>

Peran Danone Dalam Peningkatan Kesehatan Masyarakat

By duniaeni.com - February 15, 2020


Jika ada perusahaan yang bertumbuh di sekeliling masyarakat, dan memberdayakan masyarakat menjadi lebih baik, rasanya menjadi point penting yang harus didukung agar tetap berkelanjutan atau terus-menerus melakukan aksinya. Karena itu ketika saya mendapat undangan hadir dalam acara Danone Specialized Nutrion  (SN) Indonesia Luncurkan Laporan Keberlanjutan periode 1 Januari 2017 hingga 31 Desember 2018, pada tanggal 12 februari 2020 kemarin. Dengan senang hati saya terima, meski jarak tempuh Depok-Citeureup cukup jauh.

Murid-murid PAUD Cerdas binaan Danone

Sampai di Citeureup kami menuju PAUD Cerdas yang merupakan PAUD binaan Danone SN Indonesia, dan disambut tarian yang dipersembahkan anak-anak PAUD Cerdas. Selain menyambut kami para blogger, mereka juga menyambut kedatangan Connie Ang, Persiden Direktur Danone SN Indonesia. Acara penyambutan yang sederhana, tapi sangat berkesan sekali karena anak-anak PAUD Cerdas tampak berani dan gembira.

PAUD Cerdas menyambut Connie Ang


 Program Isi Piringku


Di PAUD Cerdas saya melihat anak-anak sarapan bersama dengan menu Isi Piringku yakni mengandung karbohidrat, protein hewani dan protein nabati, sayur, buah, lengkap dengan susu. Rupanya ini merupakan salah satu program dari Danone SN Indonesia dalam edukasi tentang pentingnya nutrisi bagi masa depan ibu dan anak. Program ini telah memberi manfaat bagi lebih dari 7.000 orangtua dan 700 guru Pendidikan Usia Dini (PAUD).


Sejujurnya Isi Piringku ini membuat saya merasa diingatkan secara personal, sebagai ibu, sudahkah saya menerapkan Isi Piringku untuk menu makan di rumah? Rasanya belum memenuhi Isi Piringku, dan hal ini  yang harus diedukasi ke para ibu-ibu yang memang memiliki tanggungjawab menyiapkan hidangan keluarga di rumah.


Tujuan Danone SN Indonesia mengadakan program Isi Piringku dipaparkan oleh Connie Ang, "Kami ingin terus mendukung perkembangan anak yang sehat melalui pendekatan ilmiah, yang telah menjadi keahlian kami sejak kami berdiri. Kami tidak ingin anak-anak Indonesia tertinggal hanya karena kurangnya asupan maupun akses makanan bergizi. Sejalan dengan fokus pemerintah dalam pengembangan sumber daya manusia, kami hadir untuk membantu menjaga kesehatan manusia, terutama di Indonesia, mendapatkan gizi yang baik sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki.


Apa yang Connie paparkan tentu saja harus kita dukung, saya melihat anak-anak PAUD Cerdas yang merupakan anak-anak masyarakat di sekitar pabrik Danone tumbuh menjadi anak-anak yang sehat dan berani. Beberapa kami ajak berfoto dan wawancara tidak malu-malu, bahkan saat akan difoto mereka berpose sambil minum susu. Jadi semakin semangat untuk menerapkan Isi Piringku di rumah untuk anak-anak.

Kesejahteraan Karyawan Danone Dalam Rangka Mendukung ASI Eksklusif


Setelah mengunjungi PAUD Cerdas, saya bersama teman-teman dibawa keliling pabrik Danone yang sangat higienis. Melihat-lihat mekanisme produksi produk Danone yang benar-benar dijaga kebersihan dan keamanannya, sehingga ketika memasuki pabrik dilakukan beberapa prosedur yang harus diikuti pengunjung.

