>

Beli Mebo Salep Luka Bakar Di Watsons

By duniaeni.com - March 18, 2019



Hentikan Kebiasaan Mengobati Luka Bakar Dengan Mitos

Di masyarakat kita banyak sekali kecenderungan percaya akan mitos, seperti mitos mengobati luka bakar dengan kecap, pasta gigi, mentega, bahkan sampai ada yang mengobati luka bakar dengan getah pepaya. Pengobatan yang buat sebagian orang mungkin aneh, tetapi ini banyak sekali dilakukan masyarakat loh termasuk suami saya sendiri, hehehe.

Jadi suami pernah terkena cipratan minyak panas saat saya minta tolong menggoreng ayam, karena saya palinng takut menggoreng ayam dan ikan. Takut letupan minyaknya kena ke kulit. Setelah terkena cipratan minyak panas, suami sigap lari ke kamar mandi lalu mengoleskan pergelangan tangannya dengan pasta gigi sampai tebal sekali.

Saat saya tanya, apa efeknya dengan dioleskan pasta gigi, "Rasanya jadi lebih nyaman karena dingin.," kata suami dan berkali-kali dia mengoleskan pasta gigi ke luka akibat terkena air panas itu. Rasanya memang menjadi dingin, tapi luka terkena air panas itu jadi berwarna hitam sekali. Proses sembuhnya tidak cepat.

Tidak hanya itu, saya juga pernah melihat tetangga yang mengobati luka terkena minyak panas dengan mentega, entah bagaimana hasilnya. Suami juga pernah cerita kalau di kota dimana dia di besarkan yakni di Yogya, banyak masyarakat yang mengobati luka bakar dengan  getah pepaya. Bisa dibayanngkan getah pepaya yang lengket itu dioleskan ke kulit yang memar atau terluka karena panas?

Ish, jangan dibayangkan deh, hehehe. Tapi sebaiknya mulai hentikan kebiasaan mengobati luka  bakar dengan mitos tersebut, karena seperti yang dikatakan dokter Aryanto, "Rasa dingin pada pasta gigi itu hanya efek dari mint yang tidak memberi manfaat penyembuhan luka." Nah, kan alih-alih akan menyembuhkan luka bakar malah jadi memparah. Karena luka yang sebenarmya tidak terobat dengan baik, padahal efek luka bakar itu penyembuhannya tergantung pada saat pertama kali luka tersebut ditangani.

Untuk lebih jelasnya lagi, baca ulasan saya saat mengikuti Talkshow 'Aksi Nyata Untuk Luka Bakar Anda' di Watsons Mall Margo City  Depok berikut ini

Mebo: Talkshow 'Aksi Nyata Untuk Luka Bakar Anda'


Dalam talkshow  'Aksi Nyata Untuk Luka Bakar Anda' merupakan hasil kerjasama Mebo dan Watsons dengan mendatangkan dua narasumber:

1. Dokter Aryanto Habibie, SpBP-RE yang merupakan dokter spesialis bedah plastik
2. Tanti Amelia - Blogger, Doodler, dan Motivator

Pihak Mebo yakni Weitarsa Hendarto selaku VP Consumer Healthcare&Wellness and International Operations Combiphar mengatakan, "Dalam menyelenggarakan talkshow ini, kami bekerjasama degan dokter spesialis bedah plastik dr. Aryanto Habibie, SpBP-RE, dengan harapan, kami dapat memberikan informasi yang tepat seputar luka bakar dan penanganannya."

Nah, makanya sepanjang acara banyak sekali hal yang dipaparkan dokter Aryanto mengenai luka bakar dan penanganannya. Terutama karena di masyarakat kita masih begitu banyak yang mengobati luka bakar dengan mitos seperti yang saya tulis di atas, pakai odol, mentega, kopi, sampai getah pepaya. Selain tidak jelas manfaatnya, luka bakar yang terbuka itu akan rawan bakteri dan terjadi infeksi yang akan membuat luka lebih parah.



"Penanganan luka bakar yang utama adalah saat pertama terjadinya luka dan dianjurkan menggunakan salep yang membuat area luka menjadi lebih moist atau lembab, serta menjaga agar tidak terjadi infeksi. Untuk itu dianjurkan menggunakan Mebo, karena saya sudah terbiasa menangangi pasien saya yang menderita luka bakar dengan Mebo dan efeknya bagus," kata dr. Aryanto.

Dari tadi menyebut Mebo, apakah sudah ada yang tahu apa  itu Mebo?

Sebenarnya tahun 2018 saya pernah menulis tentang Mebo sebagai Salep Luka Bakar Terpercaya, tentu saja saya tahu Mebo setelah suami mengalami terkena cipratan minyak panas. Mebo yang dipercaya sebagai salep luka bakar terpercaya sesuai  rekomendasi dari para dokter, termasuk dr. Aryanto ini mengandung 3 bahan aktif alami atau herbal.

