Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

By dunia eni - December 16, 2018



Tanggal 18 Oktober 2018, saya melahirkan seorang bayi perempuan yang cantik dengan nama Binar Cahaya Khadijah, dan kami memanggilnya Binar. Meski anak kelima rasa bahagia memiliki seorang bayi tetap sama, termasuk juga rasa cemasnya. Karena seorang bayi baru lahir kondisinya sangat rentan sekali, apalagi saya pernah memiliki pengalaman pahit kehilangan anak ketiga.

Maka perhatian saya terkadang ekstra, termasuk ketika banyak teman-teman yang datang menjenguk, pasti saya wanti-wanti jika dalam keadaan tidak sehat seperti sedang flu, batuk, sebaiknya tunda dulu untuk datang menjenguk Binar. Tidak hanya soal tertular penyakit flu, batuk, soal cara merawat kulit juga bikin dag-dig-dug loh.

Karena begitu bayi terlahir pasti akan melewati tahap perubahan kulit yang berbeda-beda. Ketika lahir mulus, berapa hari kemudian keriput, lalu terkelupas. Setelah beberapa hari terkelupas, kemerahan, baru normal lagi. Tetapi ada juga yang prosesnya bikin khawatir seperti yang dialami bayi teman saya, kulitnya muncul bintik merah mirip cacar air.

Alhamdullilah, anak-anak saya atau kakak-kakaknya Binar melewati tahap perubahan kulitnya tidak terlalu parah. Rata-rata kulit mereka begitu lahir mulus, lalu terkelupas mulai dari pipi, tangan, kaki. Perlahan-lahan setelah beberapa hari akan mulus kembali, kondisi perubahan ini yang perlu diperhatikan karena kalau tidak hati-hati bisa menyebabkan kulit bayi mengalami iritasi atau kemerahan. Terutama jika kulitnya termasuk jenis sensitif.

Kenapa saya  begitu khawatir dengan kondisi kulit bayi baru lahir? Selain dag-dig-dug melewati tahap perubahannya, karena ternyata kulit memiliki fungsi penting dalam tubuh manusia loh. Tidak sekedar membuat tubuh terlihat indah dengan tampilan kulit yang mulus.

Fungsi Kulit Bagi Tubuh

Melindungi tubuh dari bahaya
Kulit melindungi tubuh manusia dari mikroorganisme yang tidak terlihat oleh mata. Bahaya dari sinar UV matahari, atau juga benda-benda yang dapat melukai tubuh.

Berfungsi sebagai indra peraba
Selain dari indra penglihatan, indra pencium, indra pendengar, dan perasa, indra peraba juga memberikan peranan penting dalam kehidupan kita. Di kulit terdapat banyak sekali ujung-ujung syaraf sehingga kita bisa merasakan sensasi tekanan, panas, dingin dan sebagainya.

Untuk alat ekresi
Ekresi atau sebagai tempat keluarnya keringat pada tubuh. Keringat adalah sisa-sisa metabolisme kita setelah lelah melakukan aktivitas dan tidak terpakai lagi oleh tubuh. Sebanyak kurang lebih 1 liter keringat dalam sehari yang dikeluarkan oleh manusia melalui pori-pori kecil pada kulit.

Berfungsi sebagai pengatur suhu
Kulit berfungsi untuk menjaga suhu pada tubuh supaya tidak terpengaruh oleh suhu diluar tubuh. Artinya suhu atau kondisi badan tidak akan berubah meskipun suhu di lingkungan telah berubah.

Tempat menyimpan lemak
Lapisan paling bawah kulit atau yang dikenal dengan nama dermis berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan lemak.

Sebagai tempat pembuatan Vitamin D
Kulit memiliki provitamin D. Dengan dukungan dan bantuan sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh matahari, provitamin tersebut diubah menjadi vitamin D yang  berguna bagi tubuh.

 Kulit Binar lebih sensitif dibanding kulit kakak-kakaknya

Dan, ternyata kulit Binar lebih sensitif dibanding kakak-kakaknya dulu. Jadi kemarin setelah pulang dari rumah sakit pasca saya melahirkan Binar, perlahan kulit Binar mengalami perubahan dari putih menjadi lebih merah setelah dimandikan dan mengenal sabun mandi. Lalu perlahan kulitnya terkelupas, dan muncul bintik merah di bagian tertentu.

