Cara Menjaga Imun Anak Saat Sekolah Tatap Muka

by - July 17, 2022

 



Setelah hampir 3 tahun  anak-anak menjalani sekolah di rumah saja atau sekolah offline, karena kondisi pandemi COVID 19, akhirnya tahun ajaran baru ini anak-anak kembali sekolah tatap muka. Orangtua akan kembali sibuk menata seragam sekolah, mempersiapkan bekal sekolah, dan juga antar jemput anak sekolah. Hari-hari normal akan datang kembali seperti dulu, kehidupan anak-anak sekolah benar-benar menjadi nyata lagi.

Bagaimana perasaan ibu menghadapi anak-anak back to school? Tidak lagi hanya setengah-setengah seperti sebelumnya, tapi PTM 100%. Apakah sudah siap? Apakah gembira akhirnya anak-anak tidak di rumah sepanjang hari, yang membuat ibu harus menghadapi rutinitas nyaris 24 jam mendampingi anak-anak. Tidak hanya mendampingi bermain, tapi juga belajar.

Masih terasa dong, setiap jam anak sekolah daring, ibu pun harus di sampingnya, ikut menyimak dan memahami pembicaraan guru, terutama untuk anak-anak TK dan SD. Lalu menjabarkan ke anak agar anak memahami pelajaran yang disampaikan gurunya, kadang anak pun berulah ketika jam pelajaran online dimulai. Entah, tiba-tiba ngambek atau justru bersikeras ingin menonton film kartun.

Masa-masa itu membuat sosial media dipenuhi curhatan ibu-ibu, tentang pusingnya mendampingi anak-anak sekolah daring. Maka sekarang wajar ya, kalau ibu-ibu gembira anak-anak back to school. Di saat anak-anak pergi sekolah, setidaknya bisa bernafas longgar menikmati teh hangat atau sekedar chattingan dengan bestie, hehehe.

Kekhawatiran Saat Anak Sekolah Tatap Muka

Tapi selain rasa gembira, saya juga merasakan kekhawatiran anak-anak kembali sekolah tatap muka, sebab meskipun pandemi sudah landai, tidak mustahil akan ada varian Virus Covid lagi. Mengingat belum lama terdapat varian Omicron yang sangat mudah menyebar, sampai saya, suami, dan anak saya, Abang Pendar, terpapar Omicron.

Anak-anak masuk sekolah memang diwajibkan memakai masker, cuci tangan, tapi buat anak seusia Abang Pendar (7 tahun) saya belum yakin dia akan tertib ketika asyik bermain dengan temannya di saat istirahat sekolah. Sudah banyak kejadian, anak-anak bermain tanpa sadar melepas masker, atau lupa cuci tangan saat menikmati bekal makanan.

Walau pun di rumah saya sudah sounding baik-baik, bagaimana cara menjaga prokes dengan benar. Tetap pakai masker saat ngobrol dengan teman, tidak boleh saling tukar bekal makanan, dan jangan lupa cuci tangan dengan sabun di air mengalir. Di sekolahnya sudah tersedia tempat cuci tangan yang berada di setiap depan pintu kelas.

Tapi kenyataannya?

Anak seusia Abang Pendar masih polos dan jujur, saat saya tanya, apakah dia di sekolah pernah buka masker? Apakah selalu cuci tangan di tempat yang sudah disediakan? Apa jawabannya, mari kita simak:

Abang Pendar: “Pernah buka masker kalau lagi olahraga, lagi capek, atau lagi pengen menarik napas. Tapi sering kelupaan tahu-tahu sudah kelamaan buka maskernya, sering juga lupa cuci tangan. Habis temen-temen Abang juga nggak cuci tangan…”




Saya cuma bisa menarik napas panjang, inhale..exhale, inhale..exhale. Asli, mau marah juga tidak bisa karena pemahaman anak-anak seusia Abang Pendar masih begitu terbatas. Ketika menjawab pertanyaan saya saja sambil tersenyum-senyum, tidak menyadari kekhawatiran yang dirasakan ibunya.