3 kandungan bahan aktif dalam Mebo:



1. Phellodendri chinensis Coptidis rhizome
2. Scutellarie radix
3. Minyak Wijen dan Besswax.

Ketiga bahan aktif alami pada Mebo itu merupakan anti radang dan membantu regenerasi sel atau pertumbuhan jaringan baru sehingga luka bakar lekas pulih, selain juga membuat suasana moist, menyerap panas dan mengurang rasa nyeri yang menurut dr. Ariyato sangat diperlukan dalam luka bakar.



"Tapi jika memberikan Mebo terlambat atau luka bakar lebih dahulu ditangani dengan obat-obatan yang tidak membantu seperti mentega, kopi dan sebagianya, maka luka bakar tidak akan sembuh maksimal," kata dr. Aryanto.

Bahkan selain tidak maksimal luka bakar akan semakin parah sampai menimbulkan kecacatan, karena luka bakar itu bisa merusak jaringan kulit. Dokter Aryanti pun menceritakan  kalau terjadi luka bakar bagian yang terluka tersebut harus digerakkan, karena jika tidak ketika luka sembuh bisa terjadi jaringan kulit menempel dengan sisi kulit lain sehingga timbul cacat permanen.

Kondisi tidak digerakkan ini biasanya karena sakit dan pasien takut atau tanpa sadar membiarkan posisi anggota tubuh yang terluka menengkuk, makanya dibutuhkan obat yang bisa mengurangi rasa nyeri, area luka tetap lembab atau moist, membantu regenerasi kulit yang luka, dan juga mencegah terjadinya infeksi, karena komplikasi paling umum pada luka bakar itu infeksi. Obat salep yang dimaksud seperti obat luka bakar salep Mebo.

Selain mengandung  bahan aktif alami atau herbal, Mebo tidak mengandung antibiotik yang belum diperlukan dalam penanganan pertama luka bakar ringan. Dengan menggunakan Mebo pada penanganan luka  bakar ringan pertama kali akan meminimalkan  timbulnya bekas luka bakar.

Mebo Dapat Dibeli Di Watsons



Setelah mendengar penjelasan dr. Aryanto diharapkan masyarakat tidak lagi main asal mengobati luka bakar ya. Walau hanya luka ringan yang terjadi sehari-hari di lingkungan rumah tangga seperti terkena cipratan minyak panas atau air panas, knalpot motor, seterikaan panas, cairan lilin, sebab yang ringan begini jadi tidak ringan loh.

Ada istri teman saya yang lengannya terluka parah akibat terkena minyak panas, luka parah jadi cacat permanen karena kulitnya tertarik semua. Sehingga ada perubahan gerakan akibat bekas luka tersebut, ngeri banget kan? Dokter Aryanto juga menjelaskan selain kulit jadi rusak, bisa merusak tulang.

Jadi penting banget di kotak P3K yang tersedia di rumah berisi salah satunya Mebo karena seperti yang saya alami, si kecil Pendar (4.3thh) terkena knalpot di luar dugaan. Lapisan kulitnya langsung melepuh, Alhamdullilah luka bakarnya tidak besar. Memang berdasarkan riset Kementerian Kesehatan anak-anak usia 1-4 tahun menjadi kelompok umur yang paling rentan terkena luka bakar dengan tingkat prevalensi sampai 1,5 persen.


Pendar (4.3th) kena knalpot

Menurut penuturan Tanti Amalia anak-anak seusia itu rentan terkena luka bakar karena pada tahap usia ini anak-anak lebih banyak rasa ingin tahu untuk mengasah motoriknya, tapi anak-anak seusia ini belum memiliki pemahaman tentang keselamatan diri atau bahaya. Tanti juga sempat menunjukkan foto bekas luka bakar yang cukup seram ke para tamu yang hadir di acara talkshow.

Karena itu perlu penanganan pertama yang tepat jika hal-hal tak terduga seperti yang dialami Pendar atau suami saya dulu. Lalu dimanakah bisa membeli Mebo?



Takshow yang saya hadiri merupakan bagian dari Grand Launching hadirnya Mebo, salep luka bakar di semua gerai Watsons di seluruh Indonesia. Kerjasama ini merupakan sebuah upaya Mebo untuk lebih dekat lagi dengan konsumen alias agar konsumen semakin  mudah mendapatkan Mebo, setuju?

"Kami dari pihak Watsons menyambut antusias kehadiran Mebo di seluruh gerai kami. Memulai kerjasama melalui talkshow dengan tema 'Aksi Nyata Untuk Luka Bakar Anda', masyarakat dapat memperoleh edukasi mengenai cara penanganan luka bakar yang tepat," ujar Lilis Mulyawati selaku President Director Watsons Indonesia.

Serunya nih dalam rangka peluncuran Mebo dan Watsons memberikan promo spesial berupa potongan discount Rp15.000 yang berlaku mulai 15 Maret - 15 April 2019 sehingga harga normal Rp96.500 menjjadi Rp81.500. Voucher potongan harga ini bisa didapatkan di Watsons Pondok Indah Mall (15-17 Maret 2019), Mall Kelapa Gading (22-24 Maret 2019), dan Mall Margocity Depok (29-31 Maret 2019).

Ayuk , jangan lupa sedia Mebo salep luka  bakar di kotak P3K!

