>

Menjadi Pahlawan Senyum dengan Bersiwak dan Beramal

By duniaeni.com - March 07, 2020



Sekarang siwak  atau miswak yang berasal dari dahan atau akar pohon Slavadora persica sudah bukan lagi identik dengan muslim, karena hampir semua orang tahu manfaat siwak. Meski dahulu siwak begitu identik dengan muslim, karena Nabi Muhammad SAW menggunakannya sebagai pembersih gigi atau menggosok gigi yang kemudian banyak diikuti umat muslim di dunia, dan kini oleh semua orang yang percaya akan kandungan kebaikan siwak.


Kandungan kimia pada siwak terdapat Klorida, Pottasium, Sodium Bicarbonate, Flouride, Silika, Sulfur, Vitamin C, Trimenthyl amine, Salvadorine, Tannains dan beberapa mineral lainnya bagus sekali untuk kesehatan mulut. Nah, teknologi saat ini semakin maju, siwak tidak lagi langsung dipakai untuk menggosok gigi seperti dulu, tapi dijadikan pasta gigi yang mudah di beli di berbagai toko. Pertanyaannya, apakah kalian sudah menggunakan pasta gigi dengan kandungan siwak?

Tahu nggak, WHO (World  Health Organization) pun sudah menyetujui siwak sebagai agen oral hygen untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dan memang dalam Islam pun siwak begitu penting sekali, ada sebuah hadis yang mengatakan :

"Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan mereka bersiwak setiap akan salah" (HR: Bukhori dan Muslim, irwaul golil no 70)

Bahkan Rasulullah pertama kali memasuki rumahnya selalu bersiwak seperti yang diriwayatkan dalam HR Muslim, irwaul golil no 72 :

"Aku bertanya kepada Aisyah, "Apa yang dilakukan pertama kali oleh rasulullahh jika dia memasuki rumahnya?" Dia menjawab, "Bersiwak."

Yuk, Kenalan dengan Pepsodent Siwak


Jadi rasanya tidak perlu lagi memiliki keraguan untuk menggunakan produk pasta gigi yang mengandung siwak. Apalagi sekarang Pepsodent punya varian baru loh, yakni Pepsodent Siwak yang mengandung siwak dan mint. Siapa yang belum tahu nih? Sejujurnya saya baru tahu loh, padahal saya menggunakan pasta gigi Pepsodent sejak dulu. Di rumah Pepsodent yang saya gunakan varian Herbal, tapi kini rasanya mau mencoba yang varian Pepsodent Siwak.

Tanggal 4 Maret 2020 kemarin, saya datang ke Pepsodent Dental Expert Center di Gandaria City Mall, Jakarta. Untuk meramaikan campaign  #PahlawanSenyum dari Pepsodent Siwak bersama anak-anak Yayasan Yatim Piatu Al Andalusia, Bangka. Tidak sekedar mengenalkan Pepsodent Siwak, mengenalkan anak-anak pada kesehatan gigi, tapi Pepsodent juga mengajak penggunak Pepsodent Siwak untuk beramal. Bagaimana caranya?

Nanti saya ceritakan lebih lanjut, sekarang kita berkenalan dulu sama Pepsodent Siwak, yuk. Biar semakin afdol memakainya, biasanya kalau tahu lebih banyak maka akan lebih mudah untuk jatuh cinta. Karena tidak sekedar memakai, tapi tahu manfaatnya. Setuju?

Dalam acara ini dihadiri oleh narasumber Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent.,MDSc (Head of Sustainable Businness Beauty Personal Car & Home Care) yang menjelaskan manfaat dari siwak. Secara garis besar saya sudah menulis beberapa kandungan siwak di awal artikel, maka berikut ini penjelasan dari drg. Ratu mengenai manfaat siwak.

Doc : Nunu Halimi

Manfaat Siwak pada Pepsodent Siwak:
1. Mengandung fluoride dan vitamin C yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut
2. Memiliki anti bakteri untuk mencegah gigi berlubang dengan membentuk lapisan pada enamel gigi, dan mencegah gangguan gusi serta menghambat pertumbuhan kuman penyebab bau mulut.
3. Mesnstimulasi kelejar ludah supaya kadar asam dalam mulut menjadi netral sehingga dapat menekan petumbuhan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.
4. Menghambat proses pengeroposan gigi karena mengandung Silica bahan alami yang membantu menghilangkan plak dan noda pada gigi.

