Our Story

Ceremony

Family

Imunisasi Si Kecil Aman dan Nyaman di Dokter Anak OMDC Healthcare

by - September 19, 2020


Buat kalian para ibu nih, seberapa penting sih imunisasi atau pemberian vaksin buat anak? Saya pribadi sangat mendukung pemberian imunisasi kepada anak, karena dengan imunisasi anak mendapat kekebalan terhadap suatu penyakit berbahaya seperti campak, pertusis atau batuk 100 hari, difteri, polio, tuberkulosis (TBC), Hepatitis B, dan lain sebagainya. Serem banget membayangkan beragam penyakit berbahaya itu, bukan? Belum lagi jika terjadi komplikasi penyakit-penyakit berbahaya tersebut.

Menunda Imunisasi Karena Takut Paparan Virus Corona

Karena itu imunisasi atau vaksin sangat wajib diberikan pada anak, dan merupakan hak anak yang harus dipenuhi oleh orangtua. Bahkan hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 42 tahun 2013. Nah, sudahkah kalian memenuhi hak anak tersebut? Kebetulan Pendar terlambat buat imunisasi DPT lanjutan nih, harusnya diulang pada saat usia 5 tahun. Tapi karena pademi jadi telat sekitar 6 bulan.

Saya dan suami kawatir membawa Pendar untuk imunisasi ke rumah sakit, karena takut terpapar pasien Covid 19 atau terpapar area yang rentan terkena virus Corona. Terlebih anak-anak sangat rentan terpapar virus tersebut, jadi kami memilih untuk menundanya. Tidak hanya imunisasi, bahkan ketika anak-anak ada yang demam kami takut membawanya ke dokter dan memilih merawat sendiri di rumah. Duh, pandemi ini memang bikin worried.

Tapi ternyata tidak hanya saya yang mengalami kecemasan untuk membawa anak ke rumah sakit, baik untuk imunisasi maupun berobat. Banyak teman-teman yang juga telat memberi vaksin kepada anak karena kondisi pandemi ini. Tapi teryata ada klinik yang aman untuk membawa anak imunisasi maupun berobat di sana loh. Kalian sudah tahu Klinik OMDC Healthcare, belum? Tanggal 18 Agustus kemarin, saya dan suami baru saja membawa Pendar ke sana untuk imunisasi.  

Info lengkap pengalaman saya membawa Pendar  imunisasi di OMDC Healthcara akan saya ulas di artikel ini, ya. Siapa tahu bisa jadi rekomendasi para ibu yang ingin membawa anaknya berobat maupun imunisasi saat pandemi begini. Biar tidak galau dan menunda-nunda lagi untuk imuunisasi anak dan berobat. Karena imunisasi anak saat pandemi itu ternyata penting banget.

Aman dan Nyaman Imunisasi di OMDC Healthcare

Fasilitas dan Layanan Lengkap di OMDC Healthcare


Klinik OMDC Healthcare yang saya kunjungin terletak di Mampang Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan. Jaraknya dari rumah tidak terlalu jauh, hanya ditempuh selama 30 menit dengan kendaraan bermotor. Jadi cukup nyaman buat Pendar yang sering rewel kalau dibawa berkendara jauh, karena anaknya bosanan.

Sampai di OMDC Healthcare layanannya sangat menyenangkan, dan cukup kaget juga saat memasuki klinik karena semua interiornya tidak mirip klinik kesehatan. Tapi lebih mirip cafe ala Jepang yang didominasi warna pink, lengkap terdapat pernak-pernik panjangan berbentuk makanan khas Jepang seperti sushi. Asli, hampir saya comot karena saya mengira itu sushi sungguhan, hahaha.

Para petugas mengenakan APD, pengunjung atau pasien yang berkunjung melalui protokol kesehatan yang apik. Saya dan suami tidak ragu-ragu untuk duduk, karena ada petugas yang standby menyeprotkan disinfektan ke titik-titik yang ditempati oleh pasien. Makanya saya  membiarkan Pendar melihat sekeliling klinik yang sangat instagramable sampai kami sempat foto-foto beberapa kali.

Selain mengenakan APD setiap petugas di OMDC Healthcare mengenakan name tag yang mencantumkan kondisi kesehatan terkini, mereka dirapid test setiap bulan. Peralatan disteril menggunakan autoclave yang merupakan sterilisasi standar rumah sakit tingkat tinggi. Jadi tidak hanya pasien atau pengunjung yang merasa aman ke OMDC Healthcare, para petugas atau staff yang biasa dipanggil Desta dan Tistan ini pun dijamin keamananya. Mereka bisa bertugas tanpa takut terpapar virus Corona.

