>

Persiapan MPasi Pertama Binar

By duniaeni.com - May 04, 2019



Awal MPasi Langsung Beri MPasi 4 Bintang

Berjumpa lagi dengan saya dalam tulisan tentang MPasi, setelah hampir 5 tahun  berlalu, hehehe. Selesai dari MPasi Pendar, sekarang MPasi adiknya Pendar yaitu Binar (6 bulan). Bergulat lagi dengan segala hal mulai dari mempersiapkan alatnya, bahan-bahannya, hingga meracik dan mengolah menunya yang kadang bikin pusing kepala setiap bangun tidur.

Karena MPasi panduan WHO saat ini tidak lagi menganjurkan MPasi Menu Tunggal, jadi langsung begitu bayi masuk tahap MPasi disajikan MPasi 4 Bintang. Menu Tunggal yang hanya mengenalkan bayi pada satu jenis makanan saja seperti misalnya alpukat, ikan, jagung, diberikan satu jenis setiap harinya selama 14 hari, ini dikawatirkan akan membuat banyak ketinggalan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi dalam pertumbuhannya.



Perkembangan bayi  itu berbeda dengan orang dewasa, setiap harinya sangat pesat dan sangat berharga. Maka menu lengkap dengan kandungan karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur, dan lemak atau disingkat 4 Bintang harus disajikan langsung. Sementara buah-buahan tidak lagi termasuk sebagai makanan, tetapi masuk dalam kategori cemilan yang masuk dalam lingkaran mikronutrient, Bu-Ibu.

Kalau dulu awal MPasi dengan santai sarapan kita kasih pisang ambon dikerok, makan siang wortel kukus diparut, dan sore alpukat dilumatkan. Itu semua terhitung bayi hanya makan cemilan, bukan makanan pokok yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya. Apalagi nih, perkembangan otak yang maha penting itu dibentuk dari protein dan lemak yang merupakan makronutrient.


Pentingnya Protein Hewani Dalam MPasi

Seperti sudah diulas di atas kalau dalam MPasi harus langsung menu 4 Bintang karena menu tunggal tidak memiliki kandungan lengkap dalam memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Dalam 4  Bintang protein dan lemak merupakan sumber makronutrient yang paling penting dalam pertumbuhan otak. Terutama protein hewani dari daging merah dan ikan  laut dalam. Namun tidak apa-apa jika kita memberi selingan daging merah diganti dengan daging ayam.

Jadi tahu ya, mengapa WHO menganjurkan langsung mengenalkan bayi menu MPasi lengkap atau 4 Bintang, mengapa protein hewani penting ada dalam MPasi bayi. So, kebayang dong saya sedikit kawatir mengenai BAB Binar kalau langsung makan menu 4 Bintang? Karena sebelumnya ASI ekslusif dengan tekstur BAB yang agak encer. Kalau salah menu MPasi 4 Bintang pertamanya pasti akan ada drama saat BAB, bisa jadi nangis-nangis.

Jadi deh saya berpikir resep yang membuat BAB Binar lancar jaya, tetapi tetap makan menu 4 Bintang lengkap. Alhamdullilah, berhasil hari pertama MPasi 4 Bintang langsung lahap, tanpa drama seperti Abang Pendar yang kaget-kaget saat awal MPasi Menu Tunggal Pisang Ambon, hehehe. Mau tahu resep MPasi 4 Bintang Pertama Binar?

Resep MPasi 4 Bintang Pertama Binar


Ini dia resep MPasi 4 Bintang pertama Binar yang sukses dia makan, dan BAB tanpa sembelit:

MPasi Anti Sembelit
Bahan:
Beras segenggam kecil
Labu Baby separuh
Tempe sepotong kecil
Kaldu ceker ayam 1 baby container kapasitas 70ml

Bumbu:
Tomat merah 1buah
Bawang Bombay sepotong kecil
Bawang putih 1 siung kecil
Daun bawang selederi secukupnya

Lemak: Santan kepala
Masak semua bahan sesuai dengan tahap lama matangnya, setelah matang semua angkat. Kemudian disaring sesuai dengan kebutuhan saat baby makan.

Citra rasa:
Gurih

Nah, ini baru soal memilih variasi menu MPasi agar tidak bosan, agar tidak sembelit, sebelum itu saya juga diriwehkan mempersiapkan peralatan MPasi, hehehe. Maklum mengolah MPasi sedikit istimewa, tidak seperti mengolah menu biasa. Ada beberapa peralatan yang dibutuhkan agar dalam mengolah MPasi berjalan lancar.

Tapi nih ya, pengalaman pertama saya mempersiapkan MPasi Mba Lintang dulu karena belum berpengalaman, segala rupa peralatan untuk membuat MPasi saya beli. Asal terlihat lucu, terlihat menarik, denger dari omongan teman-teman, saya beli. Akhirnya? Asli, boros banget deh karena banyak yang gak terpakai. Karena meski mengolah MPasi itu istimewa, tidak juga memerlukan banyak peralatan.



Buat jelasnya peralatan apa saja yang perlu kita beli untuk mempersiapkan MPasi, baca yuk tulisan saya di web Mybest : 7 Peralatan Pendukung Pemberian MPasi. Insallah, bermanfaat dan gak bikin boros dengan membeli yang tidak terlalu dibutuhhkan. Selamat membaca, Bu-Ibu!

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. wah ikutan mupeng dengan MPASI Binar, mana lahap ya makannya makin sehat aja Binar. Ikutan mau cium deh hehehe...

    ReplyDelete