Sleek Baby Dukung 1000 Hari Perlindungan

By dunia eni - August 03, 2018


Saya tengah melewati tahap pra natal, bagian dari golden periode

Apa sih 1000 Hari Pertama Kehidupan?

Saya yakin sekali hampir semua ibu tahu akan 1000 hari pertama kehidupan, yaitu  270 hari selama kehamilan (pra natal) dan 730 hari pada 2 tahun pertama kehidupan (post natal) si kecil. Tetapi bisa jadi banyak ibu yang belum  memahami bahwa masa 1000 hari kehidupan itu adalah masa atau Periode Emas yang tidak akan pernah terulang dua kali.

Saya sendiri memahami 1000 hari pertama kehidupan ini setelah banyak membaca dan mengikuti beberapa talkshow yang  berkaitan dengan tema itu, salah satunya acara The Moms Gathering dengan tema #1000HariPerlindungan yang diadakan oleh Sleek Baby pada tanggal 27 Juli 2018 di Tiwn House Cipete, dengan menghadirkan narasumber:





dr. Reza Abdussalam, SpA - Brawijaya Hospital Antasari
Tanya Larasati
Lidwina Natalia

Periode Emas : Masa Pembentukan Otak

460 Hari Pertama Kehidupan


Masa pra natal

Dokter Reza menjelaskan bahwa masa pertumbuhan otak itu terjadi sangat pesat ketika janin ada dalam kandungan hingga berusia 6 bulan setelah kelahiran. Dimana semua organ tubuh anak akan berfungsi dengan saling berintegrasi untuk membentuk kemampuan tumbuh kembang dengan sempurna.

540 Hari Pertama Kehidupan : 6 bulan - 2 Tahun


Masa post natal

Ini adalah  masa pra natal dan pasca natal yang juga tahap pembentukan otak.

Mengapa 1000 Hari Masa Yang Sangat Penting Untuk Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak?

Seperti saya tulis di atas bahwa bahwa masa 1000 hari kehidupan itu adalah masa atau Periode Emas. Dokter Reza mengulas lebih luas apa yang membuat 1000 hari pertama kehidupan sangat penting, yakni seluruh organ penting dan sistem tubuh mulai berbentuk dengan pesat:

  1. Perkembangan organ metabolik
  2. Perkembangan kognitif
  3. Pertumbuhan fisik
  4. Kesehatan saluran cerna
  5. Kematangan sistem imun

Untuk mendukung semua masa periode emas itu tentu saja ibu harus memperhatikan banyak hal, seperti kombinasi nutrisi  yang diasup ibu saat hamil serta saat anak lahir dengan stimulasi dini yang ibu lakukan pada si kecil.

Kebutuhan Nutrisi

Sebab nutrisi merupakan sumber energi untuk menjaga fungsi tubuh terutama pada 1000 hari pertama:

1. Perhatikan asupan nutrisi saat ibu hamil
2. Inisiasi menyusui dini (IMD)
3. ASI eksklusif selama 6 bulan, memberi ASI pada bayi tanpa tambahan cairan lain, seperti air putih, dan lain-lain.
4. Makanan pendamping ASI (MP-ASI) dengan ketentuan:
  • Paling lambat 6 bulan atau ketika bayi benar-benar sudah siap menerima MP-ASI
  • Tetap melanjutkan pemberian ASI hingga si kecil berusia 2 tahun.

5. Berikan MP-ASI :
  • Tepat waktu
  • Kandungan nutrisi cukup dan seimbang
  • Aman dalam arti kandungan nutrisi dan bahan-bahan yang digunakan untuk MP-ASI harus aman untuk si kecil. Tidak hanya sekedar kenyang.
  • Diberikan dengan cara yang benar, seperti tekstur makanan harus sesuai tahap usia si kecil.

Ketika si kecil memasukin tahap MP-ASI, ibu harus memperharikan asupan MP-ASInya sebagai berikut:

1. Harus mengandung DHA, AA, Zat Besi, Taurin-Choline dan Zinc untuk mendukung kebutuhan nutrisinya pada masa periode emas tersebut.
2. Tidak kalah penting menjaga kebersihan bahan makanan, alat makan, dan perlengkapannya.

