalah makan pada anak, yang diantaranya pernah dialami anak saya, seperti pilih-pilih makanan atau peacky eater, kurang nafsu makan karena makanan kurang bervariasi, kondisi gigi dan gusi yang tidak sehat, anak sakit, dan lain sebagainya.

Dan, ternyata gangguan masalah makan ini lebih banyak dialami anak-anak prasekolah, skeitar 14%-50%, dibanding anak yang usianya lebih besar. Bahkan berdasarkan studi IPSOS, anak usia 1-6 tahun di wilayah Jabodetabek dan Medan mencapai 55% loh. Mungkin bisa jadi diantaranya adalah anak kita sendiri atau anak-anak di sekitar kita.

Duh, jangan sampai kita lalai ya tentang masalah makan ini, seperti yang sudah saya tulis di atas bahaya jika anak sampai kekurangan nutrisi akibat gangguan masalah makan ini. Alhamdulillah, saat ini ada susu penambah nafsu makan anak, Susu Morinaga Morigro. Junita, Businnes Unit Head Morinaga GUM Kalbe Nutritionals, menjelaskan kalau Morinaga Morigro dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan penyerapan nutrisi sehingga anak lahap makan.

Kelebihan Susu Morinaga Morigro


Morinaga Morigro


Susu Morinaga Morigro dapat meningkatkan fungsi cerna dan penyerapan nutrisi karena memiliki kandungan yang lengkap, yakni kandungan formula GROMAX yaitu minyak ikan, Probiotik BB536, serat FOS, dan tinggi kalsium. Serta dilengkapi dengan vitamin A, C, D, E, dan Zinc. Terdapat 14 vitamin dan 9 mineral, zat besi serta kolin. Memiliki protein Energi Ratio 12% untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Morigro rendah gula, dan meski mengandung nutrisi lengkap susu Morinaga Morigro bukan pengganti makanan padat. Susu Morigro merupakan susu pertumbuhan untuk anak 1 tahun ke atas, untuk melengkapi kebutuhan nutris anak, terutama bagi anak yang mengalami masalah makan. Untuk anak ASI yang memiliki masalah makan, juga bisa disandingkan dengan pemberian Morigro ketika anak sudah mengenal MPASI untuk penambah nafsu makan anak.

Susu Morigro sudah tersertifikasi BPOM dan Halal Indonesia,dijual dalam ukuran 200 gram, 400 gram, dan 800 gram dengan varian rasa Morigro Vanila, dan Morigro Madu.

Binar Coba Susu Morinaga Morigrow Vanila

Kebetulan banget putri bungsu saya, Binar (4 tahun), akhir Juli kemarin jatuh sakit muntah dan diare, dampaknya selain berat badannya langsung drop, nafsu makannya terganggu. Biasanya makan apa saja dengan lahap, setelah sakit susah sekali. Kalau pun mau makan hanya sedikit demi sedikit, jadi tubuhnya kurus dan terlihat tidak lincah seperti biasanya.


Susu Morigro


Maka saya putuskan konsumsi susu Morigro, karena Binar suka rasa vanilla, saya pilihkan susu Morigro Vanila. Cara penyajiannya sangat mudah, cukup sedih 5 sendok takar susu Morigro dengan 180 ml air matang hangat, aduk rata, dan siap diminum. Alhamdullilah, Binar doyan banget. Padahal tadinya saya agak khawatir Binar kurang doyan, karena Binar full ASI. Dari pengalaman yang sudah-sudah, anak ASI kurang suka susu selain ASI. Ternyata susu Morigro rasanya enak di lidah Binar.




Perlahan nafsu makan Binar mulai pulih, porsi makannya mulai normal lagi, dan saya tetap memberikan susu pertumbuhan anak ini biar kondisi Binar benar-benar stabil. Apalagi berat badannya yang sempat turun dua kilogram, sekarang tambah 1 kilogram. Morigro juga bisa menjadi susu penambah berat badan anak 1 3 tahun. Susu memang memiliki banyak kebaikan, termasuk memiliki manfaat susu bagi pertumbuhan. Di usia Binar yang masih balita, tentu saja membutuhkan itu nutrisi terbaik.