Melihat kulitnya begitu terkelupas tidak langsung mulus, tetapi timbul bintik merah di  bagian tertentu, saya jadi kawatir dan curhat ke dokter yang menangani waktu Binar lahir. Dokter memberi saran karena bayi baru lahir rata-rata memiliki kulit sensitif, sebaiknya jangan dimandikan seperti orang dewasa. Sementara cukup sehari sekali dengan penggunaan sabun yang secukupnya, atau sebaiknya gunakan produk bayi yang khusus untuk kulit sensitif biar benar-benar aman.

Cara merawat kulit



Salah merawat atau memilih produk perawatan kulit sensitif dan kering, bisa-bisa terkena ruam, bintik merah, maupun alergi. Oleh karenanya, pastikan produk yang dipilih mengandung bahan-bahan alami terbaik bagi kulit. Mungkin tanpa disadari saya salah dalam merawat dan memilih produk perawatan kulit untuk Binar, jadi deh muncul bintik merah, hiks. Andai saya tahu kalau kulit Binar sensitif.

Lalu, kenapa harus memilih organik? Menurut penuturan dr Adithia Kwee di laman klikdokter, tanaman organik lebih segar dan lebih sehat karena tidak mengandung bahan kimia berlebihan, seperti pupuk kimia dan pestisida. Penanganan tumbuhannnya juga dilakukan secara alami, sehingga baik untuk kulit ekstra sensitif.

Berikut adalah daftar bahan organik yang baik untuk kulit:

Natural Organic Oat : Oatmeal dikenal baik dikonsumsi untuk kesehatan karena kaya akan serat dan vitamin sehingga memberikan energi sepanjang hari. Selain itu oatmeal juga berkhasiat bagi kulit si kecil karena sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi ruam, gatal pada bayi, dan bintik merah pada kulit bayi. Selain itu, penggunaan produk yang  mengandung oatmeal juga melembabkan dan membantunya terasa lembut dan lentur.

Natural Organic Olive Oil: Minyak zaitun bukan hanya memiliki tempat tersendiri di dapur, tapi juga di dunia kecantikan. Selain memberikan manfaat besar bagi kulit orang dewasa, minyak zaitun juga menjadi pelembab sempurna untuk kulit bayi. Kandungan lemak sehat, vitamin E, antioksidan fenolik, asam squalene, dan oleat, membuat minyak zaitun ampuh menjaga kelembaban dan kesehatan kulit.

Natural Organic Argan Oil : Kebanyakan Bunda mengeluhkan masalah kulit bayi kering dan sulit mencari produk perawatan kulit yang tepat. Salah satunya bahan alami yang dipercaya dapat menjaga kulit bayi agar tetap lembab adalah minyak argan. Telah menjadi rahasia kecantikan orang-orang Maroko kuno, minyak argan murni memiliki  kadar vitamin E hampir 300%  lebih banyak dari minyak zaitun.

Tidak heran jika minyak argan cocok digunakan untuk merawat kulit dan rambut bayi. Selain tidak berminyak dan mudah meresap, minyak argan secara alami juga bisa memberikan kilau pada rambut sehat. . Bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan kerak kepala, atau dikenal dengan cradle cap.

Natural Shea Butter : Superfood bagi kulit  ini berasal dari biji buah pohon shea dan kaya akan vitamin A dan E. Selain memberikan perlindungan terhadap sinar matahari, shea butter telah digunakan di negara-negara afrika untuk  merawat kulit dan rambut, berkat kandungan asam lemak esensial di dalamnya.

Selain mengunci kelembapan alami, produk yang mengandung shea butter juga membantu mengurangi iritasi dan memicu produksi kolagen alami. Jika digunakan dalam jangka waktu panjang, kulit akan terlidungi dari kering dan terkelupas.

Wah, sepertinya produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan alami atau organik lebih cocok buat Binar ya? Kebetulan Cussons Baby memiliki serangkaian produk yang mengandung bahan organik untuk bayi dengan kulit sensitif, Cussons Baby SensiCare.