Kebutuhan Stimulasi

Perlu diketahui selain nutrisi, stimulasi adalah hal penting dalam masa periode emas. Sel-sel otak dibentuk sejak awal masa janin dalam kandungan, dan mencapai puncaknya pada kehamilan 4-6 bulan. Jumlah sel otak ini yang akan menentukan kualits otak anak kelak. Makanya ibu hamil seperti saya ini wajib tahu ya, dan tidak mengabaikan kebutuhan nutrisi dan stimulasi sejak janin dalam kandungan.

Sel otak ini saling berhungan melalui jaringan penghubung yang disebut 'sinaps. Jumlah sinaps yang terbentuk akan menentukan kecepatan proses berpikir si anak. Nah, sinaps-sinaps baru akan terbentuk saat anak mendapatkan pengalaman sensoris melalui stimulasi. Karena itu stimulasi sejak dini yang dilakukan secara berulang-ulang akan membuat sinaps semakin kuat.

Saat janin dalam kandungan ibu bisa menstimulasi dengan memperdengarkan murrotal atau musik, mengusap perut dan mengajaknya berkomunikasi, dan ketika lahir  bisa berbagai macam stimulasi positif yang bisa ibu lakukan bersama si kecil, seperti memeluknya, mengajaknya bermain, mengenalkan benda-benda, dan  lain-lain.

Pentingnya Faktor Higienitas Pada Masa 1000 Hari Kelahiran

Tahukah ibu bahwa di masa 1000 hari perlindungan ini ada yang penting untuk tidak diabaikan selain nutrisi dan stimulasi, yakni higienitas. Mengapa?




"Bila semua kebutuhan tercukupi, namun higienitas tidak terjaga, daya tahan dan metabolisme tubuh anak akan terganggu, dan terhambat pertumbuhannya, " kata dokter Reza.
Bayi harus terlindungi kebersihannya sejak dalam kandungan, dimana ibu menjaga kebersihan asupan makanannya hingga kemudian bayi lahir. Saat ini,  kondisi bayi masih sangat rentan segala paparan di luar. Untuk itu ibu sejak hamil juga harus paham tentang hygienitas, selain paham nutrisi dan stimulasi. Perlengkapan pakaian si kecil, peralatan stimulasi (mainan dan lain-lain), peralatan MP-ASI, sayuran dan buah yang di asup si kecil, ini semua harus ibu perhatikan higienitasnya.

Bagaimana ibu menjaga higienitas si kecil?

#1000 Hari Perlindungan Sleek Baby


Mengenai higienitas ini saya jadi ingat ketika menjadi ibu pertama kalinya, dulu Lintang sering terkena diare yang disebabkan bakteri karena ternyata saya tidak memperhatikan cara mencuci pakaian dan peralatannya bermain. Diare ini membuatnya mudah sakit dan akhirnya mungkin yang seharusnya dia tumbuh lebih sehat lagi, jadi terhambat.

Maka untuk calon bayi dalam kandungan saya saat ini soal higienitas ini sudah saya perhatikan sejak dini. Untuk persoalan higienitas saya menggunakan Sleek Baby sejak anak ke empat, yakni Pendar dan Insaallah juga untuk anak ke lima yang masih di dalam kandungan. Kebetulan saya sedang hamil 28 minggu, doakan sehat ibu dan janin ya, aamiin.

Apalagi produk Sleek Baby dalam meluncurkan kampanye #1000HariPerlindungan hadir dengan produk-produk perlindungan menyeluruh:

Perlindungan terhadap higienitas:

1. Sleek Baby Bottle Nipple&Accessories Cleanser



Produk Sleek Baby ini merupakan pencuci botol dan perlengkapan bayi, 100% food grade, stain removal formula, concertarte. Selain digunakan untuk mencuci peralatan makan,  minum, dan maianan si kecil. Bisa digunakan untuk mencuci sayur dan buah.

2. Sleek Baby Natural Antibacterial 2 in 1 Hair & Body Wash (Foamy)



Perlindungan terhadap kebersihan tubuh dan kulit sensitif. Natural Antibacterial untuk melindungi bayi dari bakteri. Berbahan busa yang aman dan menjauhkan bayi dari iritasi karena kulitnya yang masih sangat sensitif.

3. Sleek Foamy Handwash
Selain perlindungan untuk kebersihan tangan keluarga yang berbentuk foam sehingga membersihkan maksimal sampai  ke sela jari, Sleek Foamy Handwash Food Grade. Jadi aman juga buat mencuci buah.

