>

10 Hal Bahaya Tidak Boleh Dilakukan Wanita Hamil

By dunia eni - January 14, 2018

Lukisan: LOVE - Akrilik di Atas Kanvas by Saepul (Pelukis Lombok)

Tahukah jika wanita dalam keadaan mengandung tengah membuat kehidupan bagi seorang anak manusia. Meski segala sesuatu yang terjadi kodratullah, tetapi manusia diwajibkan oleh Allah SWT untuk berusaha menjaga segala sesuatu yang dimilikinya  secara sebaik-baiknya, tidak hanya begitu saja menyerahkan pada takdir yang sebenarnya belum tentu sebuah takdir.

Namun pada kenyataannya banyak wanita hamil yang tidak menjaga baik-baik amanah di dalam perutnya, melakukan yang berbahaya bagi wanita hamil. Entah dengan malas mengasup vitamin, malas makan makanan sehat, malas  gaya hidup yang benar. Bahkan banyak yang merasa hebat dan bisa melakukan apa saja dalam kondisi hamil, seperti naik gunung, traveling ke lokasi yang sulit dan  menguras tenaga, bepergian di usia kehamilan muda atau tua, naik kendaraan yang riskan mengguncang kehamilan di saat hamil muda.

Hal-hal itu memang kadang seolah tidak memberikan efek terhadap ibu hamil maupun janinnya, namun banyak juga yang memberi efek negatif kepada janinnya. Bahkan termasuk yang berbahaya bagi wanita hamil, seperti yang saya alami ketika hamil anak ke tiga merasa mampu mengerjakan segalanya, sering tidur dini hari, bebas  mengasup makanan, efeknya saya melahirkan di usia kandungan 8 bulan, paru-paru bayi belum matang, bayi saya lahir dengan istimewa.

Berbeda saat hamil anak pertama dan kedua saya begitu menjaganya baik-baik sehingga lahir dengan sehat wal afiat, begitu juga anak ke empat. Mengingat pengalaman buruk pada kehamilan anak ke tiga saya begitu menjaga kehamilan anak ke empat dengan sebaik-baiknya. Membunuh ego pribadi demi bayi di dalam perut, pokoknya sama sekali menjauhi hal yang berbahaya bagi wanita hamil. Alhamdullilah anak lahir sehat dan tampan.

Saya menulis ini  karena selain pengalaman pribadi pada alm anak ke tiga, juga cerita dari beberapa ibu-ibu yang memiliki anak istimewa, anak mudah sakit-sakitan, keguguran, jadi untuk menjaga kehamilan mungkin beberapa hal di bawah ini yang berbahaya bagi wanita hamil bisa menjadi manfaat , aamiin.

10 Hal Bahaya Tidak Boleh Dilakukan Wanita Hamil :

1. Makan makanan tidak sehat, seperti alkohol, sayuran mentah, daging setegah matang, makanan laut (terutama di semester pertama kehamilan karena dikawatirkan mengandung mercuri), makanan instan dengan pengawet.

2.  Tidur terlalu larut. Jika sulit tidur sebaiknya mengasup susu, therapi pijat ibu hamil dan jangan membiarkan diri Anda berpikir keras (bekerja) hingga larut.

3. Memaksakan diri melakukan perjalanan jauh seperti traveling, ke luar kota, hiking, dan sejenisnya karena kondisi capek, asupan oksigen ke janin bisa tidak bagus.

4. Malas atau tidak mengasup vitamin atau suplemen dari dokter kandungan/bidan

5. Naik transportasi yang mengguncang kandungan Anda, seperti motor di jalan terjal terutama pada kandungan semester pertama dan akhir, untuk kandungan yang tidak kuat bisa memicu keguguran.

6. Sering hubungan seks di usia kehamilan semester pertama, ini bisa menyebabkan kontraksi dini

7. Stres atau memiliki beban pikiran yang membuat Anda tegang dan tidak rileks, kecemasan ibu hamil akan sampai ke janin secara otomatis dan ini tidak baik bagi pertumbuhannya.

8. Sembarangan mengasup obat-obatan. Obat yang diasup ibu hamil semua harus dengan resep dokter kandungan atau bidan

9. Tidak menerima kehamilan Anda, biasa karena kebobolan atau tidak niat hamil akan membuat ibu hamil tidak terima kehamilannya. Efek tidak menerima kehamilannya akan membuat ibu hamil masa bodoh dengan kehamilannya. Beberapa ada yang stres parah, berusaha menggugurkan, dan lain sebagainya sehingga kehamilan bisa keguguran atau melahirkan bayi yang cacat.