  • Share:

You Might Also Like

19 komentar

  1. Ih gue banget ini apa apa sedia odol. Bahkan untuk sakit jerawat anakku aja pake odol karena 'efek dingin' nya menthol wikiwkwikwikiii

    ReplyDelete
  2. Etapi beneran sebelumnya kalau ada luka bakar di kampung saya biasanya pakai pasta gigi, pakai tepung dan pakai minyak ayam kampung. Setelah tahu ada Mebo coba beralih deh. Siap untuk jadi pengisi kotak obat di rumah.

    ReplyDelete
  3. Mau cari ah di Watsons, ini wajib ada di kotak P3K deh, biar gak pakai odol-odolan kalau kecipratan minyak panas dikit hehehe.

    Kalau saya paling parno luka bakar, takut berbekas hehehe
    Apalagi anak2 yang sukanya asal dan akhirnya kena luka bakar

    ReplyDelete
  4. Odol , itu yang pertama terpikir saat di rumah ada yang kena luka bakar..
    Ternyata salah dan axa salepnya sendiri
    Beneran baru tahu Mebo
    Penting nih ada di kotak obat biar bisa buat jaga-jaga

    ReplyDelete
  5. Mebo nih salep yang pentinga untuk ada di kotak p3k ya, lah tiap hari berurusan dengan minyak. Wajib punya nih, makasi bunda sharingnya jadi tahu ada merk bagus begini, apalagi ada kandungan fan fungsinya apa aja jadi makin jelas:)

    ReplyDelete
  6. Salep yang masuk kategori must have item ini yaa.. kudu ada di kotak P3K.
    Btw itu promonya cuma ada di Jakarta ya..?

    ReplyDelete
  7. Nah saya juga sering dengar mba kalau kena luka bakar oles pepsiden atau margarine, tapi saya kurang percaya hehe. Kalau Mebo ini saya percaya, wajib punya ya ini kotak P3K.

    ReplyDelete
  8. Berarti setelah tau MEBO, bye-bye deh sama odol dan teman-temannya yang biasa digunakan kalau luka bakar :D

    ReplyDelete
  9. Aku baru tau tentang Mebo ini, boleh juga nih dijadikan rekomendasi saat keluarga ada yang terkena luka bakar. Apalagi ini sangat aman digunakan ya mbak. Kudu siap sedia dirumah nih.

    ReplyDelete
  10. Sekarang tidak perlu khawatir jika kena percikan minyak goreng kalau pas lagi masak. Karena ada Mebo yang bisa menyembuhkan luka karena percikan minyak goreng panas juga luka bakar. Kandungan nya ada minyak wijen nya juga ya mba? ini kan bagus. Perlu stok salep Mebo ini nih di rumah

    ReplyDelete
  11. Baru tau tentang Mebo ini, selama ini ya gitu, ortu bilangnya kalau kebakar pasti pake odol atau ga sabun colek, hihi... Sharingnya bermanfaat banget, jadi tau P3K untuk luka bakar

    ReplyDelete
  12. Mitos ya mba En diolesin pasta gigi atau mentega malahan di tempatku ada yang dikasih terigu sama daun pisang dong duh padahal luka bakarnya serius suka sedih padahal kalau treatmentnya ga bagus malah infeksi..aku jadi mau stock mebo di rumah nih mumpung diskon euy

    ReplyDelete
  13. Duh, jadi selama ini saya termakan mitos yo mba. Soalnya, biasanya saya guyur dulu pake air baru olesin odol, ternyata bukannya nyembuhin malah bikin tambah panas wkwkwk. So, kalau kayak gini kudu suapin mebo selalu di kotak p3k rumah, biar kalau ada yg kena luka bakar, langsung tak olesin

    ReplyDelete
  14. Sebagai seorg ibu menurut aku perlu punya peralatan P3K yg lengkap termasuk salel bakar. Mebo bs jadi rekomendasi merek salep bakar bakar. Di Watsons menampung tersedia ya mbam

    ReplyDelete
  15. nah ini si Mebo wajib ada di p3k rumah, kemarin aku juga sempet liat beberapa ig story yang pada datang acara ini, jadi dapet infonya sedikit hehehe

    ReplyDelete
  16. Ternyata mitos banget ya kalau kena luka bakar harus pakai psta gigi atau kecap? Dipikir-pikir iya juga ya, pakai kecap, emang sate? Hehe. Luka apapun harus benar penanganannua dan obatnya. Jangan percaya mitos lagi sekarang.

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah ada solusinya juga nih, nambah isi kotak p3k untuk selalu sedia obat2an dirumah salah satunya salep ini. Makasih sharingnya...

    ReplyDelete
  18. Kalau luka bakar aku malah seringnya auto didiemin sama cuma kasih salep luka seadanya dipinggiran luka tapi.

    Ini mebo terjangkau gak sih mbak? Biar nyetok di rumah kalau ada apa-apa langsung obatin pake mebo

    ReplyDelete
  19. Wah bener, mesti siap sedia ini nih. Soalnya sering kena letupan minyak. Masih amatir di dapur wakakak

    ReplyDelete