Perlindungan terhadap stimulasi:

Dalam menstimulasi perkembangan motorik si kecil dibutuhkan perlindungan terhadap kulit sensitifnya loh, seperti untuk mencegah iritasi ketika ia bergerak aktif. Saya pernah mengalami kulit si kecil iritasi karena pemakaian detergen yang salah. Jadi saat berkeringat, sisa detergen di pakaian membuat gesekan bahan pakaian ke kulitnya jadi memerah dan gatal.

Belum lagi efek keringat di diapers dan bagian kulit yang sensitif lainnya yang bisa menimbulkan ruam atau kulit kemerahan. Si kecil bisa rewel karena rasanya tidak nyaman, perih dan gatal. Untuk permasalah ini Sleek Baby mengeluarkan produk sebagai berikut:

1. Sleek Baby Laundry Detergent



Detergen khusus bayi yang berbeda dari detergen orang dewasa, karena mengandungNatural Plant Extract, Microbilogical Tested, Anti Bacterial, anti jamur, anti iritasi. Hasil pakaian, selimut, si kecil yang dicuci dengan Sleek Baby Laundry Detergent jadi lebih lembut dengan aroma yang tidak menyengat.

2. Sleek Baby Diaper Cream


Baby Ran - Windah Tsu
Melindungi area sensitif si Kecil dari gesekan dengan diapers serta kontak dengan air seni dan kotoran. Mengandung Natural, Hypoallergenic dan demartologically tested. Pengalaman saya, selain untuk ruam popok Sleek Baby Diaper Cream bisa membantu meringankan hingga menyembuhkan iritasi kulit di area ketika, dan lain-lain.

Oya, semua ibu bisa ikut berpartisipasi dalam campaign #1000 Hari Perlindungan Sleek Baby dengan cara :





Posting 1 foto ibu menggunakan salah satu produk perlindungan Sleek Baby, produknya seperti yang saya tulis di atas ya, tuliskan pesan perlindungan untuk ibu lain, mention ke @sleekbaby_id, dan beri tagar #1000hariperlindungan #sleekbabyalamimelindungi. 1 foto berarti 1 perlindungan untuk anak di Kecamatan Penjaringan. Yuk ah, Bu, kita berperan penting bagi 1000 hari pertama kehidupan anak-anak Indonesia.


  • Share:

You Might Also Like

97 komentar

  1. Aku sejak anak2 masih kecil pakainya Sleek detergen, pencuci botol, trus pakai yang buat ruamnya juga. Emang bayi2 tu sensitif jd buat mereka harus pakai produk yang tepat ya.

    ReplyDelete
  2. Keren banget program sweek baby yah mbak, bermanfaat banget untuk bumil😊 Jadi pengen hamil lagi

    ReplyDelete
  3. babam juga suka pakai ini biar bersih bebas dari kuman bandel

    ReplyDelete
  4. aku juga pakai Sleek khusus buat bebersih peralatan makan anak-anak waktu bayi, emang rekomen yaa..

    ReplyDelete
  5. Ingat 1000 HPK aku tuh kurang beri stimulasi dan gizi. Sayangnya ga bisa diulang :(

    ReplyDelete
  6. Aku juga selalu pakai sleek mbak, wanginya khas dan harganya terjangkau.

    ReplyDelete
  7. Info yg sangat menariK ya. Mudah2an pas punya baby bs diterapkan.

    ReplyDelete
  8. Saat Fahmi putra saya masih batita pakai Sleek juga lho. Peralatan cepat bersih dan higienis.

    ReplyDelete
  9. 1000 hari menentukan juga perkembangan anak di masa depan ya. Produk familiar dan baik buat baby ya

    ReplyDelete
  10. KAlau baca tentang 1000 hari pertama kehidupan sering merasa bersalah karena merasa kurang maksimal dalam memberikan nutrisi dan stimulasi bagi anak pada usia 1000 hari pertamanya

    ReplyDelete
  11. Note nih buat keponakan saya yang baru lahir, lumayan ini buat kadonya.
    Ternyata 1000 hari juga penentu ya

    ReplyDelete
  12. Keponakanku pakai sleek baby mba, wanginya enak ^^ baju bajunya juga jadi lembut dan bikin dia nyaman :)

    ReplyDelete
  13. Saya pun pengguna sleek semenjak punya anak. Rasanya lebih yakin bersih aja kalau pakai sleek. Sayangnya yang detergen susau didapatkan disini jd terpaksa kadang baju anak pakai detergen biasa.