Klinik Ibu dan Anak yang Private

Karena tujuan saya ke OMDC Healthcare untuk imunisasi Pendar, maka kami langsung diantara ke lantai 3 menggunakan lift yang lokasinya langsung dari parkiran mobil. Oalah, saya baru tahu kalau spesial klinik ibu dan anak tempatnya private alias terpisah dari pasien lain, tujuannya agar meminimalisir paparan virus dan penyakit. Jadi aman deh anak-anak maupun ibu hamil yang akan ke  OMDC Healthcare. Berarti tadi saya salah ya, langsung masuk ke lobi depan. Maklum baru pertama kali berkunjung, hehehe.

Sampai di lantai tiga sambil mengisi data anak yang akan diimunisasi di dokter anak, hari itu yang bertugas dokter Harun. Pendar langsung bermain di area playground yang bagus banget, asli selama ke dokter anak baru ini ada playground lengkap dan sebagus itu sampai Pendar betah, hehehe. Betah sehingga tidak terasa saat namanya dipanggil suster untuk masuk ke dalam ruang dokter.


Saat memasuki ruang dokter yang bertema safari adveture, berasa masuk ke kelas bermain anak loh. Semua fullcolour, termasuk pakaian yang dikenakan Pak dokter, motifnya lucu banget sampai saya membayangkan kalau Pendar punya baju tidur serupa. Kalau saya terkesima dengan motif baju dokternya, maka Pendar terkesima dengan fasilitas di ruang dokter. Dia langsung naik ketimbangan tanpa takut, langsung ngobrol dengan suster yang membantu.



Begitu juga ketika berhadapan dengan dokter Harun, dia menjawab semua pertanyaan dokter dengan senang. Dokternya memang komunikatif, talkative, friendly, sabar dan sangat informati sehingga tidak terasa saya sampai curhat panjang. Dari soal imunisasi Pendar yang tertunda karena pandemi, kekawatiran saya soal Covid 19, sampai tumbuh kembang anak. Asli, biasanya dokter spesialis anak cukup fokus pada satu persoalan yang akan kita konsultasikan, tapi ini saya bisa curhat banyak.

Pentingnya Imunisasi Saat Pandemi


Alhamdullilah, meski ditunda hampir  enam bulan Pendar tetap bisa diimunisasi lanjutan DPT, dan selanjutnya sangat dianjurkan untuk imunisasi tambahan yang melindungi dari infeksi penyebab pneumonia. Karena kondisi pandemi ini anak-anak sangat riskan dan berbahaya sekali jika terpapar bakteri yang memicu pneumonia. Tahukan, kalau pneumonia termasuk penyebab kematian anak. Vaksin untuk mencegah pneumonia seperti  Vaksin Hib, Vaksin Influenza, meski Vaksin Covid sendiri belum ditemukan.

Dokter Harun juga mengatakan, sangat penting anak mendapat imunisasi dasar yang lengkap sebagai basic ketahanan tubuhnya akan paparan aneka penyakit yang berbahaya. Untuk imunisasi tambahan tidak dilakukan tidak apa-apa, namun penting dilakukan untuk kondisi tertentu seperti saat pandemi sekarang ini. Baiklah, jadi catatan buat saya ini untuk merencanakan imunisasi yang disaranakan oleh dokter Harun. Ini hal mudah, karena waktu check up setiap hari dan fleksible.

Oya, untuk harga konsultasi dan imunisasi di OMDC Healthcare harganya cukup terjangkau, tapi worth dengan semua layanan dan fasilitas yang kita dapat. Sebagai info untuk biaya konsultasi selama 30 menit dengan dokter spesialis anak dikenakan tagihan Rp 415.000, sementara untuk imunisasi DPT harganya sekitar Rp300.000.

kwintasi biaya konsul dengan dokter anak tanpa tindakan

Untuk lengkapnya harga-harganya bisa dilihat di sini:

Selanjutnya saya kembali lagi ke OMDC Healthcare untuk imunisasi MMR. Abang Pendar saat disuntik imunisasi MMR tampak santai dan tidak merasa kawatir sedikit pun, karena memang dokter Harun sangat komunikatif. Membuat suasana hati anak yang akan diimunisasi tenang, nyaman, sampai selesai imunisasi Abang Pendar langsung ke playground. Menurut ceritanya disuntik itu sakitnya beneran seperti digigit semut, apalagi selesai diimunisasi dikasih reward mainan lego. Jadi deh untuk jadwal imunisasi berikutnya Abang Pendar request ke OMDC Healthcare lagi.


