>

Mengapa Anak Cerdas Sulit Belajar di Sekolah?

By duniaeni.com - April 30, 2019



Semua anak terlahir dengan cerdas, hanya kecerdasan yang dimiliki berbeda-beda dan memiliki masing-masing bidangnya.

Sudah sering mendengar kalimat itu? Untuk yang sudah membaca atau mengetahui tentang kecerdasan  majemuk, pasti paham akan kecerdasan masing-masing anak ya. Walau demikian tetap saja kita sebagai orangtua kawatir ketika dalam pelajaran sekolah anak mengalami kesulitan, karena hampir semua pelajaran tidak begitu menguasai. Sementara sesunggunya anak kita cerdas.




Jika anak tidak pandai matematika, seperti dalam kecerdasan majemuk anak bisa jadi pintar dalam bahasa Indonesia atau kesenian mungkin, atau sebaliknya. Intinya ada salah satu pelajaran di sekolah yang menonjol dan dikuasai dengan baik

Nah, yang saya alami adalah anak pertama saya hampir semua kesulitan pelajaran di sekolah,  nilai lainnya tidak pernah mengalami perubahan sejak SD hingga SMP, standart saja. Padahal dia termasuk anak cerdas, kreatif, berani, rasanya sayang kalau sampai tidak maksimal di sekolah, sementara sebenarnya dia bisa. Sempat berpikir ada apa ini?

Sempat juga diskusi dengan beberapa teman dan juga gurunya waktu SD, ternyata anak saya memang tidak  bisa belajar dengan fokus, harus dalam kondisi yang santai, sesuai dengan hatinya. Tidak bisa belajar dengan sistem yang disiplin luarbiasa, seperti harus tenang, harus sesuai dengan materi yang sama persis, harus duduk rapi. Lalu dicoba belajar dengan sistem yang lebih santai, lebih akrab dengan gurunya. Hasilnya ada, tapi tidak terlalu banyak.

Akhirnya anak saya yang sesungguhnya (menurut saya) pintar di musik seperti main biola, akhirrnya tidak melanjutkan hanya karena merasa tidak nyaman dengan sistem belajarnya. Dibujuk oleh saya dan ayahnya pun tidak bereaksi. Untuk itu saya tidak mau terulang pada adiknya, harus mencari solusi. Karena pintar tanpa diasah, tanpa dikembangkan dengan fokus hasilnya nyaris tidak ada.

Hanya bagaimana caranya agar bisa mengembangkan potensinya, terus apakah benar anak saya itu berbakat di seni, baru setengah jalan meski bisa sudah berhenti? Pertanyaan dan kenyataan seperti ini yang membuat saya dan suami sedih juga. Sampai sempat menebak-nebak, apa hanya perasaan saya saja dia pintar di musik, hehehe.


Kenali dan Kembangkan Potensi Anak Sejak Dini dengan AJT CogTest

Sampai akhirnya saya mengenal AJT Cg Tes nih, Bu-Ibu. Penasaran juga, apakah ini akan potensial buat anak-anak agar mereka benar-benar berkembang sesuai dengan potensi atau bakatnya. Memang apa sih AJT Cog Tes itu?




AJT CogTest yaitu tes konignitif yang sudah dinormakan untuk anak Indoensia loh, atau sudah terstandardisasi sesuai dengan karateristik bahasa dan budaya Indonesia. Hasil dari AJT CogTest ini akan membantu orangtua dan guru untuk lebih memahami kemampuan berpikir anak dalam pembelajaran di sekolah. Karena memang tidak hanya orangtua saja yang butuh paham, guru yang mendampingi belajar di sekolah wajib juga paham.

Tujuannya tentu saja agar seimbang sehingga anak benar-benar dikembangkan potensinya, tidak sekedar belajar. Bisa syukur, tidak bisa ya sudah. Akibatnya banyak anak berbakat dalam bidang tertentu jadi tidak tergali atau berkembang deh, hiks. Sungguh hal ini  menyedihkan loh.

AJT CogTes yang dikeluarkan oleh PT Melintas Cakrawala Indonesia ini merupakan tes Konigtif pertama yang dikembangkan berdasarkan norma Indonesia dengan proses pengembangan yang sistematis melibatkan lebih dari 250 psikologi Indonesia dan hampir 5000 anak Indonesia, sehingga menghasilkan produk tes yang berkelas dunia.

"Anak-anak memiliki keterampilan,minat, dan kekuatan serta kebutuhan belajar yang berbeda. Hasil laporan AJT COGTest yang pasti dan mudah dipahami, memungkinkan orangtua dan guru untuk mengarahkan anak dengan informasi yang komprehensif tentang kemampuan konignitif tetap anak, serta membantu memahami pembelajaran anak mereka," kata Chief Executive Officer PT MCI (Melintas Cakrawala Indonesia), Ari Kunwidodo.

