KESEHATAN

PARENTING

REVIEW

Pentingnya Memilih Cemilan Baik Untuk Anak

by - February 03, 2021

 


Siapa yang suka stock cemilan untuk anak? Bisa dipastikan semua ibu akan menjawab..SAYAAA! Karena anak-anak kebanyakan pasti suka ngemil, makan makanan kecil di antara jeda makan utama, dan tugas ibu menyiapkan cemilan. Terutama saat pandemi ini, dimana anak-anak tidak memiliki kegiatan di luar. Otomatis di rumah harus ada cemilan setiap hari. Betul, kan?

Kalau sampai tidak ada cemilan, biasanya anak-anak saya akan mengeluh lapar. Padahal sudah makan besar, atau jadi agak rewel, ada saja masalah yang mereka lakukan dan membuat saya kesal karena rumah jadi rusuh. Makanya sejak anak-anak selalu di rumah saja, saya tidak pernah absen menyediakan cemilan. Anak-anak tenang, ibu pun senang, hehehe. Setidaknya saya jadi bisa kosentrasi mengerjakan kerjaan lain dan tidak hanya sibuk melerai anak-anak yang rusuh jika tidak ada cemilan, atau pusing dengan suasana rumah yang jadi tidak kondusif.

Memang sih, jeda makan utama seperti makan pagi atau sarapan ke makan siang itu cukup jauh. Selama pandemi ini saya membiasakan anak-anak sarapan pukul delapan pagi, dan makan siang pukul satu siang. Selama lima jam ini, wajar saja kalau anak-anak akan merasa lapar. Untuk anak-anak rasa lapar dapat memicu mood yang buruk sehingga mudah memicu mereka melakukan hal-hal yang rusuh. Makanya snack time wajib ada deh di rumah.

Apalagi anak-anak belajar daring, akan lebih semangat kalau ada cemilan yang menemani. Seperti di sekolah saja, ada jam istirahat untuk snack time melepas lelah setelah otak  bekerja keras menyimak pelajaran atau menyelesaikan soal-soal. Tapi ternyata cemilan itu tidak boleh asal, asal anak doyan, asal anak bisa ngemil. Cemilan anak harus merupakan cemilan sehat yang  bermanfaat bagi kesehatannya.

Pentingnya Memilih Cemilan Baik Untuk Tumbuh Kembang Anak

Seperti Apa Kriteria Cemilan Baik dan Cemilan Sehat untuk Anak?


Karena cemilan tidak sehat itu bisa membahayakan kesehatan anak, seperti yang dikatakan dokter spesialis anak, dr Attila Dewanti Sp.A(K) saat saya  bersama Komunitas Emak Blogger mengikuti webinar Pentingnya Memilih Cemilan Baik Untuk Tumbuh Kembang Anak  yang diadakan oleh Paddle Pop, Jumat 22 Januari lalu:


“Kesadaran tentang pentingnya cemilan yang baik sangat krusial, sebab jika salah pilih cemilan bisa memiliki bebagai akibat jangka panjang, seperti obesitas dann terganggu daya tahan tubuh anak, teruama di masa pandemi sekarang ini.”

Jleb! Saya langsung mengingat-ingat dong, apa saja cemilan yang sudah saya berikan kepada anak-anak selama ini. Serius, kalau cemilan yang saya olah sendiri memang tidak begitu mengawatirkan kandungannya, tapi kalau cemilan yang saya beli. Rasanya cukup banyak yang mengandung gula tinggi, karena memang cemilan manis-manis itu selalu disukai anak-anak. Kadang, saya juga suka beli olahan cemilan yang gurih-gurih dengan kandungan lemak tinggi.

Padahal mengutip apa yang dikatakan dr Attila, justru pada saat pandemi ini anak-anak banyak beraktivitas di rumah, merupakan kesempatan emas bagi orangtua untuk menumbuhkan kebiasan baru, yakni smart snacking atau memilih cemilan yang lebih baik untuk cemilan anak. Karena jika anak-anak beraktivitas di luar seperti sekolah, les, mereka pasti membeli cemilan atau jajanan yang asal doyan, asal enak, tanpa memilikirkan kandungan gizinya.

