Our Story

Ceremony

Family

PROCIL Makanan Pendamping ASI yang Sehat dan Praktis

by - January 07, 2020



Ketika anak-anak saya lahir dan memasuki tahap MPasi (Makanan Pedamping ASI), saya paling sibuk menyiapkan. Dari mulai stock buah-buahan, sayur mayur  yang bagus dan disinyalir banyak mengandung aneka vitamin dan lemak, sampai koleksi peralatan MPasi yang lucu-lucu. Tidak ketinggalan koleksi buku resep-resep MPasi yang memiliki aneka resep pure buah dan sayur.

MPasi Harus Mengandung Gizi Lengkap


Dulu memang MPasi masih diawali dengan pure buah, pure umbi-umbian, pure sayur mayur. Pokoknya menu-menu tunggal. Sementara daging, telur, ikan, baru dikenalkan setalah anak usia 10 bulan, bahkan ada yang setelah berusia 1 tahun. Seingat saya hal itu karena takut anak alergi dengan protein hewani, takut pencernaannya belum kuat. Tapi ternyata  perkembangannya oleh WHO justru begitu memasuki tahap MPasi yakn usia 6 bulan, anak harus dikenalkan semua jenis makanan, termasuk protein hewani.

Jadi begitu memberikan MPasi para ibu dianjurkan untuk langsung membuat MPasi dengan menu 4 Bintang yakni yang mengandung karbohidrat,  protein hewani dan nabati, vitamin, dan lemak . Tujuannya agar si Kecil tidak ketinggalan nutrisi yang penting, salah satu yang paling penting bagi pertumbuhan otaknya adalah protein hewani itu. Jadi kebayang kalau sampai telat diberikan protein hewani.

Kadang saya menyesal juga kalau  ingat anak pertama dan kedua, saat awal MPasi hanya saya kasih pure buah, lalu sayur dan protein nabati. Protein hewani baru saya kenalkan ketika usia 10 bulan. Maka ketika WHO menginfokan tentang MPasi 4 Bintang, langsung deh Binar MPasi'nya saya terapkan 4 Bintang.

Untuk mempersiapkan MPasi 4 Bintang yang bagus, setiap pagi saya belanja sayuran, ikan segar, kalau daging biasa saya stock di lemarin es. Tapi untuk sayuran, ikan, saya memilih langsung beli saat akan mengolah biar hasilnya fresh. MPasi itu kan, harus berkualitas ya, karena MPasi ini menjadi bagian periode 1000 Hari Pertama Kelahiran atau golden age yang harus dilalui dengan asupan yang baik.

Dan, masa MPasi ini luarbiasa perjuangannya. Selain harus berjibaku dengan menu-menunya harus bervariasi agar tidak bosan, harus menghadapi bayi GTM (Gerakan Tutup Mulut), harus stock jika tiba-tiba saya mendapat kerjaan di luar rumah, atau saat kondisi tubuh tidak fit. Biasa saya membuat stock MPasi dengan dibekukan, dan dihangatkan dengan dikukus ketika akan diberikan ke Binar. Tentu saja untuk stock seperti ini, MPasi dimasak jangan terlalu matang, agar ketika dikukus lagi teksturnya pas.

Kebayangkan perjuangannya MPasi homemade? 

Mengapa PROCIL  Bubur Organik MPasi Sehat dan Praktis Bisa Jadi Pilihan?


Sebenarnya sih, paling sedih ketika Binar memasuki tahap GTM, karena selain berat badannya jadi turun. MPasi yang saya olah susah payah kebuang, tersimpan di freezer berhari-hari, rasanya ingin menangis deh. Makanya nggak heran kalau ibu-ibu banyak yang stres ketika si Kecil masuk tahap GTM, ditambah dinyinyirin anak kok kurus. Rasanya ingin tenggelam saja, ini serius loh. GTM buat ibu-ibu itu terasa berat banget.

