BAYI GTM... Bukan Alasan Untuk Menyerah MPasi Homemade

by - January 01, 2016

MPasi

  • Saya malas, Mba, buat Mpasi Homemade. Masaknya capek, butuh proses dan waktu . Udah gitu, mending kalau dimakan, bayi saya GTM (gerakan tutup mulut)
  • Ah, makannya cuma sedikit. Mending saya beli instan saja, Mba Eni. Lebih praktis, gak buang-buang kalau gak habis.
  • Anak saya lebih suka instan, Mba Eni. Rasanya lebih pas, ketimbang Mpasi homemade. Buatnya juga ribet, pakai direbus, dikukus, disaring atau diblender. Ribet.

Dan, banyak lagi keluhan serupa baik di inbox fb saya atau di dunia nyata. Belum lagi suara yang seperti  ini:
  • Iya, Mba Eni mah rajin buat Mpasi Pedar doyan, tinggal lep...tinggal lep.
  • Mba Eni, kan ibu rumah tangga, pasti lebih banyak waktu dong buat Mpasi homemade yang ribet itu. Anaknya juga gampang banget makannya...

Tsaaah, benarkah Pendar selalu makan dengan lep..dengan lep?  Benarkah Pendar membuka mulut terus buat menerima asupan, tidak pernah GTM? Benarkah begitu mudahnya saya memberi Mpasi ke Pendar?

Jawabannya, TIDAK SELALU

Sebab semua anak memiliki tahap GTM, emoh makan, nolak asupan, dan sejenisnya yang menciptakan kurva stres. Kurva yang naik turun, bikin emaknya ngos-ngosan nahan rasa.

Bayangkan? Susah payah saya masak diantara kesibukan membantu mengurus OS buku, menulis naskah dan tetap berusaha eksis nulis di blog. Belum lagi jika sewaktu-waktu saya perlu ke penerbit , ke gudang buku. Memang di OS buku saya hanya membantu-bantu, tapi tetap ini seperti sebuah pekerjaan yang wajib saya kerjakan dengan baik dan kosisten, karena berhubungan dengan pihak kedua-ketiga, yaitu customer dan penerbit atau suplier. Ini belum kehitung ngurus kakak-kakaknya dan tetek bengek lainnya. Ya, ya, saya memang ibu rumah tangga riweh hehhehehe

Lalu Mpasi homemade yang saya masak dengan cinta itu tahu-tahu ditolak Pendar (baca: kepeh), bayiku GTM. Berbagai aksi saya lakukan, dan final...sebagai manusia biasa saya bisa emosi. Terus gimana dong? Menyerah?

Gak lah (meski nyaris.. hehehe). Saya tetep tuh buat Mpasi homemade dari Pendar usia 6bulan- `13 bulan, mau kebuang kek, mau kemakan kek, saya mah setia. Terus kalau emosi gimana? 
Ini dia tipsnya, moga bermanfaat, Moms:

  • Cukup 30 menit kita berkutat menyuapi bayi.  Apapun itu, meski hanya masuk seupil-seupil...tinggalkan mangkuk Mpasi  jika sudah 30 menit. Tujuannya: Mencegah emosi anda melukai si kecil, mengurangi kadar sutris kita, mencegah bayi trauma makan.
Tapi kan bayi belum kenyang, gimana dong? Trus sisanya kebuang ..ihiks. Ini triks saya,Moms.


  • Setelah satu jam, beri camilan. Biasa saya kasih Pendar biskuit, keju, susu UHT, buah atau apa saja yang  bisa dia konsumsi. Soal sisa makanannya, ya terpaksa kebuang kecuali kita punya ayam.. bisa dikasih ke ayam..hehehe. Soalnya saya kurang suka menyimpan sisa makanan, air liurnya bisa membuat makanan tidak bagus lagi dikonsumsi. Karena itu  jika anak dalam kondisi sedang susah makan, sebaiknya membuat dan memberi makanan takarannya lebih sedikit dari biasanya, hingga tidak banyak kebuang. Melihat makanan kebuang-buang banyak, kan ngrenes ya, Moms...
  • Teori memberi Mpasi sehari 1-2x saat mengenal makanan, dan sehari 3x setelah bayi berusia 1tahun, kalau saya, dalam kondisi Pendar susah makan atau GTM...tidak terpakai. Cukup saya kasih sesuai ritme yang dia mau. Bahkan saat awal Mpasi dia benar-benar GTM...saya hanya kasih dia full ASI selama 2 hari, baru hari ketiga  mulai lagi kasih MPasi. Alhamdullilah, dia mau. Coba kalau pada saat dia GTM saya paksa MPasi? Bisa-bisa bayinya trauma, sayanya sutris dan emosi.
  • Buat menu bervariasi, dalam arti jangan itu-itu saja, apalagi yang sudah disimpan atau dihangatkan berhari-hari. Mentang-mentang Mpasi bayi hanya dikonsumsi sedikit, buat banyak biar ga rempong trus...sampai 3 hari diangetin terus...dudududu, NO!