Tapi memang tidak bisa dipungkiri mencari cemilan anak yang sehat itu cukup sulit. Kebanyakan cemilan mengandung kadar gula dan lemak yang cukup tinggi, kalau ada cemilan sehat biasanya anak-anak kurang menyukainya. Mungkin karena rasanya kurang menarik di lidah anak-anak. Namun bagaimana pun PR buat orangtua, terutama Ibu mengetahui cemilan baik dan cemilan sehat untuk anak, agar anak-anak tetap sehat dan bisa ngemil dengan aman.

Saya senang betul ketika, dr Attila memberikan penjelasan kriteria cemilan yang baik yang bisa diberikan untuk anak. Diantaranya:

1.  Cemilan yang mengandung kadar gula, kalori, dan lemak yang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak-anak. Dimana berdasarkan rekomendasi WHO, baik orang dewasa dan anak-anak membatasi konsumsi harian gula tidak lebih dari 50 gram, lemak tidak lebih dari 10 persen, dan kalori tidak lebih dari 20 persen.

2.Sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI, kalau balita dan anak usia sekolah mengkonsumsi cemilan 2-3 porsi setiap hari, dengan jumlah ideal kalori 330 kkal dibagi menjadi 2-3 kali  konsumsi.

3. Cemilan sebaiknya mengandung susu, buah, dan kaya akan serat.

Saya biasa memberikan cemilan untuk anak-anak pukul 10 pagi saat daring, pukul 3 sore, dan kadang pukul 8 malam saat santai bersama sambil ngobrol atau menonton film. Menentukan waktu ngemil ini ternyata memang harus kita terapkan agar anak-anak tidak memiliki kebiasaan ngemil yang buruk yakni ngemil kapan saja. Sehingga bisa terjadi obesitas, maupun kehilangan selera makan utama yang membuat anak kekurangan nutrisi.

Dokter Attila juga menjelaskan, cemilan  yang mengandung susu dan buah sangat baik untuk anak. Susu memiliki beragam manfaat bagi anak-anak, karena memiliki kandungan protein dan kalsium yang menunjang pertumbuhan tulang anak secara optimal. Buah juga mengandung berbagai jenis vitamin yang dapat membantu tumbuh kembang anak.  Buah khas Indonesia itu murah-murah dan bagus kandungan vitaminnya loh, seperti salak, pepaya, jeruk, nanas, semangka, apel malang.

Paddle Pop Luncurkan Logo ‘Cemilan Baik Untukmu’

Berhubungan dengan cemilan baik dan sehat untuk anak, maka dalam rangka perayaan Hari Gizi Nasional 2021 Paddle Pop  mewujudkan komitmen dalam menerapkan standart cemilan yang baik sesuai kebutuhan gizi seimbang untuk anak dan mengedukasi orangtua serta caretaker akan pentingnya memilih cemilan yang baik, maka diluncurkan logo’Cemilan Baik Untukmu’ yang akan tertera dalam setiap kemasan es krim Paddle Pop. So, hadirnya logo ini  memberikan ketenangan kepada orang tua dan caretaker dalam memilih cemilan untuk anak-anak dong.



Cemilan merupakan elemen makanan yang tidak bisa dipisahkan dari asupan harian anak. Berdasarkan studi, hampir semua anak Indonesia (97.7%) mengkonsumsi lebih banyak cemilan dan minuman kemasan dibandingkan sayuran dan buah-buahan. Hal ini dipicu juga ketidaktahuan orangtua mengetahui cemilan yang lebih baik, dengan rasa yang disukai anak-anak. Semoga komitmen Paddle Pop untuk membantu masyarakat mengubah pola makan yang lebih sehat dan ramah lingkungan terwujud.

Es krim Paddle Pop memiliki logo ’Cemilan Baik Untukmu’ karena memiliki kelebihan:



1. Semua es krim Paddle Pop dibuat khusus untuk anak dengan standar nutrisi tinggi yang membatasi kandungan tidak lebih dari 110 kkal, 12 gram gula dan 3 gram lemak jenuh, serta terbuat dari susu dan buah, untuk meningkatkan asupan nutrisi anak.