    ReplyDelete
  14. Produk sleek jadi andalan keluarga kami untuk menjaga ke higienisan semua peralatan baby dan anak-anak. Aman soalnya. Dan setuju banget tentang asupan nutrisi 1000 hari pertama ini. Kebetulan ponakan2ku hasil terawasinya 1000 hari pertama kehidupan mereka sehingga tumbuh sehat dan cerdas, mbak

    ReplyDelete
  15. Bayi rentan kena sakit ya mba, makanya bener produk ini digunakan buat bayi.
    Pastinya akan mencegah sakit yang mungkin masuk

    ReplyDelete
  16. Wah, lengkap juga ya produk Sleek ini. Aku tahunya cuma krim diaper itu. Semoga banyak ibu-ibu yang tahu produk ini deh. Dan semakin tahu juga tentang pentingnya 1000 hari pertama anak.

    ReplyDelete
  17. Manfaat banget daku BW pagi-pagi ke sini, karena jadi tambah wawasan soal 1000 hari kehidupan. Siip mbak, semoga lancar yah lahirannya...

    ReplyDelete
  18. Kalo dulu pakai sleek itu buat cuci botol dn mainnanya yg sring dipegang baby. Ternyata banyak produkny ya recomnd buat hadiah lahiran

    ReplyDelete
  19. Aku sejak anak kecil juga pakai produk Sleek mba dan memang bagus sekali ya kualitasnya . Aku pun tak ragu lagi untuk menggunakannya untuk kebutuhan anak. Aku mau ah ikut kampanyenya mba. Artikel ini mau aku share ah untuk dukung 1000 hari perlindungan anak :)

    ReplyDelete
  20. Wah baru engeh sama produk sleek ini. Keren punya kampanye 1000 hari perlindungan.anak kecil ini emang rentan sama kuman ya. Mesti dijaga banget segala apa yg digunakan untuk di bayi.

    ReplyDelete
  21. Sekarang aku jadi ada gambaran buat ntar klo punya baby, jadi semua peralatannya mulai dari dot sampe tempat makannya, aku harus pake produk sleek.

    ReplyDelete
  22. Pendar mo punya adek cewek ta Mbak? Hihihi... malah salfok sama Mbak Eni yang jadi bumil dan malah makin cantik. Oh iya, kalau Sleek ini jadi temen saya waktu anak masih bayi. Soalnya kalau dipakai buat ngebersihin perangkat makan minumnya kerasa lebih bersih. Trus wanginya pun nggak nyengat.

    ReplyDelete
  23. Kulit Bayi memang sangat sensitif. Untuk itulah memakai produk yang khusus untuk bayi sangat diperlukan agar jangan sampai kulit bayi iritasi dan membuatnya tidak nyaman

    ReplyDelete
  24. Sleek ini prodk andalan banget untuk menghilangkan lemak minyak di botol. Jadi ngerasa aman aja kalau udah dicuci pakai Sleek

    ReplyDelete
  25. Pentingnya kebersihan, seperti yg tersampaikan dalam hadis, bahwa kebersihan itu sebagian dari iman, InshaAllah dengan kita selalu menjaga kebersihan, makan akan bersih dan sehat juga fisik maupun Rohani ya mba! Program 1000 hari kebaikan ini sangat bagus sebagai edukasi juga kepada Masyarakat tentang pentingnya kebersihan

    ReplyDelete
  26. Wah informasinya sangat membantu yaa bundaa ������

    ReplyDelete
  27. Slek baby sangat bagus mbak buat baby , keponakan aku memakai produk itu. Alhamduliklah yg tadi nya alergian jd jauh lebih baik. Krn emang sleek baby aman utk kesehatan baby.. mbak eny nanti kalo baby mya sdh lahiran pakai produk sleek jgn lupaa mbak

    ReplyDelete
  28. Pasti bayi akan suka dengan keharuman dan kelembutan yang dipancarkan dari sleek. sepertinya adikku juga pake, padahal udah bukan bayi lagi hehehe

    ReplyDelete
  29. Ponakanku juga pakai sleek baby nih. Kalau kebersihan itu emang penting banget ya. Apalagi buat baby.

    ReplyDelete
  30. Sleek Baby ngga cuma concern soal gimana supaya produknya bisa diterima ya, tapi juga mengedukasi ibu2 supaya lebih punya bekal untuk memberikan yang terbaik buat anak.