Wah, jadi semakin pensaarankan dengan AJT CogTest ini, biar semakin yakin berikut ini kelebihan AJT CogTest:



Kelebihan AJT CogTest:
1. Dikembangkan berdasarkan norma Indonesia
2. Melibatkan lebihd ari 250 psikologi Indonesia dan hampir 5000 anak Indonesia
3. Berkelas dunia
4. Berdasarkan teori psikologi dengan teori yang paling muktahir dan dan komprehensif di dunia saat ini.
5. AJT CogTest mengukur delapan bidang kemampuan anak

Point-point kelebihan AJT CogTest bagus, apalagi ada ada cerita dari seorang ibu yang berprofesi sebagai perancang interior, Faizati Robiah, yang sudah mengikutkan anaknya dalam AJT CogTes. Wanita ini menceritakan akan kekhawatirannya terhadap Krisna anaknya, apakah si anak dapat memahami pelajaran di sekolah dengan baik atau tidak.

Karena Faizati Robiah merasa anaknya cenderung memiliki suasana hati yang tidak stabil atau moody dalam belajar, dan nilai di sekolahnya beberapa yang tidak seperti diharapkan. Namun setelah Krisna menjalani tes AJT CogTest dapat diketahui kelebihan serta  kelemahannya oleh psikolog yang ramah dan profesional.

"MCI juga memberikan solusi bagaimana mengatasi kesulitan belajar anak saya, setelah diterapkan, Krisna jadi lebih nyaman dalam belajar," ucap Faizati.
Saya jadi semangat untuk tidak menunda lagi melakukan tes konigtif pada anak saya yang kecil agar tidak mengalami seperti kakaknya, meski kakaknya masih  belum terlalu terlambat juga sih. AJT CogTest ini untuk anak usia 5 tahun dengan 18 tahun, anak saya yang pertama masih usia 13 tahun.

Kebetulan anak saya yang kecil berusia 10 tahun, masih SD. Saya juga masih kesulitan menemukan potensialnya karena terlihat dia pandai di bidang olahraga dan agama sampai mengikuti beberapa lomba di bidang itu. Lomba yang diadakan di lingkungan rumah kami, tapi di sekolahnya dia hampir  tidak pernah menonjol di dua bidang itu, anehkan?

Jenis Paket AJT CogTest

AJT CogTest ini memiliki dua jenis paket yang bisa dipilih untuk anak. Sebagai bahan pertimbangan untuk memilih paket yang mana, bisa dibaca keterangan berikut ini:

1. AJT CogTest Full Scale
Mengidentifikasi 8 kemampuan kognitif lengkap yang menampilkan profil lengkap kekuatan dan kebutuhan belajar anak.
2. AJT CogTest Comprehensive
Diperuntukan ketika seorang anak memerlukan data lebih terperinci untuk dianalis, psikolog akan merekomendasikan tambahan tes.

Biaya AJT CogTest:
1. AJT CogTest Full Scale Rp.760.000
2. AJT CogTest Comprehensive Rp1.200.000

Untuk ibu-ibu yang mengalami hal sama dengan anak saya bisa langsung mencari informasi tentang AJT CogTest melalui website melintascakrawala.id atau mengubungi langsung ke WhatsApp di nomor 087883258354.  Jangan menunda lagi segera lakukan AJT CogTest untuk anak sedini mungkin, agar tidak ada lagi anak cerdas tidak berprestasi, setuju?

  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. Semoga AJT CogTest bisa bikin bunda jadi tau minat dan bakat anak kita

    ReplyDelete
  2. sebagai orang tua baru jujur nyaris luput memperhatikan minat belajar anak. saya baru tau kalau ini bisa dicari solusinya sehingga tidak berujung pada pemaksaan. izin bookmark ya bu jika suatu saat menemui masalah yang ibu alami ini saya bisa baca kembali tulisan ini. 9 tahun berteman dengan meja sekolah sangat disayangkan kalau tidak memberikan hasil yang berarti.

    ReplyDelete
  3. Judul tulisannya bikin aku deg2an Mak XD

    Soale anakku tipikal gak betahan duduk anteng mengerjakan tugas mewarnai ato menebalkan di PAUD maupun di rumah. Yg pernah kubaca anak2 balita rentang konsentrasinya memang pendek.

    Pengin juga ikutan AJT CogTest, kudu nabung dulu nih :)

    ReplyDelete