>

Persiapan Saat Menjalani Rawat Inap Agar Berjalan Lancar

By duniaeni.com - August 30, 2019


Masih teringat dalam benak saya meski semuanya sudah berlalu cukup lama, ingat dengan detil bagaimana semuanya saya hadapi bersama suami yakni saat alm adik ipar saya dan alm anak ketiga, Gibran menjalani rawat inap. Keduanya dirawat di rumah sakit yang berbeda, namun sama-sama di rumah sakit di Jakarta, dan sama-sama membuat kami melewati tekanan fisik dan psikis.

Memang setiap menghadapi keluarga yang menjalani rawat inap, fisik dan psikis mengalami tekanan, tapi akan lebih berat lagi jika semuanya tidak dipersiapkan dengan baik. Sehingga segala hal yang terjadi menguras habis fisik dan psikis keluarga yang harus mendampingi pasien rawat inap tersebut.

Sebenanya mengulang kembali kenangan itu, membuat perasaan sedih hadir. Karena seperti membuka lagi ruang yang sudah lama saya kunci rapat.

Namun akan saya ceritakan sedikit dalam tulisan saya ini, karena bagaimana pun banyak pelajaran yang saya petik. Setidaknya saya lebih menjaga keempat anak-anak saya, Lintang, Pijar, Pendar, dan Binar dengan sebaik-baiknya dan rasa ikhlas sebagai seorang ibu. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi keluarga yang mengalami hal yang sama.

asuransi-terbaik-di-indonesia



Pengalaman Saat Anggota Keluarga Mengalami Rawat Inap

Sekitar tahun 2006 alm adik suami saya tiba-tiba harus menjalani rawat inap, kejadiannya begitu mendadak. Ketika dia pulang dari kantor dalam kondisi tidak sehat, periksa ke dokter dan dinyatakan harus segera rawat inap. Ibu mertua menghadapi seorang diri tanpa persiapan, jadilah saya dan suami yang merupakan anak tertua harus bolak-balik ke rumah sakit tempat alm adik dirawat.

Padahal jarak tempat saya dan suami tinggal ke rumah sakit tersebut cukup jauh, dan saya memiliki seorang bayi. Mungkin karena kami sama-sama tidak memiliki pengalaman soal rawat inap, jadi ada saja barang yang dibutuhkan pasien tidak terbawa, seperti  perlengkapan pribadi alm adik, dokumen rekam medis, tes kesehatan yang sebelumnya pernah dijalani alm adik.

Rupanya adik suami saya memiliki riwayat rawat jalan, dan dokumen ini sangat dibutuhkan untuk mengambil tindakan medis selanjutnya. Selain saya dan suami, ibu mertua jadi bolak-balik ke rumah untuk mengambil dokumen tersebut, karena hanya beliau yang tahu tentang dokumen medis alm adik.

Ditambah lagi ketika saya dan suami mengurus pembayaran untuk menebus obat, utuk melakukan tindakan medis lainnya, terhenyak dengan tagihan yang disodorkan pihak rumah sakit. Karena ternyata polis asuransi kesehatan yang dimiliki alm adik tidak memberikan manfaat penuh, dan beberapa biaya rawat inap harus ditanggung pribadi. Asuransi rawat inap yang dimiliki alm adik ternyata tidak menjamin semua biaya rawat inap.

Saat itu saya dan suami tidak membawa uang tunai dan tidak memiliki saldo di bank cukup banyak. Untung alm adik memiliki tabungan cukup, tapi karena kejadian rawat inap diluar rencana, untuk mengambil uang tersebut butuh waktu dan tenaga juga. Meski pada akhirnya semua beres, tapi membuat tekanan yang cukup berat bagi keluarga dan tentu saja alm adik juga.

Pengalaman rawat inap selanjutnya tahun 2012,  ketika alm anak saya, Gibran mengalami kejang dan harus rawat inap malam itu juga. Setelah mendapat penanganan di UGD, alm Gibran harus masuk ICU dengan biaya Rp15.000.000, atau tidak mendapat tindakan jika uang tersebut tidak ada. Jelas saya dan suami kalang-kabut, karena alm Gibran tidak memiliki asuransi kesehatan, dan kami juga tidak memiliki dana sebesar itu. Dana yang harus dikeluarkan tidak pernah kami pikirkan akan sebesar itu.

Kalau saja dari awal kami sudah sadar akan pentingnya asuransi kesehatan, tentu tidak akan panik dan mencari dana kesana-kemari dalam waktu sesingkat-singkatnya, karena alm Giban butuh pertolongan segera. Sungguh, ini peristiwa yang paling menyakitkan bagi saya dan suami selama perjalanan pernikahan kami.