Ternyata tidak hanya kepada komunitas, Danone SN Indonesia juga konsisten memberikan dampak positif kepada karyawannya. Danone SN Indonesia memberikan cuti melahirkan kepada karyawan wanita selama 6 bulan dan 10 hari bagi karyawan pria yang istrinya melahirkan sebagai bentuk dukungan pemberian ASI Eksklusif. Bayangkan, kantor saya dulu memberikan cuti melahirkan itu hanya 3 bulan, dan bagi bapak-bapak yang istrinya melahirkan tidak ada cuti khusus.

Padahal untuk memberikan ASI Eksklusif dengan lancar dibutuhkan kondisi ibu menyusui yang nyaman dan tidak kelelahan, dalam arti memiliki waktu cuti yang harusnya lebih panjang untuk beradaptasi dan tentu saja didampingi oleh suami diawal pasca melahirkan. Kebijakan Danone SN Indonesia kepada karyawannya ini, sungguh perlu diacungkan jempol. Apalagi di berbagai kantor dan pabrik Danone Sn juga tersedia ruang laktasi dan klinik kesehatan untuk memastikan kesejahteraan ibu dan karyawan yang menyusui.

Danone SN Indonesia Luncurkan Laporan Berkelanjutan


Fokus kepada ibu dan anak di Indonesia serta berbagai aspek terkait, Danone SN Indonesia telah menjaga keberlanjutan 6  pilar utama, yaitu Riset dan Inovasi, Rantai Nilai Nutrisi, Lingkunngan, Pemberdayaan Masyarakat, Kepatuhan Bisnis, hingga Pengembangan Karyawan.  Maka diluncurkannya Laporan Berkelanjutan dengan periode pelaporan 1 Januari 2017 hingga 31 Desember 2018.

"Kami berkomitmen untuk menjalankan aktivitas perusahaan dengan menerapkan berbagai aspek berkelanjutan serta menjalankan bisnis yang sejalan dengan perkembangan sosial, ekonomi dan lingkungan. Sebagai perusahaan yang berfokus untuk mengembangkan produk nutrisi berdasarkan riset dan ilmu pengetahuan dan kontribusi pada kesehatan secara jangka panjang. Kami percaya bahwa makanan yang sehat akan tumbuh dari bumi yang sehat pula. Hal ini merupakan refleksi dai misi Danone One Planet One Health, " kata Connie Ang mengenai  pilar utama Danone SN Indonesia.


Saya yang baru tahu misi Danone One Planet One Health langsung merasa kagum, karena jika semua perusahaan memiliki misi serupa, maka bumi ini akan tetap terjaga meski sumber dayanya digunakan sepanjang masa. Menjaga bumi ini untuk manusia itu sendiri loh, karena seperti yang dikatakan oleh  Connie Ang bahwa makanan yang sehat akan tumbuh dari bumi yang sehat pula.

Selain menghasilkan produk yang sehat dan aman untuk manusia dan lingkungan, selama ini saya sudah melihat aktivitas Danone untuk masyarakat dan lingkungan. Selain Isi Piringku, ada gerakan untuk selamatkan bumi dengan penanggulangan limbah. Dimana masyarakat diedukasi untuk bertanggungjawab terhadap sampah yang dihasilkannya.

Laporan berkelanjutan yang mencakup  6 pilar dan disusun mengikuti Pedoman Standart Pelaporan Keberlanjutan (GRI) sehingga laporan ini diharapkan dapat mencerminkan langkah-langkah positif yang telah Danone SN Indonesia ambil dalam pelaksaan kegiatan operasionalnnya yang tentu saja mengutamakan aspek Ekonomi, Sosial, dan lingkungan. Dimana masyarakat dapat mengetahui langsung dengan mendownload di

Danone berkomitmen untuk selanjutnya akan menerbitkan laporan bekerlanjutan setiap 2 tahun, seperti yang diucapakan oleh Karyanto Wibowo selaku Sunstainability Director Danone Indonesia. Masyarakat dukung terus ya, agar tujuan Danone untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama pada ibu dan anak. Jangan lupa ya Ibu-Ibu, untuk menyediakan Isi Pirringku di meja makan keluarga.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar