Mengapa Pencernaan Sehat Bagi Anak Sangat Penting?

by - December 05, 2017


Ada Apa Dengan Pencernaan Si Kecil?

Asupan Makanan&Minuman Yang Bertahap dari 0 bulan hingga MPasi

Sering sekali kita mendengar atau membaca peraturan untuk asupan si kecil dari mulai lahir, mengenal MPasi hingga tahap berkembangan berikutnya. Selalu ada peraturan dan larangan, seperti berilah ASI eksklusif hingga 6 bulan, kenali MPasi bertahap. Tahap MPasi baik secara tekstur, kandungan bahan-bahannya, misalnya gula garam harus diberikan saat bayi sudah menginjak usia di atas 12 bulan.

Tekturnya makanan pun bertahap dari sangat halus, bertektur hingga padat. Tingkat kematangannya harus pas, baik itu sayur atau daging. Tidak hanya itu saja, bahkan asupan lain seperti madu saja yang dipercaya sangat berkhasiat,  tetap memiliki aturan pakai. Madu tidak boleh diberikan pada anak di bawah usia 1 tahun, terutama pada bayi yang baru lahir.

Mengapa ketika anak masih bayi hingga memasuki tahap usia 1 tahun dalam asupan sangat banyak aturan ini dan itu?

Mungkin seperti itu pertanyaan para ibu, dan banyak di masyarakat ibu yang tidak mengindahkan aturan dengan pertimbangan subyektifitas maupun dukungan sekitar, seperti memberikan madu pada bayi, memberi perasa (baik gulgar maupun perisa) ke MPasi, dan sebagainya.

"Ah, gak apa-apa bukan bahan berbahaya. Toh, bayinya kuat."
"Kita tidak perlu saklek-saklek banget, sok sesuai aturan, yang penting anak kita sehat dan doyan makan."
"Buktinya anak-anak tetangga, anak saudaraku, sehat-sehat saja."
Percakapan-percakapan seperti itu sudah menjadi hal biasa di masyarakat, bahkan ketika saya melewati masa-masa menyusui, memberi MPasi untuk anak-anak saya, lingkungan sekitar kerap memberi berbagai masukan serupa. Termasuk kecuekan orangtua yang memberi batita makanan dengan perasa, pengawet.

Sekali lagi, mengapa makanan dan minuman pada bayi hingga batita sangat banyak peraturan?



Saya pun dulu tidak mengerti secara detil, yang saya tahu bayi baru lahir usahakan dengan ASI eksklusif karena pencernaannya masih tahap mencerna, butuh asupan yang benar-benar mendukung. Memberikan MPasi bertahap juga untuk belajar pada sistem pencernaannya menerima bahan makanan padat, begitu juga tentang gula garam, perisa, pengawet.

Sementara madu mengandung spora yang apabila diasup anak di bawah usia 1 tahun tidak kuat atau alergi akan menyebabkan efek yang berbahaya. Memang tidak banyak terjadi efek itu di masyarakat, tetapi buat jaga-jaga tetap sebaiknya berikan madu setelah anak usia satu tahun. Berdasarkan pengetahuan itu saya mencoba menjalani, toh untungnya anak-anak juga.

Namun penjelasan tiga dokter yang memang dibidangnya pada acara Gathering Blogger dan Friso tanggal 29 November 2017 di Kembang Kencur membuka mata saya: MENGAPA KESEHATAN PENCERNAAN SI KECIL BEGITU PENTING.

So, Mums, kalian layak banget membaca ulasan artikel ini. Aseli, saya pun yang berusaha memberikan asupan terbaik buat anak-anak sesuai dengan teori yang pernah saya baca, tetap merasa masih bodoh dan ada saja kesalahan yang saya lakukan, ada saja kekurangan yang saya miliki untuk anak-anak. Seorang ibu yang baik adalah ibu yang selalu membutuhkan ilmu dan belajar.