Pentingnya  Memilih Asuransi Terbaik di Indonesia

Dua pengalaman menghadapi rawat inap tersebut membuat tersadar akan pentingnya asuransi kesehatan, tentu saja dalam memilih asuransi harus asuransi terbaik di Indonesia yakni yang memiliki asuransi tambahan agar tidak mengalami seperti alm adik ipar. Meski sudah memiliki asuransi kesehatan, tapi banyak biaya yang harus dicover sendiri saat rawat inap. Kalau tidak memiliki dana tunai cukup, tentu hal ini memberatkan pasien dan keluarganya.

Salah satu asuransi kesehatan terbaik saat  ini bisa memilih PFI Mega Life yang memiliki produk asuransi tambahan terbaik di Indonesia yakni Mega Hospital Investa (MHI) sebagai asuransi tambahan untuk melengkapi kekurangan biaya yang tidak ter-cover oleh asuransi utama. Karena meski memiliki asuransi kesehatan, tapi jika tanpa asuransi tambahan akan membuat kita kebingungan dana juga seperti yang dialami alm adik saya. 

Mega Hospital Investa (MHI) memberikan manfaat:
1. Santunan Harian Rawat Inap (Non ICU)
2. Santunan Harian Rawat Inap (ICU/ICCU)  
3. Pengembalian Premi
4. Santunan Meninggal Dunia.

Cara pembelian polis asuransi Mega Hospital MHI bisa dilakukan dengan online, calon nasabah tinggal isi data dan akan dihubungi oleh tim telesales Representative PFI Mega Life untuk dibantu proses pembelian polis asuransi Mega Hospital Investa.

Cara klaimnya juga tidak kalah mudah, hanya membutuhkan proses 3 langkah yang bisa dilakukan dengan online yakni:
1. Isi Formulir Klaim
2. Menyerahkan Dokumen
3. Pembayaran Klaim

Untuk polis asuransi MHI preminya sangat terjangkau, bisa dilihat dari tabel di bawah ini:


asuransi-rawat-inap

Terhitung premi bulanannya hanya Rp53.000, jika dihitung ini seperti harga secangkir kopi di kafe ketika kita hangout bersama teman. Namun manfaatnya luarbiasa ketika mengalami rawat inap, terlebih ketika saat harus rawat inap tidak memiliki dana besar. Oya, jika membeli premi tahunan akan  mendapat diskon, dan silakan pelajari lebih detil produknya di website Mega Life atau ke facebooknya https://www.facebook.com/pfimegalife/


polis-asuransi-rawat-inap
Diskon Premi Tahunan
Dengan persiapan di atas, Insaallah jika sampai menjalani rawat inap akan berjalan lancar. Tanpa ada drama bolak-balik rumah dan rumah sakit untuk mengambil dokumen yang tertinggal, keperluan barang pribadi pasien yang tidak terbawa, kalang-kabut dana rawat inap yang tidak tercover atau kalang kabut mencari dana karena tidak memiliki asuransi kesehatan. Tapi semoga keluarga kita semua selalu diberi kesehatan, Aamiin.

  • Share:

You Might Also Like

70 komentar

  1. Setuju banget! Asuransi kesehatan itu penting banget. Paling oke itu, langsung ikut asuransi waktu anak masih bayi. Jadi premi bisa lebih murah, dan kalau butuh lebih mudah klaimnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, alm bahiku dulu tidak punya asuransi kesehatan dan masuk rumah sakit butuh banyak biaya yang tidak terduga

      Delete
  2. Aamiin mba, semoga sehat2 terus. Betul bgt kerasa manfaat asuransi saat saya hrs berobat/rawat inap

    ReplyDelete
  3. Dulu saya juga pernah rawat inap, tapi gak pake asuransi alias bayar. Duh menguras banget pokonya karena harus merogoh kocek yang lumayan

    ReplyDelete
  4. Baru tahu dengan asuransi ini. Seneng deh, makin banyak produk asuransi yang aku tahu. Semoga calon pembeli jeli dalam memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mba, produk tambahan buat biaya rawat inap

      Delete
  5. Memang asuransi itu penting ya mbak, aku kerasa banget kalau aku sejak menikah suamiku dapat fasilitas asuransi kesehatan berikut istri dan anak. Ketika ortuku yang pensiunan PNS sakit harus rawat inap, lumayan rada repot masalah biaya, jika pakai Askes atau Bpjs ribet ngurusnya dan harus minta surat pengantar dan lainnya, akhirnya aku suka menggunakan semua tabunganku, adik2ku bersama ortu untuk biaya rawat inap dan operasinya, mayan juga terasa besar kalau bayar tunai, beda dengan asuransi walapun sebetulnya itu uang kita, tapi kan gak sekaligus bayar tunai seperti uang pribadi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, duh semoga kedua orangtuanya diberi kesehatan ya

