>

Aqua Danone Merayakan Hari Ginjal Sedunia

By duniaeni - March 29, 2019



Hari Ginjal Sedunia



Sudahkah minum air putih hari ini? Tentu saja minum air putih tidak hanya segelas dua gelas. Bahkan tidak hanya 8 gelas, tapi disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing yakni berdasarkan tinggi dan berat badan. Dan, tahukah apa saja efek kekurangan air putih bagi tubuh kita yang 70%  sebagian mengandung air?

Tidak hanya mengakibatkan dehidrasi, tetapi juga pemicu kanker, wasir, infeksi saluran kemih, sampai gagal ginjal. Duh, seram banget ya, jadi ingat kalau saya sering tidak minum air putih sesuai kebutuhan tubuh, alasannya beragam. Kadang karena males minum air tidak berasa dan berwarna (air putih), kadang males ke toilet. Kalian gitu juga gak sih? Apalagi kalau dalam perjalanan jauh yang toiletnya langka atau ke lokasi yang toiletnya bikin gak pengen buang air kecil.

Ternyata semua kebiasaan itu harus kita hentikan demi kesehatan tubuh ini, terutama ginjal. Kebetulan tanggal 24 Maret 2019 kemarin berlokasi di CFD Thamrin Aqua Danone yang merayakan Hari Ginjal Sedunia menggundang para blogger buat hadir juga, demi apa coba? Ya, demi mengkampanyekan hidup sehat dengan minum air putih ke masyarakat, mengingat masyarakat kita ini masih banyak yang malas minum air putih.

Padahal efeknya dari alasan receh itu jadi tidak receh loh, berbaris penyakit datang efek dari kurang minum air putih ini, duh seram pokoknya. Karena kondisi ini maka dunia sampai memperingati sebagai Hari Ginjal Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Maret, dan Aqua Danone sebagai perusahaan yang perduli dengan kemanusiaan memiliki misi membantu meningkatkan status kesehatan masayarakat, salah satunya dengan ikut berperan dan merayakan Hari Ginjal Sedunia.

Makanya saya senang betul  bisa ikutan dalam acara ini meski harus bangun pagi buta menembus perjalanan Depok-Jakarta, hehehe. Apalagi Aqua Danone menghadirkan narasumber yang membuka mata tentang pentinganya air putih bagi tubuh kita. Pokoknya baca sampai tuntas ya, setelahnya percaya deh jadi takut kurang minum air putih.

Karena perlu diketahui penderita ginjal mencapai dua kali lipat lebih tinggi dari jumlah orang yang mengindap penyakit diabetes (422 juta) dan 20 kali lebih banyak dari prevalensi kanker (42 juta) di dunia. Tercatat sekitar 850 juta orang di dunia mengindap penyakit ginjal.

Pentingnya Air Putih Bagi Tubuh




Acara CFD hari ini terasa istimewa karena adanya acara memperingati Hari Ginjal Sedunia yang diadakan oleh Aqua Danone sebagai pelopor air mineral, saya sudah mengenal Aqua sejak tahun 1987 loh. Kalau tidak salah saat itu segalon Aqua harganya Rp2500, hingga sekarang kami berlangganan Aqua harganya segalon hampir Rp20.000, hehehe. Selain memperingati Hari Ginjal Sedunia, Aqua Danone juga meresmikan peluncuran inovasi hydration calculator yang dapat secara tepat menghitung kebutuhan dehidrasi untuk setiap orang.

Beragam aktifitas diadakan oleh Aqua Danone, dari mulai kegiatan olahraga zumba, fun walk, uji ketangkasan yang sempat saya ikuti. Alhamdullilah, ternyatas saya masih bisa fokus dengan baik, dan beberapa acara lainnya yang semua serba bertema kesehatan. Tidak hanya teman-teman blogger dari Komunitas Emak Blogger (KEB), tapi juga banyak undangan lain seperti selebriti hingga masyarakat biasa.


