Tips Mengenalkan Anak Belajar Finansial Sejak Dini

by - July 26, 2023

 


Apakah anak perlu belajar finansial sejak dini? Mungkin pertanyaan ini pernah hinggap di kepala kita, atau mungkin sebagian dari orangtua sudah menyadari anak perlu belajar finansial sejak dini agar kelak mereka tidak gagap dalam mengantur keuangan. Karena sebanyak apapun pendapatan, jika tidak memiliki  kemampuan literasi finansial akan banyak kerugiannya.

Kelak jika memiliki uang tidak paham untuk membuat perencanaan keuangan di masa depan agar bisa memberikan manfaat lebih. Bahkan cenderung bingung memanfaatkan uang yang dimilikinya, sehingga bukan mustahil justru akan salah dalam berinvestasi atau terjebak dalam investasi bodong.

Karena itu penting mengenalkan literasi keuangan sejak dini pada anak, dan sebenarnya tanpa disadari sebagian orangtua sudah menanamkan sejak dini pengetahuan dan pengalaman keuangan yang kelak akan membentuk karakter dan kebiasaan anak dalam mengelola keuangannya kelak. Seperti mengenalkan anak untuk menabung di celengan rumah, memebri uang saku dalam jumlah yang tidak banyak, tapi harus bisa memenuhi kebutuhan snack dan minum anak di sekolah.

Hal-hal kecil seperti itu sebenarnya merupakan literasi keuangan, di mana anak dapat berpikir, bagaimana agar mereka bisa memiliki uang yang cukup yakni dengan menabung. Bagaimana mereka bisa jajan snack dan minum yang berbeda-beda setiap hari, sementara uang saku jumlahnya selalu sama.

Saya masih ingat, dulu dengan uang saku yang sama jumlahnya setiap hari, jika ingin minum sirop kesukaan saya, maka saya harus memiliki snack yang harganya lebih murah, begitu juga sebaliknya. Memang tidak bisa sekaligus makan snack dan minuman kesukaan sekaligus karena harga mahal, tapi setidaknya dengan metode seperti itu membuat saya bisa jajan apa yang saya suka.

Tips Mengenalkan Anak Belajar Finansial Sejak Dini

Tapi sebenarnya apa saja sih, tips cara mengenalkan finansial kepada anak sejak dini? Ini adalah beberapa tips dari saya, semoga bermanfaat:

1. Biasakan anak menabung sejak kecil, sehingga ketika mereka akan membeli sesuatu bisa menggunakan dengan uang tabungan. Jadi anak bisa berhemat dan memanfaatkan uang dengan bijak. Menabung bisa diawalin dari menabung di celengan rumah, lalu setelah cukup banyak bisa dilanjut ke bank. Anak mulai mengenal bank berserta fungsinya.

2. Ajak anak berbelanja, karena kegiatan ini selain menyenangkan, membuat anak memahami alat tukar, dan juga belajar menghitung apa saja yang bisa mereka beli dengan jumlah yang yang dimilikinya. Anak jadi lebih cermat dan bertanggungjawab dalam keuangannya kelak.

3. Mengenalkan konsep keuangan melalui permainan. Nah, ini merupakan kegiatan yang seru dan menyenangkan, tapi memiliki muatan literasi finansial yang mudah dipahami anak. Diantaranya permainan yang memiliki konsep keuangan seperti monopoli, main pasar-pasaran, main game online Mortgage Calculator.

Belajar Finansial Lewat Game Online Mortgage Calculator

Siapa yang tidak mengenal permainan game online, di era digital ini hampir semua anak mengenal game online. Sebagai orangtua kita harus pandai memilah-milah game online untuk anak, salah satunya anak bisa dikenalkan dengan game online Mortgage Calculator yang merupakan games literasi keuangan. Game ini cocok untuk semua usia, termasuk usia anak SD, karena terdapa level-level mulai dari easy, medium, and hard.

Mortgage Calculator memiliki kategori permainan, yaitu Money Games, Real Estate Games, Food Business Simulation Games, Business Silumation Games, Software Development Games, Office Politics Games, dan Other Fun Games. Semuanya seru-seru, dan saya membebaskan anak saya Pendar (8 tahun) untuk memilih game yang akan dia mainkan. Ternyata Pendar memilih Money Games.

Yuk, kita cari tahu game apa saja di Money Games yang dimainkan oleh Pendar:

IdlePet Business, game ini sangat cocok untuk anak yang menyukai hewan peliharaan, karena akan membuat imajinasi anak berkembang dengan baik dalam menjalan bisnis yang disukainya kelak. Cara mainnya juga sangat mudah dipahami.


Idle Pet Business


  • Saat akan bermain game pilih hamster untuk mendapatkan penghasilan dari setiap penjualan hamster
  • Gunakan hasil penjualan hamster untuk menambah hewan peliharan baru, seperti anjing, kelinci, burung beo.
  • Kumpulkan penghasilan dari penjualan hewan-hewan peliharaan tersebut dengan cara klik kiri sambil terus meningkatkan penghasilan toko.
  • Tingkatkan jumlah masing-masing hewan peliharaan agar mengurangi waktu produksi, menumpuk penghasilan, dan meningkatkan keuntungan.
  • Upgrade hewan peliharaan, terdapat level yaitu 25, 50, 100, dan 200
  • Pet Shop dpaat dipasarkan dengan cara share foto hewan peliharaan di media sosial, sehingga pendapatan Pet Shop akan cepat bertambah.