Gathering Blogger Bersama Friso

Acara yang diadakan oleh Friso menghadirkan tiga narasumber:



Dokter spesialis gizi klinik dr.Diana F Suganda, MKes, SPGK
Dokter spesialis anak dr. Aulia Fitri Swity, SpA, MKes
Dokter Rulli P.A. Situmorang  - Medical Marketing Manager Friso

Anak-Anak Butuh Berbagai Nutrisi Alami Untuk Tumbuh Kembangnya

Dokter Diana

Dokter Diana sebagai dokter ahli gizi menjelaskaan, " Di masa tumbuh kembang, anak-anak kita butuh beragam jenis nutrisi mulai dari makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien termasuk karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan mikronutrien termasuk vitamin dan mineral dari macam-macam jenis pangan. Nutrisi tersebut perlu dicerna dan diserap dengan sempurna oleh saluran pencernaan anak agar berbagai manfaatnya dirasakan oleh organ-organ tubuh yang membutuhkan.

Mengapa nutrisinya harus alami?
"Karena nutrisi yang alami mudah dicerna maka proses penyerapannya juga  berjalan dengan baik, seluruh dapat diserap. Untuk itu, para orangtua sebaiknya mulai mencermati hidangan makanan dan minuman untuk si kecil dan pilihlah yang mengandung keadaan alami."

Seperi apa makanan dan minuman yang alami atau mengandung nutrisi dalam keadaan alami?
"Dapat dikatakan, makanan dan minuman yang keutuhan nutrisinya utuuh terjaga. Hal ini dapat dilihat dari proses pengolahannya. Contohnya, sayur yang dimasak terlalu lama tentu nutrisinya banyak yan hilang. Namun, ada pula beberapa jenis makanan yang harus dimasak lebih lama, misalnya daing. Memasak daging  harus hingga benar-benar matang karena kalau tidak maka bakteri-bakteri yang ada didalamnya belum seluruhnya mati. Biasanya di usia dini, susu menjadi asupan nutrisi yang sering dipilih. Carilah susu yang kandungan proteinnya utuh dan tidak rusak. Untuk makanan dan minuman kemasan atau siap saji, perhatikan informasi nilai gizi prodak tersebut. Apakah masih mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh anak atau tidak." Dokter Diana menjelaskan panjang lebar.

Nutrisi dalam keadaan alami berperan untuk meningkatkan daya tahan si kecil karena seluruh nutrisi yang diberikan dapat diserap dengan sempurna, menjadikan anak kuat dari dalam. Hanya pencernaan yang sehat yang dapat menyerap nutrisi. Jadi mulai terbuka ya, mengapa pencernaan harus dijaga sejak anak lahir.

Hal ini juga dibenarkan oleh dokter Aulia sebagai dokter anak:

Waspadai Kondisi Pencernaan Si Kecil Dengan Memperhatikan Asupannya Agar Sehat Dari Dalam

Jika dokter Diana memaparkan tentang berbagai nutrisi baik yang bisa dicerna dengan memperhatian jenis makanan  dan minumannya, memperhatikan tingkat kematangannya, tingkat kandungannya alami atau tidak. Sebab, makanan atau minuman yang tidak baik atau tidak alami, juga salah dapat proses mengolahnya maka tubuh tidak dapat menyerap nutris.

Dokter Aulia

Maka dokter Aulia memaparkan tentang kesehatan pencernaan si kecil, "Sistem pencernaan manusia itu adalah penghubung antara tubuh dengan dunia luar. Hal tersebut dikarenakan sistem pencernaan mengolah dan menyerap berbagai makanan dan minuman dari luar tubuh dan menggunakannya untuk memastikan tubuh bekerja."

"Bila kita mengasup makanan dan minuman dengan nutrisi dalam keadaan alami, sistem pencernaan kita menyerap begitu mudah, dan resiko terjadinya masalah pencernaan lebih kecil."

Berbagai penyakit yang sering dialami anak seperti sembelit atau diare adalah gangguan kerja sistem pencernaan. Maka dari itu makanan dan minuman si kecil sangat perlu diperhatikan dan diberikan secara bertahap sesuai pelaturan, Mums.

Saya jadi teringat Lintang kecil sering mengalami diare sampai pernah sakit parah saat usia 8 bulan, saat itu saya hanya bisa menangis di depan dokter anak. Rupanya saya salah memberinya asupan susu, sebab saat itu kondisi membuat saya tidak bisa menyusui dengan sempurna. Lintang juga pernah mengalami BAB seperti kotoran kambing, berbutir-butir keras, ini juga merupaka tanda-tanda sembelit atau gangguan sistem pencernaan karena ada yang memberinya asupan MPasi tidak sesuai saat saya bekerja.