Memang Abang Pendar sudah menjalankan vaksin anak sesuai program pemerintah, tapi tetap saja saya cemas. Setidaknya dia membutuhkan daya tahan tubuh yang membuatnya tidak mudah terpapar virus, mengingat intensitas sekolah PTM 100%. Maka untuk mengurangi kekhawatiran saya browsing, ngobrol dengan ahli medis, dan juga teman-teman yang memiliki anak sekolah, tentang bagaimana menjaga daya tahan tubuh anak saat harus kembali ke sekolah saat ini.

Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Saat PTM 100%

Lalu bagaimana menjaga daya tahan tubuh anak agar anak-anak pergi ke sekolah dengan aman, dan saya tidak khawatir lagi? 

1. Vaksin anak dengan lengkap, karena Vaksin Covid 19 dosis lengkap dari vaksin pertama hingga booster memberi dampak meningkatkan antibodi terhadap virus corona dan variannya.

2. Sounding anak tentang protokol kesehatan dan pengetahuan Virus Covid, karena anak-anak masih belum memiliki kesadaran yang baik untuk ini. Maka orangtua dan guru wajib mengingatkan selalu agar anak-anak memakai masker dengan baik dan benar, cuci tangan dengan sabun yang disediakan pihak sekolah, maupun dengan hand sanitizer. Juga menjelaskan tentang bahaya Virus Covid.

3. Anak dibekali dengan alat protokol kesehatan dan perlengkapan pribadi. Ini hal yang tidak boleh dilupakan, yakni membawakan anak masker, hand sanitizer, bekal makanan dan minuman dari rumah.

4. Makanan bernutrisi dan istirahat cukup, karena makanan bernutrisi dan istirahat yang cukup juga dapat meningkatkan imun tubuh yang dibutuhkan untuk melawan virus.

5. Jaga imunitas anak dengan suplemen yang tepat, yakni suplemen yang  bisa meningkatkan kekebalan tubuh anak. Sehingga anak siap back to school dengan sehat dan tidak mengkhawatirkan. Salah satu suplemen yang  bisa jadi pilihan ibu adalah Interlac Tablet + Vit D3 untuk imunitas anak.

Interlac Tablet + Vit D3 untuk imunitas anak




Sistem Pencernaan adalah Pondasi Sistem Imun yang Kuat

Saya pernah mengikuti talkshow kesehatan di mana seorang dokter anak mengatakan bahwa “Sistem Pencernaan adalah Pondasi Sistem Imun yang Kuat”,   karena itu jangan sepelekan kesehatan saluran cerna. Sebab kenyataannya, memang  80% dari sistem imun kita terletak di saluran cerna, sehingga para ahli medis sepakat bahwa kesehatan saluran cerna yang baik adalah cerminan dari kesehatan tubuh secara umum,  mulai dari bayi baru lahir sampai orang dewasa.

Bila kesehatan saluran cerna terganggu, maka dapat muncul berbagai gangguan kesehatan seperti:

- Diare

- Konstipasi (sembelit)

- Sakit perut

- Kembung

- Kolik pada bayi (tangisan berlebih)

- Gumoh pada bayi (regurgitasi)

Terlebih lagi, saluran cerna yang sehat terbukti bermanfaat menaikan sistem imun yang mencegah infeksi virus ataupun alergi. Lalu pencernaan yang sehat itu yang bagaimana?

Saluran cerna yang sehat adalah yang memiliki kandungan bakteri baik (probiotik) yang turut mendukung sistem imun. Karena Kesehatan saluran cerna dapat terganggu dengan berkembangnya bakteri jahat yang diakibatkan oleh kebiasaan makan yang buruk, hygiene yang buruk, stress, diare, maupun pemakaian obat yang berlebihan. 