    ReplyDelete
  31. Aku selalu pakai sleek baby dari haidar kecil sampai saat ini karena wanginya enak banget dan pastinya higienis.

    ReplyDelete
  32. Wah.. jadi selama anak dalsm kandungan dan apa yg dikonsumsi seorang ibu mampu memberi dampak buat tumbuh kembang nya ya. Wuihhh baru tahu saya. Berarti asupan nutrisi harus tepat nih ya dari seorang ibu. Thank ulasannya.

    ReplyDelete
  33. ternyata 1000 hari pertama itu bukan hanya urusan kasih makan yang bergizi aja untuk anak, tapi menjaga kebersihan alat makan dan minum anak juga penting.. Bermanfaat banget nih mbak tulisannya.

    ReplyDelete
  34. Kebersihan pada balita memang penting ya mbak soalnya anak balita rentan dengan penyakit 😊😊

    ReplyDelete
  35. Setuju banget 1000 hari pertama kehidupan harus disupport dengan nutrisi dan stimulasi2 agar anak tumbuh kembang secara optimal.

    ReplyDelete
  36. Berbagai merk produk untuk bayi bersaing dg ketat ya akhir2 ini. Makin banyak bermunculan aja nih... Harus selektif mau pilih yg mana, coba2 dulu aja semuanya wkwkwk

    ReplyDelete
  37. baru tahu ada deterjen khusus bayi.... hem.. nantik aku kalo punya bayi mau pake ini aja....

    ReplyDelete
  38. Suka aneut kalau liat2 produk bayi. Wanginya enak dan lembut pas dipake. Aku pernah pake sleek waktu zaman Kifah bayi.

    ReplyDelete
  39. higienitas juga penting ya buat 1000 hari pertama kehidupan si kecil. semoga sehat selalu kehamilannya mbak...

    ReplyDelete
  40. 1000 hari masa kembang anak memang masa emas anak-anak kita. Terima kasih sharing nya Mom.
    Dirumah aku juga pakai sleek baby, lembut dan memang berguna untuk kita para mommy yang masih punya anak kecil

    ReplyDelete
  41. Bermanfaat banget buat aku mba munpung si baby masih beberapa ratus hari hidup di dunia hehe.

    Btw ini lokasi eventnya daerah rumahku, Cipete xD

    ReplyDelete
  42. Produk sleek lengkap banget ya bener2 perhatian terhadap kesehatan bayi dan anak. Dan betul jangan lupakan ASI Eksklusif serta MPASI yang tepat.

    ReplyDelete
  43. Allhamdulillah mba anak saya Erysha full asi smp 2 tahun dan mpasinya buat di rumah. Saya pun slalu memberikan perlindungan pada anak sperti yang dituliskan di atas ��

    ReplyDelete
  44. Bisa berbagi kebaikan melalui postingan foto di Instagram juga ya.. semoga semua pesan perlindungan untuk ibu lain dapat memberikan aura kebaikan untuk kita semua #1000hariperlindungan #sleekbabyalamimelindungi.

    ReplyDelete
  45. Aku juga pakai Sleek ini waktu Alfath bayi, suka wanginya dan gak bikin iritasi ke kulit baby yang masih rentan :))

    ReplyDelete
  46. Bagus nih buat persiapan punya bayi. Adik2ku yg punya bayi jg pakai Sleek.

    ReplyDelete
  47. Aku pertamakali kenal Sleek itu waktu bayi anak kedua. Sleek pembersih botol susu dan alat mkn bayi. Dan skrg makin bnyk variannya ya

    ReplyDelete
  48. Tujuannya bagus banget ya, dukung 1000 hari untuk kebutuhan kebersihan eksternal si kecil seperti bersih alat makan dan tubuh, jadi sehat lahir batin. Sleek keren nih..

    ReplyDelete
  49. Anak2 apalagi bayi memegang memeg rentan..makanya makan minum bahkan wadah dan lingkungan harus higienis..

    Produk sleek lengkap banget ya.

    ReplyDelete
  50. Sleek memang pilihan yang tepat untuk anak ya mba. Dengan menggunakan Sleek jadi tenang untuk higienitas anak

    ReplyDelete
  51. Sepertinya sekarang sedang gencar2nya kampanye 1000 hari oertama perkembangan bayi ya. Karena memang di 1000 hari itu masa keemasannya ya.