"Jangan sepelekan sistem pencernaan karena SISTEM PENCERNAAN ADALAH FONDASI SISTEM IMUN YANG KUAT."

Jleb! Itulah, Mums, jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mengapa makanan dan minuman si kecil harus diperhatikan, harus sesuai dengan tahapnya, karena untuk kesehatan pencernaannya. Mengapa pencernaan harus sehat? Karena pencernaan merupakan fondasi sistem imun yang kuat. Jika pencernaan anak bermasalah, apa yang terjadi?

"Bila si kecil sering terkena gangguan pencernaan, tentu waktu mereka untuk bermain, mengeksplorasi berbagai hal, dna belajar banyak hal-hal lain dalam tahap awal kehidupan mereka jadi terbatas. Tidakkah kita sedih melihat anak yang seharusnya bisa lari, bermain, dan belajar akhirnya hanya b isa menghabiskan waktu dengan berdiam diri karena gangguan pencernaan? Maka dari itu, jangan sepelekan pentingnya kesehatan sistem pencernaan. Pilihlah asupan yang membuat anak-anak kuat dari dalam," tegas dokter Aulia.

Hati-hati juga, seringnya sistem pencernaan yang terganggu sejak kecil juga mengakibatkan efek yang panjang ketika anak besar atau dewasa, sebagai contoh adalah saya karena sering sembelit ketika batita, akibat salah asupan, asupan yang sembarangan, maka saya menderita wasir yang pernah cukup parah dan menghambat aktifitas saya selama bertahun-tahun.

Friso Adalah Susu Alami Yang Dapat Membantu Anak Sehat Dari Dalam



Pendar 3 tahun

Selama mendengarkan sharing dua dokter cantik itu membuat PR panjang di kepala saya, karena si bungsu sedang berada pada masa golden age. Alhamdullilah, Pendar tumbuh dengan baik lulus ASI eksklusif hingga lanjut mencapai usia dua tahun. Tidak seperti kakaknya yang mengalami diare dan sembelit, anak ke empat ini pengetahuan saya sudah banyak terbuka, termasuk saat harus memberinya susu tambahan.

Saya memberi susu tambahan setelah usia 2 tahun agar tumbuh kembangnya optimal, karena masa golden age hanya mencapai sampai usia 3 tahun tidak akan terulang lagi. Masa-masa yang akan memberi pengaruh besar pada tumbuh kembangnya hingga dewasa kelak. Kalau mengingat ini kadang ada sesal saat memiliki anak pertama saya tidak secermat saat ini, hiks.

Dulu memberi susu tambahan pada Lintang saya hanya modal ikut-ikutan dan harga hemat, efeknya tidak cocok membuat dia diare, sembelit parah. Rasanya kenangan sedih ini ingin saya lupakan, tapi jadi pelajaran yang paling berharga untuk lebih hati-hati dan memahami : PENTINGNYA PENCERNAAN YANG SEHAT. Jadi abaikan jika ada mitos anak diare karena ngenteng-ngentengi atau sedang mau bertumbuh.

Oya, saya membelikan Pendar susu Friso waktu dia usia dua tahun itu. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, yakni kakak-kakanya agak berdebar untuk mengenalkan anak susu tambahan. Alhamdulliah, tidak ada respon negatif. Selain suka sama rasanya, kandungan nutrisi Friso itu bagus saat saya baca.

Tapi saya baru tahu kalau Friso bagus karena mengandung nutrisi alami karena cara pengolaahannya menerapkan konsep Nature Science, ini diterangkan oleh dokter  Rulli dengan jelas. Mums, juga perlu tahu mengapa Friso mengandung nutrisi alami padahal seperti kit atahu susu bubuk pasti sudah melewati tahap pengolahan yang panjang, ya.


Friso Gold 3
Mengapa Friso Mengandung Nutrisi Alami?
Friso yang merupakan produk susu premium dari FreslandCampina perusahaan penghasil susu terbesar di dunia, diolah dengan menerapkan konsep Nature Science. "Nature Science yang artinya seluruh proses produksi mulai dari pemilihan pakan ternak untuk sapi hingga pemrosesan akhir produk dilakukan sendiri oleh FrieslandCampina. Dalam konsep tersebut, kami menerapkan metode single process yang mengolah dari bahan baku susu segar hingga menjadi produk Friso dengan satu kali pemanasan," kata dokter Rulli.