2. Standar komposisi dalam produk Paddle Pop telah mengikuti standar internasional dari WHO dan Kementerian Kesehatan RI. Es krim Paddle Pop sebagai cemilan yang baik juga telah mendapatkan nomor ijin edar dari BPOM & halal sertifikat dari MUI.

3. Es krim Paddle Pop sebagai cemilan yang baik juga telah mendapatkan nomor izin edar dari BPOM & halal sertifikat dari MUI.

4. Es Krim Paddle Pop dibuat secara bertanggungjawab untuk anak.

Nah, ibu-ibu sekarang sudah tidak bingung lagi dong kalau mau memberikan tambahan cemilan untuk anak. Ada es krim Paddle Pop yang sudah memiliki logo #CemilanBaikUntukmu. Sophie Navita, parent and conten creator yang juga hadir sebagai narasumber di acara webinar menyetujui sekali agar orangtua smart snacking dalam memilihkan cemilan untuk anak.



Tapi takut ah, es krim bikin batuk dan pilek! Hayo, siapa yang masih memiliki pemikiran seperti ini? Ibu-ibu, es krim paddle pop aman kok dikonsumsi anak asal anak tidak sedang radang atau demam. Saya sendiri sudah mencobanya, saat anak saya sedang pilek tapi tetap makan es krim varian Rainbow Paddle Pop yang kayak akan rasa susu. Yuk, mulai menerapkan pola makan dan ngemil yang lebih baik, namun tentu saja jangan berlebihan dan harus sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak-anak.

You May Also Like

26 komentar

  1. tips memilih cemilan anak perlu teliti yaa baca komposisinya supaya anak terbiasa dengan smart snacking. Ga asal kenyang, ga asal enak, perlu dukung juga tumbuh kembang anak-anak.
    Btw, Pijar oks banget sik kuncirnya.

    ReplyDelete
  2. Aku salah satu ibu yang hobi ngemil nih kak, nah kebiasaan ini menurun pada anak. Apalagi ngemil es krim ..wah sukaa banget deh. Dekat gak khawatir lagi yah ngemil es krim Paddle pop, dengan logo baru Cemilan baik untukmu..bikin anak2 sehat dan happy saat ngemil.gak bikin batuk juga. Kebaikan susu dan buah dalam paddle pop emang pilihan deh

    ReplyDelete
  3. Anakku suka banget Paddle Pop ini apalagi sekarang ada logo cemilan baik untukmu, makin suka deh jadinya

    ReplyDelete
  4. Es krim walls selalu jd pilihan nomor satu deh kalo lagi kepengen es krim, karena kandungan susunya nggak kaleng-kaleng. Anakku aja tau kalo ada rasa susu yg enak pas makan es krim walls

    ReplyDelete
  5. Memang paling asik nyemilin es krim ya. Dulu emang takut bikin batuk pilek, makanya ngelarang anak beli es krim. Tapi setelah tahu ada logo Cemilan Baik Untukmu dari Paddle Pop, nggak usah larang-larang lagi deh.

    ReplyDelete
  6. Wkwk ngerasain juga aku Mba, dua bocil gak bisa diem kalau mereka gak ada kerjaan. Suka banget ngerusuh hehe

    Tapi kalau dikasih cemilan bisa diem minkem tentram loh, bisa nih yaa Paddle pop distok banyak dirumah.

    Secara udah dipastikan ingredients nya baik unk anak-anak 😊

    ReplyDelete
  7. wah ini favorit aku dan anak- anak, jaman SD dulu aku suka bangetttt paddle pop, e skrg nurun anak2 juga suka especially yang pelangi, karena rasanya enak bangettt, sblm baca ini aku batasi makan ice cream, setelah baca ini, wajibb nyetokkk deh, apalg pandemic gini

    ReplyDelete
  8. Paddle pop udah enak, sehat, disuka banyak anak pula, solusi banget nih buat cemilan anak

    ReplyDelete
  9. memilih camilan terutama es krim juga harus selektif. kandungan perlu ditinjau dl ya kak

    ReplyDelete
  10. Iconic banget emang Paddle Pop rainbow, mana sekarang nambah lagi varian mochinya. Bener-bener favorit dari jaman kecil haha. Keren nih ada logo cemilan baik untuk anak. Jadi ortu nggak worry lagi deh.