    ReplyDelete
  52. Aku juga pengguna sleek baby nih untuk pencuci botol dan alat makan anak-anak waktu masih bayi dulu. Wanginya lembut dan aman juga.

    ReplyDelete
  53. banyak juga ternyata jenis produknya ya
    saya dulu make tuk pembersih botol dan nyuci baju bayi

    ReplyDelete
  54. Jujur ya bun.. Ak dulu tmsk type yg krg peka kalo kebutuhan bayi itu serba khusus. Sbnrnya bkn kurang peka tp menolak peka krn zaman perjuangan ya.. Baru mulai hidup semuanya diirit. Hihi. Next baby yg kedua ini musti dikhususin pemakaiannya pake sleek ahh..

    ReplyDelete
  55. Ternyata Sleek banyak macam produknya ya. Dan sangat concern akan kebutuhan bayi dan yang paling penting hygienis.. :)

    ReplyDelete
  56. Bagus banget ini acaranya Mba, informatif banget buat calon ibu atau udah jadi ibu. Kebersihan emang nomor 1, apalagi anak kecil yg imunnya rentan. Oya, sleek aku pakai waktu jaman Anin bayi nih,

    ReplyDelete
  57. Aku dari anak pertama sampai kedua juga pakenya Sleek looh.. Rasanya lebih aman aja :)

    Www.inkaparamita.com

    ReplyDelete
  58. 1000 hari pertama penting banget buat ibu dan dede bayi agar kedepan tumbuh kembangnya menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  59. Baru tau sleek ngeluarin produk handwash. Waktu krucils bayi, aku selalu pakai sleek untuk cuci baju.

    ReplyDelete
  60. Saat anakku terpaksa pakai sufor, untuk segala kebutuhan kebersihan botolnya aku pakai sleek baby ini loh. Bahkan liburan ke bali aja aku bawa si sleek

    ReplyDelete
  61. Pas Ayyas masih bayi tuh aku bersihkan botolnya pakai sleek. Aman dan higienis

    ReplyDelete
  62. Aku suka produk Sleek ka eh na lengkap dan sudah terjamin dengan bahan bakunya, jadi nggak ws" kalo mau pakai

    ReplyDelete
  63. Aku juga mau ahh foto pakai Sleek Baby. Kebetulan aku punya produknya dirumah. Perlindungan bayi itu memang harus diterapkan sejak dalam kandungan hingga cukup usia.

    ReplyDelete
  64. Noted. Kalo hamil dan punya anak lagi, mau tak pakai sleek baby ini untuk mencuci segala peralatan dan perlengkapannya biar higienis ��

    ReplyDelete
  65. Menarik sekali campaign-nya. kayaknya bakal langsung coba nih. Anyway, produk yang satu ini kayaknya lengkap banget ya mom.

    ReplyDelete
  66. Alhamdulillah ya dapat hadir dalam acara sleek baby, jadi saya bs baca ulasannya. Moga bisa ikutan champaignnya untuk mendukung 1000 hari perlindungan sleek

    ReplyDelete
  67. Aku juga pake sleek, hadir diacara sleek kemarin bikin saya sadar selain mengamati pertumbuhannya selama 1000 hari ternyata harus diimbangi dengan perlindungan ya.....

    ReplyDelete
  68. Aku punya laundry detergent tapi versi travel size, enak mbaak praktis dan ringkes dibawa kemana-mana

    ReplyDelete
  69. aku juga pake sleek buat anak2 :D fav mereka foamy wash nya, bikin anak jadi gampang mandi.. wangi nya pun khas banget ya.. soft dan gak terlalu nyengat

    ReplyDelete
  70. Wah komplit ya produknya Sleek, dan baru tau juga ada deterjen khusus bayi :)

    ReplyDelete
  71. Yang pencuci peralatan makan ini belum pernah aku coba. Lengkap ya sleeek

    ReplyDelete
  72. jujur, belum pernah pake Sleek baby niih.
    nanti mau coba juga ahh :)

    ReplyDelete
  73. Aku pakai juga nih untuk cuci botol anakku. Beneran keset dan ga berbau sabun yaa

    ReplyDelete
  74. waaaaaah bumil pasti happy banget ya bisa dateng keacara sleek baby ini untuk belajar langsung tentang 1000 hari pertama kehidupan bareng sama para ahliiii. Apalagi produk sleek baby ini juga kece banget ya, nggak perlu diragukan lagi lah untu anak dan bayi kitaaaa

    ReplyDelete
  75. Bumil idolaku, aku dulu juga selalu menggunakan Sleek. Apalagi bisa belajar bersama tentang 1000 hari perlindungan terhadap si kecil.