Dokter Rulli

Metode ini digunakan untuk memastikan susu tidak diproses dengan pemanasan berlebihan, sehingga nutrisi alami yang terkandung dalam susu tetap terjaga seperti yang dijelaskan dokter spesiali gizi dr. Diana, bahwa pemanasan yang tidak berlebihan tetap menjaga kandungan nutrisi.




"Selain itu, Friso diproduksi dengan menggunakan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas protein dalam susu agar mudah dicerna dan diserap oleh anak, mengingat protein adalah zat gizi yang penting yang mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan. Friso juga difortifikasi dengan berbagai vitamin dan mineral, menjadikan susu pertumbuhan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil," ujar dokter Rulli.

Pencernaan yang sehat karena dijaga dengan asupan yang baik sejak si kecil terlahir ke dunia, ditambah produk susu yang tepat untuk membangu anak-anak tumbuh kuat dari dalam, seperti Friso. Maka Mums akan melihat betapa si kecil tumbuh dengan baik. Kalau  begini siapa yang bahagia? Tentu saja si kecil dan juga kita ibunya.

You May Also Like

120 komentar

  1. Oh ternyata kalau protein rusak bikin penyerapan di pencernaan gak sempurna ya, hmm, nice sharing

    ReplyDelete
  2. Teknologi Locknutri menjaga kualitas protein susu sehingga mudah dicerna. Bagus ini kasihan kalau anak sampai mengalami konstipasi karena kesalahan pemilihan susu.Acara blogger gathering yang menyenangkan dan bertabur hadiah.

    ReplyDelete
  3. Masalah pencernaan memang masalah penting. Oleh karena itu memang harus diperhatikan

    ReplyDelete
  4. Wahh susunya enak yaaaa sampai ngak rela habis gitu hihihi

    ReplyDelete
  5. protein memang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan metabolisme ya, jadi butuh banget menjaga utuh protein,sipp manfaat ilmunya mak

    ReplyDelete
  6. Mpasi sehat, anak sehat pikiran mums juga ikutan sehat lihat si kecil. :)

    ReplyDelete
  7. Wah, infonya lengkap sekali. Paling sedih pas baca komentar dari orang sekeliling yang cuek soal memberi makan anak. Mereka nggak sadar kalau kondisi tubuh anaknya waktu dewasa terpengaruh dengan kebiasan makan waktu kecilnya

    ReplyDelete
  8. Sulungku dulu pernah konstipasi gara-gara gak cocok sama susunya, tapi tahunya agak telat karena baru pertama punya bayi dan kami tinggal jauh dari orang tua

    ReplyDelete
  9. lengkap deh informasinya, makasih yaaa Enn...

    ReplyDelete
  10. Aku juga berusaha nurut anjuran dokter lah soal pencernaan ini spt ASI eksklusif menu MPASI pokoknya ga mau sembarangan daripada kenapa2 kan. Pengen myobain friso ah buat baby K so far semua susu ditolak mentah-mentah hiks

    ReplyDelete
  11. Glekkk langsung itu. Pondasi imun yang dari makanan dengan nutrisi tetap terjaga. Kaya Babam dan Pendar sehat dan suka main diluar

    ReplyDelete
  12. Trimakasin informasinya duniaeni.com

    ReplyDelete
  13. Sumber kesehatan itu emang dari pencernaan ya

    ReplyDelete
  14. Sumber kesehatan itu emang dari pencernaan ya

    ReplyDelete
  15. Zetuju bangeet jika ibu akan bahagia dengan anak yang alami pertumbuhan yang baik dan tepat 😍😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu bakalan bahagia banget liat pertumbuhan anak menjadi lebih baik ya mbaa

      Delete
  16. Duh Mbak, anakku juga pernah masuk rumah sakit karena masalah pencernaan.

    ReplyDelete
  17. Nah itu dia, yang penting dalam pengolahan makanan jangan sampai nutrisinya hilang ya mak

    ReplyDelete
  18. Pendar lucuneeee.
    Iya kalau pencernaan bagus maka yang lain2 juga bagus yaaaa. Pernah baca kalau gak salah 80% kekebalan tubuh anak ditentukan dari sehat enggaknya saluran pencernaannya.

