Mengenal Asuransi Syariah

by - March 28, 2024

 

Mengenal  Asuransi  Syariah


Saat ini masyarakat Indonesia mulai cerdas dalam literasi keuangan, termasuk dalam mengurangi risiko financial. Salah satu tindakan yang dilakukan adalah dengan memiliki asuransi, karena asuransi dapat mengurangi risiko finansial atau proteksi nilai ekonomi, seperti risiko kecelakaan, bencana alam, atau sakit parah. 

Manfaat Asuransi

Berikut ini beberapa manfaat asuransi, sehingga penting memiliki asuransi

  1. Perlindungan Kesehatan,  kondisi kesehatan bisa menjadi tidak terduga, terlebih jika memiliki gaya hidup tidak sehat dan memiliki anggota keluarga yang memiliki bakat penyakit tertentu, seperti misalnya diabetes. Biaya medis tentu saja bukan hal yang murah, maka dengan memiliki asuransi kesehatan akan menyediakan dan memberikan bantuan financial.
  2. Perlindungan bagi Anda dan Keluarga, jika hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti kematian, cacat, maka asuransi jiwa akan mengantisipasi dengan memberikan perlindungan finansial bagi Anda ataupun keluarga yang  ditinggalkan bila mengalami risiko kematian.
  3. Tabungan untuk Masa Tua, memiliki tabungan di masa tua ini harapan semua orang. Asuransi bisa menjadi pilihan yang membuat Anda memiliki dana pensiun di hari tua saat sudah tidak bekerja dan menghasilkan uang lagi, sehingga dapat menjalani hari tua dengan nyaman tanpa membebani anak.

Trend Ekonomi Syariah


Ekonomi Syariah Indonesia


Berhubungan dengan trend ekonomi syariah di Indonesia yang berkembang dengan pesat, bahkan menurut  State of the Global Islamic Economy (SGIE) Report 2022, ekonomi syariah di Indonesia menduduki ranking empat di bawah Malaysia, Arab Saudi, dan Uni Emirat. Sehingga selain makanan halal, fashion syariah, asuransi syariah telah menjadi pilihan masyarakat.

Penduduk Indonesia yang mayoritas merupakan umat Islam, membuat asuransi syariah dijadikan pilihan untuk memiliki asuransi, dan hal ini sudah berkembang pesat sejak tahun 2011.  Hingga terus mengalami peningkatan, terutama setelah edukasi ekonomi syariah semakin merambah masyarakat sehingga masyarakat semakin terbuka pengetahuannya tentang ekonomi syariah. 

Saya sendiri sebagai seorang muslim cenderung memilih untuk memiliki asuransi syariah ketimbang asuransi konvensional (non syariah). Karena mempertimbangkan berbagai hal yang memang sesuai dengan aturan atau syariat Islam. Dimana dalam asuransi syariah tanpa ada riba, gharar, maysir, dan yang bertentangan dengan syariat Islam. 

Apa itu Asuransi Syariah? 


Asuransi Syariah


Asuransi syariah dikatakan sesuai syariat Islam, karena tanpa ada riba, gharar, maysir, dan yang bertentangan dengan syariat Islam. Merupakan usaha saling melindungi dan tolong-menolong antar peserta asuransi. Pola pengembaliannya untuk menghadapi risiko menggunakan sistem akad (kontrak) sesuai dengan syariat Islam.

Konsep akadnya memiliki dua jenis, yaitu akad tirajah (mudharabah) sebagai dasar untuk perjanjian untuk tujuan komersil, dan akad tabarru’ (hibah) yang digunakan sebagai dasar untuk tujuan kebajikan dan tolong-menolong. Di dalam akad juga berisi cara dan waktu pembayaran premi, serta jenis akad dan syarat yang disepakati. Dimana hal-hal yang terkait hak dan kewajiban disesuaikan dengan jenis asuransi syariah yang dipilih, sehingga peserta tidak perlu merasa takut dirugikan oleh perusahaan asuransi sebagai pengelola asuransi

Untuk lebih memahami asuransi Syariah dan ekonomi Syariah, kunjungi Sharia Knowledge Centre (SKC) dari Prudential Syariah yang dapat dijadikan sumber informasi tentang ekonomi Syariah.

Sharia Knowledge Centre (SKC) itu sendiri merupakan  kanal informasi, inovasi, dan kolaborasi seputar ekonomi syariah di Indonesia yang diinisiasi oleh PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah), sebagai bentuk komitmen dalam mempercepat literasi keuangan syariah untuk membantu masyarakat Indonesia hidup lebih sejahtera, menjadi salah satu kontributor ekonomi syariah terkemuka di Indonesia, sekaligus mendukung visi pemerintah agar Indonesia menjadi pusat ekonomi Syariah global. 

You May Also Like

0 komentar