Jadi memelihara saluran cerna agar sehat selain dengan pola makan dan pola hidup sehat, juga  mengasup suplemen bakteri baik yaitu probiotik, makanya saya memilih suplemen Interlac Tablet + Vit D3 untuk Abang Pendar. 

Kandungan dan Keunggulan Interlac Tablet + Vit D3




Interlac Tablet + Vit D3 ini mengandung probiotik dan Vitamin D3 dengan masing-masing manfaatnya adalah:

1. Lactobacillus reuteri DSM 17938, dapat menjaga menjaga kesehatan saluran cerna, mencegah dan mengatasi diare, sembelit, kembung.

2. Vitamin D3, bermanfaat mempengaruhi imunitas bawaan (innate) dan imunitas di dapat (adaptive), mengatur kadar insulin dan gula darah, menjaga kesehatan tulang, jantung dan pembuluh.

Manfaatnya bagus untuk imunitas anak kan, apalagi kombinasi Probiotik - Vitamin D itu dapat meningkatkan penyerapan vitamin D lebih baik dibandingkan hanya mengkonsumsi vit D tunggal. Jadi memang tepat memilih Interlac Tablet + Vit D3 sebagai suplemen kesehatan anak di saat aktivitas PTM 100% sudah dimulai tahun ini.

Keunggulan Interlac Tablet + Vit D3 lainnya, meski bentuknya seperti obat, saat dikunyah, anak pasti suka karena rasanya enak. Kata Abang Pendar seperti rasa jeruk, hehehe. Pokoknya Interlac Tablet + Vit D3 suplemen praktis berbentuk tablet kunyah yang juara banget deh kandungan dan manfaatnya bagi imunitas tubuh.




Kalau begini setujukan, ibu tambah bahagia melepas anak back to school? Oya, saya hampir lupa. Interlac Tablet + Vit D3 bisa dibeli di Shopee maupun Tokopedia, kebetulan saya beli di Tokopedia, kalau mau beli langsung klik aja ya. Karena di toko yang saya beli itu terjamin keasliannya, maklum kan lagi marak pemalsuan produk Interlac. Selain itu Interlac juga bisa dibeli di apotek dan babyshop kepercayaan kalian.  Keterangan lengkap, bisa lihat di akun instagramnya: @interlacprobiotics

So, selamat beraktivitas menyambut tahun ajaran baru dengan imunitas yang kuat ya!




 

You May Also Like

10 komentar

  1. Wah benar banget ma, ada suka tapi ada rasa cemas juga ya anak kembali sekolah offline. Untungnya ada Interlac yang siap membantu menjaga daya tahan tubuh anak biar gak gampang sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, rasanya juga.Jadi nggak repot ya, maksa anak untuk mengunyah Interlac

      Delete
  2. Proteksi sejak awal dengan rutin minum vitamin jadi lebih tenang membiarkan anak sekolah tatap muka yaa, sekarang meski sudah endemi tetep harus waspada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, wajib waspada ya, apalagi katanya ada naik lagi ini Covid. Semoga saja tidak

      Delete
  3. Sama bubi, aku pun prepare dengan meningkat daya tahan anak agar bisa sekolah dengan nyaman dan aman, salah satunya beri booster vitamin Interlac, andalan banget ini, sebab praktis dan enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Teteh. Aku berguru padamu Mamak senior hehehe

      Delete
  4. Abang Pendar semangat yaa Sekolahnyaaa, Bismillah sehat terus dan happy belajarnya, apalagi Ibu sudah kasih proteksi dengan Interlac + Vit D3. Semangat juga Ibuuuuuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, gak boleh kendur ya karena kondisi pandemi masih naik turun

      Delete
  5. Pendar beda ya wajahnya pas gede, lebih maskulin gimana gitu, skrg yg emesh2 turun ke Binar ya wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk, iya tapi anaknya manja ampun-ampunan. Gak mau dibilang udah gede, maunya nempel terus sama ibunya

      Delete