>

Tips Mencegah Demam Berdarah Agar Si Kecil #BebasMainTanpaNyamuk

By dunia eni - February 24, 2019



Banyak Korban DBD Setiap Tahunnya

"Si A meninggal padahal kemarin masih main di taman kompleks meski habis demam, tahu-tahu dibawa ke rumah sakit sudah kritis. Keluar darah dari beberapa bagian tubuhnya..."

Saya ingat cerita itu, seorang  gadis kecil yang satu pengajian dengan Mas Pijar meninggal karena demam berdarah atau DBD. Bukan sekali dua kali, tapi sejak dulu sering sekali mendengar korban meninggal akibat DBD, sehingga DBD seperti momok buat saya. Mungkin juga tidak hanya saya, tetapi semua masyarakat Indonesia yang dengan mudah menemukan korban-korban DBD di sekitarnya.

Tuh, kan saya jadi ingat juga kepergian seorang teman saat remaja akibat DBD yang dikira tipes. Lagi-lagi kasusnya sama, dibawa ke rumah sakit kondisi sudah kritis sehingga tidak tertolong. Dan banyak lagi yang tidak bisa saya ceritakan satu persatu, karena banyaknya. Serius, sampai saya memiliki ketakutan terhadap nyamuk DBD ini karena mengincar nyawa tanpa memandang bulu. Mirisnya Indonesia selalu jatuh korban DBD setiap tahun.

Tahukah, sepanjang  2019 ini Kementrian Kesehatan mencatat jumlah penderita DBD mencapai 16.692 dengan 169 orang diantaraya meninggal dunia, hiks. Baru periode Januari hingga 3 Februari jumlah korban sudah sebanyak itu, semakin parnolah saya sebagi orangtua. Kayaknya layak banget deh Indonesia masuk dalam gawat darurat DBD ya? Karena memang curah  hujan di Indonesia sangat tinggi sehingga meningkatkan perkembangbiakan nyamuk yang sinigfikan, termasuk salah satunya nyamuk berbahaya Aedes aegypti.


Pemerintah Menggalakkan Program Pemberantas Sarang Nyamuk : 3M Plus

Kondisi gawat darurat DBD ini sebenarnya sudah disorot pemerintah khusunya tentu saja Kementerian Kesehatan yang mengeluarkan Program Pemberantas Sarang Nyamuk dengan cara 3M  Plus yanng sudah dikampanyekan ke  masyarakat. Memang 3M Plus itu apa ya? Buat yang belum tahu atau belum familiar berikut ini 3M Plus:

1. Menguras Tempat Penampungan Air
2. Menutup Tempat Penampungan Air
3. Mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular demam berdarah, plus melakukan upaya pencegahan lainnya.

3M Plus ini sering juga tayang iklannya di televisi selain disounding oleh kader-kader masyarakat sehingga sebenarnya sudah sangat familiar. Tetapi memang pada prakteknya banyak masyarakat yang belum atau mungkin malas melakukan 3M Plus. Contoh kecilnya saya, kadang masih suka membiarkan barang bekas bertumpuk di rumah seperti buku bekas, tas-tas yang sudah tidak terpakai, dan lain sebagainya. Hayo, jangan lupa periksa rumah kalian, apakah masih banyak barang bekas menumpuk?

My Baby Minyak Telon Plus Lengkapi Perlindungan 3M Plus



Curah hujan awal tahun 2019 ini memang lumayan parah, ditambah kadang berubah jadi panas, pancaroba tiba dan nyamuk demam berdarah kembali menghantui. Rasaya setiap tahun selalu dibuat cemas hadirnya si Aedes aegypti, bertepatan dengan kondisi ini saya mendapat undangan dari MBC ke acara peluncuran My Baby Minyak Telon Plus dengan formula baru dan kemasan yang baru juga. Siapa yang juga memakai My Baby Minyak Telon Plus?

Untuk baby Binar saya  baru pakai bulan ini nih, karena suka aromanya, bikin nyaman gitu deh. Awalnya sih, anak tetagga yang suka main ke rumah pakai My Baby Minyak Telon Plus, terus saya jadi coba ikutan pakai dan suka banget sama aromannya. Sekali oles ke permukaan kulit, aromanya awet lama, tidak percaya? Cobain deh.