    ReplyDelete
  19. Waah...mba Eni badannya langsiiing...#eh ^^

    Sebenarnya apa yang menyebabkan susu tersebut ramah di perut anak atau tidak yaa, mba?
    Biasanya saya memilih susu dari mencobakan dulu ke si anak, apakah sesuai dengan seleranya atau tidak.
    Kalau gak salah, Friso gak ada kemasan kecilnya yaa...
    Hiiihi...

    ReplyDelete
  20. Sistem pencernaan adalah fondasi sistem imun yang kuat. Noted:)

    ReplyDelete
  21. Aku termasuk ibu yang agak rewel sama asupan anak. Thanks sharingnya mba

    ReplyDelete
  22. Proses pengolahan Makan ternyata penting banget ya.

    ReplyDelete
  23. Informasinya bermanfaat sekali Mba Eni, alhamdulillah anak-anak aku ya asupan ya emang saya jaga juga

    ReplyDelete
  24. Pas banget infonya buat mak macam saya yang anaknya baru awal MPASi.
    Kadang memang tantangan banget untuk istiqomah ngasih mpasi home made, karena ada aja godaannya. Hahhaa

    ReplyDelete
  25. Kalo di tempatku tuh bayi baru lahir pada dikasih madu, terus masih kecil sudah dikasih makan... Ada lagi yg dikasih skm... Kalo dibilangin ngeyel..kasian pencernaannya kann

    ReplyDelete
  26. Kalau nutrisi anak2 sudah terpenuhi, mereka jadi lebih aktif beraktifitas ya Mba. Jadi bisa menghabiskan moment2 indah sama kita orangtuanya..

    ReplyDelete
  27. Pendar, semangat banget minum Friso. Iya ya penting banget, kalau anak sering sakit kan jadi terhambat pertumbuhannya.

    ReplyDelete
  28. Duh pendarr endut banget ya bayinya. Makannya juga lahapp. Seneng liatnya ��

    ReplyDelete
  29. Bener bgt mb Eni, smua yg alami itu bagus u/ tubuh ya. aku jd inget sm ponakanku dulu waktu umur 6 bln dikasih makanan tanpa garam&gula dan itu membuat dia jd gak suka permen, hihi

    ReplyDelete
  30. Aku selalu sedia probiotik untuk menjaga pencernaan Keluarga, sekarang jadi makin tahu juga kalau nutrisi alami sangat penting untuk pencernaan. Makasih infonya ya Mbaaa :*

    ReplyDelete
  31. jadi lebih aware nyiapin makanan buat alula.. apalagi pernah sampai sembelit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mb jangan sepelekan sembelit apalagi pada balita.

      Delete
  32. Dulu pas anak pertama masih bayik sering banget alami gangguan pencernaan. Untung nemu susu yang pas.

    ReplyDelete
  33. MPASI yang sehat dengan nutrisi terpenuhi akan membuat tumbuh kembang anak lebih optimal.

    ReplyDelete
  34. "Jangan sepelekan sistem pencernaan karena SISTEM PENCERNAAN ADALAH FONDASI SISTEM IMUN YANG KUAT."

    Noted mbaa Eni! Harus lbh aware sm kesehatan sistem cerna anak

    ReplyDelete
  35. Baru liat pendar, lucu banget sih mbaa. Gemayyy minum susunya begitu hihihi. Susah susah gampang ya jadi ibu, kudu teliti apalagi masalah gizi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mb Novianti trimakasih sudah berkunjung

      Delete
  36. Ppas banget buat Sagara. Alhamdulillah Sagara masih ASI dan makannya juga banyak, apa aja doyan. Aku jadi nggak pusing mikirin makanan khusus apa. Kasian juga kan kalau pencernaan anak terganngu. Nggak bisa main sama teman-temannya.

    ReplyDelete
  37. Pendar ganteng bgt sih...mkch share nya Mba

    ReplyDelete
  38. Hallo Mbak Eni. Cakep banget nama putranya, Pendar. Ihhh gemes saya. Sehat-sehat dengan susu pilihan Mama ya , Dek.

