Mengapa Pencernaan Sehat Bagi Anak Sangat Penting? ~ Duniaeni

Tuesday

Mengapa Pencernaan Sehat Bagi Anak Sangat Penting?


Ada Apa Dengan Pencernaan Si Kecil?

Asupan Makanan&Minuman Yang Bertahap dari 0 bulan hingga MPasi

Sering sekali kita mendengar atau membaca peraturan untuk asupan si kecil dari mulai lahir, mengenal MPasi hingga tahap berkembangan berikutnya. Selalu ada peraturan dan larangan, seperti berilah ASI eksklusif hingga 6 bulan, kenali MPasi bertahap. Tahap MPasi baik secara tekstur, kandungan bahan-bahannya, misalnya gula garam harus diberikan saat bayi sudah menginjak usia di atas 12 bulan.

Tekturnya makanan pun bertahap dari sangat halus, bertektur hingga padat. Tingkat kematangannya harus pas, baik itu sayur atau daging. Tidak hanya itu saja, bahkan asupan lain seperti madu saja yang dipercaya sangat berkhasiat,  tetap memiliki aturan pakai. Madu tidak boleh diberikan pada anak di bawah usia 1 tahun, terutama pada bayi yang baru lahir.

Mengapa ketika anak masih bayi hingga memasuki tahap usia 1 tahun dalam asupan sangat banyak aturan ini dan itu?

Mungkin seperti itu pertanyaan para ibu, dan banyak di masyarakat ibu yang tidak mengindahkan aturan dengan pertimbangan subyektifitas maupun dukungan sekitar, seperti memberikan madu pada bayi, memberi perasa (baik gulgar maupun perisa) ke MPasi, dan sebagainya.

"Ah, gak apa-apa bukan bahan berbahaya. Toh, bayinya kuat."
"Kita tidak perlu saklek-saklek banget, sok sesuai aturan, yang penting anak kita sehat dan doyan makan."
"Buktinya anak-anak tetangga, anak saudaraku, sehat-sehat saja."
Percakapan-percakapan seperti itu sudah menjadi hal biasa di masyarakat, bahkan ketika saya melewati masa-masa menyusui, memberi MPasi untuk anak-anak saya, lingkungan sekitar kerap memberi berbagai masukan serupa. Termasuk kecuekan orangtua yang memberi batita makanan dengan perasa, pengawet.

Sekali lagi, mengapa makanan dan minuman pada bayi hingga batita sangat banyak peraturan?



Saya pun dulu tidak mengerti secara detil, yang saya tahu bayi baru lahir usahakan dengan ASI eksklusif karena pencernaannya masih tahap mencerna, butuh asupan yang benar-benar mendukung. Memberikan MPasi bertahap juga untuk belajar pada sistem pencernaannya menerima bahan makanan padat, begitu juga tentang gula garam, perisa, pengawet.

Sementara madu mengandung spora yang apabila diasup anak di bawah usia 1 tahun tidak kuat atau alergi akan menyebabkan efek yang berbahaya. Memang tidak banyak terjadi efek itu di masyarakat, tetapi buat jaga-jaga tetap sebaiknya berikan madu setelah anak usia satu tahun. Berdasarkan pengetahuan itu saya mencoba menjalani, toh untungnya anak-anak juga.

Namun penjelasan tiga dokter yang memang dibidangnya pada acara Gathering Blogger dan Friso tanggal 29 November 2017 di Kembang Kencur membuka mata saya: MENGAPA KESEHATAN PENCERNAAN SI KECIL BEGITU PENTING.

So, Mums, kalian layak banget membaca ulasan artikel ini. Aseli, saya pun yang berusaha memberikan asupan terbaik buat anak-anak sesuai dengan teori yang pernah saya baca, tetap merasa masih bodoh dan ada saja kesalahan yang saya lakukan, ada saja kekurangan yang saya miliki untuk anak-anak. Seorang ibu yang baik adalah ibu yang selalu membutuhkan ilmu dan belajar.