Cossons Baby SensiCare terdiri dari beberapa produk diantaranya gentle hair & bodywash, 24 hr daily moisturizing lotion dan intensive shoothing creamCara merawat kulit Binar bisa dipraktekkan untuk merawat kulit bayi baru lahir, terutama yang memiliki kulit sensitif nih:

CUSSONS BABY SENSICARE GENTLE HAIR & BODY WASH
Nett 200ml
BPOM NA 18181001021
RP.140.000,-


Cussons Baby Sensicare gentle hair & bodywash ini produk 2 in 1 jadi praktis bisa untuk sabun mandi sekaligus shampoo. Binar memiliki rambut yang tidak setebal kakaknya, tetapi tetap butuh dikeramas agar tidak timbul ketombe atau kerak kepala karena endapan keringat. Tekstur Cussons Baby Sensicare gentle hair & bodywash mirip gel dan tidak menimbulkan busa yang  berlebihan ketika dicampur ke dalam air, sehingga tidak membuat kulit kering.

Harumnya saya sangat suka sekali, seperti aroma kue menurut saya, hehehe. Pokoknya setelah Binar mandi jadi pengen menciumnya terus deh. Mungkin aromanya menggoda karena mengandung Organic Oat, Organic Olive Oil, Argan Oil dan Ceramide, yang merupakan bahan organik atau bahan alami yang baik untuk merawat kulit sensitif seperti yang sudah diulas di atas.


Kalau menggunakan Cussons Baby Sensicare gentle hair & bodywash saya tidak kawatir untuk memandikan Binar sehari dua kali, karena sehabis mandi rambut dan kulitnya terasa lembut ketika diraba. Cussons Baby Sensicare gentle hair & bodywash tidak perlu diragukan lagi:

- Sudah teruji secara dermatologi dan diterima oleh dokter anak
- Terbukti klinis lembut di mata dan meningkatkan kelembaban pada kulit kering
- pH seimbang
- Dapat digunakan untuk tubuh, rambut dan wajah
- Hypoallergenic

CUSSONS BABY SENSICARE 24 HR DAILY MOISTURIZING LOTION
Nett 200 ml
BPOM NA 18170104476
Rp.170.000,-


Setelah dimandikan, selanjutnya Binar saya pakaikan Cussons Baby Sensicare 24hr Daily Moisturizing Lotion ke seluruh kulit tubuhnya agar lebih lembab. Meski tekturnya watery, tetapi ketika dioleskan tidak lengket karena cepat meresap ke kulit. Selain melembabkan, Cussons Baby Sensicare 24hr Daily Moisturizing Lotion memberikan sensasi rasa dingin yang nyaman di kulit, pokoknya cocok dipakai untuk bayi baru lahir.


Untuk aromanya sama dengan Cussons Baby Sensicare gentle hair & bodywash, termasuk kandungannya dari bahan alami Organic Oat, Organic Olive oil, Shea Butter dan Ceramide. Lotion ini memberi kelembaban hingga 24 jam, jadi tidak perlu dioles berulang-ulang, simpel banget kan? Juga tidak perlu diragukan lagi karena:

-  Sudah teruji secara dermatologi dan diterima oleh dokter anak
- Terbukti klinis meningkatkan kelembaban kulit sampai 24 jam pada kulit kering, dan dengan   formula Dermoprotective yang memberikan perlindungan pada kulit.
- pH seimbang
- Hypoallergenic

CUSSONS BABY SENSICARE INTENSIVE SOOTHING CREAM
BPOM NA 18170103523
Nett 50ml
Rp.70.000,-


Nah, untuk produk Cussons Baby SensiCare ini saya gunakan spesial untuk dibagian-bagian tertentu kulit Binar yang terdapat bintik merahnya dan juga pada kulitnya yang terkelupas atau  sangat kering. Karena Cussons Baby Sensicare Intensive Soothing Cream 3x kaya pelembab, untuk kulit yang sangat kering. Hasilnya?