    ReplyDelete
  39. Mbak eni... fotone apik2... seneng aku... liatnyaaa... keep up good work jeung...

    ReplyDelete
  40. makasih sharingnya, mantap lengkap banget

    ReplyDelete
  41. Pgn cobain friso tp takut anakku ga doyan. Krn susunya udh terbiasa merk lain. Biasalah emak2, kalo ada baca review ttg produk lain, lgs pgn cobain ke anaknya :D. Dulu si kaka prnh aku cobain, tp dia emg dasarnya picky banget soal makanan dan susu. Jd yo wis lah.. Skr ini dia cocok ama susu lain, aku ga ganti2 lg, drpd drama ga minum susunya mkin panjang :p

    ReplyDelete
  42. Wahhh... Aku butuh bacaan kaya gini nih. Makasih yaa mbak..

    Nutrisi sangat penting.. Gizi seimbang.. Kalo anak sehat, ibu juga bahagia

    ReplyDelete
  43. waaaaah pendar minum Friso juga yaaaa? Sistem pencernaan itu emang mesti dijaga bgt ya mak, apalagi sistem pencernaan anak anak yg masih rentan ya..

    ReplyDelete
  44. Makasih ya mbak eni udh ngeshare ilmu parenthing nya... Wah,jd seneng deh nambah ilmu buat nanti kalo udh punya baby...😊

    ReplyDelete
  45. Sharing nya lengkap banget, makasih yah, jadi mau coba friso buat si kecil.

    ReplyDelete
  46. Anakku maunya sayur yang lembek, malas ngunyah. Jadi kurang tepat ya? Kalau daging sih nggak masalah, asalkan daging giling sama disuwir-suwir, tapi emang kalau masaknya kurang lama, keras , dagingnya nggak dimakan.
    Soal susu, jd bingung, memang ada susu yang kandungan gizinya rusak?

    ReplyDelete
  47. Menjaga tumbuh kembang anak tetap baik memang penting, semoga anaknya sehat terus mbak ..

    ReplyDelete
  48. Kesehatan anak, Segalany bagi orang tua.
    Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  49. masalah pencernaan memang harus di perhatikan ya bund, meski saya blm menikah dan punya anak kwwkwk.. ngeri aja liat anak masih kecil susah bab hehe

    ReplyDelete
  50. Sekarang, sudah banyak ibu yang sadar gizi. Asi ekslusif dan MPAsi dimulai usia bayi 6 bulan.
    Acara seperti ini bagus banget ya mbak untuk menambah pengetahuan ibu.

    ReplyDelete
  51. ulasannya lengkap Mba.. aku jadi ada referensi buat milih susu bayi yg tepat buat anak :) trimakasih..

    ReplyDelete
  52. Thanks sharingx mak. Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  53. Nice info banget ini, jadi tahu seputar pencernaan buat nak kanak. Biar share ke mama aku nih mbak, lebih kasih perhatian lebih sama adeknya aku...

    ReplyDelete
  54. Iya betul. Masalah pencernaan itu harus hati2 ya. Jangankan anak2, kita aja kalo salah makan rasanya gak enak banget, apalagi mereka. Blom lagi mereka perlu makanan yang baik untuk tumbuh kembangnya. Makanya harus betul2 diperhatikan gizinya dan disesuaikan juga dgn usianya ya. Biar tumbuh kembang lebih optimal.

    ReplyDelete
  55. wah bermanfaat banget artikelnya semoga gizi anak Indonesia jadi lebih baik lagi :)

    ReplyDelete
  56. Teknologinya oke banget yaaa mba.. dan banyak ilmu baru yang didapat niiih. Bermanfaat walaupun ankku udah pada besar..

    ReplyDelete
  57. Pencernaan sehat anak jadi ga gampang sakit, ibu tenang.

    ReplyDelete
  58. Wah, keren sekali ini, Nbak Eni. Sangat lengkap ulasannya.
    Terima kasih sharingnya, Mbak.

    ReplyDelete
  59. Makasih sharing nya, mba. Masih ada ibu ibu yang memberi makakanan pada anak sekadarnya meski perekonomian nya cukup. Karena malas atau gak tau. Info seperti ini perlu banget.