    ReplyDelete
  11. cemilan baik untukmu, itu adalah logo yang layak dikonsumsi utk anak dan kita. Syukurnya es krim kesayangan qt semua ud ad label tersebut ya. Gak perlu khawatir lg

    ReplyDelete
  12. Udah ga diragukan lagi dengan logo baru paddle pop, menjadi pilihan buat orang tua memilih cemilan yang baik buat anaknya, apalagi es krim paddle pop dengan kelebihannya ahh makin nyaman buat dicemil ga ada alasan lagi makan es krim takut batuk or pilek deh.

    ReplyDelete
  13. Ini mah gak hanya cocok untuk anak, untuk aku yang udah gede kayak gini bakalan doyan wkwk
    Penting sih aku rasa logo ala Paddle pop ini. Biar konsumen bisa membedakan dan memilih yg terbaik :)

    ReplyDelete
  14. Cemilan yang baik untuk anak tidak hanya memperhatikan gizi, enak dan sehat. Tapi juga sehat buat kantong emak-emak alias tidak mahal

    ReplyDelete
  15. Ga bisa larang lagi anak ga boleh makan es krim ya. Kalau soal nyetok camilan, wah iya nih, apalagi saat pandemi, ga bisa bebas keluar, ga yakin juga kalau jajan di luar bagaimana kebersihannya

    ReplyDelete
  16. Kini, gak perlu khawatir lagi yaa..
    Paddle Pop sudah memiliki logo Cemilan Baik Untukmu. Gak hanya bisa dimakan anak, tapi Ibu dan Ayahnya ikutan menikmati makan bersama.

    ReplyDelete
  17. anak saya sering saya kasih es krim mba, es krim paddle pop ini selain variannya banyak, rasanya juga enak, bikin anak2 semangat dan berimiajinasi, apalagi masing2 eskirm ada karakternya

    ReplyDelete
  18. Nanti kalau cuaca nggak dingin mau beli lagi ah Paddle Pop, soalnya ini mood booster daku buat sambil bekerja hihi.

    ReplyDelete
  19. Ini ice cream favorit keluarga ku lho mak. Au sendiri suka banget paddle pop rainbow dan kalau anak-anak suka banget yang choco lava, selain enak juga kaya nutrisinya ya mak jadi ga salah menjadi cemilan baik.

    ReplyDelete
  20. Pilihanku nih mbak ice cream paddle pop untuk anak-anak dan juga aku. Aku sama anakku suka banget ice cream yang berasa buah dan susu. Entah kenapa gak suka ice cream yang keras gitu. Kalau paddle pop kurasain tu lembut banget

    sekarang dah ada logo camilan baik untukmu di kemasannya ya. Jadi aman yaaa untuk camilaaan anak setiap hari

    ReplyDelete
  21. Anggapan makan es krim ga sehat terpatahkan sudah ya Mak. Apalagi komposisi nutrisi Paddle Pop ini sudah sesuai AKG. Dah enak, lucu gemesin, sehat dan terjangkau pula

    ReplyDelete
  22. kalo padlle pop mah aku approved dong untuk kasih cemilan baik yang mengandung susu ini ke anak, plus juga kadar gulanya pas jadi gak too sweet, auto approved

    ReplyDelete
  23. Anak-anak ku kalau beli eskrim ya paddle pop. Lebih familiar soalnya. Dan rasanya juga lebih enak

    ReplyDelete
  24. iyaa aku setuju nih, anak2 usia 3 tahunan ke atas udah mulai sering ngemil. mana anakku tuh gak doyan buah, jadi aku kudu ngakalin banget ngemilnya mereka gimana.. biar nggak cuma jajanan biasa tapi juga ada manfaatnya ke tubuh

    ReplyDelete
  25. Hepi banget ini ada paddle pop yang udah keren begini rilis dengan label cemilan baik
    Aku sering jajan ini bun, seger dan enak soalnya.

    ReplyDelete
  26. Paddle pop emang cemilan sepanjang masa banget sih ini, udah lama banget kenal es krim satu ini

    ReplyDelete