Gathering Blogger Bersama Friso

Acara yang diadakan oleh Friso menghadirkan tiga narasumber:



Dokter spesialis gizi klinik dr.Diana F Suganda, MKes, SPGK
Dokter spesialis anak dr. Aulia Fitri Swity, SpA, MKes
Dokter Rulli P.A. Situmorang  - Medical Marketing Manager Friso

Anak-Anak Butuh Berbagai Nutrisi Alami Untuk Tumbuh Kembangnya

Dokter Diana

Dokter Diana sebagai dokter ahli gizi menjelaskaan, " Di masa tumbuh kembang, anak-anak kita butuh beragam jenis nutrisi mulai dari makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien termasuk karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan mikronutrien termasuk vitamin dan mineral dari macam-macam jenis pangan. Nutrisi tersebut perlu dicerna dan diserap dengan sempurna oleh saluran pencernaan anak agar berbagai manfaatnya dirasakan oleh organ-organ tubuh yang membutuhkan.

Mengapa nutrisinya harus alami?
"Karena nutrisi yang alami mudah dicerna maka proses penyerapannya juga  berjalan dengan baik, seluruh dapat diserap. Untuk itu, para orangtua sebaiknya mulai mencermati hidangan makanan dan minuman untuk si kecil dan pilihlah yang mengandung keadaan alami."

Seperi apa makanan dan minuman yang alami atau mengandung nutrisi dalam keadaan alami?
"Dapat dikatakan, makanan dan minuman yang keutuhan nutrisinya utuuh terjaga. Hal ini dapat dilihat dari proses pengolahannya. Contohnya, sayur yang dimasak terlalu lama tentu nutrisinya banyak yan hilang. Namun, ada pula beberapa jenis makanan yang harus dimasak lebih lama, misalnya daing. Memasak daging  harus hingga benar-benar matang karena kalau tidak maka bakteri-bakteri yang ada didalamnya belum seluruhnya mati. Biasanya di usia dini, susu menjadi asupan nutrisi yang sering dipilih. Carilah susu yang kandungan proteinnya utuh dan tidak rusak. Untuk makanan dan minuman kemasan atau siap saji, perhatikan informasi nilai gizi prodak tersebut. Apakah masih mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh anak atau tidak." Dokter Diana menjelaskan panjang lebar.

Nutrisi dalam keadaan alami berperan untuk meningkatkan daya tahan si kecil karena seluruh nutrisi yang diberikan dapat diserap dengan sempurna, menjadikan anak kuat dari dalam. Hanya pencernaan yang sehat yang dapat menyerap nutrisi. Jadi mulai terbuka ya, mengapa pencernaan harus dijaga sejak anak lahir.

Hal ini juga dibenarkan oleh dokter Aulia sebagai dokter anak:

Waspadai Kondisi Pencernaan Si Kecil Dengan Memperhatikan Asupannya Agar Sehat Dari Dalam

Jika dokter Diana memaparkan tentang berbagai nutrisi baik yang bisa dicerna dengan memperhatian jenis makanan  dan minumannya, memperhatikan tingkat kematangannya, tingkat kandungannya alami atau tidak. Sebab, makanan atau minuman yang tidak baik atau tidak alami, juga salah dapat proses mengolahnya maka tubuh tidak dapat menyerap nutris.

Dokter Aulia

Maka dokter Aulia memaparkan tentang kesehatan pencernaan si kecil, "Sistem pencernaan manusia itu adalah penghubung antara tubuh dengan dunia luar. Hal tersebut dikarenakan sistem pencernaan mengolah dan menyerap berbagai makanan dan minuman dari luar tubuh dan menggunakannya untuk memastikan tubuh bekerja."

"Bila kita mengasup makanan dan minuman dengan nutrisi dalam keadaan alami, sistem pencernaan kita menyerap begitu mudah, dan resiko terjadinya masalah pencernaan lebih kecil."

Berbagai penyakit yang sering dialami anak seperti sembelit atau diare adalah gangguan kerja sistem pencernaan. Maka dari itu makanan dan minuman si kecil sangat perlu diperhatikan dan diberikan secara bertahap sesuai pelaturan, Mums.