      Delete
  6. Punya asuransi emang butuh banget ya...meskipun kalo untuk kesehatan..kita gak pengen sampe dirawat inap. Tapi klo ada asuransi setidaknya bisa lebih tenang..gak tambah stress mikir biaya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, mba. Makanya sehat iti anugerah Allah terbesar

      Delete
  7. Pernah nih ngalami berbulan bulan bolak balik RS saat si kakak sakit. Memang benar, harus ada persiapan matang...makasih pencerahannya kak.

    ReplyDelete
  8. Asuransi kesehatan menolong sekalu saat anak ku di rawat. Dirawat di dua rumah sakit dengan biaya yang tidak sedikit. Kalau saat itu aku engga punya asuransi aku ga kebayang deh dapet uang dari mana. Sedangkan anakku butuh pertolongan cepat. Mega hospital investa ini preminya ringan ya mba. Bisa jadi pilihan saat kita tidak punya asuransi dari perusahaan.

    ReplyDelete
  9. Mudah2an gak Ada lg y mba,, Ada kluarga yg dirawat sehat2 terus, bner bngt tipsnya

    ReplyDelete
  10. Memang kalau pakai asuransi semua arsip kalau bisa kita bawa saat ke RS. Bahkan di fotokopi banyak dulu biar ga pakai bolak balik urus administrasinya ya

    ReplyDelete
  11. Emang harus menjadi prioritas ya kalau anak sakit, aku pernah juga nih hampir setahunan bolak balik ke rs krn anak2 mengalami sakit nih.. Sedih tp harus tetap tegar ya..

    ReplyDelete
  12. Hai kak sehat selalu ya keluargamu. Setuju prepare itu bikin nyaman aman ya maklum kalau ada satu aja yang sakit maka sekeluarga besar yang akan repot. Nice info kak

    ReplyDelete
  13. Punya assuransi emang membantu banget ya, ketika harus mendadak rawat inap jadi terbantu. Apalgi pas gak.punya duit cash yaa.

    ReplyDelete
  14. Aku lebih berusaha untuk menjaga kesehatan ya tapi kadang kita memang harus sedia payung sebelum hujan ya

    ReplyDelete
  15. Emang wajib punya asuransi yah mba ,seperti aq waktu itu bolak balik ke RS ke spesialis gigi alhamdulillah dicover sama asuransi

    ReplyDelete
  16. Waah...ini lebih mantap lagi niih...preminya sangat terjangkau sekali.
    Aktif bisa digunakan setelah kita setor berapa bulan, kak?
    Cakep yaa...Bank Mega.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih kalau ada anggota keluarga yang sakit.
      Belum lagi mikirin biaya dna alat kesehatan yang mesti disediakan.
      Smoga sehat selalu yaa, kak..
      Aamiin~

      Delete
  17. setuju banget Mba Eni.. segala sesuatunya memang harus dipersiapkan dengan baik ya, termasuk saat akan rawat inap.. supaya nantinya ga panik atau bingung kalo ada yg dibutuhkan..

    ReplyDelete
  18. Asuransi kesehatan emang solusi banget deh buat jaga2 kalau ada keluarga yang tiba2 sakit dan perlu rawat inap.. Pakai asuransi juga pastinya sangat meringankan ya

    ReplyDelete
  19. Punya asuransi tuh bikin tenang ya mba, apalagi ketika ada keluarga yang tiba2 sakit dan butuh rawat inap

    ReplyDelete
  20. Ini keren bgt deh preminya pas di kantong tapi klaimnya mudah dan layanannya lengkap

    ReplyDelete
  21. Mba en, i feel you banget punya bayi dan suami masuk rumkit plus ga ada uang cash rasanya seperti jatuh ketiban nangka..

    btw aku baru tahu nih asuransi megalife murah ya mba preminya serius ini cuman 50ribuan? bisa nih jadi pilihan keluarga

    ReplyDelete
  22. Kakakku waktu mau rawat inap karena operasi caesar memang butuh persiapan yang matang biar nggak grasak grusuk

    ReplyDelete
  23. Oh, ternyata memang deh hampir semua kalangan membutuhkan dana khusus untuk rawat inap jika diharuskan ya. Makanya sebaiknya punya pegangan yang pasti supaya kita ga galau ketika salah satu anggota keluarga mesti menjalani rawat inap. Asuransi ini sangat mambantu ya.