CashBack, game ini mengajarkan anak untuk mengetahui cara mengembalikan uang dengan tepat dalam menggunakan uang kertas maupun uang koin. Caranya juga mudah sekali, sehingga Pendar dapat melakukannya dengan mudah. Benar-benar bikin anak belajar berhitung, karena anak harus berpikir tentang penambahan, pengembalian, pengurangan, dan pengalian. Anak bisa memilih dari level yang mudah dulu.


Cash Back


Supermarket Number, game aritmatika satu ini mengedukasi anak agar bisa berhitung sederhana dengan cara cepat. Buat anak yang suka matematika sangat cocok sekali, apalagi penampakan gamenya juga seru dan menarik.


Game untuk literasi keuangan anak


Di sebelah kiri ada papan yang  berisi jumlah ‘goal’ yang harus dicapai. Sementara ada kotak-kotak yang berisi angka yang harus diklik untuk mencapai goal. Misal pada papan goal tertera angka 7, maka 
anak harus mengklik angka-angka yang jika ditambahkan akan menghasilkan angka di papan goal, bisa 5+2, 3+4. Hati-hati, jika lamban dalam berpikir untuk mengklik angka maka papan penuh kotak dan..game over!

Seru banget kan, game-game di Mortgage Calculator. Yuk, cari lagi game seru lainnya di sana dengan langsung klik ke sini ya http://mortgagecalculator.org/money-games/


You May Also Like

15 komentar

  1. Memahami literasi keuangan sejak dini memang baiknya diterapkan sejak dini untuk dan Konsep keuangan sederhana yg mudah dipahami anak bisa di perkenalkan dari kegiatan yang di lakukan sehari-hari bajkan kini pun sudah ada games yg sekaligus bisa mengedukasi

    ReplyDelete
  2. asik loh mbak ngajarin finansial sejak dini. jadi anak gak cuma bisa minta aja, dia juga jadi tahu kalau mau sesuatu itu harus usaha salah satunya dengan cara ngumpulin uang. btw, aku baru tahu ada games online buat belajar finansial

    ReplyDelete
  3. Perlu banget Mba, simple dari ortu di awali dengan pengenalan soal uang, mata uang, kegunaan. Secara gak langsung nyuruh anak belanja ke warung ,belanja sesuai dengan yg kita suruh sebenarnya sudah ngajarin anak literasi Keuangan. Apalagi yang l4bih kompleks lagi

    ReplyDelete
  4. Wah ini gamesnya seru-seru yaa, mbak. Main game sambil belajar literasi keuangan.
    Aku juga masih susah nih ngajarin anak buat belajar keuangan. Mana kalau dikasih duit berapapun buat jajan ya semua diabisin. Jadi suka gemes emaknya, haha

    ReplyDelete
  5. Iya belajar literasi keuangan lewat game di Mortgage Calculator emang seru. Banyak pilihan gamenya dan bagus-bagus. Anakku juga udah coba, Mbak :)

    ReplyDelete
  6. Iya bener, anak sekarang tuh harus mengenal pembelajaran finansial dari sekarang. Karena kayak anakku sebelum dikenalkan tentang literasi keuangan digital, berasa enak saja dia mau beli-belikan.

    ReplyDelete
  7. Mengajarkan literasi keuangan pada anak memang sebaiknya diajarkan sejak dini,ya, Mbak. Supaya mereka bisa mengelola keuangan dengan baik di masa depan mereka.
    Anak pasti senang dan tidak merasa bosan diajarkan literasi keuangan kalau pakai game yang seru yaa..

    ReplyDelete
  8. Online mortgage calculator rekomended untuk dicoba, memang bagus mengenalkan anak mengelola uang sejak dini melalui games ini.

    Kita hidup tidak lepas dari uang, dan belqjar mengelola uang dengan baik.

    ReplyDelete
  9. wah ini menarik nih mba, anak-anak memang harus sedini mungkin belajar finansial ya minimal mengetahui mata uang dan cara menghitungnya ya

    ReplyDelete
  10. Boleh nih gamenya mba, karena mengenalkan financial kepada anak sejak dini tuh penting banget. Supaya kedepannya dia lebih memahami

    ReplyDelete
  11. Anak pasti cepet paham belajar keuangan melalui simulasi bermain games yang ada kaitannya dengan literasi keuangan seperti di Mortgage Calculator. Gak pake bingung atau pun ribet, tapi tetap dengan panduan dan penjelasan agar anak semakin mantap dengang teori literasi keuangannya.

    ReplyDelete
  12. Pas benar mengenalkan literasi keuangan lewat games di mortgage calculator ya , bisa disesuaikan pula levelya dengan tingkat kemampuan anak

    ReplyDelete
  13. Nice post mba, saya coba kenalkan ke anak nih gamenya

    ReplyDelete
  14. Seru ya belajar tentang keuangan melalui game gini. Anak jadi bisa mencerna dengan mudah konsep uang, dari mana asalnya dan bagaimana cara membelanjakannya.

    ReplyDelete
  15. Mengenalkan literasi keuangan pada anak-anak melalui game adalah langkah tepat. Karena anak-anak merasa tidak diajari tapi lagi main game. Padahal di game itu kita bisa belajar hal-hal sederhana tentang keuangan buat anak-anak. Dari membeli hewan atau menjualnya lagi untuk dapat keuntungan

    ReplyDelete