Saya selalu membuat Mpasi dengan porsi yang secukupnya, makanya masaknya pakai panci kecil. Cuma supaya tidak memakan waktu lama, misalnya mau masak yang berkaldu. Saya sudah menyimpan kaldu di  lemari es.  Maklum masak kaldu ini 1-2 jam, supaya mendapat sari kaldu yang kental dan gurih.
Dengan kaldu ini kita bisa manfaatkan jadi berbagai menu MPasi loh, Moms. Gak cuma buah kuah sop, mau jelasnya silakan baca-baca di resep Mpasi ya.

Resep-Resep MPasi Pendar bisa diklik:

Lagi pula, bayi GTM, atau emoh makan tidak selalu karena memang susah makan, atau MPasi kurang bervariasi. Terkadang, karena tidak fit sehingga nafsu makannya hilang seperti yang juga dialami orang dewasa. Mau tumbuh gigi sehingga gusinya tidak nyaman, dll. Kuncinya bersabar, jangan memaksa dan tetap berusaha. Kalau berat badan bayi tidak sesuai keinginan kita, kan sering para ibu atau pandangan masyarakat...bayi sehat gembul. Jangan cemas, Moms, lihat faktor genetika orangtua, faktor asupan lemaknya. Lihat kurva perkembangan sesuai usianya.

Nah, kalau perkembangan jauh dibawah standart, berat badan kurang dari standart..AWARE. Mungkin ada baiknya memeriksakan ke tenaga kesehatan, seperti dokter anak, ahli gizi. Tapi kalau asupan baik, orangtua tidak ada yang gembul, perkembangan tumbuh kembangnya baik, tidak gembul...no problem. Yang penting anak kita sehat ^_^

Ok, Moms...segini dulu yaw, sharing dari saya. Semoga memberi manfaat!
Oya, ini polah Pendar dalam proses MPasi. Bisa dibayangkan, dan saya yakin banyak para Moms yang senasib ya, berjuang dalam MPasi selain ASI tentunya (perjuangan saya dalam dunia ASI bisa dibaca di SINI).


Pendar




Pendar

Pendar


Pendar

Pendar



Lihat kan, Moms...gak cuma sutris MPasi ditolak, tapi juga lantai rumah jadi kotor, berantakan, kerja berlipat ganda. Tapi, semua itu adalah masa-masa yang tidak lama, yang kelak akan jadi kenangan manis, merindukan. Intinya, jika ada Ibu yang merasa sedih-sutris anak GTM, menolak MPasi buatan Ibu...JANGAN BAPER, anda tidak sendiri. Mungkin, semua ibu di dunia mengalami tahap yang sama. Keep cemunguuuut.

Jangan Menyerah untuk tetap memberi bayi anda asupan terbaik, MPasi homemade, jadi orangtua memang perlu perjuangan, termasuk perjuangan untuk toilet training si keci. Ini kisah sukses saya mengajarkan anak kedua sukses toilet training: Suksesk Mentatur si Kecil dan pentingnya tidur nyenyak.

Pendar


Selamat tahun baru 2016, Moms

You May Also Like

26 komentar

  1. Kalau aku jadi punya Baby lagi mau tanya-tanya sama mba Eni aja.

    ReplyDelete
  2. Tau gak sih mbaaa aku pernah nyuapin anakku waktu masih mpasi, sampe 1 jam lebih!!!! Saking gak mau buka mulutnya. Segala mainan dikeluarin dan di taro di atas high chairnya, tetep aja cuma bbrp sendok yang masuk.

    ReplyDelete
  3. Anak-anak saya dulu gak pada suka bubur bayi instan. Udah coba berbagai macam rasa dan merk, tetep aja gagal. Jadi saya memang wajib bikin MPASI homemade. Kadang juga mereka GTM. Tapi anggap aja di situ tantangannya hihihi

    ReplyDelete
  4. Baru ngeh kalo makanan itu harus di buang setelah 30 menit, biasanya dimasukkan kulkas

    ReplyDelete
  5. Saya selalu berusaha untuk menyuapi anak meskipun hanya sepuluh menit. Biasanya sih, saya bawa jalan-jalan keliling sekitar rumah biar mau makan.
    Kalo pas lagi emang GTM banget, saya suruh makan sendiri. Alhamdulillah, meskipun agak kotor dia bisa makan. 😀

    Thanks for sharing, mbak. Salam hangat dari Bondowoso..