Kembali ke topik peluncuran My Baby Minyak Telon Plus dengan formula baru dan kemasan yang baru , acara ini dihadiri oleh 3 narasumber:



1. Dahlia Yolanda - GM Brand Portfolio & Innovation CCHC PT Barclay Products
2. Prof. Drh.Drh. Upik Kesumawati HAdi, MS. PhD -Kepala Unit Kajian Pengendalian Hama Pemukiman (UKPHP) IPB
3. Shireen Sungkar - Selebriti sekaligus ibu muda

Dalam acara ini Prof Upik menjelaskan, "Berdasarkan penelitian, nyamuk Aes aegypti telah mengalami perubahan perilaku adaptif. Jika sebelumnya nyamuk jenis ini lebih banyak aktif mengisap darah di siang hari, kini ia juga aktif menghisap di malam hari. Uniknya dalam berkembang biak, nyamuk ini tidak hanya mampu bertelur di air yang jernih, tapi juga di air yag berpolusi-sehingga jentiknya dapat ditemukan di berbagai tempat baik di dalam, maupun luar rumah. Meski begitu ketika dewasa, nyamuk Aedes aegypti betina sebagai pembawa virus dengue, lebih senang di dalam ruangan, serta membutuhkan darah manusia untuk membantu perkembangan telurnya."



Ya Allah, serem banget kan dengar penjelasan Prof Upik bikin saya tambah parno dan berpikir harus melindungi keluarga siang malam dari gigitan nyamuk Aedes aegypti.

"Upaya menekan penyebaran demam berdarah membutuhkan kontribusi semua pihak. Pemerintah telah menggencarkan inisiatif 3M Plus dan telah dilaksanakan aktif oleh masyarakat. Sebagai pemimpin pasar inovator di industri minyak telon tanah air, My Baby memiliki keperdulian besar atas mendesaknya kebutuhan masyarakat terhadap produk untuk anak yang aman, serta mampu melindungi dari gigitan nyamuk, terlebih di tengah maraknya penyakit DBD seperti saat ini. Melengkapi upaya pencegahan, My Baby Minyak Telon Plus dengan formula baru hadir guna membantu melindungi pengguna dari gigitan nyamuk hingga 8 jam, guna memberi ketenangan bagi para ibu, sekaligus kenyamanan pada si kecil kapanpun, dan dimanapun..."

Duh, ucapan Ibu Dahlia Yolanda membuat hati saya..nyesss, adem. Jadi ternyata My Baby Minyak Telon Plus makin berinovasi dengan formula baru citronella (minyak sereh), chamomile dan eucalyptus untuk membantu menangani bahayanya gigitan nyamuk Aedes aegypti. Apalagi pernyataan Ibu Dahlia Yolanda dibenarkan pula oleh Prof Upik:





"Saya pribadi bersama tim di IPB berkempatan melakukan pengujian terhadap formula baru My Baby Minyak Telon Plus. Hasilnya, ekstrak bahan alami yanng diformulasikan pada produk ini, terbukti mampu mencegah gigitan nyamuk, termasuk jenis nyamuk Aedes aegypti hingga 8 jam..."

Alhamdullilah, Pokoknya sampai rumah nanti anak-anak setiap pagi dan sore hari akan saya oleskan My Baby Minyak Telon Plus.

Shireen Sungkar yang berapa waktu lalu saya lihat di televisi mengalami musibah keluarganya kena DBD, nyaris orang serumah kalau tidak salah, karena saya hanya menyimak sekilas ikut berbagi cerita di acara peluncuran My Baby Minyak Telon Plus ini, "Awalnya saya tidak mengira kalau jentik nyamuk Aedes aegypti ini bisa hidup di tampungan air aqua, karena kan setiap hari kita aktif minum. Tapi ternyata tanpa dibersihkan dengan benar tampungan air aqua bisa jadi tempat jentik nyamuk Aedes aegypti."



Hal itu dibenarkan oleh Prof Upik, makanya bak mandi jangan hanya sekedar dikosongkan airnya, tapi juga dikuras dengan disikat bersih minimal seminggu sekali. Sehingga jentik nyamuk Aedes aegypti tidak dapat bersarang di sana. Catet ya, ibu-ibu!

