>

Belanja Sampai Puas di 5 Event Belanja Online Ini

By duniaeni.com - September 25, 2019


Siapa yang suka belanja online sepertti saya, ngacung? Jangan lupa dibaca tuntas ya, karena ada info-info penting tentang belanja online yang bikin mupeng. Apalagi sebentar lagi Oktober, waktunya hunting barang kesukaan di online shop yang  bakal kasih promo terbanyak, siap-siap berhemat dan menabung dulu biar nanti puas belanjanya.

Tahu dong, kalau toko fisik punya event tersendiri untuk meningkatkan penjualannya. Sebut saja seperti Midnight Sale, Buy 1 Get 1, Double Diskon, dan masih banyak lagi. Toko online pun tidak mau kalah. Buktinya, e-commerce berlomba-lomba untuk mengadakan event belanja online.

Penjualan e-commerce meningkat dan pembeli pun bisa belanja sampai puas dengan harga miring saat event berlangsung. Para pembeli juga tidak perlu repot-repot mengantri dan berdesak-desakan dengan orang lain. Cukup modal gadget dan internet saja.


Di Indonesia sendiri, setidaknya ada 5 event belanja online yang diselenggarakan secara tahunan. Mau ikut perburuannya? Simak dulu daftar event-nya berikut ini:


1. Single’s Day
Single’s Day ini pada awalnya berasal dari China di tahun 1990. Sesuai dengan namanya, Single’s Day dijadikan ajang untuk mencari pasangan bagi para jomblo. Single’s Day diadakan setiap tahun pada tanggal 11 November. 

Kemudian pada tahun 2009, peringatan ini dijadikan kesempatan untuk mempopulerkan event belanja online. E-commerce pertama yang menyelenggarakannya adalah Alibaba. Selanjutnya, e-commerce Tanah Air pun turut mengusungnya. Sebut saja seperti Lazada, Zalora, dan Sociolla. Oh ya, pada tanggal 11 November ini juga ada Online Revolution yang tidak kalah populer di Indonesia.

2. Festival Belanja Online
Berikutnya ada Festival Belanja Online yang dipopulerkan oleh e-commerce lokal. Event belanja online yang diadakan setiap tahun ini sudah ada sejak 2014. Periodenya berlangsung dari 23 hingga 30 November.

Festival Belanja Online ini diikuti oleh lebih dari 75 e-commerce. Promo yang paling menarik selama event ini berlangsung adalah potongan harga mencapai 90%. Duh, kalau belanja barang elektronik sangat menguntungkan nih! Mau hunting perlengkapan baby ah, siapa tahu ada juga yang promo sampai 90%.

3. ShopBack ShopFest
Ada lagi event belanja online yang diprakarsai oleh ShopBack. Event yang satu ini bisa dibilang memiliki periode terlama di Indonesia karena bisa mencapai 2 bulan. Setiap bulan ada tema tersendiri. Misalnya di bulan September ini ada tema 9.9.


Pada 9 September, ShopBack memberikan diskon mencapai 99%, cashback hingga 99%, voucher 900 + 9000, dan juga gratis ongkir. Serunya lagi, event ShopBack ShopFest ini bisa digabungkan dengan beberapa promo dari e-commerce terkait. Cashback yang diperoleh pun bebas dipakai belanja lagi atau dicairkan ke rekening pribadi. 

Nah, tapi tunggu dulu. Nggak cuma ditanggal 9 September aja loh, untuk bulan Oktober juga bakal ada hari belanja besar-besaran yakni, 10.10. Kamu bisa menemukan beragam penawaran menarik dari e-commerce. Lagi-lagi menariknya, kamu juga bisa mendapat cashback ShopBack! Mau tahu informasi lengkap mengenai promo 10.10? Buruan klik https://www.shopback.co.id/promo-1010!

4. Cyber Monday
Apakah Anda sering mendengar event belanja online bertajuk Cyber Monday? Event ini pertama kali diselenggarakan oleh Shop.org pada tahun 2005. Pada tahun-tahun berikutnya, event ini digelar setiap tanggal 27 November. Pemberian nama event ini berdasarkan sebuah penelitian. Di mana hari Senin merupakan hari yang paling populer untuk melakukan transaksi belanja online. Apakah Anda juga suka belanja online di hari Senin?

5. Black Friday
Event belanja online Black Friday ini identik dengan diskon besar-besaran. Black Friday pertama kali diselenggarakan di Amerika Serikat, oleh toko fisik. Melihat keberhasilannya dalam meningkatkan jumlah pengunjung, akhirnya e-commerce setempat pun mengadaptasinya. 

Awalnya hanya e-commerce asal Amerika Serikat saja yang mengadakan event belanja online ini. Tapi belakangan, sejumlah e-commerce lokal sudah ada yang mengadakannya juga. Waktunya juga bersamaan dengan Black Friday di Amerika Serikat, yakni pada 24 November setiap tahunnya. 

6. Hari Belanja Online Nasional
Tanggal cantik selalu menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Ada yang melangsungkan pernikahan, operasi caesar, dan juga event belanja online! Event yang kami maksud adalah Hari Belanja Online Nasional atau biasa dikenal sebagai Harbolnas. 

Hari Belanja Online Nasional pertama kali diadakan pada tanggal 12 Desember 2012 (12-12-12). Event belanja online ini bisa dikatakan sebagai yang terbesar dalam skala nasional. Dari 7 e-commerce, kini sudah ada lebih dari 70 e-commerce yang berpartisipasi dalam Hari Belanja Online Nasional. 

Selain e-commerce, ada juga beberapa toko online resmi dari beragam brand. Pada event ini setidaknya ada ajang flash sale, potongan harga, cashback, dan harga dengan angka cantik yang murah meriah. Saya mau hunting

Demikian daftar event belanja online yang ada di Indonesia. Catat tanggalnya, jangan sampai kehabisan barang bagus. Bila perlu, pasang alarm di smartphone. Pasalnya ada diskon gila-gilaan pada jam tertentu. Tips lainnya, siapkan internet yang super kencang, supaya bisa segera check out barang incaran. Selamat berburu barang di event belanja online!

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Saya juga nahan-nahan belanja. Padahal ada yang mau dibeli. Tapi biar lebih hemat ntar aja pas 10.10 *emak-emak ogah rugi* :D

    ReplyDelete