(Foto by Nunu Halimi)

Area tempat Aqua Danone membuka acara memperingati Hari Ginjal Sedunia terdapat booth-booth yang memberikan inspirasi untuk hidup sehat, mencintai lingkungan, menjaga kebersihan dan lain sebagianya. Setiap booth ini bagus juga dibuat foto bersama-sama loh, hehehe. Tetap ya, foto-foto jadi bagian yang tidak terlupakan.

Namun yang paling penting dari acara ini mengikuti talkshow yanng diadakan di salah satu tenda Aqua Danone dengan narasumber diantaranya ada Dr.dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Dekan FKUI yang membahas tentang pentingnya air, akibat tubuh kekurangan air, bagaimana air mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Cukup lengkap penjelasannya bikin semakin menyadari kalau diri kita memang wajib mengasup air putih sesuai kebutuhan masing-masing.



Coba bayangkan ya, kata dr Ari tubuh kita membutuhkan air salah satunya untuk membuat BAB teratur karena jika BAB tidak teratur, terendap lama dalam usus besar menjadi toksin yang berbahaya maka tidak hanya menyebabkan wasir, tapi efek lain seperti kanker.

Ya Allah, serem banget karena saya sering tidak teratur BAB sejak kecil hingga dewasa. Bahkan saya pernah terkena wasir yang cukup menyakitkan. Kalau begini siapa yang merugi, padahal hanya rasa malas buang air kecil, malas minum air tanpa rasa. Tapi saya sudah mulai merubah kebiasaan malas minum air putih kok, terutama dalam tahap menyusui Binar yang  otomatis lebih banyak butuh asupan air putih.

Jadi ingat cerita tetangga saya, suaminya pekerja lapangan dan sering kondisi tidak menyediakan toilet yang memadai, menahan air kecil, kurang minum air putih, akhirnya ginjalnya kena. Alhamdullilah belum parah sehingga masih bisa disembuhkan, coba kalau sampai tahap gagal ginjal? Semua orang pasti tidak menginginkannya.

Berikut cara menjaga kesehatan ginjal:
1. Mengatur pola makan
2. Aktif bergerak
3. Menjaga berat badan
4. Menghindari konsumsi alkohol dan rokok

Kalau dr.Diana menyarankan agar tidak lupa minum air putih teratur karena selain males buang air kecil, malas minum tidak berasa, kita sering lupa untuk minum air putih sesuai kebutuhan tanpa menunggu haus, Tips dr.Diana biasakan habis bangun tidur, habis makan untuk minum air putih dan taruh tempat air minum di meja kerja.

Selain dr. Ari, dr. Diana, artis Adina Wirasti yang cukup terkenal menggemari hidup sehat dengan olahraga rutin, terlihat ya dari tubuhnya. Adina sharing tentang bagaimana kegiatannya yang membuat dia membutuhkan air putih lebih dari 8 gelas sehari, bagaimana kadang teman-temannya malas minum air putih karena malas ke toilet, apalagi toilet shooting sering tidak memadai. Untungnya Adina ini tidak demikian karena lebih mengutamakan kesehatan tubuhnya, terutama ginjal.

AQUA Danone Air Putih yang Memiliki PH Natural



Lalu apakah semua airr putih itu bagus untuk tubuh? Dalam arti  untuk kesehatan tubuh agar benar-benar kebutuhan tubuh kita akan air terpenuhi dengan baik. Menurut dr.Ari tentu saja air yang baik untuk tubuh kita yang memiliki PH natural atau cukup untuk tubuh, salah satunya air putih yang memiliki PH natural adalah Aqua Danone. So, jangan lupa untuk minum air putih ya!



  • Share:

You Might Also Like

19 komentar

  1. Ternyata air putih banyak bgt manfaatnya dan efeknya ya kalau kita kurang air putih, penyakit yg timbul juga serem seperti penyakit gagal ginjal.