Tips Mencegah DBD Agar Si Kecil #BebasMainTanpaNyamuk



Pulang dari acara peluncuran My Baby Minyak Telon Plus dengan formula baru dan kemasan yang baru membuat perasaan saya lebih lega dan tentu saja jadi lebih waspada untuk menghadapi serangan nyamuk Aedes aegypti ini, seperti kata Shireen :

"Memasuki musim penghujan, kondisi kesehatan anak menjadi prioritas yang kerap mengkhawatirka saya sebagai ibu dengan tiga anak. Apalagi dengan tingginya kasus penyakit demam berdarah. Di satu sisi, di masa pertumbuhannya, saya ingin anak-anak dapat tetap bebas bermain dan beraktivitas di kondisi apapun. Namun di sisi lain, saya ingin memastikan kondisi kesehatan mereka tetap terjaga. Perlindungan ekstra yang diberikan My Baby Minyak Telon Plus,  memberikan kenyamanan sekaligus mengurangi kecemasan bagi saya sebagai seorang ibu, serta memungkinkan si kecil untuk dapat #BebasMainTanpaNyamuk."

Maka berikut ini tips dari saya untuk mencegah DBD agar si kecil #BebasMainTanpaNyamuk:



1. Lakukan 3M yang dianjurkan oleh Pemerintah

2. Bersihkan dengan menyikat kamar mandi minimal seminggu sekali

3. Bersihkan lingkungan dalam rumah, termasuk kamar, ruang tamu, minimal sehari sekali

4. Waspadai jam tayang nyamuk Aedes aegypti yakni pagi pukul 9-11 dan sore pukul 3-5

5. Oleskan My Baby Minyak Telon Plus setiap 8 jam sekali

6. Jika anggota keluarga ada yang demam jangan lupa jaga asupan cairannya dan segera bawa ke tenaga medis jika demam tinggi mendadak bisa mencapai 40o  tanpa gejala batuk pilek selama 2-7 hari, karena ini salah satu gejala DBD.

Bismillah, semoga keluarga kita selalu dilindugi dari penyakit yang berbahaya, aamiin.

  • Share:

You Might Also Like

25 komentar

  1. Mbaa.. aku aja masih suka bawa di tas.. aku suka minyak telon My Baby ini hehe

    ReplyDelete
  2. Nice info mbak. Makasih top news nya. Sekarang jadi tahu jam tayang nyamuk DBD juga cara mengatasinya ^^

    ReplyDelete
  3. DBD ini memang seram sekali ya, sekarang kalau anak panas saya juga jadi langsung kwatir. Selain melakukan 3M untuk mencegah DBD memakai minyak telon anti nyamuk seperti My Baby ini memang ampuh sekali. Semoga dijauhkan ya anak-anak kita dari penyakit DBD

    ReplyDelete
  4. iya musim hujan tuh musim nyamuk, kudu sering oles2 minyak telon biar nyamuk gak mau dekeettt

    ReplyDelete
  5. Makin ngeri aja nih nyamuk aides aegypti ini. Sudah nggak kenal waktu aja saat menggigit dan tempatnya bersaranh pun bisa dimana saja tidak mesti di tempat yang bersih. Jadi harus makin waspada

    ReplyDelete
  6. duh ngeri ya, saya pun pernah terkena dbd saat kecil dan sempat di masa kritis karena penanganan yang terlambat, saat ke klinik dokter yang menangani awalnya bilang typus.
    sekarang lebih ngeri ya, ternyata si nyamuk sudah mengalami perubahan adaptif.

    ReplyDelete
  7. Aku parno banget sama DB, selain 3M juga nanem tanaman-tanama pengsuir nyamuk kaya lavender, rosemary dan sereh.Kalau ada miyak sereh yang wanginya enak kaya MyBaby Telon ini mau ah beli, buat anak-anakku :)

    ReplyDelete
  8. Berfungsi ganda ya MY BABY Minyak Telon Plus ini Mbak, selain untuk memberikan kehangatan dan kenyamanan juga sekaligus melindungi dari gigitan nyamuk. Jadi satu produk bias dua fungsi. Enggak perlu lotion anti nyamuk lagi

    ReplyDelete
  9. aku pernah pakai juga mba, my baby yang 8 jam ini, memang wangi serehnya tercium sekali ya mba, harganya sangat ekonomis menurutku.