    ReplyDelete
  6. Tks ya atas share nya.. Sangat bermanfaat dan membuka pikiran.. Jd semangat lg utk buat mpasi homemade.. :)

    ReplyDelete
  7. Hufft ternyata sy pnya temen jg yg senasib😊, bayiku mulai mpasi pas 6 blm daan slama sebln ini susah bgt mknnya, kira2 menu apa ya yg perlu disuguhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menu yang memiliki citra rasa, resep-resep Mpasi saya bercitra rasa alami

      Delete
  8. Sama nih bayiku 6 bln juga GTM. Kakaknya duluuu juga GTM. Sebelnya suami mewajibkan mangkuk makanannya habis dan aku dilarang stres. Dia ga mau bantu pula. Lah piyeeee.
    Tapi trik 30 menit itu patut dicoba meskipun harus diam2. Makasih loh mba sharing nya, jadi semangat lagi ngasi homemade mpasi 😇😇😇

    esybabsy.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mba. Si Ayah kan gak tahu kondisi kita di lapangan. Jadi sesuaikan aja bun, sama sikon si kecil

      Delete
  9. sebaiknya jangan dulu kalau blum 1 tahun coba pakai minyak kelapa atau butter ansalt

    ReplyDelete
  10. Jadi semangat lagi pas nemu Blog ini....💪💪💪💪

    ReplyDelete
  11. wah ternyata ada yang senasib, baby saya hari ini tepat 7 bulan, susah bener makannya.. kalo ngemil biskuit ya mau dia masuk2 mulut dan walau sampe cemong2..
    ternyata gpp ya mba, kunci nya jangan maksa kalo udah 30 menit sudahi saja ya.. dan kasih susu atau biskuit gitu ya?

    ReplyDelete
  12. Salam kenal mba.. anakku umur 10 bulan tadinya sbelum tumbuh gigi dikasih nasi lembek atau bubur beserta lauk pauk mau2 aja makannya meski jarang habis.. tapi smenjak tumbuh gigi jadi gtm setiap kali disuapi bubur yg gurih, pas saya kasih pisang dia lsg mangap2 trs,lahap makannya. Cuma kan aneh masa bubur gurih ujung sendoknya pisang :(
    Gimana cara ngatasinnya ya mba? Biar gak ktergantungan sm makanan man is

    Bella

    ReplyDelete
  13. Mungkin bukan karena manis mb, kslau awalnya doyan gurih. Dilihat dari usianya tahapnya sudah bukan bubur lagi, apalagi sudah tumbuh gigi. Tapi coba teksturnya dibuat kasar atau nasi team dengan potongan sayur, kecil-kecil dan lembek. Tahu goreng (untuk mpasi who boldh anak mengenal goreng, tapi dengan catatan minyak sedikit), tahu sutera atau tofu goreng dengan minyak kelapa atau margarine.kentang rebus potong dadu kecil kasih butter unsalt,cooker out dicampur kurma,dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dicoba mba tapi ttp gak mau.. jadi klo diujung sendoknya bukan pisang dingin dia gak mau sm skali mba.. aq coba pk buah lain gak mau, tapi klo cuma buah aja mau dia.. udah ganti2 sendok, tempat makan, variasi menu, ttp gak mau mba.. jd sedih takut kebiasaan sampai gede ��
      brarti ini ketergantungan makanan manis bukan ya mba?

      Bella

      Delete
  14. Mba, saya jg baca menu mpasi 6m dengan mengmenggun kurma, boleh dishare jenis kurmanya yg mana ya mba? Sekilas saya baca ruthob, kurma muda?

    ReplyDelete
  15. Setelah membaca artikel mbak eni saya jd semangat lagi.. anak saya sudah 1 bulan lebih GTM.. maunya makanan instant.. skrg lg sakit n GTM super.. tiap sesi makan rasanya seperti mau pergi perang.. takut anak saya trauma makan..
    Bsok saya aplikasikan tips2nya mbak d atas.. terima kasih mbak..

    ReplyDelete
  16. maaf ikut nimbrung mbak... progressnya gimana mbak sekarang?
    Anak saya mengalami hal kayak gini sekarang. MPASI homemade menolak, tapi MPASI instant mau. Sudah mencoba berbagai macam tekstur dan menu. Tapi tetap belum berhasil.
    kalau berkenan, bagi pengalaman dan tipsnya ya mbak. Terima kasih

    ReplyDelete
  17. Iya, kalau pas baby GTM emang emaknya yang harus kekeuh yaa, karena kalau kita menyerah kasihan anak nanti berpengaruh pada fisik dan psikis anak karena kekurangan asupan gizi. harus jadi mommy semangat dan kreatif yaa

    ReplyDelete