Selain imunisasi MMR, saya diskusi banyak hal dengan dengan dokternya. Mengenai riwayat alergi di keluarga hingga kondisi saat pandemi ini, dimana memang kita harus benar-benar melindungi anak-anak yang imunnya lebihh rentan dibanding orang dewasa. Apalagi anak-anak yang tertular Covid 19 tidak memiliki gejala yang pasti. Puas diskusi, dokter Harun juga mempersilahkan saya untuk menghubunginya via whatshapp jika ada yang ingin dipertanyakan lebih lanjut. Duh, berasa spesial banget memang ke klinik OMDC Healthcare ini.

Kwitansi konsul dokter dan imunisasi MMR

Sekilas Tentang OMDC Healthcare

Jadi nih OMDC Healthcare yang saya kunjungi ini dulunya merupakan OMDC Dental Klinik yang merupakan bagian dari OMDC Group. Pantas, ketika saya masuk dan jalan-jalan ke lantai dua karena tertarik dengan design interiornya (sekalian foto-foto gitu, hehehe) terdapat fasilitas Dental yang lengkap banget. Dan, kalau lagi bete antri bisa deh sekalian shopping baju, atau reflexi dengan harga yang  terjangkau banget.

Tapi kini OMDC Dental Klinik di Mampang ini memperluas unit kesehatannya menjadi OMDC Healthcare yang memiliki 7 layanan baru yakni:

1. Spesialis OBGYN

2. Spesialis Anak

3. Rogsen Gigi

4. Instalasi Farmasi

5.  OMDC Clear Aligner

6. Sedasi Dental

7. Labotarium

Fasilitas OMDC Healthcare juga dilengkapi dengan apotik, area parkirnya pun luas. Secara keseluruhan selain berobat, saya seperti merasa jalan-jalan karena memang suasana OMDC Healthcare sangat nyaman, ruangannya dingin, wangi aroma therapi, ditambah banyak sudut untuk pepotoan. Jadi tidak berasa bosan seperti kalau kita berkunjung untuk berobat, juga tentu saja lebih aman di masa pandemi ini.

Buat yang butuh info lebih lanjut, atau akan berkunjung ke OMDC Healthcare di Mampang, bisa intip-intip dulu ke media sosialnya OMDC Healthcare atau OMDC Group: Instagram : @omdc_official

Atau kontak langsung OMDC Healthcare Mampang:

Jl. Warung Buncit Raya No.66 RT4/RW5

Kalibata, Kecamatan Pancoran

Jakarta Selatan

Telepon : 021.79196565

Chat via Whatsapp : +6281514888063

Untuk kontak reservasi bisa juga ke nomor berikut ini:

021-79196767

021- 79196565

HP: 08111108852

You May Also Like

23 komentar

  1. Alhamdulillah di tengan pandemi masih bisa imunisasi ya ada temnay yang aman & nyaman di OMDC Healthcare. Itu jubah dokter gambarnya lucu bbanget sih mbak

    ReplyDelete
  2. Saya suka banget APD yang dipakai dokternya. Kebayang ya jadinya seperti apa service di sana. Dari APDnya aja kelihatan ramah anak

    ReplyDelete
  3. Wow, tempatnya cozy benerrrrr...Anak2 ga merasa sedang berada di dokter deh :) Ruang kontrolnya homey gitu ya lucuuuu amat, sukaa deh :) Biaya vaksinnya juga ada dan serba informatif. Deket ini di sekitar Buncit ya.

    ReplyDelete
  4. Ya ampun, keren bangeett OMDC inii. Tempatnya keren, fasilitasnya kereen. Sampai APD dokternya juga kecee bangett. Harga vaksinnya juga bersahabat sih

    ReplyDelete
  5. Tempatnya nyaman dan kids friendly banget mbak...
    Bikin anak tetap hepi saat di imunisasi

    ReplyDelete
  6. Adudu aku jadi terpana sama tempatnyaa.. ini keceh banget sih mak, aku yakin banget anak anak betah banget disini.. jadi momen ke dokter lebih membuat anak happy ya.. ngga seperti RS atau klinik, jadinya anak anak betah deh disini

    ReplyDelete
  7. Duh ini kliniKnya betahin amat ya Mak Eni. Warna-warnanya juga lucu, sampe-sampe APD dokternya juga playful. Pandemi gini selain bikin kita jadi lebih aware juga nambah kreatif ya

    ReplyDelete
  8. Kliniknya cakep banget mbak, dokter dan juru rawat yang ramah bikin anak senang dan tidak takut diperiksa..kliniknya keren pisan...ramah anak...