    ReplyDelete
  76. Pokoknya demi anak, orang tua selalu berusaha memberikan yang terbaik. Termasuk produk pendukungnya juga harus yang terbaik :)

    ReplyDelete
  77. masa keemasan emang masa2 paling sensitif buat anak2, makanya kita harus serba hati2 ya

    ReplyDelete
  78. Ilmu tentang 1000 hari pertama si kecil memang selalu daging banget, kudu diperhatikan setiap detilnya. Bener juga ya mba, higienitas kadang terlupakan disebut padahal itu bisa jadi yang utama dilakukan, buat apa stimulasi maksimal tapi sakit2an karena kurang bersih (misalnya)

    ReplyDelete
  79. Produk Sleek mmg complete banget ya buat perlindungan si kecil. Dulu, sy tmsk type cuek dg detergen n bla bla yg hrs special. Tyt hbs itu bayi sy ruam. Huhu. Sjk it msti hati2 bgt.

    ReplyDelete
  80. Baca artikel ini aku jadi nambah ilmu baru lagi tentang 1000 hari pertama kehidupan dan ternyata hitungannya dimulai dari masih di dalam kandungan. Thanks sharingnya, Mbak.

    ReplyDelete
  81. wahhh gt ya mbak. emang si mbak umur segitu anak2 masih rawan bgt

    ReplyDelete
  82. Aku jadi lebih aware nih kak soal perawatan baby. Dan dua produk dari sleek ini sukses memang buat bayi aku.

    ReplyDelete
  83. 1000 hari perlindungan Baby ini bagus banget ya Mba. Produknya juga lengkap jadi kita ga perlu cari yang lain semua ada di Sleek

    ReplyDelete
  84. Saya juga pake sleek mbak, aman untuk si kecil ya

    ReplyDelete
  85. Untuk anak memang harus dibedakan ya, Sleek ini produknya lengkap mulai dari sabun cuci piring sampai yang lainnya

    ReplyDelete
  86. Sleek ini jadi andalan saya dulu pas baru melahirkan, dulu saya pakai yang buat cuci dot sama deterjennya, sekarang mah udah gede anaknya jadi ga pake sleek lagi hehe

    ReplyDelete
  87. Waktu anak-anak masih kecil aku pernah cobain pake sleek yang rash cream,,itu cocok ga bikin kulit baby iritasi. Mungkin karena premium kali ya jadinya semua produk sleek bagus.

    ReplyDelete
  88. Sleek terkenal dan bermutu. Kualitas memang tidak diragukan lagi.

    ReplyDelete
  89. All the best untuk anak ya mba. Dan senang sekali ada produk seperti Sleek yang support soal hygienitas kebutuhan bayi

    ReplyDelete
  90. anak adalah harapan, semua yang terbaik pasti jadi pilihan orang tua demi anak . bagi orang tua pilihan bayi terutama yang berhubungan dengan kulit pasti harus jadi perhatian

    ReplyDelete
  91. Waaa...aku masih pake produk sleek buat cuci2 botol minum. Buat bumil mah wajib ya buat persiapan. Wanginya ngga menyengat juga.

    ReplyDelete
  92. Menjadi Ibu itu memang luar biasa ya.. sejak dalam kandungan hingga melahirkan dan dilanjutkan membesarkan anak-anak.. dan Ibu perlu bantuan dalam perlindungan kesehatan anak-anak salah satunya dengan produk2 dari sleek baby ini ya mba

    ReplyDelete
  93. Senang ya, banyak produk buat baby. Saya mengartikan sdh bnyk yg paham pentingnya perhatian buat bayi. Ini ke depannyabagus utk tumbang Si baik

    ReplyDelete
  94. Banyak banget ya manfaat sleek baby. ..

    Oh ya.. Ternyata jenis produk sleek itu banyak ya mba.. Aku fikir cuma buat cuci botol susu aja loh

    ReplyDelete
  95. 1000 hari pertama emang masa krusial ya jad haus ekstra ketat nih ama debay!

    ReplyDelete
  96. Aku pakai yang Baby Laundry Detergent versi Travel Size buat travelling. Enak bangeeet, praktis!

    ReplyDelete