    ReplyDelete
  10. Saya sejak kecil musuhan ama nyamuk, kebawa sampai dewasa.
    Dan paling ngomel kalau liat anak2 atau suami tidur di tempat asal2an yang banyak nyamuk.
    Pun juga rela deh capek beberes asal sekeluarga bebas gigitan nyamuk

    Minyak telon mybaby ini favorit banget buat anak saya.
    Sampai2 wanginya udah familier banget dan bikin ga waswas mengusir nyamuk

    ReplyDelete
  11. Pipi, tangan dan kaki anak saya nih suka jadi sasaran emput gigitan nyamuk. Udah kulitnya putih ehhh jadi nampak aneh banget pas ada bekas gigitan nyamuknya :)
    Saya dirumah juga punya minyak telon ini. Dulu beli karena klaimnya bisa memghindari gigitan nyamuk.
    Semoga kita semua terhindar dari DB..

    ReplyDelete
  12. ngeri banget ya mba DB di Cimahi juga sedang darurat DB sampe rumkit penuh sama pasien DB makanya aku jadi parno pas si sulung demam ga turun2 untungnya diagnosanya bukan DB alhamdulilah so skrg aku jaga keluarga salah satuny juga aku stock my baby sebenarnya produk ini sudah aku pake sejak sis ulung lahir hingga kini aku pake karena khasiatnya

    ReplyDelete
  13. Iya mbak eni masuk musim kyk sekarang nyamuk makin banyak ya mbak, emang kudu diatas dan diantissipasi supaya anak2 kita gak mudah digigit nyamuk apalagi amit2 kena DB. Caranya ya 3M Plus itu yaaaa

    ReplyDelete
  14. Iya bener musin hujan musin dbd, jadi siap siaga dengan My Beby Telon dari bahan alami sereh. Yuk akh siapkan buat si kecil di rumah

    ReplyDelete
  15. suka bnaget sama harumnya mybaby ini, wangi khas bayi banget yah. Dan memang efektif bebas nyamuk ini mah

    ReplyDelete
  16. Mbak, sekarang anak-anakku jadi pada ketagihan dilijat pake my baby minyak telon plus loh. Abis mandi mandi udah pada ambil posisi aja buat dioles-oles, aku sampe ngakak 🤣

    ReplyDelete
  17. Auto flashback ke awal Januari kemarin, barengan Alfath nginep di RS karena dia kena DB, sediiih banget banget :(
    Semenjak itu perlengkapan perang di rumah semakin ditambah dan diperketat, haha. Baru tahu ada My Baby Minyak sereh, harus punya nih apalagi ada bayi kecil di rumah. HushHush DB..

    ReplyDelete
  18. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun.. Ikut berduka ya Mba, temen sepengajiannya mas Pijar kena DB.. :( Banyak banget korbannya.. Aku
    pun ikut parno jadinya.. Cus, besok pagi mau nguras bak mandi, bersih-bersih rumah lagi.. Iya, nih, aku pernah olesin anak-anak MyBaby plus juga.. Enak juga wanginya..

    ReplyDelete
  19. Ya Allah..jgn sampai ya kita kena DBD. Semoga senua sehat-sehat terus. 3M perlu dilakukan nih..sering-sering ngecek keliling rumah. Tips no.5 boleh juga tuh mba aku lakukan ke anak-anak. Oleskan Minyak trlon my baby ..

    ReplyDelete
  20. DBD ini seram banget ya Mbak, menakutkan deh. Semoga kita semua terlindungi dari bahaya DBD yang mengancam setiap saat ini.
    Wangi telon My Baby ini emang enak banget, lembut.. Saya juga suka :)

    ReplyDelete
  21. beberapa hari yang lalu ponakan lg main diluar, lah itu ada nyamuk nempel di pipinya, gede banget! langsung keingetan skarang emang lagi musin DBD ya.. kebetulan dirumah juga pakai MyBaby Plus, perlindungan hingga 8jam.. wangi nya enak dan bener anak2 jd gak dinyamukin lagi

    ReplyDelete
  22. Daun sereh memang baunya mantap ya. Bisa usir nyamuk. Sekarang lebih praktis dengan My Baby Minyak Telon.

    ReplyDelete
  23. DBD ini mesti diwaspadai banget ya mbak Eni, soalny ada temenku yang udah ken DBD. Apalagi kl yg terjangkit ank2, kasian banget kan

    ReplyDelete
  24. Berarti minyak telon my baby bau2 sereh gitu ya, Mba. Enak dong ya. Sudah menghangatkan wangi khas sereh pula. ^_^

    ReplyDelete