10. Jauh dari Sang Pencipta. Ibu  hamil adalah perjuangan untuk dua  nyawa, menentukan takdir bagi sang janin, hanya kepada Allah SWT ibu hamil berserah, jadi perbanyak ibadah.



  • Share:

You Might Also Like

27 komentar

  1. betul sekali, banyak yg harus diperhatikan tp jangan menghambat aktivitas ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba lakukan sesuai kemampuan dan pertimbangan dari ahli medis masing-masing

      Delete
  2. Di hamil ketiga ini, aku tetap hati-hati dan memperhatikan kondisi sperti kehamilan 1 dan 2. Nggak maksain travelling yang bikin capek, naik motor pun jadi lebih pelan dan hati-hati. Alhamdulillah dede bayi dalam rahim juga sehat.
    Trims sudah sharing ya, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah, bumil memang harus punya dua pertimbangan diri sendiri&janin

      Delete
  3. Aku lagi hamil nih mba..dah sdh masuk 9 bulan..kadang2 lupa kalo lg hamil, masih suka kesana kemari huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal tetap hati-hati dan jangan kecapekan, atau membahayakan kondisi ya, mba

      Delete
  4. Waktu anak pertama, kalo pulang kerja naik angkot lewat jalan berlobang. Karena takut keguguran, Akhirnya minta penguat sama dokter. Eh pas lahiran dekbay anteng di dalam. Gak mau turun ke jalan lahir

    ReplyDelete
  5. halo mba ENi
    Aku jadi ingat pas hamil malah cium bau mie instan malah pengen muntah loh, mba. ENtah kenapa. Suamiku malah senang dengan kebiasaan baruku itu. Skarang sih udah biasa aja :p

    ReplyDelete
  6. Betul ini, kadang suka makan sembarangan

    ReplyDelete
  7. Pernah pas awal kehamilan muda, aku naik motor dibonceng suami, karena licin terus jatuh. Udah panik dan takut Alhamdulillah bayi lahir nggak kenapa-kenapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah, mb. Tetamgga jatuh hamil 7bulan,bayinya keluar biruuu

      Delete
  8. huah makasih mba udah dingatkan semoga kehamilanku lancar hingga persalinan kelak aamiin :)

    ReplyDelete
  9. Anuuu... Kok gue kayak ketabok baca ini ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laah, sini bekas tabokannya gue eluss. Ambil hikmahnya, buang negatifnya

      Delete
  10. Pas hamil dulu, trutama yg hamil anak pertama, aku justru bawaannya pgn jalan mba -_- .. Usia sebulan ama suami malah ke tembok besar china, naik kereta gantung terbuka pula.. Usia 7 bln malah keliling singapur dan malaysia.. Pas lahir, anakku yg pertama jd anak yg hobi traveling. Tp hamil kedua, bawaan malah benci jalan2. 2 thn aku ga traveling, padahal normalnya slaku pergi. Anak kedua beneran ga suka jalan2 blasss.. Itulah kenapa tiap aku traveling dia keseringan kita tinggal ama babysitternya. Tapi tetep kok, pas hamil yg pertama, walo sering jalan, ak slalu rutin minum vitamin dan ga maksain diri juga. Kalo capek, ya udh aku stop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah ya, mb, untungnya gak maksain dan tetap mengasup vitamin.
      Hehehe, anak beda-beda kali, mb. Anakku no dua hobby di rumah, nomorvsatu dan 4 piknik

      Delete
  11. Makasii mbak sharingnya, hamil sekarang aku suka susah tidur. Huhu
    Tapi selalu ngusahain untuk tidur cepet dan menjaga aktivitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mb memang gangguan nih susah tidur. Moga sehat terus ya

      Delete
  12. Kehamilan memang butuh ekstra kehati-hatian, meskipun itu bukan alasan untuk bermalas-malasan atau justru membatasi gerak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Iya, jangan juga jadi pemalas tapi membatasi yang memang mempengaruhi bumil teeutama du du semester pertama

      Delete
  13. Mba, larangan makanan laut maksudnya kerang dan sejenisnya kah? saya pernah baca sebuah buku yang menyebutkan kerang mudah terkontaminasi, sehingga sebaiknya dihindari para ibu hamil. Kalau ikan atau udang rasanya malah dianjurkan dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk semester pertama ikan laut sebaiknya off dulu,memang kandungannya bagus sekali. Tapi ngeri terkontaminasi,kalau spog saya menyarankan lebih baik makan ikan air tawar dulu.setelah semester kedua gpp ikan laut

      Delete
  14. Semoga ibu hanil selalu dilibdubgi Allah SWT

    ReplyDelete