    ReplyDelete
  9. Emak-emak aja bisa hepi kalau ke OMDC Healthcare ini, apalagi anak-anak ya...tempatnya menyenangkan bagi mereka, enggak nakutin dan beneran kids firendly
    Beberapa anak denger imunisasi yang identik dengan suntikan bakalan ketakutan. Tapi di OMDC ga akan kayaknya, lihat baju dokter yang lucu dan aura sekitar yang menyenangkan banget bakalan sukarela malahan mereka ya haha

    ReplyDelete
  10. Kliniknya bagus banget. APD dokter dan susternya juga eyecatching. Jadi bikin suasana menyenangkan dan nyaman untuk anak.

    ReplyDelete
  11. Kliniknya bagus yaaa. AKu juga berencana bawa anak ke OMDC tapi yang di Bogor. Tapi gak utk imunisasi melainkan ke dokter giginya.
    MAlah baru tahu kalau OMDC ada klinik buat imunisasi anak juga. Semoga dokternya sehat2 yaaa :D

    ReplyDelete
  12. OMDC Healthcare keren banget ... desainnya ramah anak. Terus hati-hati ya dalam masa pandemi ini jadinya nyaman buat para orang tua membawa anaknya ke sana.

    ReplyDelete
  13. Awalnya aku nggak ngira loh kalau ini klinik kezehatan. Berasa mall megah hahah. Soalnya nyaman dan orang ga takut khususnya anak berobat yaa

    ReplyDelete
  14. Ya ampuuunnnn ini sih bikin anak-anak betah banget ya Mba klo ruangannya kayak gitu. Dan yang paling bikin aku salfok adalah baju APD dokter dan susternya. Lucu bangeetttt... Aku mau juga punya begitu. hihiihih

    ReplyDelete
  15. Nyenengin banget interiornya. warna-warni gitu jadi nggak serem. Udah gitu AP nya bermotif, lucu. Anak2 pasti seneng ya.

    ReplyDelete
  16. Tempatnya cakep banget Mbak. Colorful gitu. Anak-anak pasti suka berkunjung ke sini.

    ReplyDelete
  17. Mamanya aja happy yaa...ke OMDC Healthcare, apalagi anaknya.
    Tempatnya bener-bener kids friendly dengan harga terjangkau.

    ReplyDelete
  18. Tempatnya, instagramable banget, upss. maksudnya cozy dan cantik banget, hehehehe. Jadi gak berasa ke klinik ini mah. Anak-anak pasti seneng kalau berobat di tepat seperti ini. Sayang, jauhhh banget dari rumahku.

    ReplyDelete
  19. Melihat suasananya, aku yakin anak-anak pasti merasa nyaman imunisasi di sini.
    Aku saja orang dewasa langsung jatuh cinta sama suasananya!
    So colorful.

    Sungguh, baru ini aku lihat faskes yang so colorful!

    ReplyDelete
  20. Sehat selalu Pendar. Ga khawatir imunisasi lagi ya kalau di klinik OMDC ini secara dokter Harun juga ramah dan pakai tes kesehatan sebulan sekali. Belum lagi alatnya disterilisasi utk keamanan dan kenyamanan pasien kecilnya ya.

    Semoga pandemi segera berakhir biar ga was was lagi kalau mau kemana2 termasuk saat bawa si kecil ya mbak

    ReplyDelete
  21. Waah kliniknya kids friendly ya. Ada playgroundnya juga. Anak anak nggak merasa lagi di klinik yaa

    ReplyDelete
  22. Tempatnya bagus banget. Anak jd gak takut dan malah betah, nagih minta ke sana lagi. Hihi. Para nakesnya jg pakai APD sesuai ketentuan, dg dokter anak yg friendly dan pakai pakaian yg disuka si kecil

    ReplyDelete
  23. Wah, itu lucu juga ya baju hazmatnya. Ga nakutin buat anak2. Emang sih kalau ke rumkit atau klinik skrg para ortu takut, apalagi bawa balita.

    ReplyDelete