    ReplyDelete
  24. Betul mba, kalau gak ada persiapan dana darurat pasti kewalahan ketika dapat musibah sakit yang harus sampai rawat inap. Semoga keluarga Mba Eni diberian kesehatan ya

    ReplyDelete
  25. Apapun jika dipersiapkan dengan baik maka hasilnya tidak akan mengecewakan ya mbak, termasuk dalam hal asuransi.. no drama lagi karena ngga ada dana talangann dll karena semua sudah tercover melalui asuransi

    ReplyDelete
  26. Jadi ingat kejadian beberapa tahun lalu, suami dirawat inap dan gak ada persiapan apa2 apalagi asuransi. Ternyata asuransi penting ya

    ReplyDelete
  27. Sedih banget emang ya kalau ada keluarga yang sakit tapi nggak bisa dapet pengobatan yang bagus karena terkendala oleh biaya.

    ReplyDelete
  28. Kalau kata kakakku penting punya asuransi sebelum hamil jadi bisa buat persiapan kehamilan nanntinya :)

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah aku punya asuransi juga mbak... Walau dari kantor soalnya kmrn pas operasi SC juga di tanggung asuransi..

    ReplyDelete
  30. Memang asuransi itu solutif banget saat dibutuhkan ya mba, asuransi sacam mencegah lebih baik daripada sudah terjadi :'

    ReplyDelete
  31. Asuransi kesehatan itu memang sgt dibutuhkan..

    Ibaratnya, sedia payung sblm hujan

    ReplyDelete
  32. Semoga kita semua diberikan kesehatan ya, buat keluarga juga, jadi gak perlu dirawat inap. Hehhehe secara biaya fasilitas kesehatan di Indonesia masyaaallah mahalnya

    ReplyDelete
  33. jaman sekarang asuransi sangat diperlukan, karena rumah sakit sangat mahal harganya. aku juga pernah mengalami 3 orang kena DB untuk ada penyelamat asuransi, jadi kantong ga bolong

    ReplyDelete
  34. Memiliki asuransi kesehatan memang sangat penting ya mba, saya pun pernah mengalami waktu anak mendadak harus dirawat karena dehidrasi berat. Untunglah anak saya sudah saya bekali asuransi jadi proses keuangan pun berjalan mudah, saya tidak pusing memikirkannya.

    ReplyDelete
  35. memilih produk asuransi tuh gak boleh sembarangan ya mbak, kalau aku dulu sampai survey ke teman dan keluarga. biar gak salah pilih juga, pemilihan premi disesuaikan dengan kemampuan kita juga.

    ReplyDelete
  36. Asuransi memang memberikan jaminan untuk setiap penggunanya mbak. Apalagi pakai asuransi ini ada 2 bulan gratis pertama, wah ini mah bonus banget.

    ReplyDelete
  37. Memiliki asuransi kesehatan bagi setiap keluarga penting banget di zaman sekarang. Apalagi untuk anak yang kadang rentang terhadap penularan penyakit. So sebagai ibu jadi lebih protect deh...

    ReplyDelete
  38. Turut berduka untuk alm. anak Mbak yg ke 3, aku baru tahu. Sekarang aku juga lagi cari2 asuransi untuk jaga2, trus nemu ini, premi nya cukup terjangkau ya Mbak. Aku jadi tertarik nih.

    ReplyDelete
  39. Benar sekali Mba, Asuransi itu pentingggg banget. Masih inget temen dulu papa nya baru meninggal dan butuh banyak sekali biaya untuk Beliau. Begitu dimakamkan, beberapa hari kemudian temenku ini usus buntu dan kudu operasi. Untunggg banget ada asuransinya

    ReplyDelete
  40. Benarw harus diersiapkan, krn kl gak ya kitanya juga yg repot. Soalnya saya pernah alami. Jadi tertampar nih, mesti punya asuransi krn kl gak disiapin dari sekarang ya kapan lagi

    ReplyDelete
  41. Ya Allah kebayang repot dan paniknya saat itu tiba-tiba harus sedia duit jutaan rupiah. Barulah terasa pentingnya persiapan asuransi sejak awal ya mbak Eni

    ReplyDelete
  42. Asuransi super duper pentiiingg ya Mba.
    Kudu disiapkan sedari dini demi kemaslahatan hidup kita semua

    ReplyDelete
  43. Anak lanangku pernah harus rawat inap di RS 2 kali, sekali saat dia kena DBD dan yang kedua saat diaad amasalah dengan lambungnya. Cuma 3 hari di RS biayanya mihiiiiil, kerasa banget karena biaya sendiri, nggak punya asuransi.