Yuk, semangat mengatasi masalah makan anak #AnakLahapGROMAXimal. Buat kalian yang butuh info lebih lengkap tentang susu Morinaga Morigro langsung ke medsosnya:

Instagram @morigro.id

Tiktok @morigro.id

You May Also Like

27 komentar

  1. Wah susu morinaga morigro ini memang sangat cocok bagi anak yang susah makan ya

    ReplyDelete
  2. Bisa menjadi solusi nih ya susu morinaga untuk anak yang kalau disuruh makan susahnya minta ampun

    ReplyDelete
  3. Rasanya vanilla ya, pasti anak saya suka nih hihi. Soalnya dia susah makan hm

    ReplyDelete
  4. Memang bagus banget ya kandungan gizi yang ada di dalam susu morinaga ini

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah ya mbak sekarang Binar sudah mulai pulih kembali nafsu makannya. Semoga Binar sehat-sehat ya mbak dan happy dalam proses makannya.

    ReplyDelete
  6. Haduuuh ini PR aku mbak. Anakku dari posyandu ternyata BB masih kurang. Mungkin porsi perlu ditambah karena dia sedang aktif bermain yah. Bisa ditambah Morinaga Morigro supaya penyerapan makanan lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  7. Jadi emang penyebab GTM itu ada beberapa ya, makanya mending konsultasi ke dokter dulu supaya bisa keliatan penyebab nya apa.

    Kalau tau penyebabnya, jadi tau juga usaha apa yang harus dilakukan. Setelah itu didukung oleh Morinaga Morigro deh.

    ReplyDelete
  8. Adi Bi cantiikk..
    MashaAllaa~

    Tumbuh sehat dan ceria ini yang terpenting yaaa, Bubi.
    Dulu juga stres banget kalau anak mulai GTM. Rasanya pernah juga sampe marah-marah ke anak perkara uda dimasakin, tapi makannya dikiitt. Huhuh.. Kudu kenal dan mencoba Morinaga Morigro.

    Btw,
    Satu gelasnya lumayan kental juga ya, Bubi.. 5 sendok takar.
    Beneran bikin tenang untuk masalah asupan nutrisi anak di saat masa pertumbuhan.

    ReplyDelete
  9. Huaa jadi inget anak pertamaku waktu mpasi. Hiks gtm berkali2 akhirnya jadi kurus, lebih rewel, dan emaknya sampai stres. Alhamdulillah ada alternatif Morinaga Morigro ya sekarang

    ReplyDelete
  10. Anakku yang kedua juga asli susah banget makannya mbak. Dia kayaknya nggak doyan makan nasi gitu tapi dikasih menu lain juga susah. Huhu

    ReplyDelete
  11. Auto inget Aqla dulu sempat GTM gara2 kena TBC.. Karena nolak makan nasi, bubur dll..Jadi aku tiap hari beli 6 macam jajanan, yang diambil artinya dia berminat mau makan. Sampai akhirnya setelah berjuang bikin ini itu anaknya mau makan juga.

    Alhamdulillah, sekarang dipermudah ya mbk, ada solusinya cobain Morinaga Morigro

    ReplyDelete
  12. Benar jika orang tua mesti paham beragam penyebab maslaah makan pada anak, lalu mencari solusi pun berkonsultasi pada ahli, sehingga akan teratasi dan tidak menggangu tumbuh kembang mereka

    ReplyDelete
  13. Sehat terus ya Binar. Beneeeer ih, fase GTM dialami smua ibu, aku pun mengalaminya masa itu. Jadi normal ya mba, asal tetap memperhatikan asupannya yg bergizi. Kudu tricky gitu, perlu coba susu ini nih. Kalau sekarang doyan2 aja cuma untuk makanan tertentu aja yg nggak dimaem

    ReplyDelete
  14. Wah bisa buat Adek nih. Dia sih ga susah makan cuma picky eater banget. Makanya gemeeez... tapi kalau susu doyan banget. Bisa nih dikasih morinaga marigro.