Alhamdullilah, bagian kulitnya yang terkelupas  setelah dioles Cussons Baby Sensicare Intensive Soothing Cream selama tiga hari sudah  mulus lagi, sekarang tinggal merawat kulit yang muncul bintik merahnya. Oya, meski teksturnya sangat kental,  Cussons Baby Sensicare Intensive Soothing Cream tidak lengket di kulit, langsung meresap dengan sensasi rasa dingin di kulit. Setelah pakai, kulit diraba terasa lembab dan lembut sekali.


Aromanya sama dengan produk Cussons Baby SensiCare lainnya yang juga mengandung bahan alami untuk kulit sensitif, Organic Oat, Organic Olive Oil, Shea Butter dan Ceramide, produknya pun tentu saja sangat terpercaya karena:

- Sudah teruji secara dermatologi dan diterima oleh dokter anak
- Terbukti klinis meningkatkan kelembaban kulit sampai 24 jam pada kulit kering, dan dengan   formula Dermoprotective yang memberikan perlindungan pada kulit.
- pH seimbang
- Hypoallergenic

Sekarang merawat kulit bayi baru lahir tidak perlu cemas lagi bukan? Saat memandang Binar dengan kulit yang sudah tidak bermasalah lagi, bikin saya happy.

Untuk info lebih lanjut tentang CUSSONS BABY SensiCare:









  • Share:

You Might Also Like

32 komentar

  1. Adek Binar sama nih kayak keponakan aku, kulitnya sensitif. Keponakan aku juga pakai produk-produk Cussons Baby.

    ReplyDelete
  2. Woo baru tau Cussons ada yg Sensi Care, cakep amat warna dan disain kemasannya. Aku gemash liat foto Binar yg pertama ituu

    ReplyDelete
  3. wah Bin Bin uda gede aja ya Mba. Gemes!

    ReplyDelete
  4. Waahh baru tau produk barunya cusson yg ini mbak. Boleh nih dicoba buat Faza yang kulitnya juga lumayan sensi.
    Btw, Binar gemesiiiiin. Sehat terus sayang :*

    ReplyDelete
  5. Binaaaarr,,, udah berapa bulan sekarang???
    iya bayi mesti ngeletek gitu kuliynta kudu pake perawatan poduk yang baik

    ReplyDelete
  6. Hiii..gemes...gemes..gemes sama Nak Binar. Tuh bandonya cocok banget deh. Betewe anak-anak saya dulu juga pakai produk CUSSONS BABY

    ReplyDelete
  7. walahhhh kulit binar persis ky rania nih mb.. sensitif.. pas baru lahir juga begitu.. selama ini aku pake satu merk sabun gak bisa ganti-ganti pake sabun bayi biasa yang banyak dijual di pasaran.. baru tau soal cussons ini.. pan kapan pengen coba.. mana tau ccocok.. kusudah bosan dengan wangi sabunnya yang sekarang.. haha

    ReplyDelete
  8. Selamat pagi adek Binar.
    Alhamdulillah ya Bund, tumbuh kembang dek Binar semakin membaik dan semakin keren dengan perlindungan cusson baby sensi care. Mau rekomin ini ah ke anak temen aku yang barusan lahiran misalnya ada kasus semacam ini. Dalam pengelupasan kulit.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulilah dpt pengetahuan baru lagi �� boleh yah saya rekomendasikan jg sama sepupu saya yang baru lahiran ��

    ReplyDelete
  10. Kayaknya baru kali ini ya Cussons mengeluarkan produk untuk kulit sensitif? Atau saya aja yang kudet. Tetapi, saya setuju kalau merawat kulit bayi memang harus hati-hati. Kalau produk Cussons memang sudah dipercaya sejak lama

    ReplyDelete
  11. Kulit bayi memang sensitif makanya harus nyari produk untuk anak yang zesuai ya mba

    ReplyDelete
  12. Sulungku kulitnya kayak Binar, aku kasih produk Cussons. Tapi nggak yang ini kayaknya, lupa udah belasan tahun lalu

    ReplyDelete
  13. Kulit Binar jadi mulusssss
    Emang kulit bayi itu banyak yang sensitif, sering ngelupas. Kalau sampai ada bintik2 merah, kudu waspada dan harus cari perawatan kulit bayi yang aman

    ReplyDelete
  14. Kemasannya cantik nih Cusson. Warnanya ungu pula. Produk premium ya? Kualitasnya pasti bagus.