Saya jadi teringat Lintang kecil sering mengalami diare sampai pernah sakit parah saat usia 8 bulan, saat itu saya hanya bisa menangis di depan dokter anak. Rupanya saya salah memberinya asupan susu, sebab saat itu kondisi membuat saya tidak bisa menyusui dengan sempurna. Lintang juga pernah mengalami BAB seperti kotoran kambing, berbutir-butir keras, ini juga merupaka tanda-tanda sembelit atau gangguan sistem pencernaan karena ada yang memberinya asupan MPasi tidak sesuai saat saya bekerja.

"Jangan sepelekan sistem pencernaan karena SISTEM PENCERNAAN ADALAH FONDASI SISTEM IMUN YANG KUAT."

Jleb! Itulah, Mums, jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mengapa makanan dan minuman si kecil harus diperhatikan, harus sesuai dengan tahapnya, karena untuk kesehatan pencernaannya. Mengapa pencernaan harus sehat? Karena pencernaan merupakan fondasi sistem imun yang kuat. Jika pencernaan anak bermasalah, apa yang terjadi?

"Bila si kecil sering terkena gangguan pencernaan, tentu waktu mereka untuk bermain, mengeksplorasi berbagai hal, dna belajar banyak hal-hal lain dalam tahap awal kehidupan mereka jadi terbatas. Tidakkah kita sedih melihat anak yang seharusnya bisa lari, bermain, dan belajar akhirnya hanya b isa menghabiskan waktu dengan berdiam diri karena gangguan pencernaan? Maka dari itu, jangan sepelekan pentingnya kesehatan sistem pencernaan. Pilihlah asupan yang membuat anak-anak kuat dari dalam," tegas dokter Aulia.

Hati-hati juga, seringnya sistem pencernaan yang terganggu sejak kecil juga mengakibatkan efek yang panjang ketika anak besar atau dewasa, sebagai contoh adalah saya karena sering sembelit ketika batita, akibat salah asupan, asupan yang sembarangan, maka saya menderita wasir yang pernah cukup parah dan menghambat aktifitas saya selama bertahun-tahun.

Friso Adalah Susu Alami Yang Dapat Membantu Anak Sehat Dari Dalam



Pendar 3 tahun

Selama mendengarkan sharing dua dokter cantik itu membuat PR panjang di kepala saya, karena si bungsu sedang berada pada masa golden age. Alhamdullilah, Pendar tumbuh dengan baik lulus ASI eksklusif hingga lanjut mencapai usia dua tahun. Tidak seperti kakaknya yang mengalami diare dan sembelit, anak ke empat ini pengetahuan saya sudah banyak terbuka, termasuk saat harus memberinya susu tambahan.

Saya memberi susu tambahan setelah usia 2 tahun agar tumbuh kembangnya optimal, karena masa golden age hanya mencapai sampai usia 3 tahun tidak akan terulang lagi. Masa-masa yang akan memberi pengaruh besar pada tumbuh kembangnya hingga dewasa kelak. Kalau mengingat ini kadang ada sesal saat memiliki anak pertama saya tidak secermat saat ini, hiks.

Dulu memberi susu tambahan pada Lintang saya hanya modal ikut-ikutan dan harga hemat, efeknya tidak cocok membuat dia diare, sembelit parah. Rasanya kenangan sedih ini ingin saya lupakan, tapi jadi pelajaran yang paling berharga untuk lebih hati-hati dan memahami : PENTINGNYA PENCERNAAN YANG SEHAT. Jadi abaikan jika ada mitos anak diare karena ngenteng-ngentengi atau sedang mau bertumbuh.

Oya, saya membelikan Pendar susu Friso waktu dia usia dua tahun itu. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, yakni kakak-kakanya agak berdebar untuk mengenalkan anak susu tambahan. Alhamdulliah, tidak ada respon negatif. Selain suka sama rasanya, kandungan nutrisi Friso itu bagus saat saya baca.

Tapi saya baru tahu kalau Friso bagus karena mengandung nutrisi alami karena cara pengolaahannya menerapkan konsep Nature Science, ini diterangkan oleh dokter  Rulli dengan jelas. Mums, juga perlu tahu mengapa Friso mengandung nutrisi alami padahal seperti kit atahu susu bubuk pasti sudah melewati tahap pengolahan yang panjang, ya.