PROCIL Bubur Organik Solusi Saat si Kecil GTM
Sampai suatu hari suami saya menyarankan kalau Binar coba dibelikan MPasi, waktu itu ada outlet PROCIL di Jalan Raden Sanim, Depok, kebetulan deket rumah yang menjual aneka MPasi dengan beberapa pilihan :


1. Bubur Organik
2. Nasi Tim Organik
3. Sup Organik
4. Pudding Sehat


Agak ngeri-ngeri sih saya, karena MPasi kan harus higienis, benar-benar aman tanpa pengawet, pewarna, dan penyedap. Saya minta deh, suami mempelajar dulu produk PROCIL, termasuk tanya-tanya ke outletnya langsung. Alhamdullilah, sudah terdaftar di Departemen Kesehatan, dan memperoleh Sertifikat Halal dari MUI. Produknya benar-benar aman untuk si Kecil karena tidak mengandung penyedap, pewarna, pengawet.  Bahan-bahan yang digunakan PROCIL beras dan sayurnya organik, tidak mengandung pestisida maupun bahan kimia lainnya. Sementara dagingnya probiotik dengan kualitas premium.



Ya ampuun, MPasi yang saya buat sendiri pun tidak sebagus itu kualitasnya, meski saya juga tidak menggunakan penyedap, pewarna, dan pengawet untuk masakan di rumah. Tapi jujur, saya membeli sayuran biasa yang dijual tukang sayur di sekitar rumah, dan juga membeli beras biasa,  bukan organik. Karena untuk membeli sayur dan beras organik harus ke supermarket, dan harganya juga cukup mahal dibanding sayur dan beras biasa.


Duh, jadi berasa senang banget dong bisa menemukan outlet PROCIL dekat rumah. Langsung suami membelikan Binar Nasi Tim dan Pudding, waktu itu. Saya langsung suka melihat penampakan Nasi Tim PROCIL ini karena teksturnya padat, cocok buat Binar yang sudah berusia 14 bulan. Rasa puddingnya juga pas, tidak terlalu manis, karena memang spesial untuk makanan pendamping ASI. Jadi semua disesuaikan baik kandungan gizi, rasa, dan tekstur.





Alhamdullilah, Binar doyan nasi tim dan pudding PROCIL. Mungkin dia GTM karena bosan dengan MPasi olahan saya, dan butuh citra rasa yang lebih bervariasi. Saat itu langsung deh hati saya lega, apalagi nasi tim PROCIL memiliki variasi yang berbeda setiap harinya, dari Senin hingga Minggu. Kandungan menunya 4 Bintang, dan favorit Binar menu nasi tim hari Minggu yakni beras putih, daging ayam, jagung keju, dan kacang polong.

PROCIL Bubur Organik Plihan Ibu Saat Harus Bekerja di Luar
Sejak mengenal PROCIL, saya jadi keterusan. Tidak hanya sekedar saat Binar bosan MPasi di rumah, tapi ketika saya dapat job atau pekerjaan di luar rumah  saya pilih PROCIL buat stock. Sehingga orang rumah tinggal menyuapin Binar, bikin lega dan nggak capek karena harus masak MPasi malam-malam buat stock MPasi, kan.

Buat ibu-ibu yang menitipkan anaknya di daycare yang tidak menyediakan menu MPasi, PROCIL juga bisa jadi pilihan loh. Selaim menu utama, ada camilan pudding, aman dan tidak basi meski untuk stock makan siang dan sore hari tanpa disimpan di lemari pendingin. Bubur regulernya juga aman dimakan siang, karena tidak mencair seperti bubur kebanyakan, teksturnya kental.




Saat akan bepergian jalan-jalan atau piknik, tidak perlu repot menyiapkan MPasi, bisa langsung praktis bawa produk PROCIL. Biasa kalau mau bepergian saya pindahkan ke wadah yang lebih aman, dan tidak mudah tumpah. Pokoknya saya rekomend deh PROCIL ini buat ibu-ibu yang sibuk bekerja, atau memiliki kondisi yang memaksa tidak bisa mengolah MPasi sendiri. Maupun yang ingin tetap membawa MPasi saat piknik bersama si Kecil.

Produk Terbaru PROCIL: Topping Abon PROCIL


Oya, PROCIL juga mengelurkan produk baru nih, yaitu Abon Topping. Ada dua varian abon topping ini, Abon Sapi dan Abon Ayam. Dijamin sehat karena semua produk PROCIL selalu tanpa 3P (Perasa, Pewarna, Pengawet). Bisa digunakan sebagai topping nasi tim maupun bubur organik, kadang saya buat lauk dengan nasi hangat pun Binar doyan banget. Karena abonnya memang enak, teksturnya lembut, cocok dikonsumsi anak-anak seusia Binar sekalipun.