    ReplyDelete
  2. Saya sendiri rajin minum Air putih itu e menjual menyusui. Efeknya banyak banget, bukan cuma ASI yang lancar tapi juga jerawat berkurang. 😆

    ReplyDelete
  3. Minum air putih itu penting buat kesehatan tapi kadang kalau lagi banyak kerjaan kadang lupa harus minum padahal gak boleh kaya gini ya bisa berpengaruh ke ginjal.
    Aqua sebagai peloopr air dalam kemasan juga ikut berpartisipasi ya supaya masyarakat bisa tetap hidup sehat

    ReplyDelete
  4. Danone konsen banget dengan masalah kesehatan ya. Tapi bener sih, air putih penting banget bagi kesehatan tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan ginjal. Jangan sampai deh kena sakit ginjal, nggak kebayang rasanya (berat diongkos dan pastinya nggak nyaman juga hidup jadinya)

    ReplyDelete
  5. Memang ya konsumai air putih ini tidak bisa disepelekan. Dan untuk minum itu kita seharusnya tidak perlu menunghu haus. Rajin minum aja. *mengingatkan diri sendiri yang males banget minum air putih.

    ReplyDelete
  6. Aqua dan Hari Ginjal, sama sama saling mendukung ya. Bagaimanapun manusia memang harus mengkonsumsi air minum 8 gelas per hari. Itupun terkadang masih saja ada yang suka kurang, dengan alasan malas ambil minumlah. Dan sekarang aku langsung ambil gelas dan mengisi dengan air minum.

    ReplyDelete
  7. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan ya mba eni. Aku inget banget bapaknya sahabat aku meninggal karena gagal ginjal. Semasa hidupnya dia ga doyan air putih :(

    ReplyDelete
  8. Pesan dari kegiatan ini sangat bangus, related banget dengan kehidupan kita sehari-hari bahwa menjaga kesehatan itu penting, khususnya kesehatan ginjal, dengan menjaga makanan dan perbanyak minum air putih, InshaAllah terjauh dari permasalahan ginjal ya mbak.. semoga edukasi seperti ini semakin tersebar luas agar masyarakat semakin paham

    ReplyDelete
  9. Aqua ini termasuk air mineral yang dari dulu sampai sekarang paling saya suka rasanya. Dan gegara itu saya jadi doyan minum banyak air mineral.

    ReplyDelete
  10. Pentingnya air putih bagi tubuh. Saya orang yang memang suka banget minum mbak, karena tahu manfaatnya baik apalagi kalau urusan sama ginjal.

    ReplyDelete
  11. Minum air putih yang banyak nih masih jadi PR ku, karena aku males bolak balik ke kamar mandi. Padahal efeknya bagus untuk ginjal ya.

    ReplyDelete
  12. Baru tahu, tanggal 14 maret adalah hari ginjal. Keren banget nih kegiatan Aqua Danone saat memperingatinya dan mengingatkan kita akan pentingnya mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya.

    ReplyDelete
  13. Emang air putih itu banyak manfaatnya, tapi sering juga banyak yang mengabaikan. Ini pengingat juga sih buat diriku biar makin rajin minum air putih, dan mengingatkan anak2 juga.

    ReplyDelete
  14. Kalau ginjal sudah rusak duhhh menguras tenaga dan uang juga, jadi inget papa ku beberapa tahun lalu harus menjalani cuci darah rutin.

    ReplyDelete
  15. Udah lama gak ikutan funwalk, pastinya seru banget ya funwalk rame2.
    Memang penting menajaga ginjal ya mbak, salah satunya dengan minumair putih yang cukup, minimal 8 gelas sehari.

    ReplyDelete
  16. AKu selalu paksakan ingat minum air putih mba.. soalnya memang penting banget dan sangat terasa kalau kita kekurangan minum badan jadi ngga enak

    ReplyDelete
  17. Baru tau lho ada hari ginjal sedunia..jd mengingatkan jg biar banyak minum...peer banget buatku..

    ReplyDelete
  18. Baru tau ada Hari Ginjal Sedunia. Walau ginjal ada dua, tetap perlu dijaga dengan sangat.

    ReplyDelete
  19. Saya juga kadang malas minum air putih Mbak krna malas bolak balik ke toilet, apalagi saat hamil gini, klo banyak minun makin sering BAK.
    tp duuh sereeemm yaaa klo gak minum sesuai kebutuhan, gak mau lagi deh malas minum. Huhuhuh

    ReplyDelete