Friso Gold 3
Mengapa Friso Mengandung Nutrisi Alami?
Friso yang merupakan produk susu premium dari FreslandCampina perusahaan penghasil susu terbesar di dunia, diolah dengan menerapkan konsep Nature Science. "Nature Science yang artinya seluruh proses produksi mulai dari pemilihan pakan ternak untuk sapi hingga pemrosesan akhir produk dilakukan sendiri oleh FrieslandCampina. Dalam konsep tersebut, kami menerapkan metode single process yang mengolah dari bahan baku susu segar hingga menjadi produk Friso dengan satu kali pemanasan," kata dokter Rulli.


Dokter Rulli

Metode ini digunakan untuk memastikan susu tidak diproses dengan pemanasan berlebihan, sehingga nutrisi alami yang terkandung dalam susu tetap terjaga seperti yang dijelaskan dokter spesiali gizi dr. Diana, bahwa pemanasan yang tidak berlebihan tetap menjaga kandungan nutrisi.




"Selain itu, Friso diproduksi dengan menggunakan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas protein dalam susu agar mudah dicerna dan diserap oleh anak, mengingat protein adalah zat gizi yang penting yang mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan. Friso juga difortifikasi dengan berbagai vitamin dan mineral, menjadikan susu pertumbuhan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil," ujar dokter Rulli.

Pencernaan yang sehat karena dijaga dengan asupan yang baik sejak si kecil terlahir ke dunia, ditambah produk susu yang tepat untuk membangu anak-anak tumbuh kuat dari dalam, seperti Friso. Maka Mums akan melihat betapa si kecil tumbuh dengan baik. Kalau  begini siapa yang bahagia? Tentu saja si kecil dan juga kita ibunya.

37 komentar:

  1. Lucunyaa pendar, minum susu sampai hadap atas gitu kepalanya. Haha

    ReplyDelete
  2. Oh ternyata kalau protein rusak bikin penyerapan di pencernaan gak sempurna ya, hmm, nice sharing

    ReplyDelete
  3. Teknologi Locknutri menjaga kualitas protein susu sehingga mudah dicerna. Bagus ini kasihan kalau anak sampai mengalami konstipasi karena kesalahan pemilihan susu.Acara blogger gathering yang menyenangkan dan bertabur hadiah.

    ReplyDelete
  4. Masalah pencernaan memang masalah penting. Oleh karena itu memang harus diperhatikan

    ReplyDelete
  5. Wahh susunya enak yaaaa sampai ngak rela habis gitu hihihi

    ReplyDelete
  6. protein memang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan metabolisme ya, jadi butuh banget menjaga utuh protein,sipp manfaat ilmunya mak

    ReplyDelete
  7. Mpasi sehat, anak sehat pikiran mums juga ikutan sehat lihat si kecil. :)

    ReplyDelete
  8. Wah, infonya lengkap sekali. Paling sedih pas baca komentar dari orang sekeliling yang cuek soal memberi makan anak. Mereka nggak sadar kalau kondisi tubuh anaknya waktu dewasa terpengaruh dengan kebiasan makan waktu kecilnya

    ReplyDelete
  9. seneng ya keacara kemarin.. banyak info sama hadiahnya

    ReplyDelete
  10. Wah, iya, pencernaan itu hubungannya ke mana-mana ya, ga bisa dianggap enteng kesehatan pencernaan anak ini

    ReplyDelete
  11. Sulungku dulu pernah konstipasi gara-gara gak cocok sama susunya, tapi tahunya agak telat karena baru pertama punya bayi dan kami tinggal jauh dari orang tua

    ReplyDelete
  12. lengkap deh informasinya, makasih yaaa Enn...