Senang banget kan, dapat produk MPasi yang sehat gini. Harga produk PROCIL juga ramah di kantong, outlet PROCIL sudah tersebar banyak. Tapi kalau ibu-ibu mau tahu lebih banyak tentang PROCIL bisa langsung ke website PROCIL.


You May Also Like

16 komentar

  1. semoga Binar makin lancar sampai nanti masa GTM nya selesai ya mba, aku liatnya juga yummy nih untuk Procil sebagai makanan MPASI, semoga BB nya Binar perlahan bisa bertambah dan sesuai dengan umurnya ya mba

    ReplyDelete
  2. Procil benar-benar membantu para ibu yang anaknya sedang MPASI ya... Meski buatan sendiri lebih baik, dengan adanya Procil ibu nggak perlu panik lagi kalau tiba-tiba nggak sempat masak. Semoga lancar MPASInya Binar, sehat terus yaaa....

    ReplyDelete
  3. Aku seneng deh bacain tentang ibu dan anak gini, bener-bener bisa dijadiin pelajaran buat diri aku sendiri. Jadi kaya berasa udah punya banyak bekel pas mau jadi ibu hehehhe

    ReplyDelete
  4. gemesss banget dedeknya...
    thx kak informatif bgt ,buat berguna bgt buatku somedaykalo punya anak hehe

    ReplyDelete
  5. Waaah ini sih bergizi banget buat MP asi ya. Pasti adek bayi seneng bgt makan ini hihi. Yg dewasa aja pasti suka ini sih hehehe. Semoga dede bayi nya selalu sehat ya kak

    ReplyDelete
  6. aku baru tau sama produk ini. lg bingung mau kasih anak bentuk makanan apa lagi pas gtm, nih mungkin bs jd solusi yah, thanks infonya mba

    ReplyDelete
  7. wah solusi banget nih apalagi organik. Nanti kalau udah punya baby lagi mungkin bisa jadi solusi hihi. Sekarang sin kecil udah 2 tahun udah lewat masa mpasinya hihi

    ReplyDelete
  8. Teringat masa-masa MPASI yang sungguh rempong karena setiap hari kudu masak menu khusus si kecil :D ini memudahkan banget sih mbak buat ibu-ibu yang anaknya lagi dalam masa mpasi.

    ReplyDelete
  9. Waaah mau aku rekomendasiin sama temenku anaknya sebulan lagi MPASI, bener-bener praktis ya mba, bahan-bahannya organic pula. Temenku ini ngantor soalnya, pasti kebantu banget buat makan anaknya nanti.

    ReplyDelete
  10. Eyaampun, ini kayaknya enak deh buat orang dewasa juga. Seneng deh sekarang mah MPASI ada yang seperti ini. Udah bergizi, praktis, enak pula kayaknya. Anak suka, ibu pun sangat terbantu ya.

    ReplyDelete
  11. Wow travel friendly banget yaah mom. Ada yang sachet dan makanan jadi ya? Btw betul banget, untuk MPASI anak menag harus higienis.

    ReplyDelete
  12. Aku kok tertarik sama puddingnya ya mbak, kelihatan enak gitu. Apalagi kalo ada beberapa rasa🤭

    ReplyDelete
  13. Anak saya yang pertama juga suka banget makan procil, bubur maupun pudingnya. Udah gitu menunya ganti2 tiap hari, anak jadi gak bosen deh..

    ReplyDelete
  14. Praktis ya mba. Apalagi bagi ibu yang nggak memilki art, jadi saat mau bepergian keluar rumah untuk kegiatan akan mudah dalam hal persiapan menu mpasi si kecil. Tapi kami belum pernah mencoba produk ini si mba. Next kalau punya anak lagi semoga bisa mencoba hehehe

    ReplyDelete
  15. Praktis ya mba. Walau kami belum pernah coba. Taip bagi seorang ibu yang nggak memiliki art tentu menu mpasi praktis seperti ini adalah penolong banget.

    ReplyDelete