    ReplyDelete
  44. Meskipun kita enggak berharap sakit, tapi kebutuhan asuransi kesehatan tidak terelakkan ya mba,karena asuransi kan sebenarnya soal memindahkan resiko saja, sehingga kita ada reserve ketika sakit.

    ReplyDelete
  45. Saya suka bingung deh kalau harus dirawat inap. Pernah mengalami juga. Memang sebaiknya kalau kayak gini kerjasama ma suami atau keluarga lain. Kalau saya harus menangani sendiri bisa-bisa malah udah panik duluan

    ReplyDelete
  46. Trims mba..jadi diingatkan untuk lebih waspada dan mempunyai asuransi kesehatan terpercaya..

    ReplyDelete
  47. Kalau sudah dipikir baik-baik pastinya akan ada timbal balik. Begitu juga dengan kesehatan kita.
    Produk asuransi sekarang sedang menjamur. Kita harus pintar pintar dalam menentukan mana yang akan kita ambil

    ReplyDelete
  48. Asuransi Mega Life memang bagus mbak, apalagi lihat hitung-hitungan jadi bisa menentukan premia mana yang akan dipilih.

    ReplyDelete
  49. Mahal bgt ya Mba, utk nginap satu malam pas rawat inap. Harus ngeluarin 15 juta, ya alloh sehat2 semuanya aamiin

    ReplyDelete
  50. Barokallah makasih buns sudah diingatkan untuk memilih yang terbaik bagi kita dan hati-hati atas asuransi. Jadi ingat pas emak mertua nginep juga aduh sedih rasanya.

    ReplyDelete
  51. Pengalaman yang gak akan terlupakan ya mbak. MasyaAllah. Lumayan bulak balik rumah sakitnya. Biasanya yg jaga di rumah sakitnya juga mesti lebih sabar dan harus selalu sehat karena menemani pasien

    ReplyDelete
  52. Jika ada keluarga yang sedang rawat inap itu memang butuh banyak persiapan, fisik sudah tentu.. harus stanby atau bergantian menjaga.. itu membutuhkan fisik yang prima dan juga keuangan.. bagaimana jika tidak ada keuangan yang support.. peran asuransi kesehatan disini penting banget

    ReplyDelete
  53. ENaknya pakai asuransi memang gak harus nyiapin dokumen macam-macam bisa langsung masuk tanpa DP pula nanti tinggal kekurangannya aja dibayar (kalau ada)

    ReplyDelete
  54. Ya Allah mba Eni,, nyes banget aku bacanya. Yang kuat ya dan semangat karena alm. Gibran udah bahagia disana. Yups askes itu penting banget kak,, setidaknya sedia payung sebelum hujan dan tahu sendiri kan biaya perawatan itu mahal bukan main.

    ReplyDelete
  55. Mba, aku ikutan sedih membaca yang kisah alm Gibran. Semoga Mba Eni dan keluarga diberikan keikhlasan dan penghiburan selalu atas kehilangan putra tercinta ya.

    ReplyDelete
  56. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan menimpa diri atau keluarga kita ke depannya kelak. So mempersiapkan diri dengan ikut asuransi ini termasuk penting ya Mbak, apalagi memudahkan kita juga dalam menghadapi kejadian2 tak terduga di masa depan, seperti sakit dan harus dirawat inap.

    ReplyDelete
  57. AkuAku pun pernah merasakan saat rawat inap dan dibantu asuransi. Memang bikin yg dirawat dan yang nungguin lebih tenang jiwanya .

    ReplyDelete
  58. Alhamdulillah belum pernah rawat inap karena sakir, tapi informasinya penting sekali unthk berjaga jaga di situasi tak terduga. terima kasih

    ReplyDelete
  59. Alhamdulillah, so far kehadiran asuransi ini emang membantu banget mba. Apalagi gretong, soalnya dapat fasilitas dari kantor hehe. Tapi, memang persiapan asuransi ini emang perlu banget, secaraaa biaya rawat inap RS kan mahal betul hehe

    ReplyDelete
  60. Saya dulu juga berasa banget saat anak pertama ketahuan jantung bocor. hiks memang asuransi sangat dibutuhkan

    ReplyDelete
  61. Maka benar kalau banyak yang bilang, sehat itu mahal ya, Mbak. Wong semalam di ICU saja biaya inapnya lebih dari sejuta. Belum obat dan tetek bengek lainnya. Kalau nggak ada asuransi memang susah.

    ReplyDelete
  62. Rawat inap klo tanpa asuransi jadinya mahal yess kak, untung skrg banyak pilihan produk di megalife hehhehe

    ReplyDelete