Selain mengandung siwak, Pepsodent Siwak ini juga mengandung daun mint:
1. Mengandung Fluoride untuk mencegah gigi berlubang
2. Terdapat kandungan kalsium untuk memperlambat demineralisasi dan merangsang remineralisasi pada enamel
3. Memberi kesegaran tahan lama

Dengan adanya varian siwak pada Pepsodent ini sangat tepat, karena  Pepsodent merupakan merk pasta gigi yang pertama kali menerima Halal Award 2019 dari LPPOM MUI untuk kategori Halal Top Brand. Jadi pasti buat pemakai setia merek pasta gigi Pepsodent sudah menunggu-nunggu adanya varian siwak pada merek Pepsodent.

Pepsodent Siwak dikeluarkan dalam ukuran g, 110g, dan 1040g, yang besar cocok untuk pasta gigi keluarga di rumah ya, karena Pepsodent Siwak bisa digunakan untuk batita. Asalkan pemakaiannya dengan ukuran kecil yakni sebesar kacang, jadi ibu-ibu tidak perlu stock dua pasta gigi untuk dewasa dan balita. Sementara yang ukuran kecil bisa dibawa traveling karena praktis, bisa masuk pouch.

Jadi Pahlawan Senyum dan juga Beramal bersama Pepsodent Siwak

Tujuan PT Unilever Indonesia meluncurkan Pepsodent Siwak adalah agar masyarakat Indonesia terbebas dari gigi berlubang, untuk itu Pepsodent bekerja sama dengan pakar kesehatan atau dokter gigi untuk mengedukasi masyarakat Indonesia dalam pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Tidak tanggung-tanggung dalam misinya, Pepsodent menargetkan untuk menjangkau  2 juta anak Indonesia bisa tertib gosok gigi pagi dan malam hari.

Ayo, Bu, ikut berpartisipasi menjadi #PahlawanSenyum dengan gosok gigi dua kali sehari dan mengedukasi anak-anak kita untuk melakukannya. Karena tanpa kerjasama masyarakat maka misi Pepsodent tidak akan terwujud dengan baik. Campaign #PahlawanSenyum ini juga keuntungannya untuk kita dengan memiliki gigi dan mulut yang sehat.

Oya, selain itu membeli pasta gigi Pepsodent Siwak  otomatis kita akan beramal sebesar 2.5%, karena 2.5% tiap kemasan yang terjual akan didonasikan langsung pada anak yatim piatu di beberapa panti asuhan yang tersebar di Indonesia guna untuk menjaga kesehatan gigi mereka. Coba bayangkan, sudah memiliki mulut dan gigi sehat, kita juga bisa beramal yang memberikan faedah untuk oranglain dan mendapatkan pahala karenannya. Siapa yang mau jadi #Pahlawan senyum?

Acara bersama Pepsodent Siwak pun ditutup dengan saling memberi doa melalui kartu ucapan antara saya dan salah satu anak Yayasan Yatim Piatu Al Andalusia. Saya mendoakan cita-citanya menjadi guru ngaji tercapai, dan dia mendoakan saya bisa menjadi ibu yang baik bagi anak-anak saya, Amiin. Serius, jadi terharu sekali. Maka saya memeluknya kencang, semoga jadi obat kerinduannya akan seorang ibu.


Oya, sebelum pulang saya dan beberapa teman yang ikut hadir dalam acara Pepsodent Siwak menyematkan diri menikmati pemeriksaan gigi gratis di Pepsodent Dental Expert Center. Setelah diperiksa bisa curhat panjang lebar mengenai gigi kita ke dokternya yang baik dan ramah. PR banget buat saya membersihkan karang gigi, menambal lubang kecil-kecil di gigi, dan memasang gigi palsu untuk gigi geraham belakang bagian bawah yang sudah lama saya cabut.



  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. Combo manfaat yah, gigi bersih sekaligus nyunnah

    ReplyDelete
  2. The oral hygiene is a mandatory way to protect against the germs. It also helps to prevent the development of many diseases. The cleaning agent must be of a good quality

    ReplyDelete
  3. udah gede gini aku kok rada takut pergi ke dokter gigi, sesekali memang pergi, tapi ga rutin sekian bulan sekali sepert wacana dokter dokter itu.

    manfaat siwak baik ya untuk gigi, yang alami memang lebih bagus

    ReplyDelete