    ReplyDelete
  60. Klo pencernaannya sehat tumbuh kembangnya juga optimal ya Mba. Aku juga pernah dengar dr dokter anakku bhw di Indonesia msh bnyk anak dg sistem pencernaan yg kurang sehat krn asupan nutrisi tdk seimbang.

    ReplyDelete
  61. Sumbernya memang dari pencernaan ya mbak. Karena dari perut bisa kemana-mana..mulai dari kepala sampe kaki sumber gizinya ya dari perut hehe...makanya sistem pencernaan wajib sehat biar semua ikut sehat

    ReplyDelete
  62. Jadi ingat dulu wktu batuk mau di kasih madu. Alhamdulillah gak jadi.
    Dr masih bayi2 mapasi diusahakan spy bs masuk semua nutrisinya sama vitamin sayur buah ayam ikan di jadiin bubur. Pdhl klo kita yg maem gak kebayang gmn rasanya..��

    ReplyDelete
  63. harus dong punya pencernaan sehat, biar tumbuh kembang abak ga terganggu.

    ReplyDelete
  64. Jadi pencernaan sehat itu kunci imun kuat ya :) tfs Mbak

    ReplyDelete
  65. Wah, bagus banget artikelnya Mbak...Jadi pengen punya baby lagi #eh 😁

    ReplyDelete
  66. Penting banget memang ya menjaga kualitas protein susu ngga rusak, jd manfaat susu pd anak bisa terserap optimal. Jadi bertanya2 susu anakku gini juga ga ya, hahaha.

    ReplyDelete
  67. Bahaya juga ya mbak akibat pencernaan tidak sehat ternyata penyebab wasir saat dewasa.

    ReplyDelete
  68. Baca artikel ini jadi teringat anakku pernah sembelit karena kali salah pilih susu, kasian banget saat itu bab-nya sampe berdarah 😥

    Makasih artikelnya Mba Eni, bermanfaat banget 👍

    ReplyDelete
  69. Aku setuju, bahwa pencernaan merupakan fondasi sistem imun yang kuat. Dengan pencernaan yang sehat, sekolah jadi lancar, emosinya juga jadi stabil dan kecerdasan juga meningkat.

    ReplyDelete
  70. Setuju banget kalo pencernaan yg sehat itu modal penting tubuh yg sehat. Ini susu friso bisa sampe anak usia brp?

    ReplyDelete
  71. Soalnya jika pencernaan anak optimal nggak masalah orang tua senang. Biasanya kalau pencernaan anak ini tidak cocok dengan susu maka sering mencret jadi harus cari susu yang cocok buat anak anak

    ReplyDelete
  72. Wah kalo anak kena diare aku ngeri mbak, pernah masuk RS karena lemas. Kesehatan pencernaan itu penting

    ReplyDelete
  73. Duuuh... Mesti dibanyakin nih sosialisasi begini. Sering prihatin lihat mamhmud dan nenek zaman now yg ngasih makanan padat pada bayi sebelum waktunya.

    ReplyDelete
  74. Memang buat anak jangan coba-coba ya Mba,harus yang terbaik hahaha

    ReplyDelete
  75. Aku kesel sama orang yang bilang yang penting anak makannya lahap terus ga mikir pas ga timingnya buat anak mulai makan-makanan yang belum waktunya. Padahal makanan bukan cumas soal perut, ya. Kalau eksplorasi di usia golden agenya terganggu kan kasian anaknya.

    ReplyDelete
  76. Aku dulu juga gak terlalu mudeng soal sangat sangat pentingnya jaga pencernaan anak terutama bayi. Padahal sistem pencernaan yg sehat itu awal dr kualitas kesehatan anak ya

    ReplyDelete
  77. Pencernaan masalah utama ya, kesehatan berawal dari pencernaan

    ReplyDelete
  78. Wah keren... Saya banyak dapat info nih.. Nice share..

    ReplyDelete
  79. Makasi ilmunya yaa mba, sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  80. Iya eni.. artikel yg bagus dan berguna sekali.. pencernaan anak anak sangat rentan..

    ReplyDelete
  81. Pantesan aja ya anak yg makanan nya asal asalan gampang sakit karena pencernaannya fondasi tubuhnya gak sehat

    ReplyDelete
  82. wah nambah informasi nih buat nanti kalau udah berkeluarga, makasih banyak infonya mba bermanfaat sekali 😊

    mardiaheyyy(dot)com

    ReplyDelete
  83. sharingbya lengkap bgt.... sngt bermanfaat..... trimksih mbk eni....

    ReplyDelete
  84. Emang gak boleh main-main sama pencernaan anak. Saudara suamiku anaknya ada yang MPASI dini, pas diingetin jawabannya ya gitu.

    "Halah, dulu aja bayi baru lahir udah dikasi pisang gak apa-apa"

    Beberapa bulan kemudian, anaknya bolak balik diare dan sakit-sakitan. Pas dicek, ternyata serabut-serabut di lambungnya udah habis jadi dia gak bisa mencerna makanan dengan sempurna, ckckck.

    ReplyDelete
  85. Wahhh aku baru tau nih mereknya. Memang penting untuk kasih yang terbaik untuk anak ya, Mbaak :)

    ReplyDelete
  86. Pencernaan emang sensitif buat anak makanya makanan dan minuman yg masuk nggak boleh sembarangan.. apalagi anak balita.. sampe usia remaja aja anak ku masih suka bermasalah sama pencernaan... untungnyaaaa gak pernah mengalami sakit parah gara gara pencernaan

    ReplyDelete
  87. Gangguan pencernaan pada anak, seperti sembelit bisa diatasi dengan asupan makanan dan minuman yang tepat. Terima kasih informasi bermanfaatnya.

    ReplyDelete
  88. Menjaga asupan murni sejak dini penting bnget mba,,, apalg awal2 mpasi konsrn bngt untuj mkanan biar si kecil mngenal rasa

    ReplyDelete
  89. Lengkap banget ulasannya, Mba Eni. Ngomong2 tentang pencernaan anak, salah satu yg bikin keki memang dari lingkungan ya. Apalagi kalau lingkungannya belum teredukasi dengan baik. Kita sebagai ibu baru suka diajarin ini itu yang menurut mereka nggak papa tapi ternyata bahaya buat anak. Persiiiss seperti contoh dari Mba Eni :D

    ReplyDelete
  90. Jadi teknologi Locknutri itu cara kerjanya gimana? Nutrisinya dikunci, gitu? Apakah produsen susu lain tidak mengunci nutrisi dengan cara yang sama? :D

    ReplyDelete
  91. Saya suka sengan poin: Makanan alami yang masuk tubuh akan mudah dicerna oleh pencernaan.

    ReplyDelete
  92. Saya suka poin : Makanan alami yang masuk tubuh, akan mudah dicerna...

    ReplyDelete
  93. Saya suka poin : Makanan alami yang masuk tubuh akan mudah dicerna

    ReplyDelete
  94. Nutrisi memang hal yg penting ya mba untuk anak. Sehat selalu ya buat pendar

    ReplyDelete
  95. Waah baru tau nihh tumbuh kembang anak dipengaruhi sama asupan makanan dari kecilnya ya. Makasih infonya Mbak

    ReplyDelete
  96. Benar banget Bun. Sistem pencernaan yang baik, berpengaruh dengan kualitas belajar dan tentu kepada kesehatan anak kita. Anakku lahir prematur tapi bersyukur sekali dengan bekal informasi dari dokter, tumbuh kembangnya dapat sempurna. Bila diberikan kepercayaan sama Allah anak kedua, saya akan coba Friso Gold.

    ReplyDelete
  97. Ilmu banget nih mbak buat aku kelak menjadi seorang ibu, tapi bener juga yaa pencernaan anak kecil itu sensitif gak bisa sembarangan kasih aja. Keponakan ku termasuk yg sensitif sm susu mbak, bisa langsung cair bab nya bila gak cocok. Apakah friso gold ini aman utk anak yg sensitif ku keponakan aku ?

    ReplyDelete
  98. Oh aku baru tau madu gak boleh dkasih sm baby dbawah 1tahun. Asupan makanan buat anak kecil memang hrus bnar2 diperhatikan ya, agar Pencernaan sehat. Kasian kalo masih baby hrus sakit perut gara2 momy nya slah mmberi mpasi.

    ReplyDelete
  99. Seorang ibu, harus jeli juga ya mba dalam memberikan asupan makanan terlebih MPasi

    ReplyDelete
  100. ulasannny lengkap banget mb.. thank you for sharing!

    ReplyDelete