    ReplyDelete
  15. Untung sekarang Ada yg cocok y mba.. jd gk biking khawatir unyun ngerawat kulit baby y

    ReplyDelete
  16. Waaaah, ini produk-produk premium dari Cussons Baby yaaa? Belum pernah nyoba yang varian premium ini Mbak.... Sepertinya bagus ya....

    ReplyDelete
  17. Penting bgt deh ada produk ini. Pernah mengalami jg punya bayi baru lahir yg kulitnya sensitif

    ReplyDelete
  18. Saki juga sempat ganti kulit waktu bayi, Alhamdulillah gak begitu parah. Dan dia cocok banget pakai Cussons baby Cream mild and gentle. Sampai skrg andalanku itu untuk kulit cantiknya Saki. Sampai kakak kakak iri, kok saki kulitnya putih dan bersih hehe

    ReplyDelete
  19. Kandungannya cussons sensicare ini bener2 juaranya melembabkan semua yaa, ada shea butter, olive oil, argan oil. Emang cocok banget buat kulit bayi :)

    ReplyDelete
  20. Agak ngeri dan perlu kehati-hatian kalau lihat kulit bayi yang baru lahir. Masih sensitif sekali kulitnya ya.. perlu dirawat dengan baik.

    ReplyDelete
  21. Waaah baru tau produk ini, kebetulan ini bayi keduaku juga agak sensitif kulitnya mbaa.. makasi referensinya

    ReplyDelete
  22. Namanya cantik banget, dedek Binar kulitnya sehat ya karena dirawat dengan produk perawatan bayi yang tepat

    ReplyDelete
  23. Maak..gemes banget aku lihat si dedek kecil ini tidurnya anteng gitu :)

    ReplyDelete
  24. kulit bayi memang banyak yang sensitif dan super kering ya mba. Enaknya sekarang banyak produk yang bsa bantu

    ReplyDelete
  25. Duh, jadi keingetan masa anak2 masih bayi. Aku suka sedih deh lihat kulit bayi2ku. Lecet, kemerahan, ruam2, dan ngelupas2. Dulu aku bingung gimana cara ngerawatnya. Untung ada mama yang bantuin. Beruntung ya mama zaman now mah ya. Ada produk yang bisa merawat kulit bayi. Terutama buat kulit bayi sensitif. Semoga gak ada lagi ibu yang sedih dan bingung kayak aku waktu dulu. :)

    ReplyDelete
  26. Gemas sama Binar... Belum pernah ketemu Binar nih aku mba. Moga sehat selalu ya
    Btw cussons Sensi Carenya solutif banget untuk mengatasi baby dgn kulit sensitif ya mba

    ReplyDelete
  27. Aku penhen jg beli sabun sama pelembabnya mbak. Buat Dema. Ini Dema msh suka pakai sabun baby soh soalnya kulitnya termasuk sensitif suka merah2 gtu. Tengkyu review dan info harganya

    ReplyDelete
  28. Dek Binar jadi lembut dan harum nih setelah pake Cussons Baby SensiCare yaaa... pengin ciyooomm... hhihihii nda boleh ya klo orang lain ciyom2 dedek ;)

    ReplyDelete
  29. Sekarang cusson baby banyak variannya ya,, dulu waktu anak2 masih kecil cuma produk yang biasa.

    ReplyDelete
  30. Binar pinter banget, nurut dimandiin. Hihi...
    Eh Cussons seingatku warnanya biru muda. Yang buat kulit sensitif ini ungu, tho

    ReplyDelete
  31. Aku malah fokes ke properti foto bayinya, kak...
    Pas banget sama produknya yaa...matching.

    Jadi pingin belajar foto bayik...
    MashaAllah~

    ReplyDelete
  32. Aku juga suka pakai skincare yg ada kandungan oat-nya.
    Baby kenapa ya banyak yg kulitnya sering mengelupas gitu, terasa perih gak ya mereka :(

    ReplyDelete