    ReplyDelete
  13. Aku juga berusaha nurut anjuran dokter lah soal pencernaan ini spt ASI eksklusif menu MPASI pokoknya ga mau sembarangan daripada kenapa2 kan. Pengen myobain friso ah buat baby K so far semua susu ditolak mentah-mentah hiks

    ReplyDelete
  14. Glekkk langsung itu. Pondasi imun yang dari makanan dengan nutrisi tetap terjaga. Kaya Babam dan Pendar sehat dan suka main diluar

    ReplyDelete
  15. Trimakasin informasinya duniaeni.com

    ReplyDelete
  16. Sumber kesehatan itu emang dari pencernaan ya

    ReplyDelete
  17. Sumber kesehatan itu emang dari pencernaan ya

    ReplyDelete
  18. Zetuju bangeet jika ibu akan bahagia dengan anak yang alami pertumbuhan yang baik dan tepat 😍😘

    ReplyDelete
  19. Anak adalah masa depan orang tua, kesehatan anak sangat penting!!
    salam sukses mbak..

    ReplyDelete
  20. Buat anak ya mba harus banget kasih yang bagus kayak Friso ini...

    ReplyDelete
  21. Duh Mbak, anakku juga pernah masuk rumah sakit karena masalah pencernaan.

    ReplyDelete
  22. Waah Pendar doyan banget yah.. Emang rasanya enak sih enggak eneg, apalagi baik untuk pencernaan.

    ReplyDelete
  23. Nah itu dia, yang penting dalam pengolahan makanan jangan sampai nutrisinya hilang ya mak

    ReplyDelete
  24. Pendar lucuneeee.
    Iya kalau pencernaan bagus maka yang lain2 juga bagus yaaaa. Pernah baca kalau gak salah 80% kekebalan tubuh anak ditentukan dari sehat enggaknya saluran pencernaannya.

    ReplyDelete
  25. Waah...mba Eni badannya langsiiing...#eh ^^

    Sebenarnya apa yang menyebabkan susu tersebut ramah di perut anak atau tidak yaa, mba?
    Biasanya saya memilih susu dari mencobakan dulu ke si anak, apakah sesuai dengan seleranya atau tidak.
    Kalau gak salah, Friso gak ada kemasan kecilnya yaa...
    Hiiihi...

    ReplyDelete
  26. Sistem pencernaan adalah fondasi sistem imun yang kuat. Noted:)

    ReplyDelete
  27. Aku termasuk ibu yang agak rewel sama asupan anak. Thanks sharingnya mba

    ReplyDelete
  28. Proses pengolahan Makan ternyata penting banget ya.

    ReplyDelete
  29. Informasinya bermanfaat sekali Mba Eni, alhamdulillah anak-anak aku ya asupan ya emang saya jaga juga

    ReplyDelete
  30. Pas banget infonya buat mak macam saya yang anaknya baru awal MPASi.
    Kadang memang tantangan banget untuk istiqomah ngasih mpasi home made, karena ada aja godaannya. Hahhaa

    ReplyDelete
  31. Kalo di tempatku tuh bayi baru lahir pada dikasih madu, terus masih kecil sudah dikasih makan... Ada lagi yg dikasih skm... Kalo dibilangin ngeyel..kasian pencernaannya kann

    ReplyDelete
  32. Kalau nutrisi anak2 sudah terpenuhi, mereka jadi lebih aktif beraktifitas ya Mba. Jadi bisa menghabiskan moment2 indah sama kita orangtuanya..

    ReplyDelete
  33. Pendar, semangat banget minum Friso. Iya ya penting banget, kalau anak sering sakit kan jadi terhambat pertumbuhannya.

    ReplyDelete
  34. Duh pendarr endut banget ya bayinya. Makannya juga lahapp. Seneng liatnya ��

    ReplyDelete
  35. Bener bgt mb Eni, smua yg alami itu bagus u/ tubuh ya. aku jd inget sm ponakanku dulu waktu umur 6 bln dikasih makanan tanpa garam&gula dan itu membuat dia jd gak suka permen, hihi

    ReplyDelete

CATEGORIES

>

#MinumMilo: Sehat Bonus Bisa Ke Barcelona

Siapa yang suka Milo? Saya ingat betul saat masih kanak-kanak Milo sudah disukai karena rasanya yang enak sekali, seperti cokelat kalau...

Cari Artikel

Instagram

Twitter

Follow Me

Powered by Blogger.