    ReplyDelete
  15. Pas banget baca ini Annasya lagi gak doyan makan bekal sekolah suka gak habis. Apa dikasih susu ini aja yah

    ReplyDelete
  16. Aha, ga perlu takut lagibkalo anak lagi GTM yaa Mak, yang penting udah tahu solusinya. Hadirnya susu Morinaga Morigro dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan penyerapan nutrisi sehingga anak lahap makan.
    PR buat buibu soalnya kalo anak2 lagi susah makan.

    ReplyDelete
  17. Dari kecil anakku sudah konsumsi susu morinaga. Sekarang ada morigro buat atasi masalah makan, ya. Harus coba susu morigro biar anak tetap lahap makannya.

    ReplyDelete
  18. Morigro nih kuncinya ibu-ibu banget deh, apalagi yang punya masalah anak lagi susah makan ya mak Eni. Dengan memberikan susu Morigro ini anak jadi lebih lahap makannya, kebetulan aku juga sudah coba loh.

    ReplyDelete
  19. Huhu
    Aku pun lelah dengan drama anak susah makan
    Anakku yg bungsu selalu susah makan, apalagi kalau makan nasi

    ReplyDelete
  20. Huhu
    Aku pun lelah dengan drama anak susah makan
    Anakku yg bungsu selalu susah makan, apalagi kalau makan nasi

    ReplyDelete
  21. Kalau ada morinaga morigro, para ibu bisa lebih tenang ketika menghadapi anak yang mempunyai masalah makannya, ya. Asupan nutrisi anak bisa terpenuhi dengan baik

    ReplyDelete
  22. Jadi pengen beliin anak2ku Morigro yang vanila juga nih buat menambah nutrisi dan siapa tahu cocok untuk menambah nafsu makannya. kandungan gizi Morigro juga cukup lengkap ya sesuai yang dibutuhkan anak2 di masa tumbuh kembangnya. Emang yang namanya pola makan anak biasanya meniru ortunya gitu ya.

    ReplyDelete
  23. Tanpa kita sadari, sering memaksakan anak untuk makan tanpa memahami sebenernya ada masalah apa pada sang anak. Yang paling sedih kalau ternyata ada gangguan kesehatan cerna atau gangguan sensorik dan motoriknya. Jadi kudu diperiksa ke dokter anak gitu yaa, Bubi..
    Dan tidak lupa memberikan susu Morinaga Morigro yang lengkap penuhi nutrisi si kecil.

    ReplyDelete
  24. Wah iya banget deh, yang punya anak kecil mah tahu banget gimana susahnya anak untuk makan. Khawatir terus. Kalo gak mau makan, ya makannya picky. Takut banget anak kurang gizi. Aku dulu ngandelinnya ke susu aja. Pilih susu yang bagus nutrisinya. Beruntung deh mamah zaman now bisa pilih Susu Morinaga Morigro. Gizinya bagus untuk tubuh anak. Jadinya gak khawatir lagi anak kurang gizi ya.

    ReplyDelete
  25. Jadi emang penting banget menyelidiki anak kita dulu ya mbak, kenapa kok tiba-tiba nggak mau makan. karena ternyata bukan cuma masalah menunya yang nggak cocok, tapi bisa jadi ada masalah kesehatan juga pada si anak

    ReplyDelete
  26. Kalau produk dari Kalbe sih sudha tidak diragukan lagi ya meskipun harganya price tapi memang bagus kualitasnya bagus buat anak-anak, sumber gizinya lengkap, cocok buat memenuhi kebutuhan anak agar tumbuh kembangnya bagus

    ReplyDelete
  27. ini susu anakku masih kecil walau harganya lumayan emang bagus buat pertumbuhan anak, morinaga emang mantap. Anak juga jadi lahap makan ya

    ReplyDelete